Cara Mengatasi Laptop Troubleshoot 2024

Daftar Isi
Cara Mengatasi Laptop Troubleshoot
Cara Mengatasi Laptop Troubleshoot
- Biasanya mengatasi troubleshoot adalah salah satu cara yang kerap kali dipergunakan pada saat jaringan internet sedang bermasalah.

Dikutip dari laman Tech Target, troubleshoot jaringan merupakan serangkaian langkah untuk meminimalisir potensi-potensi masalah satu per satu sebelum pada akhirnya menemukan sumber masalah yang saat itu sedang terjadi di kompter atau laptop.

Umumnya ada tiga langkah utama dalam melakukan troubleshooting jaringan diantaranya dimulai dari mengisolasi masalah, troubleshooting masalah dan jika diperlukan silahkan anda menghubungi technial support yang tepat.

Lokasi atau tempat yang biasanya komputer atau laptop diatasi dengan troubleshooting jaringan yaitu sistem operasi komputer, aplikasi, procesor atau CPU, firewall, hard drive, solid state drive dan server.

Jika ingin lebih jelasnya, langsung saja anda simak cara mengatasi laptop troubleshoot yang akan kami sampaikan dibawah ini sampai selesai.

Cara Mengatasi Laptop Troubleshoot

Cara Mengatasi Laptop Troubleshoot
Cara Mengatasi Laptop Troubleshoot
Dilansir dari laman Relience Digital, cara mengatasi laptop troubleshoot jaringan dapat dilakukan dengan beberapa cara walaupun tidak semua orang dapat mengatasi hal semacam itu secara mandiri namun setidaknya anda bisa mengikuti tutorial sebagai berikut:

1. Memastikan Ada Tanda Seru

Hal yang pertama yang harus dilakukan yaitu memastikan laptop atau komputer harus mempunyai tanda seru berwarna kuning yang ada dibagian pojok kanan bagian bawah laptop atau komputer, apa bila ada bagian disitu itu artinya komputer atau laptop tidak dapat tersambung langsung dengan akses internet.

Dilansir dari laman Qword, untuk bisa mengatasi masalah itu anda dapat mengikuti cara mengatasi laptop troubleshoot sebagai berikut:
  • Pertama-tama anda masuk ke dalam menu Control Panel, lalu pilih Jaringan atau Network and Sharing Center.
  • Jika sudah, nanti klik opsi Change Adapter Setting dan dilanjutkan dengan klik kanan di menu Wireless Network Connection lalu pilih menu Properties.
  • Kemudian anda klik 2 kali pada bagian Internet Protocol Version 4, sehingga layar komputer atau laptop akan menampilkan detail dari IP Address dalam komputer.
  • Selanjutnya anda kosongkan seluruh IP Address dengan cara pilih opsi Obtain an IP Address Automatically dan dilanjutkan dengan klik OK.
  • Lalu anda tunggu beberapa saat sampai IP Address yang berasal dari DHCP Server hotspot muncul.
  • Terakhir, silahkan anda perhatikan icon wireless connection di system tray apakah sudah berubah. Jika sudah, maka komputer atau laptop sudah dapat dipergunakan apa bila tanda seru warna kuning hilang.

2. Adanya Masalah di WiFi Card Laptop

Jika langkah pertama belum berhasil, kemungkinan ada permasalah di bagian WiFi Card perangkat biasanya kondisi ini sering kali terjadi di hardware yang bermasalah.

Untuk cara mengatasi laptop troubleshoot di WiFi Card, simak langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Silahkan anda masuk ke dalam menu Device Manager.
  • Nanti ke bagian Network Adapter lalu klik bagian kanan Hardware WiFi yang terdapat di komputer dan dilanjutkan dengan klik Uninstall.
  • Jika terdeteksi sistem driver, maka secara otomatis bisa terinstall kembali. Lalu pilih Scan for Hardware Change agar sistem bisa terdeteksi dan melakukan install ulang.
  • Namun berbeda jika device manager sudah tertutup, jadi hotspot WiFi akan kembali secara otomatis dengan begitu internet dapat dipergunakan secara normal.

3. Melakukan Restart Modem

Terkadang terjadinya masalah di troubleshoot jaringan bisa saja disebabkan oleh adanya masalah modem error, dengan kondisi seperti ini nyatanya penyebab dari sistem ataupun hardware jadi anda tinggal lakukan restart.

Itulah salah satu solusi terbaik yang dapat anda lakukan, supaya dapat kembali seperti semula bahkan anda bisa memulai ulang modem lewat tombol fisik pada bagian ruter ataupun lewat aplikasi.

4. Lewat Network Troubleshoot

Cara mengatasi laptop troubleshoot jariangan juga dapat dilakukan dengan cara memeriksa Network Troubleshooter di Windows dan silahkan ikuti panduan sebagai berikut:
  • Pertama-tama anda klik kanan di icon WiFi yang terdapat di pojok bawah komputer.
  • Nanti pilih opsi Troubleshoot Problems.
  • Setelah itu, anda tinggal tunggu proses Detecting Problems hingga selesai. Kalau ada permasalah, maka layar akan menampilkan tanda seru berwarna kuning di bagian yang terjadinya masalah.
  • Terakhir, anda ikuti saja petunjuknya untuk memperbaiki.

5. Terjadi Gangguan Serangan Pengguna Netcut

Netcut sendiri termasuk ke salah satu software yang dipergunakan sebagai pemotong yang ada di koneksi jaringan internet, contoh saja pada saat penggunaan Netcut yakni di jaringan hotspot.

Jaringan hotspot bisa saja akan mengalami pemutusan sewaktu-waktu, pada saat aplikasi Netcut dipakai oleh orang lain sehingga cara mengatasi laptop troubleshoot jaringan yakni dengan mengubah alamat IP.

Ketika anda mengubah alamat IP, pastikan memakai software pelindung agar lebih aman salah satu contoh software yang dapat dipergunakan yakni anti netcur ARP.

Jika anda melakukan cara mengatasi troubleshooting jaringan ini, maka anda akan membuat WiFi komputer atau laptop bisa teratasi dengan baik.

Apakah Sudah Bisa Connect Internet?

Biasanya komputer atau laptop yang tidak terkoneksi di hotspot area atau Wifi ada beberapa masalah yang terjadi disana, itu sebabnya anda harus tahu permasalah yang terjadi sebelum mengatasinya.

Lewat langkah-langkah cara mengatasi laptop troubleshoot diatas, anda dapat mengatasi setiap permasalah yang terjadi di WiFi salah satunya troubleshooting jaringan ini.

Namun anda jangan sampai lupa, sebab anda bisa melakukan ping melalui Command Prompt untuk mengetahui ada jaringan internet atau tidak.

Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara mengatasi laptop troubleshoot yang sudah kami sampaikan secara rinci untuk anda gunakan.

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah yang terjadi di troubleshoot tersebut, silahkan anda pilih salah satunya untuk memperbaiki masalah tersebut.

Namun pastikan anda membaca dan simak setiap langkah-langkah yang kami sampaikan secara cermat, supaya tidak terjadi kesalahan pada saat melakukannya. Sekian dan selamat mencoba.