Cara Install Extension Google Chrome 2022

Cara Install Extension Google Chrome
Cara Install Extension Google Chrome - Chrome adalah salah satu browser paling populer, karena digunakan oleh 60% netizen di dunia menurut situs StatCounter.

Kepopuleran browser Chrome tidak hanya menguntungkan Google, namun juga menguntungkan pengguna karena banyaknya Extension yang tersedia untuk Google Chrome.

Di versi 'mentahnya', Google Chrome sudah bisa digunakan untuk menjelajahi internet sesuai dengan keinginan dan kebutuhan penggunanya.

Namun, pada beberapa kondisi, terkadang Anda akan membutuhkan fungsionalitas lain yang tidak tersedia di Google Chrome, sehingga Extension lain yang menjadi solusinya.

Extension sendiri adalah sebuah aplikasi kecil untuk Google Chrome yang memberikan fungsionalitas tambahan untuk browser tersebut.

Sama seperti aplikasi Android, Extension ini harus diinstall terlebih dahulu baru bisa digunakan.

Untuk menginstallnya pun ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan guys, agar prosesnya berjalan lancar.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami bagikan cara install Extension Google Chrome yang bisa dipelajari dan diterapkan.


Cara Install Extension Google Chrome


Cara Install Extension Google Chrome tanpa Aplikasi

Cara Install Extension Google Chrome
Cara Install Extension Google Chrome tanpa Aplikasi
Adapun cara install Extension Google Chrome tanpa aplikasi seperti berikut ini:


1. Mencari Extension

  • Untuk langkah pertama, silahkan Google Chrome, kemudian kunjungi URL berikut ini untuk mencari extension yang akan Anda install "https://chrome.google.com/webstore/category/extensions".
  • Anda bisa melihat-lihat Extension melalui kotak pencarian yang tersedia untuk mencari Extension spesifik sesuai dengan yang diinginkan.
  • Pada tahap ini, Anda bisa menggunakan layanan proxy anonymoX sebagai contoh.
  • Saat menggunakan kotak mesin pencarian, Anda bisa menggunakan kolom kategori, fitur dan nilai untuk mempercepat proses pencarian.
  • Extension yang Anda cari seharusnya ditampilkan di layar dan jika tidak, silahkan klik tombol Ekstensi lainnya untuk melihat hasil pencarian lainnya.

2. Install Extension

  • Setelah menemukan Extension yang dicari, silahkan klik tombol Tambahkan ke Chrome berwarna biru yang ada di kanan layar.
  • Anda juga akan diminta untuk konfirmasi proses install Extension tersebut dengan cara klik tombol Tambahkan Ekstensi, untuk memulai proses instalasi.
  • Ikon Extension akan ditampilkan di bagian kanan atas layar, setelah proses install selesai.

3. Pengaturan Extension

  • Agar Extension bisa digunakan dengan mudah, maka Anda harus mengubah pengaturan extension yang sudah diinstall, dengan cara klik tombol Menu di sisi kanan atas yang dilambangkan dengan ikon tiga titik.
  • Kemudian pilih menu Fitur Lainnya lalu klik pilihan Ekstensi untuk melihat daftar extension yang telah diinstall.
  • Ikon toggle pada tiap extension digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan extension, warna biru berarti extension aktif dan abu-abu belum atau tidak aktif.
  • Selanjutnya klik tombol Detail untuk melihat detil extension dan melakukan beberapa pengaturan, diantaranya mengaktifkan extension di mode samaran.
  • Menu Detail juga bisa diakses secara langsung dengan cara klik kanan pada ikon extension kemudian pilih opsi Manage extensions.

4. Penghapusan Extension

  • Untuk langkah terakhir, silahkan masuk ke layar pengaturan Ekstensi seperti yang telah dijelaskan di langkah 3.
  • Lalu klik tombol Hapus untuk menghapus extension yang bersangkutan dan Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi proses penghapusan.
  • Selanjutnya klik tombol Hapus yang berwarna biru, untuk memulai proses penghapusan.
  • Extension yang telah dipilih akan menghilang dari layar beserta ikonnya dari tampilan utama Google Chrome.
  • Opsi untuk menghapus extension ini juga bisa diakses dengan cara klik kanan di ikon _extension tersebut kemudian pilih opsi Hapus dari Chrome.

Akhir Kata

Demikian cara yang bisa diterapkan, jika ingin menginstall Extension Google Chrome.

Ada berbagai Extension yang tersedia di Google Chrome dan bisa Anda pilih kemudian install sesuai dengan keinginan.

Karena langkahnya lumayan panjang, jadi disarankan untuk mempelajarinya terlebih dahulu, agar prosesnya berjalan dengan lancar.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai cara install Extension Google Chrome 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel