Cara Menjadi Guru di RuangGuru 2022

Cara Menjadi Guru di RuangGuru
Cara menjadi guru di RuangGuru
sangatlah mudah, namun apakah anda memiliki latar belakang sebagai seorang guru? di RuangGuru membuka kesempatan bagi anda semua yang bercita-cita ingin menjadi seorang guru.

Semua orang bisa saja jadi seorang guru apabila mereka memiliki skil dalam dunia pendidikan, namun sampai saat ini banyak orang belum mendapatkan pekerjaan karena berbagai hal seperti belum ada posisi institusi yang tepat.

Ada beberapa penyebab atau faktor yang membuat beberapa orang yang memiliki skil sebagai seorang guru menolak dengan posisi tersebut salah satunya yaitu insentif atau gaji yang ditawarkan tidak sesuai.

Tidak hanya itu saja seperti lokasi mengajar dari lokasi tempat tinggal yang sangat jauh, sehingga sesorang enggan untuk menerima tawaran tersebut, karena biaya yang akan dikeluarkan nantinya tidak sebanding dengan pendapatannya.

Walaupun mengajar merupakan pekerjaan yang sangat mulai dan tergolong dalam Amal Jariyah, namun banyak orang enggan untuk menempatkan diri mereka dalam posisi tersebut.

Namun di dalam aplikasi RuangGuru ini sangatlah berbeda, dimana RuangGuru menjadi wadah atau tempat yang menyediakan berbagai pilihan berlangganan mulai dari, jadi seorang guru Less Online, Guru privat dan lainnya.

Tahukah anda bahwa aplikasi RuangGuru telah digunakan lebih dari 10 juta siswa, dan tentunya untuk melayani para penggunanya, Ruang Guru membutuhkan banyak tenaga tutor atau Guru.

Bagi anda yang berminat untuk bergabung menjadi salah satu guru di RuangGuru maka simak informasi yang akan kami bagikan tentang cara menjadi guru di RuangGuru sebagai berikut.


Manfaat Bergabung Menjadi Pengajar di RuangGuru

Cara Menjadi Guru di RuangGuru
Manfaat Bergabung Menjadi Pengajar di RuangGuru
Sebelum ke penjelasan cara menjadi guru di RuangGuru, baiknya ketahui lebih dulu apa saja manfaat yang akan anda terima ketika bergabung menjadi seorang pengajar di aplikasi hebat ini.

Jadi simak beberapa manfaat ketika bergabung menjadi pengajar di Ruang Guru, serta apa saja benefit yang akan anda dapatkan setelah menjadi seorang pengajar atau tutor di RuangGuru yaitu sebagai berikut:

1. Mengajar bisa dimana saja dan kapan saja

Ketika bergabung menjadi seorang pengajar di RuangGuru anda bisa memilih metode dalam mengajar sesuai keinginan, anda bisa mengajar dimana saja dan kapan saja secara online dan harus terhubung dengan jaringan internet.

2. Ruang Guru bantu kelola kelas anda

Di dalam proses belajar mengajar yang dilakukan RuangGuru akan membagikan dukungan atau bantuan dalam mengelola kelas, apabila anda kesulitan dalam mengelola tugas kelas yang menjadi job anda.

3. Raih Penghasilan Jutaan Rupiah

Apabila anda bergabung menjadi tenaga pengajar di RuangGuru maka anda akan memiliki penghasilan jutaan rupian dengan mengelola kelas yang menjadi job anda di RuangGuru.

4. Mendapatkan bonus sesuai dengan kinerja

Tidak hanya gaji yang akan anda terima di RuangGuru ini, namun anda juga akan medapatkan bonus jutaan Rupiah apabila kinerja anda dianggap bagus dan baik di RuangGuru.

5. Fasilitas dan pengembangan softskill setiap bulannya

Nah perlu juga anda tahu, bahwa bergabung di RuangGuru tidak akan merugikan anda karena tidak hanya gaji + bonus namun anda juga akan mendapatkan fasilitas dan pengembangan softskill setiap bulannya.

Semua ini akan anda dapatkan jika bergabung menjadi pengajar atau tutor di RuangGuru, hanya RuangGuru saja yang akan memberikan hal tersebut demi memperlancar prose belajar mengajar.

Sebelum mendaftar di RuangGuru perlu anda ketahui bahwa menjadi Guru di RuangGuru memiliki beberapa pilihan tutor yang diinginkan misalnya Guru Privat Offline atau Guru Less Online dan lainnya.

Anda bisa memilih menjadi seorang Guru Less Online atau Tuotr apabila dirasa anda memiliki kendala dengan lokasi, jadi dengan beberapa pilihan ini anda bisa menyesuaikan kemampuan yang dimiliki.


Beberapa Daftar Lowongan Guru di RuangGuru

Cara Menjadi Guru di RuangGuru
Beberapa Daftar Lowongan Guru di RuangGuru
Pastinya sangat menarik ya apabila anda bisa mengajar secara online maupun offline dengan metode atau cara yang berbeda-beda, walaupun anda juga seorang guru di sekolah.

RuangGuru memiliki beberapa daftar lowongan guru yang bisa anda pilih sebagai bahan pertimbangan sebelum melakukan pendaftaran untuk bergabung menjadi seorang pengajar di RuangGuru.

