Cara Membuat Komentar Di C++ 2024

Cara Membuat Komentar Di C++
Cara Membuat Komentar Di C++ - Bukan hanya bahasa pemograman C++ yang sudah menyediakan fitur Comment (Komentar), melainkan hampir disemua bahasa pemograman juga sudah menyediaka fitur komentar.

Semua karakter yang tergolong dalam komentar tidak akan bisa dibaca oleh CPU, dan tidak akan dilaksanakan sebagai perintah oleh CPU atau dengan kata lain akan diabaikan.

Komentar yang ada di dalam program biasanya digunakan oleh para programmer untuk bisa memberikan tanda atau sebuah keterangan pada kode program yang sudah dikembangkan.
Supaya bisa dibaca, dipahami dan dimengerti terutama untuk programmer lainnya apabila sedang bekerja dalam suatu team.

Dikarenakan tidak semua programmer memiliki jalan pikiran yang sama dalam pembuatan algoritma, hal tersebut tentunya akan sangat berguna untuk bisa memberitahukan dengan menggunakan bahasa manusia dan bisa mempermudahkan orang-orang untuk bisa mempelajari apa yang ada di dalam kode program yang sudah anda tuliskan.

Komentar merupakan sebuah bagian dari kode program yang tidak ikut dibaca atau diterjemahkan pada saat sedang dalam proses kompilasi.

Atau dengan kata lain, komputer tidak akan mempengaruhi jalannya dari program, dikarenakan hanya berguna untuk bisa mempermudahkan anda dalam meningkatkan dan juga menjelaskan kode atau deskripsi program.

C++ sudah menyediakan dua macam fitur comment yaitu Single-line (Satu baris) dan juga Multi-ine (beberapa baris).

Yang dimana, kedua cara tersebut bisa saja anda gunakan dan hal tersebut juga tidak akan mempengaruhi funsi coding anda, atau dengan kata lain compiler akan mengabaikan bentuk komen yang sudah anda buat.

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda bisa langsung saja simak ulasan mengenai Cara Membuat Komentar Di C++ yang sudah ada di bawah ini sampai selesai.

Cara Membuat Komentar Di C++

Cara Membuat Komentar Di C++
Cara Membuat Komentar Di C++
Di dalam sebuah program, tentunya terdapat banyak sekali kode-kode yang begitu rumit sehingga akan sangat sulit untuk bisa dipahami oleh orang lain.

Untuk bisa menangi masalah tersebut, sebagai programmer sebaiknya menambagkan komentar untuk bisa menjelaskan algoritma dan juga keterangan yang memang dibutuhkan dalam program.

Hal tersebut akan sangat membantu dalam proses pemeliharaan atau (Maintenance) dari program yang sudah anda buat.

Selain digunakan untuk kebutuhan tersebut, komentar juga banyak sekali digunakan untuk menuliskan informasi mengenai program yang sudah dibuat.

Misalnya seperti nama pembuat kode (author), kapan kode tersebut dibuat, ataupun deskripsi lain yang memang dibutuhkan untuk mendeskripsikan program tersebut.

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, bahwasaya komentar merupakan salah satu bagian dari kode program namun tidak ikut dibaca pada saat proses kompilasi (compile) atau dengan kata lain komentar tidak akan mempengaruhi jalannya program.

Pada C++ terdapat 2 jenis komentar seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, yaitu komentar hanya untuk satu baris dan juga komentar untuk banyak baris.

Silahkan anda bisa langsung saja simak 2 jenis dan juga Cara Membuat Komentar Di C++ di bawah ini, yaitu sebagai berikut:

1. Komentar Satu Baris (Single-line) dengan tanda //

Cara Membuat Komentar Di C++
Komentar Satu Baris (Single-line) dengan tanda //
Single-line atau komentar satu baris merupakan sebuah komentar yang diawali dengan dua garis miring (//), dimana komentar yang satu ini hanya bisa digunakan untuk satu baris saja.

Jadi, apabila anda ingin menulis komentar pada baris yang baru, maka anda harus menuliskan tanda dua garis miring (//) pada baris yang baru.

Cara menulisnya yaitu dengan diawali dengan dua garis miring (//) lalu anda tinggal menuliskan apa yang ingin disampaikan atau dijelaskan mengenai kode yang sudah dituliskan.

Komentar termasuk bagian dari kode namun tidak akan muncul pada tampilan layar alias hanya akan ada bagian kode saja.

Inilah dia contoh penulisan dan juga program apabila anda ingin melakukan Cara Membuat Komentar Di C++ Single-line, yaitu sebagai berikut:

Contoh Penulisan :

1 std::cout<<”BelajarC++”<<std::endl; //ini komentar. pernyataan di samping akan mencetak “BelajarC++” di layar.

Atau

1 //ini komentar, pernyataan di bawah akan mencetak “BelajarC++” di layar.
2 std::cout<<”BelajarC++”<<std::endl;

Contoh Program

1 #include <iostream>
2 using namespace std;
3
4. int main(){
5 //cetak "belajarcpp"
6 cout<<"belajarcpp"<<endl; //Komentar
7 //Komentar
8 return 0;
9 } //akhir

2. Komentar dengan banyak baris (Multi-line Comments) diapit oleh /* dan */

Cara Membuat Komentar Di C++
Komentar dengan banyak baris (Multi-line Comments) diapit oleh /* dan */
Multi-line Comments atau komentar dengan banyak baris merupakan komentar yang bisa memuat banyak baris.

Lain halnya dengan komentar satu baris yang hanya memiliki awalan, dimana kmentar yang satu ini mempunyai awalan dan juga akhiran sekaligus.

Untuk menuliskan komentar jenis satu ini pada kode program anda, anda harus menuliskan tanda awalannya yaitu ( /* ) setelah itu anda tinggal menuliskan komentar, disini anda waktu beberaikan akhirannya yaitu tanda */ menjadi /*........*/.

Fungsi dari komentar banya baris ini adalah untuk menuliskan komentar namun pada banyak baris alias tidak cuman satu baris saja, bisa untuk dua baris dan begitupun seterusnya, hanya dengan memberikan awalan dan juga akhiran saja berapa barispun isinya akan tetap bisa.

Di bawah ini kami sudah menyediakan contoh penulisan dan juga contoh program apabila anda ingin melakukan Cara Membuat Komentar Di C++ Multi-line, yaitu sebagai berikut:

Contoh Penulisan :

1 /*komentar anda, 1 baris */
2 /*komentar anda untuk 4 baris
3 baris 2
4 baris 3
5 baris 4*/

Contoh Program

1 #include <iostream>
2 using namespace std;
3
4 /* program ini adalah contoh program penggunaan fitur komentar multi line.
5 meskipun anda menulis sebanyak mungkin di dalam fitur komentar ini
6 kompiler akan mengabaikan semua karakter di dalam komentar.
7 Komentar multi line akan berakhir sampai tanda */
8
9 int main(){
10 cout<<"belajarcpp"<<endl;
11 return 0;
12 } //akhir

Fitur komentar juga biasanya digunakan untuk menandai pertanyaan dari algoritma yang bermasalah, menghilangkan sementara pertanyaan dari dalam baris eksekusi kompilator supaya tidak bisa dibaca oleh kompilator.

Terdakang hal tersebut juga akan berguna untuk menghilangkan sementara pertanyaan bermasalah, supaya bisa diperbaiki lain waktu dan membuat program masih bisa tetap berjalan dengan baik tanpa adanya pertanyaan tersebut.

Untuk syarat peletakannya disarankan ditaruh dibelakang kode yang sudah dituliskan pada setiap barisnya, kenapa harus seperti itu? Karena apabila anda menuliskan komentar dulu baru kodenya dalam satu baris, dari awal sampai dengan akhir baris itu akan menjadi komentar dan tidak akan ada yang muncul dilayar.

Bukan hanya itu saja, anda juga bisa menuliskan komentar pada baris kosong tanpa adanya kode, biasannya komentar yang sudah dituliskan pada baris kosong tanpa adanya kode digunakan untuk menjelaskan alur kode dibawah barisnya.

Satu lagi yang harus anda ingat bahwasanya setiap operasi cout, kata apapun itu yang masuk ke dalam tanda "......." akan langsung ditampilkan pada layar.

Jadi, awalaupun anda sudah menggunakan tanda dan menuliskan isi komentar di dalam tanda "......." pada operasi cout tidak akan jadi komentar, yang ada malah keluar pada tampilan layar.

Akhir Kata

Itulah dia semua pembahasan mengenai bagaimana cara membuat komentar di c++ yang bisa kami berikan untuk anda terapkan dengan sangat mudah.

Mungkin masih banyak dari anda yang tidak paham dengan bahas pemograman seperti ini, namun kami berharap dengan adanya ulasan ini anda bisa memahaminya sedikit demi sedikit.

Jika anda merasa bahwasanya uraian yang sudah kami sampaikan di atas itu penting, jangan lupa untuk bantu bagikan atau share ke teman ataupun kerabat anda yang belum mengetahuinya.

Usai sudah segala macam penjelasan pada artikel kali ini mengenai cara untuk membuat komentar pada c++, sekian dan kami ucapkan terimakasih atas waktu yang sudah anda luangkan.
Dody S. Technology article editor, IT consultant. has been involved in the website and technology sector since 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel