Cara Menampilkan Kecepatan Internet di iPhone 2024

Cara Menampilkan Kecepatan Internet di iPhone
Cara Menampilkan Kecepatan Internet di iPhone
- Di era milenial sekarang ini, sangat sulit untuk memisahkan internet dengan kegiatan sehari-hari.

Tidak dapat dipungkiri, sekarang ini hampir semua aktivitas dilakukan secara online, baik itu berkirim pesan, belanja online, kerja online, hingga kegiatan belajar dan mengajar dilakukan secara online.

Bahkan tidak hanya itu saja, namun kini kita juga bisa menghasilkan uang secara online baik itu sebagai streamer, youtuber atau jualan online.

Semua hal tersebut tentu saja membutuhkan koneksi internet yang stabil, jika koneksi internet lemot anda akan kesal karena website buffer atau email tidak kunjung terkirim.

Namun, pernahkan anda berpikir apa penyebab koneksi lambat?waktu muat yang lambat bisa jadi artinya kecepatan internet anda sedang menurun.

Pasalnya, durasi seberapa lama waktu yang dibutuhkan mentrasfer sejumlah data dari server ke perangkat anda sangat berpengaruh pada kenyamanan berinternet.

Jadi, entah anda sedang streaming, konferensi video Zoom atau bermain game online, kecepatan internet sangat berperan besar dibalik layar untuk mentrasfer semua data-data tersebut.

Untuk itu, bagi anda pengguna iOS harus mengetahui kecepatan internet dengan menyimak artikel kali ini karena kita akan membahas cara menampilkan kecepatan internet di iPhone.

Cara Mengukur Kecepatan Internet

Cara Menampilkan Kecepatan Internet di iPhone
Cara Mengukur Kecepatan Internet
Pada dasarnya, untuk dapat menguji kecepatan internet menggunakan berbagai aplikasi maupun situs web uji kecepatan internet atau internet speed test.

Tools tersebut memang berfungsi sebagai alat pendeteksi serapa baik kinerja akses teknologi Wifi atau data milik anda.

Menggunakan alat tersebut akan mengukur kecepatan unduh dan unggah koneksi dan hasilnya akan diberikan dalam bentuk Mbps.

Kecepatan internet sendiri mengacu pada berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mentransfer data bolak-balik antara perangkat anda dengan server web melalui router.

Megabit per second adalah satuan standar kecepatan internet, nantinya satuan ini dapat mengukur tingkat kecepatan di mana informasi diunduh atau diunggah dari internet ke berbagai perangkat.

Ada beberapa istilah yang digunakan untuk mengukur kecepatan internet yang harus anda ketahui yaitu sebagai berikut:
  • Bandwidth adalah jumlah informasi yang diunduh atau diunggah per detik.
  • Internet Broadband merupakan layanan yang banyak ditawarkan oleh penyedia internet (ISP) saat ini.
Jadi, Broadband adalah layanan dengan bandwidth yang lebih lebar melalui koneksi internet berkecepatan tinggi dan biasanya digunakan untuk Wifi rumah, gamer mania, UKM, startup, atau kantor skala kecil.

Cara Menampilkan Kecepatan Internet di iPhone

Nah, jika sudah paham bagaimana cara mengukur kecepatan internet, maka anda bisa melanjutkan dengan mengetahui cara menampilkan kecepatan internet di iPhone.

1. Cara Menampilkan Kecepatan Internet iPhone Menggunakan Aplikasi Speedtest by Ookai

Cara Menampilkan Kecepatan Internet di iPhone
Cara Menampilkan Kecepatan Internet iPhone Menggunakan Aplikasi Speedtest by Ookai
Speedtest by Ookai adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk mengecek dan menampilkan kecepatan internet di HP iPone.

Untuk dapat menggunakan aplikasi Speedtest by Ookai ini sangat mudah sehingga bagi anda para pemula juga tidak akan merasa kesulitan menjalankannya.

Meskipun demikian, yang namanya pemula pasti membutuhkan panduan lengkap terkait cara menggunakan aplikasi Speedtest by Ookai untuk melihat kecepatan internet di HP sendiri.

Apabila anda memang akan menjalan aplikasi ini, pastikan sebelumnya HP iPhone anda terhubung dengan koneksi internet yang kuat dan stabil agar proses berjalan lancar.

Jika sudah, silahkan anda simak langkah-langkah cara menampilkan kecepatan internet di iPhone menggunakan aplikasi Speedstet by Ookai yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, silahkan anda download aplikasinya melalui link yang telah kami siapkan (Download Aplikasi Speedtest by Ookai).
  • Jika sudah, silahkan anda buka aplikasinya dan ketuk "GO".
  • Maka proses mengecek kecepatan internet di HP iPhone anda akan berlangsung, anda bisa tunggu proses selesai hingga beberapa saat.
  • Jika sudah selesai, maka anda bisa melihat kecepatan unduh internet dan kecepatan mengunggah di HP iPhone anda.
  • Selesai.

2. Cara Menampilkan Kecepatan Internet iPhone Menggunakan Traffic Monitor with Widget

Cara Menampilkan Kecepatan Internet di iPhone
Cara Menampilkan Kecepatan Internet iPhone Menggunakan Traffic Monitor with Widget
Memonitor penggunaan data dan kecepatan internet pada iPhone, iPad secara realtime sebenarnya tidaklah sulit yang dibayangkan.

Apple sendiri memberikan fitur halaman Widget, dimana aplikasi yang anda download dapat menampilkan fitur-fiturnya secara langsung melalui Widget dan salah satu fitur tersebyt adalah menampilkan kecepatan internet dan penggunaan datanya.

Adapun fitur dari aplikasi Traffic Monitor with Widget yang bisa anda gunakan yaitu sebagai berikut:
  • Menampilkan Pengguaan Data Wifi maupun Data Seluler Secara Realtime
  • Menampilkan Penggunaan Data dalam Beberapa Waktu
  • Pengetesan Kecepatan Internet
  • Menampilkan Informasi Jaringan Wifi/Data Seluler
Aplikasi ini dapat anda gunakan secara gratis tanpa dipungut biaya seperpun dan anda bisa mengunduhnya langsung di App Store (Download Aplikasi Traffic Monitor with Widget)

Apabila anda sudah berhasil mendownloadnya, maka anda langsung bisa menggunakannya untuk cara menampilkan kecepatan internet di iPhone.

Untuk menampilkan kecepatan dan penggunaan data di Widget secara realtime, silahkan anda masuk ke halaman "Widget>Edit>" kemudian cari dan tambahkan:
  • Traffic Monitor - Speed (menampilkan kecepatan internet secara realtime)
  • Traffic Monitor - Usage (menampilkan penggunaan data internet secara realtime)
Jika sudah memilih ingin melihat kecepatan yang mana, maka anda tinggal pilih "Selesai".

Ketika mendownload atau melakukan sesuatu yang menggunakan jaringan internet, anda dapat memonitornya secara langsung melalui Widget untuk pemakaian data dan kecepatannya.

Aplikasi ini tentu akan sangat berguna untuk menjaga agar kita tidak melewati sisa kuota yang dimiliki dan menentukan apakah jaringan internet sedang cepat atau lambat.

Akhir Kata

Itulah seluruh isi pembahasan yang dapat kami jabarkan kepada anda seputar cara menampilkan kecepatan internet di iPhone.

Silahkan anda pahami metode cara melihat kecepatan internet pada iPhone di atas agar bisa mengetahui seberapa cepat internet yang anda gunakan.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan kepada anda mengenai cara menampilkan kecepatan data dan jaringan internet di HP iPhone pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel