Cara Memasukan Token Listrik Pulsa 2024

Daftar Isi
Cara Memasukan Token Listrik
Cara Memasukan Token Listrik Pulsa - Dengan perkembangan listrik kini mengubah kehidupan secara drastis, mulai dari keperluan rumah tangga hingga kegiatan industri.

Listrik sudah menjadi bagian dari kehidupan modern yang memiliki banyak kegunaan dalam kehidupan sehari-hari.

Listrik bisa digunakan untuk segala keperluan seperti penerangan ruangan, kipas angin, dan peralatan rumah tangga dan masih banyak lagi.

Penggunaan listrik semakin hari semakin meningkat sehingga PLN sebagai penyedia listrik memberikan kemudahan dengan layanan Listrik Pintar, yaitu penggunaan listrik prabayar dengan cara membeli token atau pulsa listrik.


Token atau pulsa listrik memiliki atau menggunakan 20 digit angka yang dimasukkan ke meter prabayar saat melakukan isi ulang listrik.

Listrik merupakan kebutuhan primer bagi manusia yang hidup di zaman modern seperti sekarang ini.

Hampir semua benda-benda yang mendukung kehidupan sehari-hari penduduk bumi menggunakan bantuan tenaga listrik.

Sejak dikenalkan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) pada tahun 2008, sekarang hampir seluruh rumah telah menggunakan listrik dengan metode prabayar atau token.


Listrik prabayar ini memudahkan para pelanggannya untuk mengontrol sendiri tentang pengeluaran listriknya tanpa harus takut diputus PLN jika telat membayar.

Buat anda yang ingin beralih ke listrik prabayar atau token, bisa disimak cara mengisi token listrik seperti berikut ini.


Cara Memasukan Token Listrik Pulsa


1. Cara Memasukan Token Listrik Pulsa Terbaru

Cara Memasukan Token Listrik
Cara Memasukan Token Listrik Terbaru
Untuk mengisi atau cara memasukan token listrik di rumah anda tidak sulit dan sangat simple karena cukup dengan memasukkan 20 digit angka token listrik.

Berikut ini langkah-langkah mengisi atau memasukkan angka token listrik yang bisa anda ikuti:

Langkah pertama, masukkan 20 digit angka token listrik yang telah anda beli ke meteran listrik lalu tekan "Enter". Jika anda melakukan kesalahan dalam mengetikkan angkanya, anda tinggal tekan tombol "backspace", lalu anda ulang mengetikkan angka yang benar.


Jika angka token yang anda masukkan sudah benar, maka akan muncul tulisan "benar" atau "accept" pada layar meteran listrik anda dan jumlah kWh yang ditampilkan di layar akan bertambah sejumlah daya yang dibeli.

Tapi jika tulisan yang muncul di layar "salah" atau "reject", berartinya kode yang anda masukkan tidak benar.


2. Cara Membeli Dan Cara Memasukan Token Listrik Secara Daring

Cara Memasukan Token Listrik
Cara Membeli Dan Cara Memasukan Token Listrik Secara Daring
Untuk mendapatkan 20 digit angka token listrik yang bisa anda masukkan ke meteran di rumahmu, anda bisa melakukan pembelian baik secara daring maupun secara langsung ke penjual voucher listrik atau melalui mesin ATM.

Cara memasukan token listrik secara daring bisa anda lakukan melalui fasilitas mobile banking ataupun melalui aplikasi marketplace yang kini telah banyak menyediakan fitur pembelian token listrik.


Jika anda menggunakan Bank Mandiri, berikut cara mengisi token listrik melalui aplikasi Livin’ Mandiri yang bisa anda ikuti:
  • Langkah pertama, buka aplikasi Livin’ by Mandiri di ponsel anda lalu login menggunakan akun yang anda gunakan. Jika anda belum memasang aplikasinya di ponsel, anda bisa unduh melalui Playstore dan Appstore secara gratis.
  • Setelah anda berhasil login, anda bisa pilih menu "Beli".
  • Selanjutnya, pilih menu "Buat Pembelian baru" lalu pilih "PLN Prabayar". Di bagian atas layar rekening yang akan anda gunakan untuk membayar, lalu anda klik "Penyedia Jasa", dan pilih "PLN Prabayar".
  • Kemudian anda masukkan IDPEL/No. Meter dan tentukan jumlah nominal token yang ingin dibeli, lalu pilih "Lanjut". Selanjutnya anda konfirmasi dan masukkan nomor MPIN.
  • Jika proses pembelian anda berhasil maka akan muncul resi, jangan lupa untuk tangkap layar ataupun pilih icon unduh untuk menyimpan kode token PLN. Nomor token terdapat dalam resi pembelian di bagian bawah yang bertuliskan Token/Stroom.
  • Anda juga bisa membeli token listrik melalui aplikasi Bukalapak, Shopee, ataupun Tokopedia.
  • Biasanya menu pembelian token tersebut terdapat pada menu yang berjudul Top up ataupun tagihan.
  • Anda tinggal memasukkan nomor meter listrik dengan memilih nominal yang ingin dibeli, lalu melakukan pembayaran seperti biasa pada marketplace tersebut.
  • Token listrik biasanya akan dikirim ke ponsel anda setelah melakukan pembelian terkonfirmasi.


3. Cara Membeli Dan Cara Memasukan Token Listrik Secara Langsung

Cara Memasukan Token Listrik
Cara Membeli Dan Cara Memasukan Token Listrik Secara Langsung
Jika anda lebih suka membeli token listrik secara langsung, maka anda bisa langsung datang ke minimarket atau kios penjual voucher listrik dan tinggal menyebutkan nomor token listrik dengan jumlah nominal yang ingin dibeli.

Biasanya kasir akan memproses pembayaran dan memberikan struk yang berisi nomor token listrik yang kemudian bisa anda masukkan ke meteran listrik di rumahmu.

Dan biasanya anda akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp2.000 setiap melakukan pengisian token.

Cara memasukan token listrik melalui mesin ATM caranya tidak sulit, setelah anda memasukkan kartu dan PIN anda bisa cari menu pembayaran yang biasanya muncul setelah memilih menu "transaksi lainnya" pada menu utama.


Setelah menu pembayaran muncul, anda bisa pilih opsi "PLN" lalu memilih "Prabayar".

Setelah itu anda bisa memasukkan 11 digit nomor meter, pilih nominal token yang ingin anda beli, lalu selesaikan transaksi.

Setelah pembayaran sukses, akan ada struk yang keluar dari mesin ATM yang berisi kode token listrik yang bisa anda masukkan ke meteran di rumahmu.


Akhir Kata

Nah, itu tadi 3 cara mengisi token listrik dengan mudah dan cepat yang bisa dilakukan jika anda menggunakan meteran prabayar.

Anda bisa mencoba menggunakan salah satu cara yang mana menurutmu paling mudah dilakukan dalam memasukkan atau mengisi ulang token listrik rumah.

Dengan anda menggunakan listrik prabayar, anda bisa mengontrol sendiri tentang pengeluaran listrik tanpa harus takut ada pemutusan dari PLN jika telat membayar.

Jika ada masalah yang anda hadapi tentang meteran listrik, jangan ragu untuk menghubungi layanan pelanggan PLN 123.

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai Cara Memasukan Token Listrik Pulsa. Sekian dan selamat mencoba.