Cara Menggunakan Kuota Lokal Tri 2024

Daftar Isi
Cara Menggunakan Kuota Lokal Tri
Cara Menggunakan Kuota Lokal Tri
- Ada berbagai macam kuota yang sudah disediakan oleh provider Tri bagi para penggunannya termasuk salah satunya yaitu kuota lokal Tri, jika anda sekarang ini mempunyai kuota lokasl Tri dan bingung cara menggunakannya di kesempatan kali ini kami akan menjelaskannya untuk anda berikut ini.

Pada dasarnya kuota lokal Tri termasuk ke salah satu kuota yang hanya dapat dipergunakan di kota-kota tertentu seperti tempat anda melakukan pembelian kartu perdana atau voucher isi ulang yang di dalamnya terdapat kuota lokal.

Misalnya saja, jika anda membeli kartu perdana atau voucher isi ulang di kota Makassar maka kuota lokal Tri dan voucher isi ulang tersebut hanya dpaat dipergunakan di kota Makassar saja dan sekitarnya.

Jika anda masih kebingungan, kami akan membagikan cara menggunakan kuota lokal Tri dan langsung saja simak penjelasan yang ada di bawah ini sampai selesai ya guys!!!

Cara Menggunakan Kuota Lokal Tri

Cara Menggunakan Kuota Lokal Tri
Cara Menggunakan Kuota Lokal Tri
Untuk bisa menggunakan kuota lokal Tri yang dimiliki, sebetulnya tidak ada cara khusus dalam menggunakannya tapi cara menggunakan kuota lokal Tri sangatlah simpel yaitu anda tinggal memakainya di daerah tempat membeli kartu perdana atau voucher Tri yang ada di dalamnya ada kuota lokal.

Sehingga secara langsung kuota lokal yang anda punya akan otomatis berkurang, pada saat digunakan untuk mengakses internet gimana mudahkan?

Cara Menggunakan Kuota Lokal Tri di Kota Lain

Cara Menggunakan Kuota Lokal Tri
Cara Menggunakan Kuota Lokal Tri di Kota Lain
Jika anda memiliki kuota Tri dan saat ini sedang berada di luar kota, maka anda harus mengetahui bagaimana cara menggunakan kuota lokal 3 (Tri) tersebut sehingga anda tidak perlu cemas kuota lokal anda tidak terpakai.

Biasanya dengan cara ini anda bisa mengaktifkan kuota lokal Tri walaupun sedang di kota lain, terlebih lagi cara penggunaan kuota lokal Tri di kota lain sangatlah mudah kalau anda mengetahuinya tinggal memakai aplikasi Fake GPS.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak langkah-langkah cara menggunakan kuota lokal Tri di kota lain yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama anda pastikan sudah mendownload aplikasi pihak ketiga yakni Fake GPS Location di Play Store atau bisa langsung melalui link berikut ini (Download Aplikasi Fake GPS Location).
  • Jika sudah selesai proses pengunduhan dan penginstallan, anda tinggal membuka aplikasi Fake GPS Location.
  • Namun kalau perangkat anda belum sama sekali di root, maka saat pertama kali membukanya anda di minta untuk mengaktifkan mock location lewat mode pengembang. Lalu pilih Open Settings.
  • Sehingga anda akan di arahkan di pengaturan mode pengembang, jika sudah aktifkan mode pengembang.
  • Nanti setelah selesai, silahkan cari menu Mock Location App atau Aplikasi Tiru Lokasi atau Aplikasi Lokasi Palsu lalu pilih opsi Fake GPS.
  • Lalu anda kembali lagi ke aplikasi Fake GPS Location yang telah anda unduh barusan, namun jangan sampai lupa mengaktifkan GPS di ponsel anda ketika membuka aplikasi tersebut.
  • Jika anda sudah masuk ke dalam aplikasi Fake GPS Location, silahakn ketik di kolom pencarian kota asal anda mengaktifkan kartu perdana Tri. Misalnya saja Surabaya, silahkan ketik Surabaya dan pilih opsi tombol bulat hijau yang ada di bagian bawah.
  • Dengan begitu, maka aplikasi Fake GPS Location akan langsung beroperasi di belakang layar.
  • Pada langkah terakhir ini, anda tinggal mencoba untuk mengakses internet.
  • Silahkan cek kuota lokal anda, apakah berkurang atau tidak? Jika memang kuota lokal anda berkurang, itu artinya anda sudah berhasil memakai kuota lokal Tri di kota lain.
Memang cara ini terlihat cukup rumit, namun kalau anda melakukan sesuai sama petunjuk di atas maka akan sangat mudah selain itu pastikan anda mengingat di kota mana anda mendaftarkan kartu perdana Tri dan membeli paket internet Tri tersebut sehingga bisa digunakan di semua kota di Indonesia.

Cara Mengatasi Kuota Lokal Tri yang Tidak Dapat Digunakan

Cara Menggunakan Kuota Lokal Tri
Cara Mengatasi Kuota Lokal Tri yang Tidak Dapat Digunakan
Jika anda sudah paham cara menggunakan kuota lokal Tri tersebut, namun anda mengalami masalah pada saat menggunakan kuota lokal Tri.

Eits jangan cemas, kami memiliki beberapa cara mengatasi kuota lokal Tri yang tidak bisa digunakan dan sudah kami rangkum di bawah ini.

1. Mengecek Lokasi

Seperti yang sudah kami sampaikan di atas, cara menggunakan kuota lokal Tri hanya dapat digunakan dipakai di jaringan tertentu saja namun jika anda sedang berada di luar zona promo sehingga kuota lokal tersebut tidak lagi bisa digunakan.

Nah, untuk mengetahui apakah sedang berada di zona promo atau tidak anda bisa melihatnya melalui situs web Tri dengan cara sebagai berikut:
  • Pertama-tama anda buka peramban yang ada di perangkatmu, lalu anda tinggal masukkan alamat kuotalokal.tri.co.id/home atau melalui link berikut ini (kuotalokal.tri.co.id/home).
  • Jika sudah, anda tinggal memasukkan lokasi anda di kolom tersedia dan silahkan tekan Enter.
  • Nanti akan muncul hasil berupa sebuah informasi mengenai kuota apa saja yang bisa digunakan dilokasi tersebut.
  • Selesai.

2. Mengecek Masa Aktif Paket Internet

Selain itu juga, ada beberapa penyebab kuota lokal Tri tidak dapat digunakan yakni masa aktif dari paket internet dengan bonus kuota lokal Tri tersebut sudah habis.

Silahkan anda cek masa aktif paket internet melalui USSD *123# atau bisa langsung melalui aplikasi Bima+, jika penyebabnya yaitu masa aktif paket internet habis anda tinggal membeli paket lagi untuk bisa memakai kuota lokal Tri.

3. Mengubah Pengaturan Jaringan di Ponsel

Alternatif berikutnya yaitu mengubah pengaturan jaringan menjadi 4G/LTE only dengan cara di antaranya yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama anda buka pengaturan yang ada di ponselmu.
  • Nanti jika sudah, silahkan anda arahkan ke bagian Jaringan Seluler.
  • Lalu anda cari bagian Mode Jaringan dan silahkan pilih 4G/LTE Only.
  • Selesai.

4. Melaporkan Ke Trivia

Kalau anda sudah mengikuti semua petunjuk di atas, namun masih saja terjadi masalah di kuota lokal Tri silahkan anda laporkan ke Trivia dengan cara sebagai berikut:
  • Pertama-tama anda buka perambannya, setelah itu pastikan anda sudah login ke dalam akun Twitter.
  • Nanti anda tinggal masukkan saja alamat melalui link berikut ini (https://twitter.com/messages/ngobrol )
  • Jika sudah, anda ketik saja Ngobrol dan pilih opsi angka 3.
  • Tinggal ikuti petunjuk yang sudah di berikan disana.
  • Selesai.

Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai Cara Menggunakan Kuota Lokal Tri yang sudah kami sampaikan secara rinci untuk anda yang saat ini kebingungan.

Seperti yang sudah kami sampaikan di atas kuota lokal Tri hanya dapat digunakan di kota tempat anda melakukan pembelian kuota lokal Tri tersebut, sehingga anda tidak bisa menggunakannya di kota lain namun jangan cemas kami memiliki cara untuk bisa menggunakannya di kota lain yang sudah kami sampaikan di atas.

Semoga dengan adanya informasi seperti ini anda bisa memahami cara pengguna kuota lokal Tri dan kuota lokal Tri yang tidak bisa digunakan di kota lain. Sekian dan selamat mencoba.