Cara Menulis Daftar Pustaka dari Buku 2 Penulis

Daftar Isi
Cara Menulis Daftar Pustaka dari Buku 2 Penulis
Cara Menulis Daftar Pustaka dari Buku 2 Penulis - Daftar pustaka merupakan sekumpulan referensi yang dirujuk untuk sebuah karya ilmiah atau tulisan yang sudah di buat.

Dengan kata lain, daftar pustaka sangat wajib ada pada saat anda menguntip salah satu tulisan atau karya seseorang, pada saat anda melakukan penguntipan tandanya anda juga harus membuat sebuah daftar yang berisiskan informasi mengenai siapa dan topik apa yang sedang di bahas dalam karya atau buku tersebut.

Daftar pustaka atau yang biasanya di kenal juga dengan sebutan refrensi, di dalamnya akan memaparkan detail informasi kepada setiap pembacanya mengenai sumber dari rujukan sehingga setiap pembacanya bisa mendapatkan pemahaman mengenai sumber tersebut.

Pada saat anda menuliskan sebuah karya ilmiah, anda di haruskan untuk menyertakan tulisan yang berasal dari sumber yang benar.

Dari sanalah penulisan daftar pustaka sangat di wajibkan dalam penulisan sebuah karya ilmiah, yang dimanan daftar pustaka ini sendiri di dalamnya berisikan mengenai buku-buku atau sumber lainnya yang digunakan dalam sebuah penelitian ilmiah.

Sudah terdapat juga beberapa sebutan yang lainnya dari daftar pustaka seperti referensi, rujukan, pranala, atau bahkan sumber pustaka, dimana daftar pustaka ini pada umumnya terletak pada halaman yang paling akhir dari sebuah karya ilmiah.

Dalam menuliskan daftar pustakan pada tulisan karya ilmiah mempunyai banyak sekali manfaat diantaranya sebagai petunjuk bahwasanya data yang diambil merupakan data yang benar adanya, memenuhi etika penulisan karya ilmiah, sebagai penanda bahwasanya anda berterimakasih kepada penulis atau peneliti sebelumnya dan menunjukkan bahwasanya anda mendukung ide dari sang penulis.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan anda informasi bagaimana cara untuk menulis daftar pustaka yang baik dan juga benar.

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda bisa langsung saja simak ulasan mengenai Cara Menulis Daftar Pustaka dari Buku 2 Penulis yang memang sudah kami sediakan untuk anda di bawah ini sampai selesai yaa gess yaa!!!

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Buku 2 Penulis

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Buku 2 Penulis
Cara Menulis Daftar Pustaka dari Buku 2 Penulis
Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya bahwasanya daftar pustaka merupakan suatu susunan tulisan yang ada pada akhir sebuah karya ilmiah yang dimana isinya berupa nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit, dan juga tahun terbit.

Dimana daftar pustaka ini juga sebenarnya biasanya digunakan sebagai sumber atau rujukan seorang penulis dalam sebuah karya.

Keberadaan daftar pustaka ini sangatlah penting untuk bisa menunjukkan bahwasanya suatu tulisan atau karya ilmiah tersebut bukan hanya di buat berdasarkan pemikiran orisinal seorang penulisnya saja, akan tetapu juga mendapatkan rujukan yang sangat banyak dari berbagai macam pemikiran orang lain.

Bukan hanya itu saja, biasanya daftar pustaka juga digunakan sebagai ucapan terimakasih untuk penyumbang data penelitian, selain itu daftar pustaka juga bisa membantu para pembacanya yang ingin mencari tahu lebih dalah mengenai topik atau permasalahan tertentu dalam sebuah karya ilmiah.

Apabila menulis suatu daftar pustaka, anda juga tidak bisa mengerjakannya secara sembarangan, karena terdapat aturan penulisan yang sudah diterapkan dan di berlakukan secara umum.

Inilah sebabkan kenapa ada sebuah panduan mengenai cara membuat daftar pustaka, di bawah ini kami sudah menyediakan beberapa aturan umum mengenai Cara Menulis Daftar Pustaka dari Buku 2 Penulis yang bisa langsung anda terapkan, yaitu sebagai berikut:

Langkah 1: Nama

Nama penulis ditulis paling awal, ingatlah selalu menuliskan nama belakang dari penulis terlebih dahulu setelah itu dilanjutkan dengan memberikan tanda koma (,).

Kemudian, anda juga bisa mencantumkan nama depan juga tengah penulis pada buku tersebut, apabila buku tersebut merupakan karya dari dua orang penulis atau lebih anda hanya menuliskan penulis pertama yang uratannya di balik.

Penulis kedua dan seterusnya berada setelahnya dengan urutan yang sesuai dengan nama aslinya, namun bisa pada buku tersebut nama pernulis di cantumkan secara lengkap dengan gelar pendidikan atau gelar lainnya, gelar-gelar tersebut tidak perlu di tuliskan.

Bila di dalam buku yang di acu tersebut tercantum nama dari editor, penulisannya di lakukan dengan menambahkan singkatan (Ed) di belakang namanya.

Contoh : Mahaso, Ode (Ed). 1997.

Apabila pengarangnya terdiri dari dua atau tiga orang, maka nama pengarang dituliskan semuanya dengan ketentuan nama yang pertama di balik sedangkan untuk nama orang kedua dan ketiga tetap sama, diantara kedua nama pengarang tersebut jangan lupa untuk menggunakan kata penghubung (dan).

Contoh :
  • Sumardjan, Selo dan MArta Suilo.
  • Kusmdi, Islamil. DIni A., dan Eva R.
Bila lebih dari tiga orang penulis, dituliskan nama pengarang pertama yang di balik kemudian di tambahkan singkatan " dkk atau (dan kawan-kawan)" atau et all.

Contoh :
  • Kartika, Salma dkk.
  • Susan, Albert, et. all.
Namun, apabila beberapa buku dituliskan oleh seorang pengarang, nama dari pengarangnya hanya di tuliskan sekali pada buku yang di sebut pertama.

Selanjutnya anda hanya tinggal membuat garis sepanjang 10 ketikan dan di akhiri dengan tanda titik, setelah nama pengarang cantumkan juga tahun terbit dengan dibubuhkan tanda titik.

Jika terdapat tahun yang berbeda, penyusunan daftar pustaka bisa anda lakukan dengan urutan berdasarkan yang paling lama ke yang paling baru.

Contoh :
  • Keraf, Gorys. 1979.
  • __________ . 1982.
  • __________ . 1984.
Namun, apabila di terbitkan pada tahun yang sama, penempatan urutannya berdasarkan pula abjad dari judul buku, kriteria pembedaanya adalah setelah tahun terbit dibubuhkan huruf, misalnya a, b, c tanpa adanya jarak.

Contoh :
  • Bakri, Oemar. 1987a.
  • __________ . 1987b.

Langkah 2 : Tahun Terbit

Setelah nama, anda bisa langsung saja mencantumkan tahun terbit dari buku yang anda gunakan sebagai refrensi, jangan mudah terkecoh dengan angka tahun cetakan awal karena bisa saja buku yang anda gunakan merupakan cetakan kedua, ketiga ataupun terakhir.

Langkah 3: Judul Buku

Kemudian anda bisa menuliskan judul buku anda secara lengkap, jangan sangat lupa bahwasanya penulisan judul di buat dengan italic atau (miring).

Langkah 4: Kota dan Nama Penerbit

Untuk bagian yang paling akhir dalam penulisan daftar pustaka sebuah buku adalah dengan mencantumkan kota penerbit dan juga nama penerbit yang mencetak buku tersebut.

Jangan lupa juga untuk mendahulukan penulisan nama kota, baru setelahnya bisa langsung diikuti dengan nama penerbit yang dibatasi dengan tanda titik dua (:).

Hal lainnya yang memang harus anda perhatikan dengan teliti juga adalah tanda batas dari setiap urutan, pastikanlah anda menggunakan tanda titik (.) untuk membatasi urutan nama, tahun terbit, judul buku sampai dengan kota dan juga nama penerbitnya.

Contoh cara penulisan daftar pustaka dengan nama pengarang 2 orang dari buku:
  • Yudhoyono, Susilo Bambang. 2016, Panduan Perang, Jakarta: Gramedia.
  • Khadir, Abdul. 2005. Kisah Orang Mualaf. Surabaya: Gramedia.

Macam-Macam Style Penulisan Daftar Pustaka

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Buku 2 Penulis
Macam-Macam Style Penulisan Daftar Pustaka
Di bawah ini kami sudah menyediakan beberapa style penulisan daftar pustaka yang harus anda ketahui juga setelah mengetahui Cara Menulis Daftar Pustaka dari Buku 2 Penulis, yaitu sebagai berikut:

A. Daftar Pustaka dengan Menggunakan Style ASA (American Social Association Edisi Ke-6) dan juga Cara Penulisannya

Menulis daftar pustaka dengan menggunakan gaya ASA (American Social Assosiaction) bisa dibilang salah satu gaya penulisan daftar pustaka yang sering kali digunakan di indonesia, oleh karena itulah bagi anda yang ingin menggunakannya bisa langsung simak contoh yang sudah kami sediakan di bawah ini:

Data Buku yang dikutip:

Nama Penulis : Francine Jay
Judul : Seni Hidup Minimalis
Tahun Terbit : 2018
Penerbit : Gramedia
Kota : Jakarta

Kutipan Kalimat :

"Kebahagiaan buku bukan hanya berasal dari materi saja, namun dari kesederhanaan dan juga kebersyukuran yang anda miliki kita, seperti yang dikemukakan oleh Jay (2018) menumbuhkan sikap penuh rasa syukur akan sangat berguna dalam cara hidup minimalis".

Cara Penulisan Daftar Pustaka ASA Style :

Jay, Francine. 2018. Seni Hidup Minimalis. Jakarta: Gramedia.

B. Daftar Pustaka dengan APA Style (American Psychological Association Edisi Ke-7) dam Cara Penulisannya

American Psychological Association atau yang biasanya di singkat APA merupakan salah satu gaya penulisan daftar pustaka yang berasal dari organisasi APA.

Pada umumnya, penulisan daftar pustaka dengan menggunakan gaya APA ini sering kali digunakan pada bidang sosial dan psikologi.

Daftar pustaka APA Style ini bisa ditulis dengan menggunakan Ms Word, anda bisa simak langkah-langkah mengenai Cara Menulis Daftar Pustaka dari Buku 2 Penulis dengan menggunakan Style APA pada Ms Word, yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka Ms Word yang sudah ada dalam perangkat anda terlebih dahulu.
  • Setelah itu, anda bisa langsung memilih dan klik References, lalu pilihlah APA pada bagian Sytle.
  • Kemudian, apabila anda sudah memilih APA Style, silahkan anda klik Manage Source dan klik New.
  • Anda hanya tinggal menentukan sumber dari daftar pustaka dari buku, jurnal artikel dan juga website.
  • Selesai dech!!!
Data Buku yang dikutip:

Nama Penulis : Yuval Noah Harari
Judul Buku : 21 Lessons for the 21st Century
Tahun Terbit : 2018
Penerbit : Random House
Kota : New York

Kutipan Kalimat :

"Pada era seperti saat ini sudah terdapat banyak sekali perubahan yang tidak terduga sebelumnya dan juga banyak sekali pekerjaan-pekerjaan yang tergantikan dengan sendirinya, hal tersebut sudah di percayai oleh harari (2018) bahwasanya akan ada pekerjaan baru yang di kolaborasikan dengan AI (Artificial Intelligence).

Cara Penulisan Daftar Pustaka APA Style :

Harari, Y. N. (2018). Lessons for the 21st Century. Random House.

C. Daftar Pustaka dengan Style Chicago dan Cara penulisannya

Data Buku yang dikutip:

Nama Penulis : Thomas Hidaya Tjaya
Judul Buku : Kierkegaard dan pergulatan menjadi diri sendiri
Tahun Terbit : 2004
Penerbit : KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)
Kota : Jakarta

Kutipan Kalimat :

"Oleh karena itulah untuk bisa menghadapi dunia yang sangat penuh dengan perubahan ini sangat di butuhkan jati diri yang otentik, seperti yang sudah di kemukakan oleh (Tjaya 2004) bahwasanya sebagai manusia anda harus bisa menemukan otentisitas diri".

Cara penulisan Daftar Pustaka dengan Style Chicago :

Tjaya, Yhomas Hidya. 2004. Kierkegraard Dan Pergulatan Menjadi Diri Sendiri. Jakarta: KPG.

Akhir Kata

Itulah dia semua penjabaran mengenai cara menulis daftar pustaka dari buku 2 penulis yang bisa kami berikan untuk anda terapkan dengan sangat amat mudah loh guys.

Selain itu kami juga memberikan beberapa contoh penulisan daftar pustaka dengan berbagai mecam style yang bisa anda coba .

Bila anda merasa bahwasanya pemaparan yang sudah kami sediakan di atas penting, jangan lupa bantu bagikan ke teman ataupun kerabat anda yang belum mengetahuinya.

Kami ucapkan banyak terimakasih karena anda sudah simak artikel ini sampai tuntas, jangan lupa berkunjung ke dalam artikel kami yang lainnya, sekian dan semoga bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba yaa gess yaa.