Cara Daftar PIP Kemdikbud go id 2022

Cara Daftar PIP Kemdikbud go id
Cara Daftar PIP Kemdikbud go id - PIP Kemdikbud adalah singkatan dari Program Indonesia Pintar, yang disalurkan melalui (KIP) Kartu Indonesia Pintar dan merupakan bagian dari penyempurnaan Program Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Program PIP Kemdikbud sendiri berbentuk bantuan tunai pendidikan kepada anak usia sekolah (6-12 tahun) yang masuk dalam kategori keluarga miskin atau rentan miskin.

Program PIP ini bisa didapatkan bila KPM sudah mempunyai Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Program Keluarga Harapan (PKH), yatim piatu, penyandang disabilitas, dan korban bencana alam atau musibah.

Oleh karena itu, Anda bisa segera daftar PIP Kemdikbud 2022 agar bisa mendapatkan total dana bantuan senilai Rp2,2 juta.


Pembahasan Cara Daftar PIP Kemdikbud go id

Hingga saat ini, PIP Kemdikbud 2022 telah dicairkan oleh pemerintah kepada 17.927.308 peserta didik atau siswa SD, SMP, dan SMA.

Sedangkan total besaran PIP Kemdikbud 2022 se-Indonesia untuk siswa SD, SMP, dan SMA mencapai Rp9 triliun.

Untuk jumlah besaran dana PIP Kemdikbud yang diterima oleh setiap siswa penerima manfaat pun berbeda-beda, tergantung jenjang pendidikannya.

Semakin tinggi jenjang pendidikannya, maka semakin besar pula dana PIP yang akan didapatkan.

Besaran bantuan PIP Kemdikbud 2022 untuk jenjang SD atau sederajat sebesar Rp450.000, jenjang SMP atau sederajat sebesar Rp750.000 dan jenjang SMA atau sederajat sebesar Rp1 juta.

Perlu diingat, untuk bisa mendapatkan PIP Kemdikbud 2022 ini, Anda harus terdaftar dalam DTKS Kemensos terlebih dahulu.

Nah, berikut ini kami akan bagikan cara daftar PIP Kemdikbud go id yang bisa dipelajari dan diterapkan:


Cara Daftar PIP Kemdikbud go id


Cara Daftar PIP Kemdikbud go id 2022

Cara Daftar PIP Kemdikbud go id
Cara Daftar PIP Kemdikbud go id 2022
Untuk cara daftar PIP Kemdikbud go id prosesnya sangat mudah, karena Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah mudah saja dan berikut ini ulasannya:


1. Cara Daftar PIP Kemdikbud 2022

Berikut cara daftar PIP Kemdikbud 2022:
  • Bila tidak mempunyai KIP, calon murid penerima PIP Kemdikbud 2022 bisa mendaftar dengan menggunakan KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) dan ajukan ke lembaga pendidikan yang terkait.
  • Jika memiliki KKS juga tidak dimiliki oleh siswa, maka orang tua siswa harus meminta SKTM atau Surat Keterangan Tidak Mampu dari RT, RW, dan Kelurahan atau Desa.
  • Lalu, ajukan KKS milik orang tua siswa atau peserta didik untuk dilakukan verifikasi data melalui link berikut ini (pip.kemdikbud.go.id).
  • Bila sudah mengajukan pendaftaran, Anda bisa cari kolom ‘Cara Penerima PIP’
  • Selanjutnya isilah formulir yang disediakan oleh panitia PIP Kemdikbud, seperti NISN, tanggal, bulan, dan tahun lahir, serta nama lengkap ibu kandung.
  • Setelah itu, Klik ‘Cari’ dan akan muncul pemberitahuan nama penerima PIP Kemdikbud atau tidak.


2. Cara Mencairkan Dana PIP Kemdikbud 2022

Setelah data yang didaftarkan dinyatakan terdaftar sebagai penerima PIP, maka dana PIP tersebut bisa dicairkan secara kolektif atau mandiri oleh siswa.

Jika dilakukan kolektif, maka siswa akan dibantu oleh pihak sekolah atau dinas pendidikan hingga dana PIP masuk ke rekening siswa atau tinggal menerima uang tunai.

Sedangkan, untuk pencairan bantuan dana PIP Kemdikbud secara mandiri, siswa atau walinya akan mengurus ke bank yang bekerja sama dengan panitia PIP Kemdikbud.

Berikut cara mencairkan dana PIP Kemdikbud 2022:
  • Datang ke bank yang sudah bekerja sama dengan panitia PIP Kemendikbud 2022 untuk membuat surat keterangan aktivasi rekening dari sekolah.
  • Pastikan juga untuk menyiapkan identitas KTP/Kartu pelajar baik siswa atau wali siswa.
  • Kemudian mengisi formulir pembuatan rekening SIMPEL PIP


Akhir Kata

Demikian cara yang bisa diterapkan, bila ingin mendaftar sebagai penerima bantuan atau program PIP Kemdikbud.

Ikuti setiap aturan yang ditetapkan oleh pihak panitia PIP Kemdikbud, agar proses pendaftaran dan pencairan dana berhasil dilakukan.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai cara daftar PIP Kemdikbud go id 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel