Cara Naik LRT Gratis 2024

Daftar Isi
Cara Naik LRT Gratis
Cara Naik LRT Gratis - LRT Jabodebek telah melakukan soft launching atau uji coba pada tanggal 12 Juli sampai 15 Agustus kemarin.

Bagi masyarakat yang ingin menjajal atau mencoba kereta ini harus mendaftar terlebih dahulu.

Manajer Humas LRT Jabodebek Kuswardoyo mengatakan bahwa masyarakat yang ikut uji coba akan dikenakan tarif Rp1.

Masyarakat yang ingin mengikuti uji coba bisa mendaftar melalui tautan yang dicantumkan pada media sosial LRT Jabodebek pada 10 Juli.

Ketika membuka tautan tersebut, ada form yang harus anda isi dengan melengkapi data-data yang dibutuhkan.

Dengan begitu maka masyarakat akan memperoleh konfirmasi dari KAI yang disampaikan melalui Email atau SMS.

Kofirmasi tersebut berupa jadwal keberangkatan, jam, dari stasiun mana akan berangkat dan informasi lainnya,.

Selain itu, masyarakat harus menunjukkan bukti konfirmasi kepada petugas di stasiun keberangkatan! Stasiun yang bisa dipilih antara lain Dukuh Atas, Harjamukti, dan Jatimulya.

Untuk membatasi lonjakan masyarakat yang ingin mencoba LRT Jabodebek, maka KAI akan membatasi satu orang hanya bisa mengikuti sekali perjalanan uji coba kereta.

Lalu, apakah bisa mencoba LRT secara gratis tanpa dikenakan tarif biaya? Simak informasi tentang cara naik LRT gratis lengkapnya dibawah ini.

Syarat dan Ketentuan Naik LRT Gratis

Cara Naik LRT Gratis
Syarat dan Ketentuan Naik LRT Gratis
Sebelum mengurai beberapa persyaratan dari cara naik LRT secara gratis, perlu kami sampaikan dahulu sedikit informasi yang perlu diketahui.

Manager PR PT LRT Jabodebek, Kuswardojo mengatakan bahwa dalam satu hari pihaknya akan menyiapkan empat perjalanan untuk Soft Launching dengan penumpang terbatas.

Dimana dalam satu rangakaiannya diberi kuota penumpang sebanyak 150 orang penumpang.

Artinya, akan ada kurang lebih 600 masyarakat yang dapat mengikuti perjalanan menjajal LRT dalam satu hari.

Kuswardojo menyebutkan tidak ada persyaratan khusus untuk masyarakat yang ingin menjajal naik transportasi massal LRT.

Masyarakat hanya perlu memastikan mereka membawa kartu uang elektronik yang masih aktif untuk taping masuk di stasiun.

Bagi masyarakat yang ingin menjajal LRT Jabodebek selama masa uji coba, bisa mendaftar melalui tautan berikut (https://bit.ly/UjiCobaLRT) yang tersedia di akun IG resmi (@lrt_jabodebek).

Adapun syarat dan ketentuan yang ditentukan KAI Devisi LRT Jabodebek untuk cara naik LRT gratis, diantaranya yaitu sebagai berikut:
  • Mengisi Formulir atau Google Form yang tersedia di link pendaftaran (https://bit.ly/UjiCobaLRTJabodebek).
  • Tunggu sampai mendapatkan konfirmasi dari TIM LRT Jabodebek terkait jadwal perjalannya.
  • Wajib menunjukkan bukti konfirmasi yang diterima via SMS/WhatsAp/Email dari pihak LRT Jabodebek kepada petugas stasiun.
  • Wajib membawa Uang Elektronik atau KMT yang masih berlaku.
  • Dilarang makan dan minum di dalam kereta.
  • Bersedia mengikuti rute perjalnan yang sudah ditentukan oleh pihak LRT Jabodebek.

Catatan: Hanya masyarakat yang menerima konfirmasi dari pihak LRT yang bisa mengikuti Uji Coba ini.

Cara Naik LRT Gratis

Cara Naik LRT Gratis
Cara Naik LRT Gratis
Seperti yang dikutip dari unggahan resmi akun Instagram (@lri_jabodebek), cara daftar LRT gratis via tautan yang disediakan pada 10 Juli 2024 di seluruh media sosial resmi LRT.

Secara umum, dibawah ini adalah langkah-langkah cara naik LRT gratis yang perlu diketahui dan bisa dijadikan panduan, yaitu sebagai berikut:
  • Pertama, kunjungi media sosial LRT Jakarta seperti @lrt_Jabodebek dan @lrtjkt di Instagram.
  • Berikutnya, klik tautan yang tersedia pada akun tersebut.
  • Silahkan isi informasi yang dibutuhkan pada form pendaftaran.

Pembayaran LRT menggunakan transaksi non-tunai atau Cashless dengan cara Tap-in dan Tap-out di Passenger Gate yang disediakan.

Waktu Operasional LRT Jakarta dan Stasiunnya

Cara Naik LRT Gratis
Waktu Operasional LRT Jakarta dan Stasiunnya
Seperti yang dikutip dari (www.lrtjakarta.co.id, LRT Jakarta akan beroperasi pada enam stasiun, yaitu Velodrome, stasiun Equestrian, Pulomas, Boulevard Selatan, Boulevard Utara, stasiun Pegangsaan Dua dan Depo LRT.

Jam operasional LRT Jakarta akan dimulai dari 5.30 sampai 23.00, baik pada hari kerja maupun akhir pekan dengan tarif sebesar Rp 5.000 untuk sekali perjalanan, baik perjalanan dekat atau jauh.

Tidak hanya itu, LRT juga membutuhkan waktu 13 menit untuk menempuh ke enam stasiun yang total jarak dari stasiun awal ke stasiun akhir adalah 5,8 km.

Untuk fasilitas yang disediakan LRT Jakarta, adalah Toilet, Retail Musholla, Nusery Room, dan Klinik untuk memastikan perjalanan masyarakat aman dan nyaman.

Informasi Terkait LRT Jabodebek

LRT Jabodebek sudah direncanakan akan beroperasi pada akhir Agustus 2024 ini, kehadiran LRT diharapkan dapat menjadi salah satu solusi kemacetan di Jakarta dan sekitarnya.

Nantinya akan ada 434 perjalanan LRT Jabodebek yang siap melayani penumpang setiap hari, dimana kapasitas satu rangkaian LRT bisa menampung sampai 1.308 penumpang.

Totalnya ada sebanyak 31 trainset (rangkaian kereta) akan disiapkan, dengan rincian untuk keperluan operasional ada 27 trainset, dan sebanyak 4 trainset akan digunakan sebagai cadangan.

Setiap trainset atau rangkaian kereta LRT Jabodebek terdiri atas 6 kereta.

Selain itu LRT Jabodebek melayani masyarakat di 18 stasiun yang menghubungkan wilayah antara Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi.

Beberapa stasiun tersebut adalah stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Halim, Jatibening Baru dan lainnya.

Masyarakat bisa menggunakan LRT dengan mudah, dengan pembayaran menggunakan sitem Cashless seperti menggunakan Kartu Uang Elektronik Perbankan (BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN, BCA, dan Bank DKI Jakarta), KMT KAI Commuter, Scan Qris Link Aja dan KAI Pay.

Agus Dwinarto menambahkan, bagi masyarakat yang kehabisan saldo atau belum membawa kartu uang elektronik.

LRT Jabodebek menyediakan 2 unit Ticket Vending Mechine untuk top-up kartu e-Money dan loket penjualan kartu di setiap stasiun.

Setelah mempunyai e-Money atau dompet digital, pelanggan dapat menuju gate untuk melakukan Tap-in stasiun keberangkatan.

Pelanggan dapat menuju peron yang sesuai dengan tujuan perjalanan, ketika kereta tiba silahkan masuk dengan tertib dan dahulukan penumpang yang turun.

Ketika tiba di stasiun tujuan, pelanggan bisa melakukan tap out uang elektronik di gate yang tersedia dan secara otomatis saldo akan terpotong.

Untuk layanan Tapping pada LRT Jabodebek, KAI sudah memasang 14 gate tipe Turnstile dan 2 gate tipe Wide untuk pelanggan disabilitas di masing-masing stasiun.

Khusus pada stasiun Halim, KAI menggunakan gate tipe Flap untuk memudahkan pelanggan yang akan atau sudah menggunakan pesawat.

Akhir Kata

Demikianlah informasi tentang bagaimana cara naik LRT gratis (Jabodebek) terbaru yang dapat kami bagikan kepada anda.

Semoga dengan adanya ulasan diatas dapat membantu anda, dan menjadi alternatif agar lebih cepat sampai tujuan.

Stasiun LRT Jabodebek terkoneksi dengan transportasi lain seperti Commuterline, MRT Jakarta, Transjakarta dan lainnya, sehingga sangat di rekomendasikan. Sekian dan semoga bermanfaat.