Cara Login DANA Tanpa Kode OTP

Cara Login DANA Tanpa Kode OTP
Cara Login DANA Tanpa Kode OTP - Mungkin beberapa pengguna DANA masih bingung, apakah bisa melakukan login DANA tanpa kode OTP? Alasannya sih lantaran nomor yang mereka gunakan tidak aktif dan tidak dapat menerima kode OTP lagi.

Login ke dalam aplikasi DANA pada dasarnya harus dilakukan menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke dalam nomor yang sudah di daftarkan ke akun DANA anda, hal inilah sebagai salah satu metode verifikasi keamanan akun.

Jadi pertanyaannya, lantas bagaimana cara login DANA tanpa kode OTP? Apakah bisa dilakukan atau tidak? Untuk itu, langsung saja simak informasi lebih lanjut yang ada di bawah ini.

Apa itu Kode OTP DANA?

One time password atau biasanya disebut OTP ini termasuk ke dalam salah satu sistem keamanan transaksi keuangan yang menggunakan kode berupa angka unik, sedangkan kode OTP DANA merupakan salah satu bentuk verifikasi berupa 6 digit angka unik yang akan dikirimkan lewat SMS di nomor HP yang terdaftar pada akun DANA.

Biasanya dengan adanya kode OTP tersebut, tiap pengguna di wajibkan melakukan verifikasi kepemilikan akun DANA sebelum login dan hal seperti itu akan cukup membantu dalam mengurangi resiko akun DANA di ambil alih oleh orang lain (diretas).

Namun kode OTP yang ada di aplikasi DANA hanya dapat digunakan, kalau pengguna login ke dalam aplikasi DANA pada perangkat yang berbeda sementara untuk verifikasi transaksi keuangan DANA mengharuskan para pengguna untuk memasukan PIN.

Intinya, kode OTP tersebut hanya akan dikirimkan ke dalam nomor HP yang sudah terdaftar di dalam aplikasi DANA maka dari itu hanya pengguna valid yang bisa melihat kode OTP DANA terlebih lagi pihak DANA sendiri tidak pernah meminta pengguna untuk memberikan kode OTP DANA tersebut.

Itulah penjelasan singkat mengenai kode OTP DANA, sekarang kami akan menjelaskan cara login DANA tanpa kode OTP dan informasi penting lainnya yang ada di bawah ini.

Cara Menonaktifkan OTP Pada Saat Login DANA

Cara Login DANA Tanpa Kode OTP
Cara Menonaktifkan OTP Pada Saat Login DANA
Sampai detik ini DANA tidak pernah memberikan opsi menonaktifkan kode OTP pada saat melakukan login ke dalam aplikasi DANA, meskipun terlihat begitu simpel namun kenyataannya begitu penting untuk menjamin akun DANA tetap aman.

Maka dari itu, para pengguna di wajibkan melakukan verifikasi memakai OTP pada saat login DANA bukan hanya itu saja pihak DANA juga menyediakan fitur Fingerprint dan Face Recognition yang memungkinkan anda untuk bisa login memakai sidik jari atau pengenalan wajah di perangkat yang sudah terdaftar.

Fitur ini biasanya memudahkan pada proses login tanpa perlu memasukan kode OTP pada tiap kali login ke dalam akun DANA anda namun kalau nomor HP hilang atau tidak aktif maka anda bisa memilih metode verifikasi melalui cara login DANA tanpa kode OTP.

Cara Login DANA Tanpa Kode OTP

Cara Login DANA Tanpa Kode OTP
Cara Login DANA Tanpa Kode OTP
Mungkin sudah paham, bahwa DANA adalah aplikasi dompet digital yang sekarang ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia.

Nah, untuk menunjang tingkat keamanan dalam melakukan transaksi pihak DANA mempunyai beberapa macam metode verifikasi di mulai dari PIN (personal identification number), OTP (one time password), username dan password akun sampai Face ID login.

Sedangkan untuk kode OTP itu sendiri adalah kode verifikasi yang hanya bisa digunakan sekali sebagai bentuk verifikasi keamanan akun di dalam melakukan transaksi, bahkan umumnya kode ini dikirimkan lewat SMS ataupun email yang sudah terdaftar di akun.

Hal ini bertujuan pada saat login dengan memasukan kode OTP yaitu memastikan bahwa orang yang login ke dalam akun DANA memang betul-betul pengguna yang mempunyai akses ke dalam nomor HP atau email yang sudah terdaftar.

Karena hal semacam ini bisa melindungi pengguna dari modus penipuan yang mencoba melakukan pembobolan akun DANA yang bersangkutan, hanya dengan kode OTP tersebut tiap pengguna akan melewati proses verifikasi keamanan sebelum login sehingga akun anda akan terjamin keamanannya.

Oleh sebab itu, sebagai bentuk dari pelindungan keamanan aplikasi dari pihak DANA tidak mengizinkan para pengguna login tanpa kode OTP pasalnya kode OTP ini cukup penting untuk mencegah adanya penyalahpenggunaan akun DANA oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Maka dari itu, supaya anda tidak perlu lagi melakuna login memakai kode OTP anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan fitur "Ingat Saya" karena fitur ini anda bisa melakukan login ke dalam akun DANA tanpa perlu memasukkan kode OTP.

Jadi proses cara login DANA tanpa kode OTP ini hanya akan berlaku, kalau anda memakai ponsel ytang sama seperti yang anda gunakan biasanya karena hal semacam ini dengan ketentuan diantaranya yaitu sebagai berikut:
  • Pastikan akun DANA logout hanya sebentar dan login kembali.
  • Nomor HP akun DANA harus berada di ponsel yang sama seperti pada saat login.
Tidak adanya kesalahan nomor HP dan PIN ketika login kembali, melainkan login DANA tanpa perlu memakai kode OTP kalau anda melakukan beberapa hal diantaranya yaitu sebagai berikut:
  • Pastikan login akun DANA pada ponsel yang berbeda.
  • Pastikan login DANA jika sudah beberapa hari atau login memakai akun DANA lain.
  • Kartu nomor HP yang sudah terdaftar pada akun DANA anda sudah di cabut dari ponselnya.
  • Data aplikasi DANA sudah terhapus.
Namun adapun kalau tidak login DANA, dikarenakan nomor HP anda sudah tidak aktif dan tidak bisa menerima kode OTP anda bisa mengatasinya dengan cara yaitu sebagai berikut:
  • Silahkan langsung saja buka aplikasi DANA yang terdapat pada perangkat anda.
  • Nanti jika sudah, pastikan anda mengingat PIN DANA anda.
  • Lalu pilih menu Saya.
  • Kemudian pilih menu Pengaturan Keamanan.
  • Jika sudah, silahkan klik opsi Ubah Nomor Ponsel. Namun pastikan nomor DANA yang sudah terdaftar memang yang ingin di ubah.
  • Tinggal tap Ganti Nomor.

Intinya cara login DANA tanpa kode OTP pada dasarnya tidak dapat dilakukan demi keamanan transaksi keuangan anda, walaupun begitu anda bisa menyiasatinya dengan beberapa hal seperti yang sudah disebutkan pada penjelasan di atas.

Cara Login DANA Tanpa PIN

Cara Login DANA Tanpa Kode OTP
Cara Login DANA Tanpa PIN
Bukan hanya menjelaskan cara login DANA tanpa kode OTP saja, disini kami juga akan menjelaskan cara login DANA tanpa PIN.

Disini PIN aplikasi DANA merupakan kode keamanan pribadi yang hanya akan digunakan untuk mengamankan akun DANA, fungsi utama dari PIN aplikasi DANA yaitu untuk bisa melindungi akun dari akses yang tidak sah atau penggunaan yang tidak sah.

Pada saat anda mengaktifkan PIN aplikasi DANA, biasanya anda akan langsung diminta untuk memasukan kode tersebut tiap kali anda membuka atau mengakses aplikasi DANA di HP anda tapi jika anda tidak ingin memakai PIN ketika login DANA langsung saja simak diantaranya yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama yang harus dilakukan yaitu silahkan buka aplikasi DANA, jika sudah lalu anda masuk ke dalam menu Login.
  • Nanti setelah itu, anda masukan kode OTP yang dikirimkan ke dalam nomor ponsel anda untuk melakukan verifikasi akun.
  • Lalu masukan email sebagai alternatif untuk login dan kirimkan kode verifikasi ke dalam email.
  • Terakhir silahkan masukan kode verifikasi login DANA, kemudian tunggu hingga anda berhasil masuk ke dalam akun DANA anda.
Walaupun begitu, lebih baik tetap memakai PIN sebagai salah satu metode keamanan untuk login ke dalam aplikasi DANA untuk memastikan keamanan melakukan transaksi keuangan digital anda.

Cara Mendapatkan Kode OTP DANA Lewat Email

Cara Login DANA Tanpa Kode OTP
Cara Mendapatkan Kode OTP DANA Lewat Email
Seperti yang sudah kami jelaskan di cara login DANA tanpa kode OTP, kode OTP adalah metode verifikasi keamanan yang dirancang khusus DANA untuk para pengguna ketika akan login.

Kode OTP dapat dikirimkan melalui nomor HP, email atau WhatsApp dan untuk cara mendapatkan kode OTP simak langkah-langkah diantaranya yaitu sebagai berikut:
  • Silahkan buka aplikasi DANA.
  • Jika sudah, lalu masukan nomor ponsel yang sudah terdaftar dan kata sandi DANA.
  • Sehingga akan segera muncul metode verifikasi akun dengan mengirimkan kode OTP, lalu pilih kirim kode OTP melalui WhatsApp.
  • Tinggal masukan kode OTP yang sudah diterima melalui WhatsApp ke dalam kolom yang sudah disediakan, kalau kode verifikasi berupa link langsung saja klik link tersebut untuk masuk ke dalam aplikasi DANA.
  • Apa bila verifikasi sudah selesai, maka anda akan langsung diarahkan ke dalam halaman beranda akun DANA.

Cara Memasukan Kode OTP DANA Pada Saat Login

Cara Login DANA Tanpa Kode OTP
Cara Memasukan Kode OTP DANA Pada Saat Login
Kalau anda sudah paham cara login DANA tanpa kode OTP dan memutuskan untuk memakai kode OTP pada saat login ke dalam akun DANA, sebaiknya langsung saja simak langkah-langkah diantaranya yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama yang harus dilakukan yaitu silahkan buka aplikasi DANA yang ada di perangkat anda.
  • Nanti di halaman login, tinggal masukan nomor HP yang sudah terdaftar di akun DANA anda.
  • Jika sudah namun pastikan nomor tersebut sesuai sama yang sudah anda daftarkan.
  • Maka akan menerima sebuah notifikasi atau pesan SMS yang berisikan kode OTP DANA terdiri dari 6 angka.
  • Silahkan buka pesan SMS atau notifikasi yang berisikan kode OTP DANA dan tinggal salin kode tersebut.
  • Lalu kembali ke dalam halaman login DANA, jika sudah silahkan masukan kode OTP yang telah anda salin ke kolom disediakan.
  • Pada tahap selanjutnya jika sudah anda berhasil memasukan kode OTP, maka anda akan diminta untuk memasukan PIN DANA anda sebagai lapisan keamanan tambahan.
  • Kalau sudah memasukan PIN dengan benar, maka anda akan berhasil login ke dalam aplikasi DANA dan bisa mulai memakai layanannya.

Apakah Penting Kode OTP DANA?

Seperti yang sudah kami jelaskan cara login DANA tanpa kode OTP tidak akan bisa dilakukan, pasalnya OTP adalah sistem keamanan yang cukup penting untuk menjaga akun kita dari akses tidak sah.

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa fungsi kegunaan dari kode OTP diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Mencegah Akses Tidak Sah

Kode OTP bisa membantu dalam mencegah akses yang tidak sah ke dalam akun DANA dengan cara memastikan bahwa hanya pengguna yang mempunyai akses bisa login ke dalam akun tersebut.

Hal ini adalah langkah-langkah penting untuk melindungi informasi pribadi dan transaksi keuangan dari namanya tindakan pencurian atau peretasan akun.

2. Meningkatkan Keamanan Transaksi

Tiap kali anda melakukan transaksi memakai DANA, anda harus memasukan kode OTP untuk melakukan verifikasi transaksi tersebut karena hal ini membantu memastikan bahwa transaksi benar-benar dilakukan oleh para pengguna yang sah dan bukan oleh pihak yang tidak berwenang sehingga pengguna bisa merasa aman dalam melakukan transaksi online.

3. Perlindungan Terhadap Serangan Siber

Selain itu kode OTP ini juga untuk memperkuat perlindungan terhadap serangan siber seperti phising, keylogger dan serangan lain sebagainya pasalnya kode OTP ini akan menghalangi akses tidak sah ke dalam akun pengguna dengan begitu informasi pribadi dan transaksi keuangan lebih terlindungi.

Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai Cara Login DANA Tanpa kode OTP yang sudah kami secara lebih rinci.

Ada banyak informasi penting yang sudah kami sampaikan selain login DANA tanpa OTP, jadi sebaiknya anda simak penjelasan yang sudah kami berikan.

Semoga dengan adanya informasi ini menambah pengetahuan anda soal DANA dan jika informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat yuk bagikan link artikel ini ke sosial media milikmu. Sekian dan semoga bermanfaat.
Dody S. Technology article editor, IT consultant. has been involved in the website and technology sector since 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel