Cara Membuat Link Bit.ly Google Drive 2024

Daftar Isi
Cara Membuat Link Bit.ly Google Drive
Bagi anda yang sedang mencari bagaimana cara membuat link Bit.ly Google Drive, tenang saja karena di artikel ini kami sudah menyediakan pembahasannya untuk anda.

Google Drive merupakan alat yang dapat digunakan untuk melakukan penyimpanan data yang bisa dibagikan kepada pengguna lain melalui link.

Dengan hal ini memang sangat memudahkan, akan tetapi yang menjadi masalahnya yaitu URL Google Drive terlalu panjang.

Dan jika anda ingin lebih rapi dan bagus, maka bisa dengan menggunakan Bit.ly sebagai alat memperpendek link.

Bit.ly ini sendiri dikenal sebagai alat perpendek url atau tautan, bahkan platform ini dapat diakses siapa pun secara gratis.

Bitly ini biasanya digunakan oleh suatu lembaga atau perusahaan agar link terlihat lebih terkesan, karena Bit.ly ini tidak hanya untuk memperpendek url, namun bisa juga untuk mempercantik url.

Sebagai contoh, link drive yang panjang dan susah untuk terbaca karena menggunakan karakter acak yang tidak membentuk suatu kata, maka anda bisa menggunakan layanan Bit.ly untuk mempercantiknya misalnya menjadi bit.ly/MateriRapat.

Perusahaan penyedia link shorter ini memiliki misi "Our mission is to turn every link into a catalyst for connections" yang dapat diartikan merubah setiap url atau tautan menjadi katalis untuk koneksi.

Dan maksud dari misi tersebut ialah mereka siap mengubah tautan untuk mempercepat koneksi, mempercepatnya ini dalam arti cepat untuk mengingat dan mengetik di address bar browser.

Dan yang belum mengetahui cara membuat link Bit.ly Google Drive silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Cara Membuat Link Bit.ly Google Drive

Cara Membuat Link Bit.ly Google Drive
Cara Membuat Link Bit.ly Google Drive
Google Drive sendiri memuat layanan penyimpanan berkas yang dapat secara langsung diolah atau diedit oleh pengguna melalui berbagi tautan.

Berkas yang dapat disimpan di Google Drive ini berbagai macam seperti dokumen, gambar, maupun video.

Berkas yang akan dibagikan melalui Google Drive ini harus tertata dalam sebuah folder penyimpanan yang sesuai tanpa ada kesalahan penyimpanan data.

Dan dalam hal ini juga penting untuk memperhatikan kondisi jaringan internet harus stabil agar memudahkan dalam proses transfer folder.

Selain menyimpan, pengguna juga bisa berbagi berkas melalui Bit.ly yang dapat memudahkan pengiriman tautan ke pengguna lain.

Dan pada umumnya jika membagikan tautan Google Drive kepada orang lain, maka link yang tersedia sangat panjang, bahkan membingungkan.

Sehingga apabila tidak dijelaskan terlebih dahulu, maka akan membuat orang lain kebingungan, namun dengan memanfaatkan Bit.ly, maka tautan bisa dipersingkat, sehingga dapat dengan mudah dipahami.

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya bahwa Bit.ly merupakan layanan untuk mempersingkat tautan, dan dengan mengguna Bit.ly maka dapat memudahkan pengguna untuk membaca tautan Google Drive yang dibagikan.

Untuk mendaftarkan akun Bit.ly pengguna tidak akan dipungut biaya sepeser pun jika tidak memilih paket berlangganan.

Karena Bit.ly tidak membatasi akun premium saja untuk mempersingkat tautan, dan di bawah ini adalah langkah-langkah untuk cara membuat link Bit.ly Google Drive yaitu sebagai berikut:

a. Buka Google Drive

Silahkan pengguna mengakses Google Drive baik melalui aplikasi di Android maupun situs Google Drive di PC atau laptop (Download Aplikasi Google Drive untuk Android) atau (Kunjungi Situs Google Drive).

Jangan lupa untuk memastikan Google Drive yang dioperasikan tersebut masih memiliki ruang untuk menyimpan berkas.

Lalu silahkan memilih berkas yang akan dibagikan, jika sudah memastikan berkas yang dipilih oleh pengguna terkandung dalam folder secara lengkap.

Tetapi, apabila pengguna masih menemukan beberapa hal yang kurang, maka silahkan untuk mengeditnya terlebih dahulu agar lengkap, baru bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

b. Bagikan Berkas melalui Tautan

Langkah berikutnya untuk cara membuat link Bit.ly Google Drive yaitu membagikan berkas melalui tautan dengan cara mengklik kanan pada berkas yang ingin dibagikan tersebut dan anda pilih opsi "Share".

Pengguna juga bisa memilih opsi "Bagikan tautan kepada pengguna lain" sebagai pelihat saja, komentator, atau sebagai editor.

c. Buka Layanan Bit.ly

Setelah itu silahkan pengguna mengakses situs web bit.ly di laman ini https://bitly.com/, dan silahkan melakukan registrasi akun.

Pengguna hanya perlu untuk mengisi beberapa identitas dan hal yang diperlukan terkait dengan tautan yang akan digunakan.

d. Membuat Tautan Bit.ly

Langkah selanjutnya untuk cara membuat link Bit.ly Google Drive yaitu membuat tautan Bit.ly dengan menekan tautan "Create", lalu silahkan pengguna menempel tautan Google Drive yang tadi sudah disalin pada kolom yang tersedia.

Jika sudah, pengguna langsung saja mengklik opsi "Customize Back Half" untuk mengubah judul tautan sesuai yang diinginkan.

e. Bagikan Tautan Bit.ly

Jangan lupa pengguna mengklik "Save" untuk menyimpan tautan Bit.ly agar bisa sinkron dengan tautan Google Drive.

Jika sudah, maka pengguna bisa membagikan tautan Bit.ly tersebut ke pengguna lain untuk mengakses tautan Google Drive yang sebelumnya sudah dibuat.

f. Selesai, anda sudah berhasil membuat link Bit.ly untuk Google Drive.


Manfaat dan Kelebihan Menggunakan Bit.ly

Di atas kami sudah menjelaskan cara membuat link Bit.ly Google Drive, dan menurut kami penting juga untuk anda mengetahui manfaat dan keuntungan menggunakan link Bit.ly.

Oleh sebab itu, dalam kesempatan ini kamipun akan menjelaskan terkait hal tersebut, karena perlu anda ketahui bahwa Bit.ly ini selain untuk mempersingkat link.

Bit.ly juga biasanya ditemukan pada situs-situs online shop dan web dengan manfaat untuk mempermudah pengunjung dalam mengunjungi link.

Karena sebagian orang menganggap bahwa jika memendekkan link akan lebih memudahkan dalam membaca, mengapa demikian? Dikarena apabila link memiliki jumlah huruf dan kata yang banyak, maka hal tersebut akan membuat pengunjung bingung.

Sehingga dengan adanya Bit.ly, maka link yang sudah dinamai dengan tulisan akan lebih singkat, bahkan link juga bisa dinamai dengan label sendiri sehingga terlihat lebih menarik.

Dengan begitu akan membuat pengunjung lebih antusias dan mudah mengerti mengenai link yang akan dibuka.

Manfaat lain dari Bit.ly yaitu dapat mempermudah untuk anda yang ingin membagikannya ke sosial media.

Karena beberapa media sosial tidak bisa memproses link yang terlalu panjang, amka dari itu bisa memanfaatkan Bit.ly untuk mempermudah melakukan share link.

Apabila link menjadi lebih jelas dan singkat, maka hal tersebut tentu akan membuat terlihat lebih menarik dan tertata.

Perlu anda ketahui juga bahwa Bit.ly ini juga menawarkan beberapa fitur lain yang merupakan kelebihan dari Bit.ly untuk penggunanya, diantaranya yaitu sebagai berikut:
  • Mengubah URL Tujuan, sehingga pengguna bisa memperbaiki URL tujuan, misalnya ingin melakukan perubahan link tujuan atau redirect link termasuk Kode QR dengan mudah, bahkan bisa juga menetapkan URL baru ke salah satu link milik anda.
  • Membuat Branded Link (berbayar), pengguna bisa membuat kustomasi pada bagian belakang link seperti bit.ly.com/telset, namun untuk fitur branded link ini sekarang hanya bisa didapatkan jika berlangganan dan berbayar.
  • Memberikan Insight dari Klik Link, pengguna bisa mengetahui performa link yang dibagikan sehingga pengguna bisa mendapatkan insight, seperti lokasi geografis pengguna yang mengklik tautan anda serta referring link channels, namun fitur ini tersedia untuk akun langganan berbayar.
  • Link Aman dan Terpercaya, dan yang paling penting untuk diketahui bahwa Bit.ly ini aman, karena link sudah dienkripsi dengan HTTPS, hal ini dengan tujuan untuk mencegah penyadapan atau gangguan dari pihak yang tidak diinginkan.

Akhir Kata

Itulah informasi yang dapat kami jelaskan pada artikel ini mengenai cara membuat link Bit.ly Google Drive serta manfaat dan kelebihan Bit.ly itu sendiri.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat dijadikan gambaran bagi yang sebelumnya kebingungan untuk membuat link Bit.ly untuk Google Drive, sehingga sekarang sudah bisa melakukannya.

Kami rasa sudah cukup penjelasan yang dapat penulis informasikan di artikel ini, jika ingin mencari informasi lainnya silahkan saja pembaca mengunjungi situs kami karena kami sudah menyediakan informasi menarik lainnya.