Cara Menggunakan Mesin Cuci 1 Tabung 2024

Daftar Isi
Cara Menggunakan Mesin Cuci 1 Tabung
Cara Menggunakan Mesin Cuci 1 Tabung
- Mencuci adalah suatu pekerjaan yang lumayan melelahkan, akan tetapi sekarang kita bisa menggunakan mesin cuci untuk memudahkan dalam proses mencuci.

Dengan menggunakan mesin cuci, maka pekerjaan mencuci terasa lebih ringan, terlebih lagi sekarang ini mesin cuci memiliki berbagai bentuk dan merek dengan ciri khas dan kualitas yang berbeda-beda.

Bahkan untuk harganya juga bervariasi di angka jutaan rupiah tergantung merek dan kualitas yang ditawarkan.

Mungkin ada dari pembaca yang ingin mencoba mencuci menggunakan mesin cuci, kemudian mencoba dengan membeli mesin cuci 1 tabung.

Namun, anda masih merasa kebingungan untuk cara menggunakannya, maka tenang saja karena nanti melalui artikel ini kami akan menjelaskan panduan untuk cara menggunakan mesin cuci 1 tabung serta tips merawatnya agar tetap awet sehingga penggunaannya dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang.

Cara Menggunakan Mesin Cuci 1 Tabung

Cara Menggunakan Mesin Cuci 1 Tabung
Cara Menggunakan Mesin Cuci 1 Tabung
Untuk mesin cuci 1 tabung ini memiliki dua tipe, yaitu top loading dan front loading, untuk penggunaannya tidak jauh berbeda, dapat dikatakan sama, namun yang membedakannya yaitu dari aspek tampilan.

Kalau untuk tipe top loading lubangnya berada di atas, sedangkan untuk front loading lubangnya berada di tengah.

Dan di bawah ini adalah langkah-langkah untuk cara menggunakan mesin cuci 1 tabung yaitu sebagai berikut:

a. Siapkan Mesin Cuci

Hal pertama yang harus kita lakukan sebagai metode untuk cara menggunakan mesin cuci yang 1 tabung adalah tentunya menyiapkan mesin cuci.

Maksudnya disini, silahkan anda memastikan bahwa mesin cuci sudah tersambung dengan aliran listrik dan dalam keadaan prima.

b. Siapkan Pakaian Kotor dan Detergen

Metode selanjutnya untuk cara menggunakan mesin cuci 1 tabung adalah menyiapkan pakaian kotor dan detergen.

Jika ingin mencuci, silahkan anda memeriksa apakah ada pakaian yang luntur atau tidak, karena sebaiknya untuk memisahkan antara yang luntur dan tidak tersebut.

Agar pakaian yang luntur tersebut tidak mengotori pakaian lainnya, dalam hal ini anda juga siapkan detergen dan pewangi, agar pakaian yang akan dicuci nantinya menjadi jauh lebih harum.

c. Masukan Pakaian Kotor

Jika anda sudah menyiapkan pakaian dan detergen, lalu silahkan anda memasukan pakaian kotor tersebut ke dalam mesin cuci satu tabung.

Dan menurut berbagai sumber, baik untuk jenis top dan front loading ini dapat mengisi air secara otomatis, dengan begitu anda tidak perlu repot memasukan air ke dalam mesin cuci secara manual.

Oleh karena itu, sebaiknya mesin cuci sudah terhubung dengan sumber air terdekat, dan air yang masuk akan berhenti sendiri secara otomatis.

Karena nanti mesin cuci satu tabung ini akan mampu mengukur kebutuhan volume air untuk mencuci pakaian.

d. Biarkan Mesin Cuci Bekerja Secara Otomatis

Langkah berikutnya untuk cara menggunakan mesin cuci 1 tabung adalah membiarkan mesin cuci bekerja secara otomatis.

Untuk mesin cuci 1 tabung ini dapat bekerja secara otomatis, lain halnya dengan mesin cuci 2 tabung yang dikerjakan secara manual.

Maksudnya disini,yaitu untuk proses mencuci, membilas, dan mengeringkan, akan diproses dalam satu waktu.

Lalu anda hanya cukup mengatur durasinya saja sedemikian rupa, melalui tombol-tombol yang sudah ada atau tersedia.

e. Angkat Pakaian untuk Dijemur

Apabila proses mencuci sudah selesai, maka mesin cuci akan memberikan tanda sudah selesi, lalu anda tinggal memindahkan cucian anda untuk dijemur di bawah sinar matahari, selesai.

Cara Merawat Mesin Cuci 1 Tabung agar Tahan Lama atau Awet

Jika anda menggunakan mesin cuci 1 tabung, jangan hanya mengetahui untuk cara menggunakan mesin cuci 1 tabung saja.

Namun, anda juga harus mengetahui tips untuk cara merawatnya agar anda dapat menggunakannya dalam jangka waktu yang lama atau awet.

Penasaran, bagaimana cara merawat mesin cuci 1 tabung agar awet dan tahan lama? Tenang saja anda bisa simak di bawah ini penjelasan tips untuk cara merawatnya.

a. Body, Pintu dan Kaki-kaki Mesin Cuci

Yang pertama kami akan menjelaskan tips cara merawat mesin cuci satu tabung agar tahan lama yaitu silahkan anda rutin membersihkan mesin cuci pada bagian body, pintu, dan kaki.

Penting sekali anda membersihkan body mesin cuci secara berkala terutama pada bagian yang mudah berkarat.

Untuk membersihkannya anda cukup dengan menggunakan kain saja, kecuali untuk mesin cuci dengan kondisi yang cukup kotor.

Anda juga harus membersihkan secara rutin pintu mesin cuci, karena pintu dan sela antara body mesin cuci biasanya akan ada bercak kotor, bila perlu anda memberi lapisan silikon cair agar terlihat lebih menkilap dan tahan air.

Untuk tipe mesin cuci bukaan depan, silahkan anda periksa kondisi karet pintu dan bersihkan karena terkadang ada jarum atau koin yang terselip disana.

b. Tabung Mesin Cuci

Jangan hanya mengetahui cara menggunakan mesin cuci 1 tabung saja, namun anda juga harus tahu cara merawatnya.

Maka tips berikutnya merawat mesin cuci 1 tabung agar tahan lama dan awet digunakan yaitu anda juga harus rutin emmbersihkan pada bagian tabung, karena biasanya di pulsator akan ada benda yang terselip.

Dan untuk membersihkan tabung pada mesin cuci ini, biasanya akan ada setingan khusus atau tube clean pada modulnya, untuk memasukan citrun di tabung atau laci detergen, lalu anda jalankan mesin di setingan Tube clean.

c. Laci Tempat Detergen

Laci tempat detergen di mesin cuci juga harus diperhatikan, silahkan anda membersihkannya secara rutin karena pada saat kita mencuci biasanya akan ada sisa deterjen yang menumpuk pada laci tempat detergen tersebut.

Apabila anda tidak rutin membersihkannya, maka semakin lama akan semakin banyak sehingga akan menimbulkan bercak pada mesin cuci.

Namun, sebenarnya anda juga bisa dengan menaburkan deterjen langsung untuk mengurangi kotoran di laci detergen mesin cuci, tetapi anda harus menaburkannya dengan rata atau secara merata.

Dan kami sarankan, sebaiknya untuk menggunakan deterjen yang cair agar mengurangi sisa deterjen yang dapat mengotori mesin cuci.

d. Periksa Pump Filter

Berikutnya kami akan menjelaskan tips cara merawat mesin cuci 1 tabung agar awet dan tahan lama pada bagian pump filter.

Apabila anda sudah mempraktikkan cara menggunakan mesin cuci 1 tabung, maka anda perlu memeriksa pump filter mesin cuci.

Namun, sebelum anda melakukan pemeriksaan pump filter, silahkan anda mencabut kabel listik pada mesin cuci agar tidak tersetrum pada saat grounding.

Untuk pump filter atau pompa filter ini terdiri dari mesin pompa kecil dan kipas yang terdapat di bagian bawah mesin cuci.

Silahkan anda membuka penutup body, lalu anda putar kearah berlawanan jarum jam untuk melepas pump filter.

Apabila lama anda tidak membuka dan membersihkannya akan menampung banyak kotoran tmasuk juga benda-benda kecil seperti kancing baju, koin jarum dan lainnya.

Silahkan anda membersihkan saluran air dan pompa filternya dengan cara sikat serta pakai sabun, lalu anda bersihkan dengan air mengalir.

Jika anda sudah selesai membersihkannya, silahkan anda memasang kembali dengan putar searah jarum jam dan kencangkan agar air tidak bocor.

e. Tambah Ram Kawat

Agar mesin cuci tetap awet dan tahan lama, anda juga bisa dengan menambah ram kawat, namun hal ini ini tergantung dari lingkungan rumah anda.

Apabila memang di rumah anda terdapat banyak tikus, maka silahkan anda memberikan perlindungan dengan menambahkan ram kawat pada mesin cuci.

Hal ini dengan tujuan untuk meminimalisir saja agar tidak terjadi kerusakan pada jalur kelistrikan dan jalur pembuangan mesin cuci.

Karena tikus sering menggigit kabel atau plasik, terlebih lagi apabila mesin cuci lama tidak digunakan maka tikus akan menjadikan rumahnya.

Maka dari itu, silahkan anda memberi tambahan ram kawat dengan memasang pada bagian bawah mesin cuci agar tikus tidak bisa masuk kedalam mesin cuci karena biasanya tukus akan masuk melalui bawah mesin cuci.

f. Filter Air

Anda juga perlu membersihkan filter air pada mesin cuci jika sudah melakukan proses cara menggunakan mesin cuci 1 tabung.

Dengan membersihkan filter air merupakan metode yang harus dilakukan untuk cara merawat mesin cuci agar bisa awet dan tahan lama dalam penggunaan.

Filter air ini berada di lubang masuk water unlet, dan nantinya akan menyaring air yang akan masuk ketabung mesin cuci.

Apabila sudah lama anda tidak membersihkan bagian filter air ini, maka kotoran akan menumpuk dan bisa-bisa menutup jalur masuk air.

Apabila air yang masuk tertutup atau hanya sedikit, sehingga hal ini akan menggangu kerja mesin cuci atau bisa membuat mesin cuci tidak bisa bekerja.

Untuk membersihkannya silahkan anda membuka selang dan anda gunakan tang untuk melepas filter air.

Jika sudah, anda bersihkan dengan menyikatnya, lalu anda bilas dengan air mengalir, dan jika anda sudah selesai membersihkannya maka anda pasang kembali sehingga akan membuat air tetap masuk dengan maksimal.

g. Listrik

Cara merawat mesin cuci 1 tabung agar awet dan tahan lama lainnya yaitu anda bisa dengan membuat jalur listrik yang paten untuk mencolok mesin cuci, dan usahakan pada saat anda colokan dengan kencang dan tidak mudah lepas.

Hal ini perlu diperhatikan karena jika mesin cuci sedang bekerja, lalu sering mengalami putus listrik ditengah proses mencuci, maka bisa-bisa akan menyebabkan kerusakan di modulnya.

Dan jika modul ini rusak, maka anda perlu mengeluarkan biaya yang lumayan mahal untuk memperbaikinya.

h. Lokasi

Terakhir yang dapat kami informasikan untuk cara merawat mesin cuci agar tahan lama dan awet yaitu dengan memperhatikan tempat menaruh mesin cuci.

Silahkan anda menempatkan mesin cuci pada tempat yang rata dan stabil, hal ini bertjuan agar tidak terjadi getaran pada saat mesin cuci bekerja.

Akhir Kata

Itu dia penjelasan dari cara menggunakan mesin cuci 1 tabung serta cara merawatnya agar pengguna bisa tahan lama menggunakannya.

Dengan anda merawat mesin cuci yang anda miliki adalah sebagai cara untuk mengatasi agar tidak terjadi kerusakan, sehingga anda lebih hemat tidak berkali-kali mengeluarkan uang untuk memperbaiki maupun membeli mesin cuci yang baru lagi.

Kami rasa cukup sekian yang dapat penulis informasikan melalui artikel kali ini, sekian dan terimakasih banyak.