Cara Melihat Akun SSCN yang Sudah Terdaftar 2024

Cara Melihat Akun SSCN yang Sudah Terdaftar
Bagi anda yang sedang mencari bagaimana cara melihat akun SSCN yang sudah terdaftar, tenang saja karena di artikel ini kami sudah menyediakan pembahasannya untuk anda.

Pendaftaran seleksi CASN, PPPK Guru, PPPK Non Guru sudah dibuka sejak 30 Juni 2024 lalu.

Akan tetapi ada beberapa pendaftar yang mengalami kendala lupa mencetak Kartu Informasi Akun SSCN 2024, bagaimanakah cara mengatasinya?

Sebelum mencetak kartu Informasi, pastikan pendaftar sudah mempunyai akun dan menyelesaikan langkah pendaftaran CASN dengan benar dan lengkap via akun SSCASN.

Bagi anda yang mengalami kendala lupa cetak kartu, bisa terus simak ulasan dibawah ini untuk mencetak ulang Kartu Informasi Akun SSCN yang sudah terdaftar.

Dalam ulasan dibawah ini juga akan kami bagikan bagaimana cara melihat akun SSCN yang sudah terdaftar. Simak sampai akhir yaa!

Cara Mencetak Kartu Informasi Akun SSCN 2024

Cara Melihat Akun SSCN yang Sudah Terdaftar
Cara Mencetak Kartu Informasi Akun SSCN 2024
Sebelum membagikan cara melihat akun SSCN yang sudah terdaftar, kami uraikan dahulu langkah-langkah cara mencetak Kartu Informasi Akun SSCN dengan mudah! Detailnya yaitu sebagai berikut:
  • Pertama, silahkan Login ke situs resmi pendaftaran SSCASN dengan mengklik alamat URL berikut (https://daftar-sscasn.bkn.go.id/login).
  • Selanjutnya, Login ke akun SSCASN dengan menggunakan NIK dan Password akun SSCASN yang sudah dibuat.
  • Periksa lagi dengan teliti kelengkapan data pada halaman biodata yang sudah diisi (kalau ada yang terewat bisa dilengkapi).
  • Lalu pada bagian memilih jenis seleksi dan informasi CPNS yang diinginkan, pastikan semua sudah sesuai.
  • Periksa lagi data yang diunggah dengan detail, seperti dokumen yang dibutuhkan.
  • Pada tahap resumen, cek lagi semua data yang sudah dimasukkan (Kalau masih ada yang salah, segera diubah).
  • Apabila semua data sudah dipastikan terisi dengan benar, silahkan pilih proses Pendaftaran anda.
  • Terakhir, tekan tombol "Cetak Kartu Informasi Akun" untuk mengunduh kartu anda.

Jika hasil cek kartu informasi SSCN 2024 tidak sesuai dengan data yang diisi, maka segera lakukan Clear history riwayat pelacakan, cache, cookies dan refresh browser yang digunakan.

Sedangkan jika dikemudian haru kartu pendaftaran SSCN 2024 hilang, maka pendaftar dapat melakukan cetak ulang dengan cara Login ke halaman daftar-sscasn-bkn.go.id/login.

Ketika berada pada lamannya, silahkan masukkan menggunakan NIK dan Password yang sudah dibuat dan tekan tombol "Cetak Kartu Pendaftaran".

Untuk meminimalisir masalah selama proses seleksi CPNS, CASN PPPK Guru, dan PPK Non Guru, pastikan pendaftar membaca informasi dalam buku panduan yang ada dalam (https://sscasn.bkn.go.id) secara detail dan lengkap.

Cara Mencetak Ulang Kartu Informasi Akun SSCN 2024

Cara Melihat Akun SSCN yang Sudah Terdaftar
Cara Mencetak Ulang Kartu Informasi Akun SSCN 2024
Salah satu syarat untuk mendaftar CPNS atau PNS tahun ini adalah mempunyai kartu informasi akun SSCN 2024.

Setiap peserta yang mendaftar diwajibkan untuk mengisi dan mencetak kartu yang berisi informasi data anda untuk nantinya digunakan sebagai bukti bahwa anda sudah mendaftar CPNS secara resmi.

Akan tetapi, tidak jarang peserta yang lupa mencetak kartu tersebut dan terlanjur menekan tombol proses pendaftaran.

Tenang saja, karena anda masih bisa mencetak ulang kartu informasi akun SSCN tersebut dengan cara yang sangat mudah.

Walau sangat mudah, beberapa peserta tidak mengetahui langkah-langkahnya! Bahkan tidak jarang mereka bisa kebingungan untuk mengatasi masalah ini.

Karena itulah, kali ini kami akan membagikan bagaimana cara cetak ulang kartu informasi akun SSCN 2024 yang lupa dicetak dengan mudah! Cara detailnya yaitu sebagai berikut:
  • Pertama, buka aplikasi internet browser seperti Google Chrome di Laptop atau Smartphone anda.
  • Selanjutnya, buka website pendaftaran CPNS 2024 SSCASN di sscasn.bkn.go.id dan tekan Login.
  • Silahkan Login menggunakan akun SSCN anda menggunakan NIK dan Password yang sudah didaftarkan sebelumnya.
  • Kemudian, isi biodata dengan lengkap pada kolom-kolom yang muncul.
  • Setelah itu, tekan tombol "Selanjutnya" yang ada dibawah untuk menuju ke langkah berikutnya.
  • Pilih seleksi yang diinginkan, disana akan muncul 3 pilihan seleksi diantaranya adalah PPPK Guru, CPNS dan PPPK (Non Guru).
  • Tekan tombol "Selanjutnya" untuk memilih formasi dan pilih "Instansi atau Jenis Formasi" yang diinginkan.
  • Lanjut! Tekan tombol "Selanjutnya" untuk menuju ke halaman dokumen.
  • Lalu, upload dokumen sesuai ketentuan jenis dokumen yang ditampilkan seperti (Ijazah, Foto, Toefl, Str, Sertifikat lain dan Surat Lamaran).
  • Klik "Selanjutnya" untuk menuju ke halaman Resume.
  • Silahkan cek semua data anda apakah pengisiannya sudah sesuai atau belum (apabila belum bisa membetulkannya kembali, namun data sudah sesuai anda bisa klik tombol "Akhiri Proses Pendaftaran").
  • Centang Check Box "Saya Setuju" yang ada dibawah tombol "Akhiri Proses Pendaftaran".
  • Tekan tombol "Selanjutnya" dan klik "YA" pada kotak dialog "Peringatan" yang muncul untuk konfirmasi dan memproses pendaftaran.
  • Lihat pada bagian bawah halaman dan tekan tombol "Cetak Kartu Informasi Akun" dan secara otomatis file PDF akan di download dalam bentuk PDF.
  • Bukalah file PDF yang sudah di download dan cetak dengan menggunakna printer.

Catatan:

Dengan beberapa tutorial yang kami bagikan diatas, maka secara tidak langsung anda sudah melakukan cara melihat akun SSCN yang sudah terdaftar.

Cara Download Kartu Informasi Akun SSCN

Cara Melihat Akun SSCN yang Sudah Terdaftar
Cara Download Kartu Informasi Akun SSCN
Sebenarnya tutorial untuk sub ini sudah termasuk dalam tahapan diatas, dalam step by step diatas cara otomatis file PDF akan di download dan disimpan pada Laptop atau HP anda.

File hasil download biasanya akan masuk ke folder Download, untuk lebih jelasanya silahkan simak dan ikuti langkah-langkah dibawah ini! Detailnya yaitu sebagai berikut:
  • Pertama, silahkan ikuti satu persatu proses pendaftaran seperti yang sudah kami jelaskan pada tahapan sebelumnya sampai pada bagian Final Resume Kita.
  • Silahkan tekan pada tombol "Cetak Kartu Informasi Akun" pada bagian bawah final resume tersebut untuk mengunduh file kartu ke dlaam komputer anda.
  • Lalu akan muncul kotak dialog untuk memulai download file, tekan "Save" dan kartu yang berupa file PDF akan terunduh dan siap dicetak.
  • Semoga bermanfaat.

Bagaimana, sangat mudah bukan? Setelah mengetahui langkah-langkahnya sekarang anda dapat mencetak Kartu Informasi Akun SSCN 2024 kapanpun.

Anda tidak perlu hawatir lagi kalau lupa mencetak ketika pertama kali mendaftar karena masih bisa dicetak ulang.

Anda hanya perlu melengkapi biodata sampai selesai pada halaman Resume bagi peserta yang belum melengkapi biodata.

Jika semua data sudah lengkap, maka halaman resume akan langsung muncul dan anda bisa mencetak kartunya langsung.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan seputar cara melihat akun SSCN yang sudah terdaftar dan cara mencetak ulang akun SSCN 2024 dengan mudah.

Bagi anda yang sudah mendaftar sebagai peserta SSCASN dan lupa mencetak kartu SSCN, sekarang bisa melakukannya dengan mengikuti tutorial diatas.

Apabila informasi ini bermanfaat, anda bisa membagikannya lagi kepada teman, saudara atau kerabat lainnya yang belum mengetahuinya.

Anda juga bisa menyimpan atau mengunduh artikel ini di Smartphone anda supaya ketika membutuhkannya anda bisa membukanya dengan mudah. Sekian dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel