Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Buku 2022

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Buku
Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Buku - Daftar pustaka merupakan kumpulan referensi yang dirujuk untuk sebuah karya atau tulisan yang dibuat.

Daftar pustaka harus ada ketika mengintip salah satu tulisan atau karya orang lain, ketika melakukan pengutipan tandanya anda juga harus membuat sebuah daftar yang berisi informasi tertentu.

Daftar pustaka dikenal sebagai referensi yang memberikan detail informasi kepada pembaca tentang sumber rujukan sehingga setiap pembaca mendapatkan pemahaman tentang sumber tersebut.

Ketika anda menulis sebuah tulisan ilmiah, maka anda diharuskan untuk menyajikan tulisan yang berasal dari sumber yang benar.

Oleh karena itu, penulisan daftar pustaka sangat diwajibkan dalam penulisan karya ilmiah, ada beberapa sebutan lain dari daftar pustaka yaitu referensi, rujukan, pranala atau sumber pustaka.

Lalu bagaimana cara menulis daftar buku yang benar?agar anda tidak bingung ketika menuliskan daftar pustaka sebaiknya simak artikel kali ini.

Karena pada ulasan ini kami akan memberikan trik cara menulis daftar pustaka dari buku yang akan kita bahas pada ulasan selanjutnya.


Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Buku


1. Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Buku

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Buku
Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Buku
Pernahkan anda mendengar istilah plagiat?situasi ini biasa terjadi karena penulisan tidak mencantumkan sumber asli dari bahan tulisan yang dibuatnya.

Meskipun terkesan mudah, nyatanya masih banyak yang merasa kesulitan menerapkan penulisan daftar pustaka yang benar dalam akhir penulisannya.

Agar tidak dicap sebagai plagiat dan dapat menuliskannya secara cepat, berikut beberapa panduan cara menulis daftar pustaka dari buku:
  • Nama
Nama penulis ditulis paling awal, anda perlu mengingat bahwa menuliskan nama belakang penulis terlebih dahulu kemdian dilanjutkan dengan tanda koma (,). Setelah itu cantumkan nama depan dan tengah penulis buku tersebut, jika buku tersebut merupakan karya dari dua penulis atau lebih maka hanya penulis utama yang urutannya dibalik. Jika pada buku tersebut nama penulis dicantumkan lengkap dengan gelar pendidikannya, gelar tersebut tidak perlu anda tuliskan. 
  • Tahun Terbit
Setelah nama, silahkan anda cantumkan tahun terbit dari buku yang anda gunakan sebagai referensi. Jangan terkecoh pada angka tahun cetakan awal karena bisa saja buku yang anda gunakan merupakan cetakan kedua, ketiga atau terakhir. 
  • Judul Buku
Tuliskan judul buku anda secara lengkap, jangan lupa juga dengan penulisan judul dibuat dengan italic (miring). 
  • Kota dan Nama Penerbit
Langkah terakhir dalam penulisan daftar pustaka dari buku adalah mencantumkan kota penerbit dan nama penerbit yang mencetak buku tersebut. Dahulukan nama kota lalu nama penerbit yang dibatasi dengan tanda titik dua (:). Selain itu, tanda batas dari tiap urutan pastikan untuk menggunakan tanda titik (.) untuk membatasi urutan nama, tahun terbit, judul buku, hingga kota dan nama penerbit.


2. Contoh Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Buku

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Buku
Contoh Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Buku
Setelah anda mengetahui beberapa langkah cara menulis daftar pustaka dari buku diatas, anda juga bisa melihat contoh dalam penulisan daftar pustaka dari buku.Berikut contoh daftar pustaka dari buku:

Data Buku:
Judul : Family Medical Care Volume 4
Penulis : Dr. John F. Knight
Penerbit : Indonesia Publishing House
Kota Penerbit : Bandung
Tahun Terbit : 2001

Cara Penulisan:
Knight, John F. 2001. Family Medical Care Volume 4. Bandung: Indonesia Publishing House.


Akhir kata

Itulah seluruh isi pembahasan yang dapat kami jabarkan kepada anda seputar cara menulis daftar pustaka yang baik dan benat.

Silahkan anda pahami terlebih dahulu beberapa panduan yang telah kami ulaskan diatas agar daftar pustaka yang anda buat tidak salah.

Karena jika ada kesalahan sedikit saja dalam menulis daftar pustaka tidak bisa diterima oleh guru maupun dosen anda.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan kepada anda mengenai cara menulis daftar pustaka dari buku pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel