Cara Mengusir Tikus

Cara Mengusir Tikus
Cara Mengusir Tikus
- Mengusir Tikus termasuk ke salah satu tindakan yang perlu dilakukan oleh sebagian orang yang mempunyai masalah sama tikus disekitar tempat tinggal, tikus sendiri bisa menimpulkan berbagai macam masalah seperti kerusakan dibangunan, pecemaran makanan serta bisa menyebarkan penyakit.

Ada berbagai macam cara mengusir tikus, oleh sebab itu anda simak baik-baik setiap tips-tips yang akan kami sampaikan sebagai berikut.

Cara Mengusir Tikus

Seperti yang sudah kami sampaikan, kami akan memberikan beberapa tips-tips cara mengusir tikus yang bisa anda praktekkan langsung ditempat tinggalnya.

1. Pakai Lada

Cara Mengusir Tikus
Pakai Lada
Lada hitam mempunyai senyawa kimia yang bisa menjadi racun buat tikus dan memicu iritasi dan ketidaknyaman di hewan pengerat tersebut, akan tetapi penggunaan lada hitam buat mengusir tikus harus dilakukan dengan hati-hatinya.

Pasalnya kandungan yang ada senyawa kimian ini cukup berbahaya, bahkan berdampak negatif ke manusia dan hewan peliharaan yang lainnya.

Jadi salah satu cara mengusir tikus yang aman dengan memakai lada yaitu dengan menumbuk lada kasar dan menyebarkan ke area yang sering kali di lalui atau tempat bersarangnya tikus.

Tidak hanya itu saja, lada putih juga bisa dipergunakan sebagai alat pengusir tikus dengan cara yang sama bukan hanya aman bagi manusia dan hewan peliharaan.

Namun penggunaan lada sebagai alat pengusir tikus juga sangatlah efektif, dikarenakan tikus lebih cenderung tidak menyukai bau dan rasa pedas yang dihasilkan oleh lada.

2. Pakai Bawang Bombay

Cara Mengusir Tikus
Pakai Bawang Bombay
Salah satu cara mengusir tikus paling alami yang bisa digunakan untuk mengusir tikus yaitu dengan menggunakan bawang bombay, tikus diketahui tidak menyukai bau-bau yang cukup menyengat seperti bawang bombay.

Sehingga cara satu ini bisa menjadi salah satu alternatif yang cukup efektif didalam mengusir tikus dari sekitar tempat tinggal dan kerja anda.

Bukan hanya itu saja, penggunaan bawang bombay sebagai alat pengusir tikus ternyata juga aman dan ramah lingkungan jika dibandingkan dengan penggunaan bahan-bahan kimia yang cukup berbahaya.

Cara menggunakan bawang bombay sebagai pengusir tikus yang perlu dilakukan yaitu pastikan anda sudah mengupas dan iris bawang bombay menjadi potongan-potongan kecil, jika sudah letakan potongan-potongan bawang bombay ke tempat yang sering di jadikan tempat sarang tikus.

Bahkan anda juga bisa menempatkan bawang bombay ke area yang sering kali di lalui oleh tikus, seperti dibawah rak atau lemari.

3. Irisan Bawang Merah dan Putih

Cara Mengusir Tikus
Irisan Bawang Merah dan Putih
Sama seperti bawang bombay tadi, bawang merah dan bawang putih juga mempunyai bau yang cukup menyengat buat tikus jadi anda bisa menggunakannya sebagai cara alami dalam mengusir hewan pengerat tersebut.

Apa lagi cara penggunaannya cukup mudah, anda tinggal mengiris-ngiris bawang merah dan bawang putih lalu menempatkannya ke area yang biasanya sering kali dilalui dan dijadikan tempat sarang oleh tikus.

Menggunakan bawang merah dan bawang putih sebagai alat pengusir tikus, ternyata memiliki keuntungan pasalnya bahan-bahan tersebut biasanya sudah tersedia di dapur dan lebih ramah dilingkungan kalau dibandingkan memakai bahan kimia yang cukup berbahaya.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa efektivitas penggunaan bawang merah dan bawang putih sebagai alat pengusir tikus mungkin akan berbeda-beda balik lagi tergantung dari kondisi lingkungan dan jenis tikus yang ada di tempat tinggalmu.

4. Pakai Larutan Cabai

Cara Mengusir Tikus
Pakai Larutan Cabai
Bukan hanya sekedar menjadi bahan makanan atau bumbu dapur, cabai juga cukup mampu dalam mengusir tikus apa lagi cara mengusir tikus ini terbilang alami sehingga aman digunakan di rumah atau tempat kerja anda.

Caranya pun cukup mudah, anda tinggal membuat larutan cabai setelah itu semprotkan ke tempat-tempat yang memang sering kali dilalui atau di kunjungi oleh tikus.

Untuk membuat larutan cabai, sebaiknya anda gunakan cabai rawit secukupnya lalu campurkan dengan air sebanyak 1-2 liter lalu rebus campuran tersebut sampai air berubah menjadi warna kemerahan pekat.

Jika sudah, tinggal tuangkan lauratn cabai ke dalam semprotan dan semprotkan ke area-area yang memang sering kali di jadikan tempat atau jalur tikus.

5. Pakai Adonan Soda Kue

Cara Mengusir Tikus
Pakai Adonan Soda Kue
Sode kue juga bisa berperan cukup penting dalam membantu membasmi tikus secara alami, pada saat tikus memakan soda kue akan terjadi reaksi kimia yang menghasilkan gas dalam lambung tikus.

Gas ini nantinya akan menimbulkan tekanan internal yang cukup berlebihan di tubuh tikus dan pada akhirnya bisa membunuhnya.

6. Pakai Ampas Teh

Cara Mengusir Tikus
Pakai Ampas Teh
Ada alternatif lain cara mengusir tikus yaitu menggunakan ampas teh, ampas teh ini mengandung senyawa yang bisa merusak pernapasan tikus kalau terhirup atau di makan.

Cara menggunakannya cukup mudah, anda tinggal meletakkan ampas teh di sekitaran tempat-tempat yang sering kali dilalui atau dijadikan sarang oleh tikus.

Biasanya senyawa yang terkadung didalam ampas tekan akan merusak indra penciuman tikus, sehingga tikus tidak akan mendatangi area itu lagi.

7. Pakai Bedak Bayi

Cara Mengusir Tikus
Pakai Bedak Bayi
Ternyata bedak bayi bisa juga dipergunakan sebagai cara mengusir tikus dari dalam rumah, bubuk halus yang ada di bedak bayi bisa mengganggu fungsi tubuh tikus pada saat mereka mengonsumsinya.

Caranya cukup mudah, tinggal anda taburkan bedak bayi di area tempat-tempat yang cukup sering kali dijadikan sarang oleh tikus.

Ketika tikus mengkomsumsi bedak bayi, sehingga akan terjadi gangguan di fungsi tubuhnya yang bisa membuat tikus menjadi tidak nyaman dan mengindari area tersebut.

8. Menyemprotkan Minyak Kayu Putih

Cara Mengusir Tikus
Menyemprotkan Minyak Kayu Putih
Ternyata minyak putih cukup bermanfaat untuk mengusir tikus dari dalam rumah, aroma kuat dari minyak kayu putih ini bisa sangat menyebalkan buat tikus.

Jika ingin membuat larutan minyak kayuh putih yang efektif, pastikan anda mencampurkan 5% minyak kayu putih dengan air ke dalam botol semprot lalu semprotkan larutan tersebut ke area yang biasanya tempat bersarang tikus di dalam rumah.

9. Memanfaatkan Kulit Durian

Cara Mengusir Tikus
Memanfaatkan Kulit Durian
Kulit durian ternyata bisa berguna juga untuk mengusir tikus, bukan hanya sebagai bahan makanan yang lezat biasanya kulit durian yang mengandung senyawa alami tidak disukai oleh tikus sehingga mereka akan merasa sangat ketakutan dan tidak ingin mendekat area tersebut.

Untuk mengusir tikus menggunakan kulit durian, tinggal anda letakkan beberapa potongan kulit durian di area yang sering kali dikunjungi tikus seperti di sekitar celah atau sudut ruangan.

Oleh sebab itu, tikus akan merasa dirinya terganggu dan tidak ingin mendatangi ke rumahmu lagi.

10. Memasang Perangkat Tikus

Cara Mengusir Tikus
Memasang Perangkat Tikus
Ada cara mengusir tikus yang cukup praktis yakni dengan memasang perangkat tikus yang bisa dengan mudah anda temukan dan bisa dibeli dipasar.

Cukup anda menempatkan umpan makanan yang menarik perhatian sik tikus dan didalamnya ada perangkat sehingga tikus akan langsung terperangkap.

Jika sudah terperangkap, anda bisa melepaskannya ke luar rumah atau di tempat yang jauh dari lingkungan rumahmu.

Biasanya dengan cara ini, anda tidak perlu membahayakan tikus dan tetap menjaga kebersihan di rumahnya dari serangan tikus yang tidak kita inginkan.

Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara mengusir tikus yang sudah kami sampaikan dengan jelas untuk anda yang ingin mengusir tikus dirumahmu.

Ada berbagai macam cara yang bisa anda gunakan baik yang alami maupun kimia, yang memang tidak begitu disenangi oleh tikus.

Jika anda tidak ingin membahayakan tikus, maka perangkat tikus adalah solusi yang cukup praktis yang bisa anda gunakan untuk mengusir tikus. Sekian dan selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel