Cara Membuka Kamera di Laptop Asus 2022

Cara Membuka Kamera di Laptop Asus
Cara membuka kamera di Laptop Asus penting diketahui, mengingat bekerja atau sekolah dari rumah masih dilakukan oleh beberapa instansi sejak Covid-19.

Seperti yang telah diketahui bahwa semua kegiatan yang berkaitan dengan itu dan dilaksanakan secara online membutuhkan kamera.

Hal tersebut agar bekerja dan sekolah dari rumah bisa berjalan lancar dan lebih efektif karena guru dan murid bisa bertatap muka langsung.

Kamera Laptop merupakan salah satu fitur bawaan dari setiap perangkat setiap Asus, laptop ini sudah digunakan oleh banyak orang karena spesifikasinya yang kompatibel.

Akan tetapi, sudah tahukah anda bagaimana cara menghidupkan atau membuka kamera laptop di perangkat tersebut.

Bagi anda yang belum tahu cara membuka kamera di Laptop Asus, bisa menyimak pembahasan dibawah ini untuk mengetahui tutorial dan cara melakukannya. Simak sampai selesai yaa!


Bagaimana Cara Membuka Kamera di Laptop Asus?

Cara Membuka Kamera di Laptop Asus
Bagaimana Cara Membuka Kamera di Laptop Asus?
Untuk membuka atau mengaktifkan kamera bawaan Laptop, terlebih dulu anda harus melakukan pengecekan pada instalasi driver kamera Laptop.

Kalau kamera Laptop belum terinstall, maka anda harus menginstall-nya secara mandiri melalui Device Manager.

Cara installnya tidak terlalu sulit, anda hanya perlu mencari driver kamera pada Device Manager dan klik kanan pada Mouse dan tekan "Update Driver Software".

Kalau driver kamera sudah terinstall, sekarang anda bisa melanjutkannya ke proses cara membuka mengaktifkan kamera di Laptop yaitu sebagai berikut:
  • Silahkan masuk ke menu "Start" dan ketikkan "Pengaturan >Setting" pada kotak pencarian.
  • Selanjutnya ketik "Camera Privacy Setting" pada kotak pencarian.
  • Buka "Camera Privacy Settings" tadi agar bisa mengaktifkan kamera.
  • Kemudian "Hidupkan atau ON" pada tulisan "Allow Apps to Access your Camera".
  • Silahkan atur aplikasi apa saja yang diizinkan untuk mengakses kamera di "Choose which Microsoft Store Apps can Access your Camera".
  • Kalau sudah selesai, kamera Laptop sekarang sudah bisa dibuka dan digunakan.


1. Cara Membuka Kamera di Laptop Asus Windows 10

Cara Membuka Kamera di Laptop Asus
Cara Membuka Kamera di Laptop Asus Windows 10
Ada beberapa cara untuk mengaktifkan kamera Laptop Asus kalau anda membutuhkannya, dikutip dari laman resmi Asus, anda bisa mengaktifkannya via Pengaturan dan aplikasi Kamera langsung.


Melalui Pengaturan

Beberapa Laptop Asus mempunyai ikon pintas kamera, dengan mengklik tombol pintasan akan menjadi langkah awal untuk mengaktifkan kamera Laptop Asus.

Adapun cara membuka kamera di Laptop Asus windows 10 melalui pengaturan yaitu sebagai berikut:
  • Klik tombol F10 pada keyboard atau tekan tombol kombinasi Fn+(tombol ikon kamera), saat pemberitahuan "Camera On" ditampilkan dilayar, itu tandanya kamera sudah siap digunakan.
  • Beberapa aplikasi atau layanan mungkin meminta otorisasi kamera untuk pertama kalinya sehingga anda bisa mengatur aplikasi mana yang diizinkan untuk mengakses kamera melalui pengaturan windows.
  • Silahkan ketik dan cari "Pengaturan Privasi Kamera" pada bilah pencarian Windows, dan tekan "Buka".
  • Pilih "Change" dan aktifkan Camera Access for This Device", Aktifkan "Allow Apps to Access your Camera".
  • Gulir kebawah sampai ke bagian "Pilih Aplikasi Microsoft Store mana yang bisa mengakses kamera anda", disana anda bisa mengaktifkan atau mematikan aplikasi mana yang bisa digunakan kamera.
  • Kalau terdapat ikon tersebut pada tombol keyboard Laptop Asus anda, silahkan aktifkan kamera terlebih dulu dan kalau tidak ada maka anda bisa mengaktifkannya melalui pengaturan.


Melalui Aplikasi

Selain menggunakan metode diatas, anda juga bisa membuka kamera laptop dengan membuka aplikasi bawaannya.

Adapun cara membuka kamera di Laptop Asus windows 10 melalui aplikasi bawaan yaitu sebagai berikut:
  • Pertama, ketik dan cari "Kamera" pada bilah pencarian Windows dan tekan "Open".
  • Tekan ikon "Ambil Foto" atau ikon "Beralih ke Mode Video" pada layar untuk mengambil gambar ataupun video yang diinginkan.
  • Selesai! Sangat mudah dan praktis bukan, anda tidak perlu mengubah peraturan apapun pada Laptop Asus.


Bagaimana Kalau Kamera Tidak Berfungsi?

Cara Membuka Kamera di Laptop Asus
Bagaimana Kalau Kamera Tidak Berfungsi?
Setelah mengetahui cara membuka kamera di Laptop Asus, lalu bagaimana kalau kamera tersebut tidak bisa berfungsi dengan baik?

Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada kamera Laptop adalah kamera yang tidak berfungsi, hal itu bisa saja terjadi karena hilangnya driver kamera ketika dilakukan pembaruan.

Tidak hanya itu, bisa juga disebabkan karena penggunaan kamera dihalangi oleh program Anti-Virus, aplikasi tertentu yang tidak diizinkan untuk mengakses kamera.

Bisa juga karena terjadi masalah pada aplikasi yang anda gunakan, dan sebagai solusinya anda bisa melakukan beberapa hal dibawah ini diantaranya yaitu sebagai berikut:


1. Pasang Ulang Driver Kamera

Solusi pertama yang bisa anda lakukan saat kamera tidak berfungsi adalah memasang ulang driver kamera.

Hal ini bisa dilakukan untuk mengatasi error yang terjadi pada driver kamera anda, cara memasang ulang drivernya sama dengan cara menginstall driver yang sudah kami jelaskan diatas.


2. Memperbarui Driver

Solusi berikutnya yaitu anda bisa memperbarui driver, caranya yaitu dengan menyambungkan laptop ke internet.

Setelah itu, buka Device Manager untuk mencari Driver kamera dan saat ketemu anda bisa langsung klik kanan pada Mouse.

Pada driver, silahkan pilih opsi "Update Driver Software" dan anda tinggal mengikuti instruksi selanjutnya.


3. Memasang Ulang Laptop

Jika anda sudah melakukan solusi pertama dan kedua namun kamera tetap tidak bisa berfungsi dengan normal, maka anda bisa mencoba trik satu ini.

Caranya yaitu dengan menginstall ulang Laptop kamera tidak menutup kemungkinan sistem operasi Laptop tidak mendukung penggunaan kamera.

Jika anda belum pernah melakukannya, tidak ada salahnya untuk membawa Laptop ke tempat reparasi dan jelaskan kepada pegawai masalahnya agar laptop bisa segera diperbaiki.


Rekomendasi Aplikasi Kamera Laptop

Cara Membuka Kamera di Laptop Asus
Rekomendasi Aplikasi Kamera Laptop
Untuk melengkapi pembahasan tentang cara membuka kamera di Laptop Asus, kami akan bagikan beberapa aplikasi kamera yang bisa digunakan dan diantaranya yaitu:


1. Free Screencast

Rekomendasi aplikasi kamera Laptop yang pertama yaitu Free Screencast, aplikasi ini sangat bagus bagi anda yang ingin membuat video.

Terlebih lagi anda bisa menggunakannya untuk merekam tampilan pada layar sehingga sangat cocok untuk membuat video tutorial.

Anda juga bisa mengambil gambar selagi merekam video, gambar tersebut akan tersimpan otomatis dnegan format JPG atau BMP.


2. YouCam

Aplikasi kamera berikutnya adalah YouCam, aplikasi ini dikenal dengan fitur-fiturnya yang menarik seperti 2022 efek untuk mendapatkan kualitas foto yang bagus seperti panorama dan HDR.

Aplikasi ini juga bisa anda gunakan untuk merekan video, lho! Mirip dengan aplikasi Free Screencast bukan?


3. Free2X Webcam Recorder

Free2X Webcam Recorder hadir dengan segudang fitur yang sangat menarik, selain untuk mengambil gambar juga bisa untuk merekam video.

Keunikan dari aplikasi yaitu fiturnya yang bisa digunakan untuk membuat jadwal perekaman video.

Anda juga dapat mengedit hasil videonya dengan berbagai macam Tool seperti kecerahan, ketajaman, kontras, saturasi dan banyak lagi lainnya.


Akhir Kata

Nah, itulah beberapa cara membuka kamera di Laptop Asus windows 10 yang dapat kami bagikan dan bisa anda coba terapkan.

Dengan perkembangan tekhnologi yang semakin canggih, setiap pengguna Smartphone diharapkan melek akan hal tersebut.

Kecanggihan tekhnologi sekarang mengharuskan anda beradaptasi dengan perubahan sehingga penting bagi anda untuk mengetahui cara mengaktifkan atau membuka kamera.

Dengan adanya tutorial diatas, sekarang anda bisa mengikuti setiap kegiatan yang diselenggarakan meskipun secara virtual. Sekian dan semoga bermanfaat.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel