Cara Mengatasi Motor Injeksi Brebet 2024

Daftar Isi
Cara Mengatasi Motor Injeksi Brebet
Cara Mengatasi Motor Injeksi Brebet
- Motor injeksi sekarang ini menjadi batu locatan teknologi dalam industri otomotif setelah era karburator, teknologi ini menawarkan kinerja mesin yang cukup efisien dan itu berimbas ke efisiensi bahan bakar.

Akan tetapi, mesin injeksi tidak selamanya kebal dari namanya masalah sebab akan ada salah satu penyakit yang kerap kali terjadi yaitu brebet biasanya kondisi seperti ini tentu akan membuat sik pengendara menjadi tidak nyaman.

Lantas, bagaimana cara mengatasi motor injeksi brebet ini? Ada beberapa yang bisa anda lakukan, oleh sebab itu simak ulasan dibawah ini sampai selesai akan tetapi pastikan anda mengetahui penyebab motor brebet sebagai berikut.

Penyebab Terjadi Motor Injeksi Brebet

Cara Mengatasi Motor Injeksi Brebet
Penyebab Terjadi Motor Injeksi Brebet
Seperti ulasan kami diatas, sebelum kita ke cara mengatasi motor injeksi brebet pastikan anda tahu beberapa penyebab motor injeksi brebet di lansir dari halaman resmi Suzuki Indonesia.

Ada beberapa penyebab terjadi motor injek brebet, yaitu sebagai berikut:

1. Tidak Menggunakan Bahan Bakar yang Sesuai

Biasanya penyebab motor injeksi brebet yang cukup sering kali terjadi yaitu disebabkan oleh bahan bakar yang tidak sesuai sama standar, padahal setiap pabrik kendaraan mempunyai standar tersendiri soal bahan bakar.

Harga bahan bakar yang lebih murah sering kali dijadikan alasan penggunaan yang tidak standar tersebut, padahal tidak memakai bahan bakar yang sesuai bisa saja mempengerahui masalah kompresi mesin.

Umumnya motor baru memakai standar bahan bakar dengan oktan RON 92, jadi pembakaran yang terjadi didalam mesin akan lebih sempurna.

Namun besin yang kualitasnya rendaj, akan menimbulkan knocking di mesin sehingga terjadinya brebet hal seperti berlaku kalau anda memakai bahan bakar yang di campur.

Perbedaan dari kualitas inilah yang menyebabkan terjadinya pembakaran yang tidak begitu sempurna, itulah yang menyebabkan terjadinya brebet di motor injeksi.

2. Filter Udara Sudah Kotor

Tidak hanya itu saja, biasanya penyebab motor injeksi breber yaitu filter udara kotor dikarenakan sudah digunakan dalam jangka waktu yang terlalu lama.

Debu dan kotoran yang menempel di filter, sehingga membuat udara yang masuk menjadi berkurang dikarenakan filter mengalami mampet.

Filter udara tidak hanya selalu rutin dibersihkan, melainkan anda juga perlu menggantinya secara bertahap karena setiap beberapa ribu kilometer filter udara sudah tidak cukup mampu menyaring udara bersih meskipun dibersihkan secara rutin.

Jadi anda perlu menggantinya dengan yang baru, lama tidaknya penggantian ini tergantung dari lokasi penggunaan misalnya saja motor yang di pakai di area perkotaan akan lebih cepat dalam penggantian filter udara.

3. Terjadi Kerusakan di Busi

Busi juga bisa menjadi salah satu penyebab dari motor injeksi brebet di rpm tinggi, dikarenakan busi tidak cukup mampu menciptakan percikan api untuk pembakaran dalam mesin.

Jadi kondisi busi yang kotor atau mulai renggang akan menjadi penyebab terjadinya motor brebet pada saat motor di gas, biasanya ciri-ciri seperti busi sudah mulai rusak yaitu nampak berwarna kehitaman.

Apa bila kotor, anda bisa langsung membersihkan dan memasangnya kembali akan tetapi jika ternyata distarter masih tidak mau berfungsi atau nyala itu artinya busi sudah mati atau tidak dapat digunakan.

4. Filter Bensi yang Kotor

Penyebab lain motor injeksi brebet yaitu ada di filter bensi yang sudah mulai kotor, filter bensi berguna untuk menyaring bahan bakar supaya kotoran tidak masuk ke dalam ruang pembakaran.

Jadi fungsinya tidak jauh berbedari dengan filter udara, itu sebabnya komponen ini perlu rutin untuk dibersihkan terlebih lagi kotoran yang menumpuk akan membuat suplai bahan bakar tidak lancar sehingga pembakaran yang terjadi tidak begitu sempurna dan motor akan menjadi brebet ketika dihidupkan atau dinyalakan.

5. Rusaknya Sensor Injeksi

Terakhir disebabkan oleh komponen injektornya, jika komponen mengalami kerusakan sudah bisa dipastikan pembakarannya pun mengalami masalah.

Injektor mengalami kerusakan pada saat tidak menggunakan bahan bakar standar, tidak hanya itu kerusakkan pun juga dipengaruhi oleh jarangnya melakukan perawatan komponen.

Padahal injeckor perlu dibersihkan memakai cairan pembersih khusus, jadi jika rusak atau kotor sehingga menyebabkan mesin menjadi brebet.

6. Fuel Pump Kotor

Bukan hanya rusak sensor injeksi, namun kotornya foel pump juga menjadi penyebab utama motor mengalami masalah brebet.

Fuel pump ini bertugas untuk memompa bahan bakar yang masuk ke dalam ruang pembakaran, pada saat komponen ini kotor otomatis tekanan bahan bakar bisa menjadi terlalu tinggi atau rendah.

Kondisi seperti ini yang menyebabkan pembakaran juga tidak begitu sempurna, itu sebabnya anda perlu rutin mengecek apakah fuel pump bekerja dengan baik atau tidak.

Dengan begitu tekanan bensin menjadi lebih teratur yang akan membuat sistem pembakaran di motor bekerja dengan baik, namun kebanyakan penyebab motor brebet yaitu kotornya beberapa komponen yang berpengaruh ke dalam kelancaran ruang pembakaran.

Biasanya penyebab ini muncul disebabkan tidak rutinnya melakukan servic motor sebagai bagian dalam perawatan kendaraan.

7. Setelah Klep Renggang

Motor brebet juga dapat disebabkan oleh setting atau settelan klep yang sudah mulai renggang, jadi jika setelan klep ini renggang dikarenankan masa penggunaan kendaraan motor tersebut.

Klep yang sudah mulai merenggang atau bergeser akibat putaran mesin yang terjadi terus-menerus, hal seperti ini bisa anda ketahui dengan mudah kalau anda rutin melakukan perawatan ke bengkel resmi.

Karena nanti pihak teknisi akan menyetel ulang klep, dengan begitu performa motor akan kembali normal namun sebaliknya kalau tidak pernah service motor akan menjadi brebet dikarenakan masalah klep tersebut.

Jika anda sudah paham penyebab terjadinya motor injeksi brebet, sekarang saatnya anda mengetahui cara mengatasi motor injeksi brebet dibawah ini.

Cara Mengatasi Motor Injeksi Brebet

Cara Mengatasi Motor Injeksi Brebet
Cara Mengatasi Motor Injeksi Brebet
Dilansir dari halaman resmi Suzuki Indonesia, inilah beberapa cara mengatasi motor injeksi brebet yang patut anda simak sebagai berikut:

1. Menggati Bahan Bakar

Kalau terjadi brebet, bisa jadi ada persoalan di bahan bakar yang dipergunakan silahkan ganti bahan bakar standar disesuaikan sama ajuran pabrik.

Dengan begitu masalah brebet akan hilang selama bensi yang kualitasnya rendah sudah habis dan digantikan dengan yang baru itulah cara mengatasi motor injeksi brebet.

2. Membersihkan Filter Udara

Tidak hanya itu saja, anda rutin melakukan pembersihan atau mengganti filter udara bisa menjadi solusi yang tepat karena pembakaran dalam mesin akan lebih sempurna.

3. Mengganti Busi

Umumnya mesin motor brebet dikarenakan busi sudah mulai soak, jika busi sudah mati solusi yang dapat dilakukan yaitu menggantinya dengan yang baru maka percikan api akan langsung tercipta di ruang pembakaran.

4. Membersihkan Filter Bensi

Bukan hanya itu cara mengatasi motor injeksi brebet, anda juga harus perhatikan jadwal membersihkan filter besin jika anda rajin membersihkan dan mengganti filter bensi bisa jadi itu adalah salah satu solusi yang cukup tepat.

5. Rutin Servis

Selain itu pastikan anda rutin melakukan servis kendaraan, terutama kalau injektor kotor supaya segera di bersihkan.

Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara mengatasi motor injeksi brebet yang dapat anda gunakan dalam mengatasi masalah motor injeksi brebet.

Namun anda harus tahu terlebih dahulu, penyebab motor injeksi brebet jika sudah tahu penyebab anda jadi lebih mudah memperbaikinya.

Kami sarankan anda bawa ke bengkel resminya, jika anda belum paham dengan motor namun kalau anda penasaran dan ingin mencobanya silahkan baca sampai habis ya artikel ini supaya nggak salah-salah dalam mengatasi motor brebet. Sekian dan selamat mencoba.