Cara Melihat Nilai UKG di SIM PKB 2022

Cara Melihat Nilai UKG di SIM PKB
Cara Melihat Nilai UKG di SIM PKB - Pemerintah, terus berupaya meningkatkan kualitas belajar dan mengajar di negeri ini.

Tidak hanya siswa dan siswi saja yang mendapatkan perhatian, para tenaga pengajar pun mulai diperhatikan, hal tersebut bisa dilihat dari diadakannya seleksi UKG.

UKG atau Uji Kompetensi Guru adalah ujian bagi guru untuk mengukur atau menguji kompetensi yang berkaitan dengan bidang studi dasar serta pedagogik yang menjadi ruang lingkup guru.

Sedangkan kompetensi pedagogik yang diujikan adalah menjadi bentuk implementasi antara kompetensi pedagogik dan bidang studi guru ketika mengajar di dalam kelas.

Tujuan utama dilaksanakannya UKG adalah ini adalah untuk memetakan tingkat kompetensi guru, misalnya kompetensi pedagogik dan profesional.

Selain itu, UKG ini juga bertujuan untuk membina dan mengembangkan profesi guru sebagai tindak lanjut PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) yang menjadi langkah awal untuk seleksi mengikuti PPG (Pendidikan Profesi Guru) dan mengontrol kinerja guru.


Pembahasan Cara Melihat Nilai UKG di SIM PKB

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mengikuti seleksi UKG adalah guru yang belum sertifikasi atau belum memiliki sertifikat pendidik, guru PNS dan bukan PNS (GTY) yang mengajar di sekolah swasta atau guru honorer yang mengabdi di sekolah negeri dengan pengangkatan dari Bupati/Walikota, telah mempunyai NUPTK.

Syarat selanjutnya yakni mata pelajaran yang diampu harus sesuai dengan kualifikasi akademik, misalnya, Bapak/Ibu lulus dari Pendidikan Kimia, maka Bapak/Ibu harus mengampu mengajarkan mata pelajaran Kimia.

Bila tidak linear, maka Bapak/Ibu tidak bisa mengikuti seleksi UKG.

Banyak sekali guru yang mengikuti program seleksi tersebut, namun ada beberapa guru atau peserta yang belum mengetahui cara untuk melihat nilai UKG nya di SIM PKB.

Tapi Anda tak perlu khawatir, karena kami akan membagikan cara untuk melihat nilai UKG tersebut pada artikel ini dan bisa diterapkan nantinya.

Nah, berikut ini kami akan membagikan cara melihat nilai UKG di SIM PKB yang bisa diterapkan, bila Anda sudah mengikuti proses seleksinya.


Cara Melihat Nilai UKG di SIM PKB


Cara Melihat Nilai UKG di SIM PKB melalui Situs Kemendikbud

Cara Melihat Nilai UKG di SIM PKB
Cara Melihat Nilai UKG di SIM PKB melalui Situs Kemendikbud
Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, bila ingin melihat nilai UKG di SIM PKB melalui situs Kemendikbud guys.

Langkah tersebut pun sangat mudah diterapkan dan pastikan koneksi internet pada perangkat yang digunakan dalam kondisi stabil, agar proses yang dijalankan berjalan lancar.

Adapun cara melihat nilai UKG di SIM PKB melalui situs Kemendikbud seperti berikut ini:
  • Untuk langkah pertama, silahkan kunjungi laman portal layanan SIMPKB melalui laman atau situs berikut ini (https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/).
  • Setelah situs terbuka, Anda bisa klik tombol Pencarian Data GTK dan Anda akan langsung diarahkan menuju laman pencarian data GTK.
  • Kemudian masukkan nama lengkap Anda lalu pilih Provinsi dan Kota tempat Anda.
  • Selanjutnya klik tombol Cari GTK dan carilah data Anda pada bagian hasil pencarian.


Akhir Kata

Demikian cara yang bisa diterapkan, bila ingin melihat nilai UKG di SIM PKB.

Perhatikan dan lakukan setiap langkah dengan baik dan benar, agar proses yang dijalankan berhasil.

Dengan cara ini, Anda bisa melihat nilai UKG dengan mudah dan cepat, tanpa pusing lagi guys.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai cara melihat nilai UKG di SIM PKB 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel