Cara Meretas CCTV 2024

Daftar Isi
Cara Meretas CCTV
Cara Meretas CCTV - CCTV atau Closed Circuit Television menjadi salah satu alat keamanan yang banyak digunakan saa ini.

CCTV merupakan sistem pengawasan yang menggunakan kamera video untuk merekam dan menampilkan gambar pada layar monitor.

Biasanya CCTV digunakan untuk keamanan, pengawasan, dan pemantauan di berbagai tempat seperti rumah pribadi, kantor, bank, sekolah, Mall, Cafe dan tempat lainnya.

Selain itu, CCTV juga mempunyai akses yang terbatas karena alasan keamanan dan karena keterbatasannya tersebut, membuat banyak orang yang ingin mengetahui cara untuk meretas atau hack CCTV dengan berbagai alasan tertentu.

Jika suatu hari Anda membutuhkan akses CCTV untuk keperluan darurat, maka Anda bisa mempelajari cara hack atau meretas CCTV dari jarak jauh.

Namun Anda harus memanfaatkan informasi ini secara bijak dan jangan sampai digunakan hanya untuk usil dan iseng saja.

Cara Meretas CCTV

Nah, berikut ini kami akan membahas dan membagikan informasi tentang cara meretas CCTV dan informasi penting lainnya seputar CCTV yang perlu diketahui.

1. Cara Meretas CCTV di HP dan PC Menggunakan Aplikasi Angry IP Scanner

Cara Meretas CCTV
Cara Meretas CCTV di HP dan PC Menggunakan Aplikasi Angry IP Scanner
Angry IP Scanner adalah salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk meretas CCTV di perangkat PC ataupun HP.

Sebenarnya, caranya tidak bergitu berbeda karena kita akan menggunakan aplikasi hack yang sama dan Anda tinggal menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan saja.

Untuk cara meretas CCTV di HP dan PC menggunakan aplikasi Angry IP Scanner yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, unduh dan install aplikasi Angry IP Scanner sesuai dengan sistem operasi perangkat yang digunakan melalui lewat link berikut ini (Unduh Aplikasi Angry IP Scanner). angryip.org.
  • Selanjutnya buka Google atau mesin pencari lainnya kemudian ketik My IP lalu catat alamat IP Anda.
  • Setelah itu buka aplikasi Angry IP Scanner yang sudah terinstal kemudian cari menu "Tools" > "Preferences" > "Ports" lalu masukkan "80, 8080, 23".
  • Kemudian lakukan scanning pada perangkat CCTV yang ingin diakses. Jika scanning tidak berhasil, maka Anda bisa menggunakan aplikasi WEB Detect/Red Eyes untuk menampilkan perangkat yang terhubung ke internet.
  • Masih di dalam aplikasi Angry IP Scanner, silahkan masukkan alamat IP-mu ke kolom yang tersedia.
  • Klik Start.
  • Jika berhasil, maka rekaman CCTV yang sudah Anda retas akan muncul dilayar perangkat.

2. Cara Meretas CCTV di Android Menggunakan Aplikasi Eagle Eyes Lite/ Plus

Cara Meretas CCTV
Cara Meretas CCTV di Android Menggunakan Aplikasi Eagle Eyes Lite/ Plus
Aplikasi kedua yang bisa digunakan untuk meretas CCTV adalah Eagle Eyes Lite/ Plus namun kedua aplikasi tersebut hanya bisa dijalankan di perangkat Android saja.

Selain itu, aplikasi ini juga tersedia dalam dua versi yaitu gratis dan berbayar guys, namun Anda bebas memilih diantara keduanya ingin menggunakan yang mana saja.

Untuk cara meretas CCTV menggunakan aplikasi Eagle Eyes Lite/ Plus yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, silahkan download aplikasi yang akan digunakan melalui link di bawah ini:
  • Setelah aplikasi Eagle Eyes berhasil diinstall di smartphone Android, silahkan Anda buka aplikasinya.
  • Selanjutnya Anda bisa menghubungkan koneksi wifi nya pada smartphone Android yang Anda miliki.
  • Kemudian pilih dan tekan tanda plus pada bagian kiri bawah setelah itu sebuah pop up akan muncul dan Anda bisa tekan tombol manual.
  • Jika sudah, maka akan ada Title, IP address, Port, Username dan Password yang akan muncul.
  • Untuk mengetahui alamat IP, maka Anda harus mengunduh aplikasi kedua melalui link berikut ini (Unduh Aplikasi WIFI FILE TRANSFER).
  • Jika sudah berhasil diunduh dan diinstall, selanjutnya Anda buka aplikasinya kemudian tekan tombol Start dan alamat IP akan muncul secara otomatis.
  • Lalu Anda isi alamat IP tersebut sesuai dengan yang diketahui, sedangkan untuk Title nya bisa diisi dengan nama apa saja (optional).
  • Untuk Username Anda bisa melihatnya pada pengaturan koneksi wifi yang terhubung dan pengisian password, Anda bisa mengisinya dengan password yang digunakan. Namun jika password wifi belum didapatkan sebelum proses meretas CCTV dilakukan, maka Anda harus meretas jaringan wifi yang ada di sekitar Anda terlebih dahulu.
  • Sedangkan untuk mendapatkan password wifi Anda bisa menggunakan CMD atau aplikasi yang banyak terdapat di Google Playstore.

Risiko atau Bahaya Meretas CCTV

Cara Meretas CCTV
Risiko atau Bahaya Meretas CCTV
Sebelum menerapkan cara meretas CCTV, maka ada baiknya untuk mengetahui risiko atau bahaya yang akan ditimbulkan dari proses tersebut.

Karena meretas atau menyadap CCTV milik orang lain termasuk tindakan yang ilegal dan melanggar hukum.

Sehingga kami tidak menyarankan Anda untuk melakukannya baik untuk iseng ataupun serius guys.

Untuk beberapa risiko atau bahaya yang akan timbul jika meretas CCTV milik orang lain yaitu sebagai berikut:
  • Melanggar privasi korban atau target. Para pengguna CCTV memasang alat tersebut untuk mengawasi dan memantau keamanan disekitar area miliknya. Jika CCTV diretas, maka bisa dipastikan privasi orang-orang yang berada dalam area tersebut akan terancam dan hal ini juga termasuk sebuah pelanggaran yang melanggar undang-undang privasi.
  • Termasuk Tindakan Kriminal: Menggunakan keahlian teknologi untuk meretas atau hack CCTV dengan tujuan untuk melakukan tindakan kriminal seperti pencurian atau kekerasan termasuk sebuah tindakan ilegal. Karena kegiatan tersebut dapat merugikan orang lain dan merusak keamanan publik.
  • Kerugian dari segi finansial: Orang yang paling dirugikan jika kita meretas CCTV tentunya adalah pemilik CCTV dan kerugian yang paling dirasakan adalah dari segi finansial. Karena biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki dan mengganti peralatan CCTV yang rusak akibat hacking juga lumayan besar.
  • Termasuk pelanggaran hukum: Meretas CCTV termasuk tindakan melanggara hukum dan dapat dikenakan konsekuensi hukum seperti denda, tuntutan pidana, dan bahkan penjara.

Tips Aman Melindungi CCTV Outdoor dari Serangan Hacker

Cara Meretas CCTV
Tips Aman Melindungi CCTV Outdoor dari Serangan Hacker
Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga akses CCTV dari oknum atau orang-orang yang tidak bertanggungjawab dan salah satu contohnya hacker.

Karena cara meretas CCTV bisa dipelajari dan dilakukan dengan mudah, maka ada baiknya untuk mengetahui apa saja cara tips yang bisa dilakukan untuk melindungi CCTV dari serangan hacker.

Untuk beberapa tips aman melindungi CCTV Outdoor dari serangan hacker yaitu sebagai berikut:

1. Memperhatikan Sistem Keamanan Pada Perangkat yang Terkoneksi dengan CCTV Outdoor

Tips pertama yang bisa diterapkan untuk melindungi CCTV dari peretasan tidak hanya berfokus pada perangkat CCTV saja, namun Anda juga harus memperhatikan keamanan perangkat yang berhubungan dengan CCTV tersebut.

Karena saat ini para hacker tidak tidak hanya berfokus melakukan peretasan pada perangkat CCTV, namun mereka juga melakukan peretasan melalui perangkat yang terkoneksi dengan CCTV.

Smartphone adalah salah satu perangkat yang bisa memudahkan hacker untuk meretas kamera CCTV yang terkoneksi dengan kamera CCTV.

Sebab, kamera CCTV ini biasanya akan terkoneksi secara langsung dengan smartphone pemilik CCTV tersebut.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah proses pengawasan dan pemantauan rekaman CCTV sehingga bisa dilakukan dari jarak jauh.

2. Mengganti Password Secara Rutin

Metode peretasan CCTV yang paling sederhana dan mudah dilakukan saat ini adalah dengan menggunakan password dan username CCTV.

Padahal, sebagian besar pemilik CCTV banyak yang mengabaikan atau bahkan tidak mengetahui jika ada password dan username di dalam perangkat CCTV mereka.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka sebagai pemilik CCTV Anda kami sarankan untuk mengganti password secara rutin atau berkala.

Sama seperti sosial media dan fitur online lainnya, Anda juga harus membuat password yang unik dan jarang digunakan.

Dengan begitu, password tersebut akan sulit ditebak oleh siapapun dan keamanannya lebih terjaga pastinya.

3. Perbarui Firmware Secara Berkala

Tips selanjutnya, yang bisa Anda terapkan untuk melindungi kamera CCTV outdoor yaitu dengan cara melakukan update firmware secara rutin dalam jangka waktu tertentu.

Karena beberapa produsen kamera CCTV menggunakan firmware untuk mengatasi masalah bug pada softwarenya.

Sebagaimana fitur dan aplikasi pada umumnya terdapat bug software, karena firmware juga seringkali melakukan pembaharuan atau update secara rutin.

Sehingga kinerja aplikasi akan menjadi lebih baik dari sebelumnya dan para pengguna bisa menyesuaikan dengan kebutuhan mereka masing-masing.

4. Memilih Secara Selektif Perangkat yang Terkoneksi dengan CCTV

Tips selanjutnya Anda juga harus memilih perangkat yang akan terkoneksi dengan CCTV outdoor secara selektif agar CCTV lebih aman dari serangan hacker.

Sikap selektif yang kami maksud disini tidak hanya berkaitan dengan perangkat keras yang akan memiliki akses secara langsung dengan kamera CCTV.

Tetapi tips ini juga bertujuan untuk membatasi jumlah perangkat yang akan terkoneksi sesuai dengan kebutuhan pemiliknya.

Agar perangkat yang akan terkoneksi dengan CCTV tidak mudah diretas, maka Anda harus melakukan hal tersebut dengan penuh konsentrasi.

Karena proses peretasan yang dilakukan pada perangkat yang terkoneksi akan membuat rekaman video CCTV menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Oleh karena itu, Anda bisa memilih perangkat keras dengan sistem keamanan terbaik misalnya tablet, komputer atau bahkan smartphone yang juga dilengkapi dengan sistem keamanan tertentu.

5. Mengaktifkan Fitur Kode Verifikasi

Tips melindungi CCTV selanjutnya yang tak kalah penting untuk diterapkan adalah dengan cara mengaktifkan fitur verification code.

Karena kamera CCTV Anda memiliki lapisan keamanan yang lebih baik jika Anda menggunakan kode verifikasi.

Nantinya Anda akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang berbeda dengan password perangkat saat memilih fitur ini.

Sehingga dengan adanya fitur Kode Verifikasi ini, maka perangkat CCTV Anda akan mendapatkan keamanan berlapis.

Penggunaan kode verifikasi ini juga tergolong lumayan efektif untuk melindungi CCTV yang Anda miliki.

Bahkan bisa dipastikan jika para hacker atau peretas akan kesulitan untuk meretas kamera CCTV tanpa adanya kode akses yang bisa dimasukkan.

6. Tingkatkan Keamanan Jaringan Router

Tips terakhir yang bisa diterapkan untuk melindungi CCTV adalah dengan meningkatkan keamanan jaringan router menggunakan password yang kuat.

Hal tersebut perlu dilakukan terutama bagi Anda yang menggunakan jaringan WiFi di tempat umum untuk koneksi internet CCTV.

Selain itu, Anda juga bisa membangun subnet khusus menggunakan NVR (Network Video Recorder) rekaman video CCTV bisa tersimpan otomatis di NVR tanpa perlu mengakses router terlebih dahulu.

Bahkan hal ini juga akan membuat subnet pribadi CCTV Anda menjadi lebih aman karena sudah terlindungi dengan penggunaan subnet khusus pada NVR.

Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang cara meretas CCTV dan informasi penting lainnya seputar CCTV yang perlu diketahui.

Penggunaan CCTV outdoor saat ini semakin meningkat seiring berjalannya waktu dan setiap pemilik CCTV dapat meningkatkan sistem keamanan untuk meminimalisir terjadinya tindak kriminal serta ancaman bahaya lainnya.

Meretas kamera CCTV bukan pekerjaan yang mudah karena Anda membutuhkan keahlian dasar tentang hacking dan tentu saja membutuhkan software khusus seperti yang telah kami bagikan di atas.

Namun kami menyarankan agar Anda tidak menerapkan cara meretas kamera CCTV yang telah kami bagikan di atas, karena hal tersebut termasuk tindakan krimanal yang memiliki sanksi hukum tegas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.