Maka simak beberapa daftar lowongan guru serta keterangan di RuangGuru yaitu sebagai berikut:

1. Ruang Belajar

  • Bekerja fulltime atau penuh waktu dengan status sebagai karyawan kontrak.
  • Membuat dan mengembangkan konten pembelajaran di ruang job masing-masing di dalam aplikasi Ruangguru.
  • Didalam pilihan ini anda harus melakukan kekerja sama dengan antar-anggota tim untuk mendalami sebuah materi pembelajaran, membuat latihan soal, serta live teaching

2. Ruang Les

  • Pilihan ini menggunakan sistim kerja 1 Mitra Pengajar dengan 1 Murid untuk minimal 1 jam per sesi.
  • Tempat mengajar bisa di rumah murid atau tempat lain serta lewat video call selama pandemi.
  • Pendalaman materi hingga tanya jawab soal.

3. Ruang LessOnline

  • Lowongan ini memiliki sistim kerja 1 Mitra Pengajar dengan 1 Murid untuk 30 menit per sesi.
  • Ketika mengajar di aplikasi "ruanglesonline for Teachers" harus menggunakan perangkat Android.
  • Pembahasan soal dan pendalaman materi.

4. Ruang BelajarPlus

  • Pilihan ini memiliki sistem kerja dengan 1 Mitra Pengajar dengan 30-35 Murid untuk minimal 1 jam per sesi
  • Mengajar di aplikasi "Workplace by Facebook"
  • Pendalaman materi hingga tanya jawab soal

Lantas bagaimana cara bergabung menjadi seorang pengajar atau guru di Ruang Guru atau bagaimana cara menjadi guru di RuangGuru atau bisa menjadi Tutor di Ruang Guru?.


Cara Menjadi Guru di RuangGuru dengan Daftar Melalui Ruang Pengajar

Cara Menjadi Guru di RuangGuru
Cara Menjadi Guru di RuangGuru dengan Daftar Melalui Ruang Pengajar
RuangGuru membuka kesempatan kepada anda yang memiliki ketertarikan menjadi seorang pengajar atau guru dengan metode balajar yang beragam dan tentu penghasilan sampai jutaan Rupiah.

Jika anda ingin bergabung menjadi staf pengajar di RuangGuru maka anda harus melalui beberapa tahapan rekrutmen yang harus dilakukan oleh setiap calon guru di RuangGuru.

Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkah cara menjadi guru di RuangGuru dengan daftar melalui ruang pengajar yaitu sebagai berikut:

1. Download Aplikasi Ruang Pengajar

Untuk bisa melamar sebagai seorang pengajar di Ruang Guru, maka hal pertama yang harus anda lakukan yaitu silahkan download aplikasi Ruang Pengajar melalui link berikut ini (Download Aplikasi Ruang Pengajar RuangGuru untuk Android).

2. Buka Aplikasi Ruang Pengajar

Setelah melakukan unduhan aplikasi Ruang Pengajar maka langkah selanjutnya anda harus memabuka aplikasi Ruang Pengajar yang telah di install tersebut di smarphone Android anda.

3. Buat Akun Ruang Pengajar

  • Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu membuat akun aplikasi Ruang Pengajar dengan beberapa syarat pengisian sebagai berikut:
    • Nama: Dengan nama anda.
    • Email: dengan email yang anda miliki.
    • Nomor. Hp. dengan Nomor Hp yang anda gunakan.
    • Sandi: Buat kata sandi yang mudah diingat dan tidak mudah ditebak oleh orang lain.
  • Setelah selesai melakukan pengisian data diri, maka langkah selanjutnya klik tulisan Daftar dan silahkan konfirmasi pendaftaran melalui di email, silahkan cek email setelah melakukan pendaftaran.
  • Setelah melakukan konfirmasi pendaftaran maka akan muncul tampilan seperti ini di aplikasi Ruang Pengajar, lalu klik tulisan "Selanjutnya".

4. Lengkapi Data Pelamar

Untuk tahap ini ketika akan melamar kerja jadi guru di Ruang Guru, melalui aplikasi Ruang Pengajar ada 3 biodata utama yang harus anda lengkapi agar bisa diterima bergabung sebagai berikut:
  1. Profil
  2. Riwayat Hidup
  3. Pilihan Mengajar
Di tahap ini anda harus mengisi beberapa biodata seperti yang pertama isi data profil, anda harus isi data profil anda dengan benar, setelah selesai mengisi silahkan cek kembali untuk memastikan bahwa data yang masukan sudah tepat.

Setelah anda selesai mengisi semua menu Profil yang diminta maka selanjutnya silahkan isi menu Riwayat Hidup, dimana anda harus mengisi sesuai dengan data yang diminta atau dibutuhkan.

Terakhir, setelah melakukan pengisian Riwayar Hidup telah selesai maka silahkan isi pilihan mengajar, jadi sesuaikan dengan bidang keilmuan atau skil anda agar berpeluang lulus menjadi guru di Ruang Guru.

5. Kirim Formulir

Langkah penutup atau terakhir ketika setelah anda selesai mengisi semua data yang dibutuhkan dalam proses pendaftaran ini, silahkan anda klik "Kirim Formulir" agar data bisa terproses dan tentunya anda bisa bergabung di RuangGuru.


Akhir Kata

Itu tadi beberapa penjelasan mengenai cara menjadi guru di RuangGuru 2022 dan beberapa penjelasan lainnya seperti manfaat berganung di RuangGuru dan daftar lowongan di RuangGuru.

RuangGuru memiliki beberapa pilihan metode belajar mengajar yang bisa memudahkan anda apabila memiliki kendala dalam proses belajar mengajar seperti lokasi mengajar yang jauh bisa memilih melalui online.

Itulah seluruh pembahasan kami pada artikel kali ini tentang cara daftar menjadi guru di RuangGuru dan jangan lewatkan artikel menarik lainnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel