Cara Melacak HP Hilang Dengan IMEI 2024

Cara Melacak HP Hilang Dengan IMEI
Cara Melacak HP Hilang Dengan IMEI
- Mungkin anda pernah merasakan kepanikan ketika menyadari HP anda hilang entah kemana, terlebih lagi kalau HP anda berisikan semua data-data penting yang tidak bisa anda ganti.

Namun tenang saja, anda masih bisa melacak HP yang hilang dengan IMEI karena IMEI termasuk salah satu nomor identitas unik yang terdapat di setiap HP yang bisa digunakan untuk melacak keberadaannya.

Bisa dikatakan IMEI ini adalah nomor identitas unik untuk tiap HP yang dikeluarkan oleh asosiasi GSM dan biasanya akan berisikan 15-16 digit angka dan mengandung info tipe HP, ibaratkan seperti KTP-nya HP yang mana dapat digunakan untuk melacak lokasi dan waktu HP menyala terakhir kalinya.

Bukan hanya itu saja, IMEI juga berisikan informasi penting lainnya seperti masa garansi, jaringan dan operator.

Itulah penjelasan singkat, sekarang kami akan membagikan informasi cara melacak HP hilang dengan IMEI yang ada di bawah ini.

Cara Melacak HP Hilang Dengan IMEI

Cara Melacak HP Hilang Dengan IMEI
Tips - Tips Cara Melacak HP Hilang Dengan IMEI
Pada dasarnya melacak HP dengan IMEI ini termasuk ke salah satu proses yang hanya bisa dilakukan oleh pihak berwenang saja seperti kepolisian atau penyedia layanan telekomunikasi.

Akan tetapi melaporkan HP yang hilang beserta nomor IMEI-nya bisa membantu pihak berwenang dalam menemukan lokasi terkini ponsel yang hilang tersebut, untuk lebih jelasnya langsung saja simak tips - tips cara melacak HP hilang dengan IMEI sebagai berikut.

1. Catat Kode IMEI HP yang Hilang

Untuk langkah pertama cara melacak HP hilang dengan IMEI ini yaitu catat IMEI yang ada di HP tersebut, kalau ponsel anda hilang sebelum anda sempat mencatat IMEI-nya sebaiknya anda periksa saja kardus HP pada saat melakukan pembelian.

Ada beberapa langkah dalam melakukan pengecekan IMEI yaitu menggunakan kardus ponsel, kode USSD dengan melakukan panggilan ke dalam nomor *#06# atau bisa lewat menu Tentang Ponsel yang ada di pengaturan HP.

Namun kalau sebaliknya IMEI belum sempat tercatat pada saat kehilangan, maka salah satu cara yaitu dengan melihat nomor IMEI lewat kardus.

Maka dari itu, sangat penting untuk mencatat nomor IMEI HP yang anda sering gunakan untuk menjaga kemungkinan ketika hal seperti ini terjadi.

2. Laporkan Kehilangan

Jika sudah mencatat nomor IMEI, silahkan anda buat laporan kehilangan ke kantor polisi setempat lalu anda berikan kronologi kejadian dan hal-hal yang akan berguna untuk mengindentifikasi ponsel yang hilang salah satunya nomor IMEI.

3. Hubungi Penyedia Layanan

Bukan hanya melaporkannya ke kantor polisi saja, namun anda juga bisa melaporkan kehilangan HP ke penyediaan layanan telekomunikasi.

Biasanya provider bisa melakukan pemblokiran, supaya ponsel yang anda gunakan tidak melakukan aktivitas ilegal.

4. Aktifkan Fitur Pelacakan Perangkat

Ada sebagian perangkat mempunyai fitur pelacakan bawaan yang bisa berguna untuk membantu anda melakukan pelacakan perangkat yang hilang.

Biasanya ponsel yang berbasiskan Android ada aplikasi dan website pelacakan bernama Google Find My Device, sedangkan untuk para pengguna iOS bisa melacak perangkatnya lewat aplikasi bernama Find My iPhone.

Silahkan anda gunakan salah satu aplikasi tersebut, namun tergantung perangkat yang anda gunakan untuk mengecek dimana lokasi terakhir ponsel anda di aktifkan.


5. Hindari Mencoba Melacak Sendiri

Kami tidak menyarankan anda untuk melacak perangkat secara mandiri, pasalnya hal semacam ini melibatkan aktivitas ilegal atau berbahaya sebaiknya biarkan saja pihak berwenang yang berkompeten menangani proses pelacakan.

Kalau anda mempunyai rasa khawatiran mengenai kehilangan atau pencurian perangkat anda, lebih baik langsung saja menghubungi penyedia layanan atau pihak berwenang setempat untuk memperoleh bantuan yang tepat.

Cara Melacak HP Hilang Selain Dengan IMEI

Cara Melacak HP Hilang Dengan IMEI
Cara Melacak HP Hilang Selain Dengan IMEI
Bukan hanya cara melacak HP hilang dengan IMEI saja, namun masih banyak cara lain yang dapat anda gunakan dan langsung saja simak di bawah ini.

1. Melalui Google

Google ternyata bisa juga di manfaatkan untuk mencari tahu keberadaan HP yang jatuh atau hilang entah dimana, sama seperti cara melacak HP hilang dengan IMEI di atas.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak cara melacak HP hilang melalui Google diantaranya yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama anda masuk ke dalam situs Google.com atau melalui link berikut ini (google.com/android/find).
  • Nanti anda berikan izin ke Google untuk melacak lokasi HP yang hilang.
  • Silahkan login ke dalam akun Google yang tersambung dengan HP anda.
  • Namun kalau akun Google anda digunakan di beberapa HP, silahkan klik saja jenis HP yang hilang pada bagian kiri atas.
  • Kalau anda memang menggunakan lebih dari satu akun Google, anda harus memastikan login dengan akun yang di jadikan profil utama.
  • Sehingga anda akan menerima notifikasi dari layanan Google Play dan informasi soal lokasi HP yang hilang di Google Maps.

Informasi tambahan, Google sendiri mempunyai beberapa fitur lain yang bisa membantu anda dalam mencari HP yang hilang di antaranya yaitu sebagai berikut:
  • Play Sound : Bisa membuat HP berdering selama 5 menit tanpa non stop, walaupun dalam mode bergetar atau senyap sekalipun.
  • Secure Device : Bisa mengunci perangkat dengan memakai PIN, pola atau kata sandi bahkan bisa mengirimkan pesan seperti nomor HP anda ke dalam layar terkunci sekalipun. Fitur semacam ini mempermudah orang yang menemukan HP untuk bisa menghubungi anda.
  • Eraser Device : Bisa menghapus semua data di HP secara permanen, akan tetapi data yang tersimpan di memori eksternal seperti kartu SD kemungkinan tidak akan terhapus bahkan fitur ini juga bisa membuat aplikasi Find My Device tidak berfungsi lagi.
Akan tetapi anda harus ingat juga bahwa lokasi HP yang hilang kemungkinan tidak selalu benar-benar akurat dan hanya bersifat perkiraan saja, kalau anda tidak berhasil menemukannya silahkan coba lihat lokasi terakhir kalau tersedia.

2. Melalui Email

Alternatif satu ini jika akun Gmail yang di miliki masih terhubung dengan HP yang hilang, maka anda bisa melakukan pelacakan dengan strategi seperti di bawah ini:
  • Pertama-tama anda login ke dalam akun Gmail yang tersambung dengan HP lewat peramban di PC atau laptop.
  • Jika sudah, silahkan klik ikon titik sembilan pada bagian kanan atas.
  • Lalu pilih Akun.
  • Kemudian klik menu Keamanan, jika sudah silahkan periksa informasi perangkat yang mempunyai akses ke dalam akun Gmail anda.
  • Selanjutnya anda pilih HP yang hilang untuk melacaknya.
  • Setelah itu, silahkan anda klik tombol Detail Selengkapnya.
  • Pada tahap ini, silahkan klik opsi Pencarian Perangkat.
  • Sehingga anda akan di arahkan ke fitur Layanan Temukan Perangkat Saya milik Google.

Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai Cara Melacak HP Hilang Dengan IMEI yang sudah kami sampaikan secara lebih rinci untuk anda pergunakan menemukan HP yang hilang.

Namun menggunakan HP IMEI adalah hal yang hanya bisa dilakukan oleh pihak berwenang saja, oleh sebab itu sebaiknya anda gunakan cara lain untuk bisa melacak keberadaan lokasi HP yang hilang.

Semoga dengan adanya informasi ini bisa menambah wawasan anda soal cara melakukan pelacakan HP hilang dengan IMEI. Sekian dan semoga bermanfaat.
Dody Sulpiandy Currently a finance and technology practitioner and working as a business and IT consultant since 2018 in several online media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel