Cara Membuat Montase 2022

Cara membuat montase
Cara membuat montase yang merupakan sebuah karya seni tempel yang dikombinasikan dengan hasil gambar-gambar dari berbagai macam sumber menjadi sebuah susunan karya seni.

Sumber yang dimaksud bisa digunakan misalnya seperti koran bekas, majalan bekas, nuku yang sudah tida digunakan, brosur atau sejenisnya dan kertas yang lainnya.

Jadi karya montase merupakan sebuah hasil karya yang dihasilkan dari sebuah gambar yang sudah di kombinasikan dengan gambar lainnya yang sudah jadi.

Contohnya misalhnya gambar bintang yang ada pada majalah yang sudah dipotong dan direkatkan ke dalam sebuah media gambar dan dikombinasikan dengan gambar bintang lainnya.

Menurut buka besar baha indonesia atau KBBI pengertian montase adalah sebuah komposisi gambar-gambar yang sudah tercipta karena adanya sebuah pencampuran unsur dari bebera[a sumber.

Pada awalnya sebuah montase hanya sebatas karya dua dimensi, akan tetapi karenya seiring dengan berjalannya waktu kini sudah bisa merahbah ke dalam karya tiga dimensi.

Sebuah karya montase dibuat dari berbagao macam gambar yang sudah dikombinasikan atau disatukan kemudian di atur sedemikian rupa.

Sehingga hasil dari karya montase tersebut bisa digabungkan dan tumpang tindih yang pada akhirnya membentu sebuah karya yang baru.

Sebagai contohnya, dalam hasil karya montase yaitu gambar rumah yang berasal dari bahan majalah besar.

Kemudian dipotong untuk mengambil gambar rumahnya saja kemudian di tempelkan pada permukaan alas gambar.

Sebenarnya terdapat banyak sekali referensi gambar untuk seni montase contohnya seperti gambar yang terpampang pada majalan, koran, foto, kalender dan masih banyak lagi.

Pada seni montase dua dimensi tersebut memang sangat mirip dengan lukisan karena bahan-bahannya yang hanya terdiri dari sekumpulan gambar yang sudah jadi.

Teknik montase tersebut memang sangat baik untuk di pelajari oleh anak-anak sejak dini atau TK, karena hal tersebut bisa menggali potensi yang dimiliki oleh siswa atau siswi..

Dengan begitu para siswa atau siswa bisa berimajinasi untuk bisa menghasilkan sebuah karya seni yang menarik dan mungkin akan sangat unik untuk dilihat.

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan bagaimana cara untuk membuat montase yang sangat mudah.

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda bisa simak cara membuat montase yang sudah ada di bawah ini sampai selesai yaa gess yaa!!!


Fungsi Montase

Cara Membuat Montase
Fungsi Montase
Di bawah ini sudah ada beberapa fungsi montase sebelum anda masuk ke dalam cara membuat montase, yaitu sebagai berikut:
  • Fungsi yang pertama adalah Praktis yang merupakan yang sudah ada pada benda sehari-hari, karya montase tersebut bisa anda gunakan sebagai salah satu dekorasi atau hiasan pada rumah anda.
  • Fungsi yang kedua adalah dungsi Edukatif yaitu sebuah montase yang bisa mengembangkan daya fikir, daya serap, emosi, estetika dan juga kreativitas anda atau anak.
  • Fungsi yang ketiga adalah fungsi Espresi yaitu sebuah teknik montase yang menggunakan berbagai macam bahan dan juga tekstur.
  • Yang dimana akan sangat membantu dalam menuangkan semua ekspresi yang sedang di alami atau di rasakan.
  • Fungsi yang keempat adalah fungsi Psikologis yaitu pada saat anda bisa menghasilkan sebuah karya dengan menuangkan semua ide yang ada.
  • Bukan hanya ide anda juga bisa menimbulkan rasa puas dan juga kesenangan sehingga bisa mengurangi beban psikologis.
  • Fungsi yang kelima adalah fungsi Sosial yaitu dengan terdapat banyaknya hasil kara yang sangat menarik dan unik yang dihasilkan.
  • Sangat diharapkan agar bisa menciptakan lapangan pekerjaan dengan modal kreativitas yang dimiliki oleh masing-masing orang.
Itulah dia beberapa fungsi dari montase yang akan sangat membantu anda untuk mengasah skil yang akhirnya akan menjadi pekerjaan untuk anda.


Cara Membuat Montase 2022

Cara Membuat Montase
Cara Membuat Montase 2022
Silahkan anda bisa langsung simak langkah-langkah mengenai cara membuat montase yang sudah ada di bawah ini sampai, yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama anda harus menyiapkan alat dan bahan yang akan di butuhkan pada saat akan membuat montase.
Gunting
Lem perekat
Buku Gambar atau Kertas HVS untuk menampelkan gambar
Crayon atau Pensil Warna
Cutter
Majalah atau Tabloid
Koran
Kalender
  • Setelah anda menyiapkan semua alat dan juga bahan yang dibuthkan, silahkan anda membuat gambat tema atau konsep montase yang anda inginkan.
  • Sebelum itu anda bisa mempertimbangkan gambar dan sesuaikan dengan penempatan setiap gambar yang sudah di siapkan.
  • Pada tahap inilah kreativitas dan juga imajinasi anda akan berperan pada saat akan membuat montase.
  • Tahap selanjutnya anda bisa memotong gambat-gambar dari berbagai macam sumber yang sudah tersedia.
  • Masuk ke dalam tahap perakitan, melekatkan dan mentukan desain gambar.
  • Silahkan anda bisa mengguntig atau memotong semua objek gama agar tidak memperngaruhi kualitas dari gambar anda.
  • Potonglah dan kumpulkan semua objek gambar yang akan anda gunakan.
  • Tahap berikutnya anda tinggal menempelkan semua gambarnya satu persatu pada posisi yang anda inginkan dalam buku atau di atas kertas.
  • Untuk menambahkan kesan estetika dalam gambar silahkan anda juga bisa menambahkan warna atau corak dengan krayon.
  • Usahakanlah untuk memilih gambar yang sesuai.
  • Selain itu anda juga bisa menambahkan arsiran dengan pensul warna atau spidol warna pada gambar anda supaya terlihat lebih nayata.
  • Gunakanlah imajinasi anda pada saat melakukan proses pewarnaan secara cepat.
  • Selesai!!!

Jika sudah selesai nantinya akan terbentuk sebuah gambar yang baru dan dengan membawakan ceita yang baru juga.

Bagaimana? Sangat mudah bukan untuk di terapkan pada saat ada ingin mencoba membuat suatu karya montase.

Dalam pembuatan karya apapun itu pastinya membutuhkan sebuah kretivitas untuk bisa menentukan gambar yang sesuai sehingga bisa menghasilkan karya yang menarik.


Akhir Kata

Itulah cara membuat montase yang prosesnya tidak terlalu rumit dan sulit untuk anda lakukan bahkan cara tersebut bisa dibilang sangat mudah untuk dilakukan.

Dalam membuat karya montase anda membutuhkan ketelitian dalam memilih, memotong dan juga menampelkan gambar dengan cepat dan tepat.

Yang dimana dari tempelan beberapa objek atau gambar tersebut akan menciptakan cerita yang baru didalamnya.

Jika anda rasa ulasan yang sudah kami berikan di atas penting, maka anda jangan lupa untuk membagikannya ke teman atau kerabat yang belum mengetahuinya.

Sampai sini semua pembahasan yang bisa kami berikan untuk anda pada artikel kali ini, sekian dan semoga bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba yaa gess yaa.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel