Cara Membuat Kelas di Google Classroom 2022

Cara Membuat Kelas di Google Classroom
Cara Membuat Kelas di Google Classroom - Pasalnya Google Classroom salah satu aplikasi besutan Google yang telah menyediakan berbagai macam fitur buat memudahkan guru dan murid.

Didalam melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang banyak dipergunakan sekarang ini, sebab aplikasi tersebut memudahkan para guru bisa memberikan materi dan pekerjaan rumah.

Bahkan berinteraksi dengan murid didalam jarak jauh, pasalnya Google Classroom sudah dilengkapi dengan beberapa fitur buat proses belajar dan mengajar.

Seperti halnya membuat kelas, mengundang siswa, menyiapkan sistem penilaian, membuat tugas, membuat kelas online sampai fitur screen reader untuk membantu siswa yang berkebutuhan khusus.

Apa lagi seluruh pengguna yang mempunyai akun Gmail bisa memakai Google Classroom buat keperluan pribadi, akan tetapi perlu anda ketahui apa bila dipakai oleh sekolah.


Pembahasan Cara Membuat Kelas di Google Classroom

Sehingga siswa dan murid membutuhkan akun G Suite for Education, apa lagi sebelum pandemi G Suite for Education salah satu layanan berbayar punyai Google.

Namun dikarenakan pandemi membuat banyak siswa dan guru diharuskan melakukan pembelajaran secara online, sebab pihak Google memberikan layanan tersebut secara gratis.

Terus jadi pertanyaannya, gimana cara membuat kelas di Google Classroom ini? Maka dari itu, sebaiknya anda ikuti artikel kali ini dimana akan menjelaskan buat anda sebagai berikut.


Cara Membuat Kelas di Google Classroom



1. Cara Membuat Kelas di Google Classroom Melalui PC

Cara Membuat Kelas di Google Classroom
Cara Membuat Kelas di Google Classroom Melalui PC
Dalam hal ini, jika anda membuat kelas di Google Classroom tidaklah sulit untuk dilakukan dan tidak akan membutuhkan waktu yang lama akan tetapi sebelum itu pastikan anda mempunyai akun Gmail.

Berikut cara membuat kelas di Google Classroom melalui PC:
  • Pertama-tama yang harus anda lakukan yakni silahkan anda kunjungi melalui link berikut ini (https://classroom.google.com/).
  • Setelah itu, di bagian pojok kanan atas klik ikon "+" atau "Buat Kelas".
  • Kemudian anda masukkan nama kelas, bahwasannya guru juga bisa menambahkan beberapa deskripsi singkat nama pelajaran dan tingkat kelas.
  • Lalu anda tinggal klik "Buat".
  • Tahap terakhir, maka Google Classroom akan secara otomatis membuat kelas yang bisa anda bagikan buat mengundang murid bergabung di kelas yang sudah dibuat.


2. Cara Membuat Kelas di Google Classroom Melalui Android dan iPhone

Cara Membuat Kelas di Google Classroom
Cara Membuat Kelas di Google Classroom Melalui Android dan iPhone
Bukan hanya melalui PC saja, pasalnya membuat kelas di Google Classroom dapat juga dilakukan lewat ponsel entah itu platform Android ataupun iPhone.

Berikut cara membuat kelas di Google Classroom melalui Android dan iPhone:
  • Pertama-tama yang harus anda lakukan yakni anda unduh aplikasi Google Classroom yang ada di Play Store atau App Store.
  • Setelah itu, silahkan anda klik ikon "+" pada pojok kanan bawah "Buat Kelas".
  • Kemudian anda tinggal masukkan nama kelas, maka guru juga bisa menambahkan beberapa deskripsi singkat nama pelajaran dan tingkat kelas.
  • Jika sudah selesai, anda tinggal klik "Buat".
  • Tahap terakhir, sekarang Google Classroom secara otomatis akan membuat kode kelas yang siap anda bagikan kepada muridnya.


Akhir Kata

Demikianlah penjelasan yang telah kami sampaikan buat anda, dimana informasi ini berguna untuk anda yang belum paham cara membuat kelas pada Google Classroom.

Pasalnya kami memberikan dua cara untuk anda gunakan, didalam membuat kelas di Google Classroom namun anda pilih yang gampang buat anda gunakan.

Akan tetapi, jika anda ingin berhasil didalam membuat kelas di Google Classroom silahkan anda ikuti setiap langkah-langkah dengan teliti.

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara membuat kelas di Google Classroom. Sekian dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel