Cara Mengatasi Kartu Indosat Tidak Ada Layanan 2024

Daftar Isi
Cara Mengatasi Kartu Indosat Tidak Ada Layanan
Cara Mengatasi Kartu Indosat Tidak Ada Layanan
- Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang ini rata-rata tidak bisa lepas dari perangkat elektronik seperti HP.

Karena banyak hal yang bisa dilakukan melalui HP ini, baik untuk saling berkomuniskasi melalui telepon maupun SMS, untuk bersosial media, mencari hiburan, bekerja, dan lainnya.

Namun hal tersebut tidak akan bisa dilakukan tanpa adanya layanan sinyal kartu SIM yang anda gunakan pada HP tersebut, salah satunya yaitu Indosat.

Sehingga dapat dikatakan bahwa sinyal ini merupakan salah satu penunjang dalam melakukan suatu aktivitas.

Akan tetapi bagaimana jadinya apabila sinyal Indosata hilang padahal sedang sangat dibutuhkan pada saat itu, tentu hal ini sangat mengganggu dan menghambat suatu kepentingan yang sedang berlangsung.

Misalnya saja, anda sedang mendownload sesuatu, dan tiba-tiba sinyal hilang, tentu hal ini menjadi penghambat anda dalam proses mendownload dan menyebabkan gagal dalam mendownload.

Bahkan sebagai pengguna juga tidak akan bisa mengirim dan menerima SMS, panggilan telepon maupun internet.

Tentunya kita tidak ingin hal tersebut terjadi, dan bagi para pengguna kartu Indosat jika mengalami kartu SIM Indosat anda tidak ada layanan, jangan khawatir karena ada beberapa cara yang akan kami beritahu melalui artikel ini untuk mengatasi sinyal Indosat hilang.

Cara Mengatasi Kartu Indosat Tidak Ada Layanan

Langsung saja, silahkan simak di bawah ini 9 cara yang bisa diterapkan untuk cara mengatasi kartu Indosat tidak ada layanan.

1. Matikan dan Hidupkan Kembali HP

Cara Mengatasi Kartu Indosat Tidak Ada Layanan
Matikan dan Hidupkan Kembali HP
Hal pertama yang bisa diterapkan untuk cara mengatasi kartu Indosat tidak ada layanan adalah dengan mencoba mematikan dan menghidupkan kembali HP.

Jika anda sudah mematikan HP, silahkan anda menunggu sekitar 2 sampai 3 menit, kemudian anda bisa mengaktifkannya kembali.

Dengan mematikan ini adalah sebagai cara yang kemungkinan ada terjadi error dalam perangkat lunak sehingga dapat di refresh dan dapat kembali normal.

2. Cari Tahu Apakah Ada Perbaikan Jaringan atau Tidak

Cara Mengatasi Kartu Indosat Tidak Ada Layanan
Cari Tahu Apakah Ada Perbaikan Jaringan atau Tidak
Hal kedua yang bisa diterapkan untuk cara mengatasi kartu Indosat tidak ada layanan adalah dengan mencoba mencari tahu apakah sedang ada perbaikan jaringan atau tidak.

Apabila memang jaringan kartu Indosat anda tidak memiliki sinyalkarena adanya perbaikan jaringan dari pusat, maka anda harus menunggu sampai jaringan selesai diperbaiki.

Karena jika sudah selesai diperbaiki maka sinyal akan berjalan dengan lancar lagi, jadi anda tidak perlu khawatir untuk masalah ini.

3. Kunci Jaringan 4G

Cara Mengatasi Kartu Indosat Tidak Ada Layanan
Kunci Jaringan 4G
Hal ketiga yang bisa diterapkan untuk cara mengatasi kartu Indosat tidak ada layanan yaitu kunci jaringan 4G.

Karena jika memang anda mengalami sinyal Indosat hilang, maka anda bisa mengunci jaringan dengan menggunakan kode tertentu.

Adapun cara menguncinya yaitu silahkan anda mengetik kode dial *#*#4636#*#*, kemudian nanti akan muncul pilihan dan silahkan anda memilih "Enable 4G".

Apabila anda gagal atau tidak bisa menggunakan kode ini, maka anda bisa mencoba dengan menggunakan kode *#673644#, kemudian anda hidupkan 4G.

4. Disable Kartu SIM

Cara Mengatasi Kartu Indosat Tidak Ada Layanan
Disable Kartu SIM
Selanjutnya yang bisa anda terapkan untuk mengatasi kartu Indosat tidak ada layanan adalah dengan disable kartu SIM.

Adapun langkah-langkah yan g harus anda lakukan untuk cara mengatasi kartu Indosat tidak ada layanan dengan disble kartu SIM yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama silahkan anda masuk ke menu "Pengaturan" di perangkat HP yang anda gunakan.
  • Lalu silahkan anda mencari menu "Koneksi".
  • Selanjutnya silahkan anda pilih menu "Pengelolaan kartu SIM".
  • Kemudian silahkan anda menggeser tombol untuk disable, lalu anda geser lagi untuk enable kartu SIM dengan tujuan agar sinyal kembali refresh.
  • Selesai.

5. Cek Kartu SIM

Cara Mengatasi Kartu Indosat Tidak Ada Layanan
Cek Kartu SIM
Berikutnya yang bisa anda terapkan untuk cara mengatasi kartu Indosat tidak ada layanan adalah dengan mencoba mengecek kartu SIM masih bagus atau sudah rusak.

Karena jika kartu SIM yang digunakan sudah rusak, maka hal ini akan menyebabkan kartu tidak terdeteksi oleh perangkat.

Sehingga anda harus mengunakan atau membeli kartu Indosat yang baru untuk mengganti kartu Indosat yang rusak tersebut.

Namun, apabila anda tidak ingin mengganti nomor Indosat tersebut karena alasan tertentu, maka anda bisa mengganti kartu dengan nomor yang sama di gerai Indosat.

6. Aktifkan dan Matikan Mode Pesawat

Cara Mengatasi Kartu Indosat Tidak Ada Layanan
Aktifkan dan Matikan Mode Pesawat
Anda juga bisa dengan mengaktifkan dan mematikan mode pesawat sebagai solusi atau cara mengatasi kartu Indosat tidak ada layanan.

Silahkan anda mencoba untuk mengaktifkan mode pesawat dalam pengaturan HP anda, lalu anda tunggu beberapa menit, baru anda mematikannya kembali.

Dengan cara ini untuk memastikan siapa tahu ada terjadi gangguan atau error, sehingga pada saat mematikan ulang mode pesawat tersebut akan bisa membuat perangkat HP anda kembali normal sinyalnya.

7. Pergi ke Area yang Terbuka

Cara Mengatasi Kartu Indosat Tidak Ada Layanan
Pergi ke Area yang Terbuka
Apabila anda sedang berada dalam ruangan tertutup, silahkan anda mencoba untuk pindah ke area yang terbuka, karena ini adalah salah satu solusi juga untuk cara mengatasi kartu Indosat tidak ada layanan.

Karena perlu diketahui bahwa jaringan akan lebih sulit dijangkau jika berada dalam ruangan tertutup, lain halnya jika berad di area yang terbuka sinyal akan dapat menangkap sinyal lebih kuat.

Namun, banyak dari kita yang tidak menyadari bahwa ruangan tertutup yang terkadang membuat hilangnya sinyal.

8. Atur Ulang APN Indosat

Cara Mengatasi Kartu Indosat Tidak Ada Layanan
Atur Ulang APN Indosat
Cara lainnya juga yang bisa nad terapkan untuk mengatasi kartu Indosat tidak ada layanan adalah dengan mencoba mengatur ulang APN Indosat.

APN atau Access Point Name ini adalah sebagai penghubung jaringan dengan perangkat mobile, apabila pengaturan APN salah, maka HP akan kehilangan sinyalnya dan mebuat tidak berfungsi.

Inilah langkah-langkah untuk cara mengatasi kartu Indosat tidak ada layanan dengan mengatur ulang APN Indosat yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama silahkan anda ke menu "Pengaturan" di HP anda.
  • Kemudian silahkan anda pilih "Jaringan seluler".
  • Setelah itu silahkan anda langsung mengklik "Kartu SIM Indosat" dan anda pilih "APN".
  • Selanjutnya silahkan anda mengatur ulang APN Name APN INDOSAT 4G dengan cara mengisi nama "Indosat" pada Name APN, dibagian APN akses silahkan anda mengisi dengan "Internet", dan untuk Proxy, Port, Username dan Password tidak perlu anda isi atau kosongkan saja.
  • Apabila anda ingin mengatur APN Indosat ke default, silahkan anda mengisi nama dengan "Isat Wap" dan "Indosatgprs" pada bagian APN Akses, ;lau untuk Proxy dan Port jangan anda isi atau dikosongkan saja, sedangkan untuk Username dan Password silahkan anda isi dengan "Indosat".
  • Selesai.

9. Menghubungi Customer Service Indosat

Cara Mengatasi Kartu Indosat Tidak Ada Layanan
 Menghubungi Customer Service Indosat
Cara terakhir yang dapat kami informasikan untuk cara mengatasi kartu Indosat tidak ada layanan adalah dengan menghubungi Customer Service Indosat ke nomor : (021) 30003000.

Anda bisa meminta penjelasan terkait dengan keluhan tidak ada layanan pada kartu Indosat yang anda gunakan tersebut dengan memberikan informasi menyangkut nomor kartu Indosat, nama lengkap, alamat lengkap dan juga nomor HP yang lain sebagai nomor alternatif.

Akhir Kata

Itu dia yang dapat kami informasikan untuk cara mengatasi kartu Indosat tidak ada layanan yang bisa anda terapkan jika mengalami masalah tersebut.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda yang sedang mengalami masalah tidak ada layanan terhadap kartu Indosat yang anda gunakan.

Jika anda rasa informasi yang kami suguhkan diartikel ini penting, maka anda bisa membantu kami untuk membagikan informasi ini, bila perlu anda juga bisa dengan cara share di media sosial.

Sekian dan terimakasih kami ucapkan sudah setia membaca seluruh penjabaran kami di artikel ini sampai selesai.