Cara Berhenti Asuransi AIA BCA 2022

Cara Berhenti Asuransi AIA BCA
Cara berhenti asuransi AIA BCA
sangatlah mudah dilakukan, walaupun bermanfaat akan tetapi terkadang ada suatu kondisi yang mana nasabah harus berhenti dari asuransi.

Bagi anda salah satu nasabah asuransi AIA informasi ini sangatlah penting untuk diketahui jika anda ingin berhenti asuransi AIA BCA tersebut.

Untuk itu dikesempatan kali ini kami akan membagikan cara berhenti asuransi AIA BCA dan langsung saja simak ulasan sebagai berikut.


1. Syarat, Ketentuan dan Persiapan Penutupan Polis Asuransi AIA BCA

Cara Berhenti Asuransi AIA BCA
Syarat, Ketentuan dan Persiapan Penutupan Polis Asuransi AIA BCA
Nah, jika anda sebagai nasabah dari asuransi AIA BCA yang baik anda sudah mantap untuk melakukan penutupan polis asuransi anda harus mengikuti dan melakukan prosedur disesuaikan syarat

Ketentuan dan persiapan yang dianjurkan, apa bila anda lebih memilih untuk membatalkan melalui bantuan karyawan asuransi AIA BCA secara langsung.

Anda mungkin akan diminta untuk mengisi formulir permohonan pembatalan, sebelum melakukan cara berhenti asuransi AIA BCA.

Ada beberapa data dan file yang perlu dipersiapkan yaitu sebagai berikut:
  • Nomor polis.
  • Nama pemegang polis.
  • Kewarganegaraan.
  • Lampirankan foto copy identitas pemegang dari polis (KTP/SIM/Paspor) yang masih berlaku bagi Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Lampirankan foto copy paspor dan KIMS/KITAS/KITAP sertakan pengisian formulir untuk Warga Negara Asing (WNA).
  • Alasan pembatalan polis.
  • Isi data rekening untuk pengembalian premi (nama bank, nomor rekening dan nama pemilik rekening).
Tidak itu saja, ada syarat dan ketentuannya yaitu sebagai berikut:
  • Transaksi pembatalan atau penebusan polis hanya bisa diproses jika formulir atau berkas sudah diisi dengan benar dan secara lengkap.
  • Khusus untuk produk unit link ke seluruh perlengkapan di atas akan diterima kantor pusat penanggung atau manajemen sampai dengan pukul 13.00 WIB. Nilai satuan akan diperoleh di hari kerja selanjutnya sejak tanggal penerimaan berkas.
  • Polis yang sudah dilakukan pembatalan atau ditebus tidak diperkenankan untuk pemulihan polis.
  • Biaya administrasi ditanggung pemegang polis.
  • Biaya administrasi pembatalan SPAJ ditanggung pemegang polis disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.
Bukan hanya itu saja, ada beberapa dokumen berkaitan yang perlu disiapkan yaitu sebagai berikut:
  • Polis asli.
  • Surat kehilangan dari kepolisian yang ditandatangani pemegang polis (diwajib jika polis hilang), jika surat kehilangan dari kepolisian tidak ditandatangani pemegang polis, maka di wajibkan melampirkan surat pernyataan kehilangan yang ditandatangani pemegang polis di atas materai.
  • Foto copy identitas pemegang dari polis yang masih berlaku (KTP/SIM/Paspor).
  • Formulir beda tanda tangan bermaterai yang ditandatangani pemegang polis (jika terdapat perbedaan tanda tangan).


2. Penyebab Nasabah Berhenti Asuransi

Cara Berhenti Asuransi AIA BCA
Penyebab Nasabah Berhenti Asuransi
Tidak ada yang salah bila anda sebagai nasabah harus melakukan pemberhentian polis asuransi, sebab keputusan itu pastinya akan diambil dikarenakan memiliki alasan tersendiri.

Pastikan bahwa pemberhentian asuransi tersebut sudah anda pertimbangkan dengan baik mengingat asuransi adalah perlindungan penting yang sebetulnya sangatlah dibutuhkan.

Jika anda bertanya-tanya, apa saja penyebab para nasabah asuransi pada akhirnya berhenti dan menutup polisnya (surrender)? Mungkin dibawah ini akan menjelaskannya.

Ada beberapa penyebab nasabah berhenti asuransi yaitu sebagai berikut:
  • Fitur tidak lengkap : Setelah beberapa lama menjadi nasabah asuransi, mungkin anda baru menyadari bahwa terdapat bentuk perlindungan yang diinginkan namun tidak ada didalam polis yang dimiliki. Contohnya saja, anda berharap memperoleh uang pertanggungan Rp 2 miliar namun sayangnya produk yang dimiliki saat ini hanya memberikan pertanggung sampai Rp 1 miliar saja.
  • Produk asuransi lain lebih menjanjikan : Mungkin anda melihat produk lain dengan tawaran yang lebih baik, contohnya saja manfaat yang diperoleh jauh lebih beragam serta sering kali memberikan promo atau diskon.
  • Manfaat gabungan tidak optimal : Ada beberapa polis yang dibeli mungkin tidak memberikan manfaat yang optimal maka anda lebih memilih untuk menutupnya dan melirik produk asuransi lain.
  • Pindah kewarganegaraan : Ada beberapa produk asuransi terkadang hanya mempunyai cakupan coverage untuk didalam negeri, bila anda harus pindah kenegaraan dan negara yang dituju tidak termasuk ke dalam cakupan perusahaan asuransi tersebut mau tidak mau harus menutup asuransi.
  • Kondisi finansial : Keterbatasan biaya akan membuat para nasabah tidak lagi mampu membayar premi contohnya saja kondisi pandemi seperti sekarang ini.
  • Jika anda sudah tahu penyebab nasabah berhenti asuransi AIA BCA, selanjutnya kita ke pembahasan cara berhenti asuransi AIA BCA dibawah ini.


3. Cara Berhenti Asuransi AIA BCA

Cara Berhenti Asuransi AIA BCA
Cara Berhenti Asuransi AIA BCA
Biasanya cara seperti ini bisa dilakukan dengan menghubungi agen atau pialang asuransi tempat anda membeli asuransi sampaikan maksud dan kejelasan kenapa anda ingin menutup polis.

Anda juga perlu untuk melengkapi formulir penutupan polis dan surat pernyataan, silahkan lampirkan juga KTP yang masih berlaku.

Jika sudah selesai kembali polis dan kartu asuransi ke perusahaan asuransi, langsung saja kalkulasi pengembalian premi anda akan segera diproses khususnya bila ada total nilai investasi.

Cara berhenti asuransi AIA BCA yaitu sebagai berikut:
  • Apa bila asuransi AIA anda langsung terhubung dengan Bank BCA, silahkan hubungi Bank BCA terlebih dahulu untuk melakukan pemberhentian asuransi. Bank seharusnya akan meneruskan anda ke dalam perusahaan asuransi.
  • Jika permintaan penghentian asuransi anda sudah diteruskan, anda dapat memintan pihak AIA untuk mengajukan permohonan pembatalan asuransi. Maka pihak asuransi AIA akan memberikan formulir untuk anda isi yang akan dibahas di poin selanjutnya.
  • Walaupun terkadang melakukan tahapan sebelumnya justru akan membuang waktu dan tenaga anda serta menjadi berbelit-belit. Jika sudah begitu, anda dapat langsung mengosongkan saldo autodebet rekening yang biasanya dipakai untuk membayar premi asuransi bulanan. Sehingga nantinya perusahaan asuransi akan menghubungi anda dan menanyakan kelanjutan pembayaran asuransi, dari sinilah anda bisa sampaikan bahwa anda ingin berhenti atau melakukan penutupan polis asuransi.
  • Jika anda sudah mengosongkan rekening, anda juga dapat menutup rekening tersebut. Bila anda ingin mendaftarkan akun baru, anda dapat menanyakan kepada Bank BCA apakah akun tersebut akan bekerja sama dengan asuransi AIA? Anda dapat mengatakan bahwa tidak ingin bergabung lagi.


Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara berhenti asuransi AIA BCA yang sudah kami sampaikan diatas untuk digunakan dan terapkan.

Namun sebelum melakukan pemberhentian anda siapkan syarat dan ketentuan, baru anda bisa mengajukan pemberhentian asuransi AIA BCA.

Semoga dengan adanya informasi ini anda akan lebih mudah dalam melakukan pemberhentian asuransi AIA BCA yang dimiliki.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel