Cara Mengatasi Epson L3110 Lampu Berkedip 2024

Daftar Isi
Cara Mengatasi Epson L3110 Lampu Berkedip
Cara Mengatasi Epson L3110 Lampu Berkedip - Printer merupakan bagian dari PC yang fungsinya tidak bisa di pisahkan lagi, karena printer tersebut berguna untuk mencetak dokumen apapun yang sudah tersimpan di dalam PC.

Mengingat fungsinya yang sangat penting, sudah tidak di herankan lagi apabila banyak produk dan merek printer baru yang bermunculan, salah satunya merek printer yang lumayan di perhitungkan adalah merek printer Epson.

Printern Epson termasuk ke dalam salah satu merek ternama dalam industri printer, bahkan sudah sangat banyak sekali di kenal oleh masyarakat karena kualitas yang dimilikinya.

Hal tersebut sudah bisa di buktikan dikarenakan Epson sudah ada sejak dulu, dan sampai dengan saat ini masih sangat di percaya oleh masyarakat sebagai mesin pencetak dokumen yang paling rekomendasi.

Printer epson L3110 merupakan printer yang multifungsi, karena anda bisa menggunakannya untuk berbagai macam aktivitas dalam satu printer.

Misalnya seperti mencetak, scanning, sampai dengan menyalin, ketiga fungsi tersebut bisa di lakukan secara maksimal sehingga bisa memberikan hasil yang terbaik dan juga sangat memuaskan.

Selain itu, printer epson L3110 mempunyai kemampuan dalam resolusi cetak 5.760 x 1.440 dpi, sementara kemampuan dalam mencetakknya mencapai 10 kertas permenitnya untuk keperluan dokumen hitam putih.

Sementara itu, untuk kemampuannya dalam mencetak dokumen yang berwarna hanya membutuhkan waktu sekitar 5 kertas permenitnya.

Ciri yang paling utama yang dimiliki oleh printer ini adalah sistem pencetakkannya yang bebas catridge, sehingga pengisian ulang tintanya sangatlah mudah untuk di lakukan.

Cara melakukan pengisiannya yaitu dengan memasukkan tinta ke dalam botol besar yang ada pada printer, dan isikanlah sesuai dengan kode warnanya, jadi anda sudah tidak perlu kerepotan lagi pada saat akan mengisi ulang tinta printer.

Pada perangkat printer Epso L3110 ini juga sudah terdapat 4 botol tinta printer yang bisa digunakan, diantaranya botol tinta berwarna kuning, magenta, hitam dan juga cyan.

Dari keempat botol tersebut harus diisikan tinta dengan baik dan benar, agar tidak terjadi kesalahan dalam pencampuran yang bisa menyebabkan printer anda menjadi rusak.

Kelebihan yang lainnya dari printer Epson L3110 ini adalah sudah menawarkan pilihan ukuran kertas yang sangat ebrvariasi dan lumayan banyak sebagai media untuk mencetak.

Dengan begitu, anda sudah tidak perlu lagi mengukur ukuran kertas secara manual karena pada printer sudah disediakan berbagai macam ukuran kertas.

Pada kesempatan kali ini, kami sudah menyediakan informasi untuk anda yang mungkin sedang mengalami masalah Printer Epson L3110 yang lampunya berkedip.

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda bisa langsung saja simak ulasan mengenai Cara Mengatasi Epson L3110 Lampu Berkedip yang memang sudah kami sediakan di bawah ini sampai selesai yaa gess yaa!!!

Penyebab Lampu Printer Epson L3110 Error

Cara Mengatasi Epson L3110 Lampu Berkedip
Penyebab Lampu Printer Epson L3110 Error
Sebelum anda masuk ke dalam Cara Mengatasi Epson L3110 Lampu Berkedip anda harus mengetahui apa penyebab dari masalah tersebut.

Setiap produk printer harus di rawat dengan baik dan benar, termasuk juga printer Epron L3110 yang membutuhkan perawatan secara berkala.

Perawatan tersebut bisa di lakukan dengan cara membersihkan pada bagian body printer, dan juga membersihkan bagian yang ada di dalam printer menggunakan lap kain halus.

Bukan hanya itu saja, anda juga harus melakukan perawatan apabila sudah mencapau batas maksimum jumlah kertas yang dikeluarkan, yang dicirikan oleh lampu printer berkedip.

Khusus untuk perawatan karena lampu berkedip, biasanya anda membutuhkan software khusus untuk bisa memastikan printer Epson L3110 bisa kemabli beroperasi kembali dengan baik dan lancar, nama dari software tersebut adalah Resetter Epson L3110.

Indikasi lampu yang berkedip hanya bisa mencapai batas makimal apabila jumlah kertas yang di keluarkan oleh printer.

Akan tetapi, terkadang hal tersebut juga bisa di sebabkan oleh masalah error Blinking atau (lampu berkedip) yang mengharuskan anda untuk melakuakn restrat printer.

Faktor yang lainnya menyebabkan lampu indikator berkedip biasanya di akibatkan karena adanya benda yang tertinggal di dalam printer.

Hal yang satu ini biasanya terjadi akibat kertas yang terselip pada printer yang membuatnya mengalami macet, sehingga pada saat kertas di tarik membuat kertasnya sobek.

Alasan inilah yang mungkin saja menyebabkan perangkat printer anda menjadi error dan pada akhirnya mengeluarkan indikator pada kertas yang menyala.

Namun anda jangan khawatir, karena anda bisa menggunakan atau mencoba solusi yang sudah kami sediakan di bawah ini.

Cara Mengatasi Epson L3110 Lampu Berkedip

Cara Mengatasi Epson L3110 Lampu Berkedip
Cara Mengatasi Epson L3110 Lampu Berkedip Terbaru 2024
Printer Epson L3110 memang sangat terkenal dengan kualitasnya yang sangat bagus, sehingga sudah tidak di herankan lagi apabila printer dengan jenis ini sangat laris di pasaran indonesia.

Walaupun demikian, namun tidak jarang juga printer ini mengalami erro seperti lampu power dan juga kertas kerkedip, karena itulah dibutuhkan sebuah cara untuk bisa mengatasi masalah ini.

Tidak berhenti sampai disitu saja, terdapat juga beberapa masalah lainnya yang sering kali terjadi pada prineter Epson L3110 ini, diantaranya hasil cetak warna tidak sempurna dan juga tidak bisa menarik kertas dengan baik.

Tentu saja permasalah seperti ini akan membuat kinerja anda terhambat, biasanya masalah tersebut akan muncul di karenakan pengguna printer yang kurang tepat atau tidak sesuai dengan petunjuk.

Apabila anda mengalami masalah atau kendala, sebaiknya anda jangan terburu-buru membawanya ke tempat servis, anda bisa coba memperbaikinya dengan mengikuti cara di bawah ini.

Jika anda ingin memperbaiki masalah printer Epson L3110 akibat lampu yang terus saja menyala atau berkedip, maka anda harus melakukan reset printer Epson L3110.

Sebenarnya, terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah lampu berkedip ini yang bisa langsung anda terapkan.

Silahkan anda bisa langsung saja simak tips atau langkah-langkah mengenai Cara Mengatasi Epson L3110 Lampu Berkedip yang bisa langsung anda praktekkan, yaitu sebagai berikut:

1. Menggunakan Metode Power Cycling

Cara yang satu ini merupakan metode soft reset apabila sedang ada error pada perangkat printer, cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi printer Epson L3110 lampu berkedip ini adalah dengan menggunakan metode Power Cycling.

Silahkan anda bisa langsung saja simak langkah-langkah mengenai Cara Mengatasi Epson L3110 Lampu Berkedip dengan menerapkan metode Power Cycling yang bisa langsung anda lakukan, yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah melepaskan kabel dari printer.
  • Setelah itu, pada saat berada dalam kondisi mati anda bisa tekan lalu tahan pada tombol Power sekitar 30 detik.
  • Silahkan anda bisa langsung saja colokkan kabel power kembali dan hidupkan printernya lagi.
  • Berikutnya anda bisa mengetesnya dengan mencetak sebuah dokumen, pastikanlah apakah masalahnya masih ada atau sudah selesai.
  • Selesai dech!!!

2. Membersihkan Bantalan pada Tinta Printer

Apabila masalahnya masih saja berlangsung, anda bisa coba membersihkan bantalan tinta printer karena salah satu penyebab indikator lampu kertas terus saja berkedip adalah bisa saja bantalan tinta printer terlalu penuh.

Hal tersebut juga bisa mengakibatkan proses pendistribusian dan juga pembuangan pada tinta yang tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Karena, bantalan pembuangan yang ada pada tinta printer seiring dengan berjalannya waktu bisa penuh, bahkan bisa juga berpengaruh pada proses pencetakkan sekaligus mempengaruhi kualitas dari hasil cetakkan printer.

3. Reset Printer Epson L3110 Secara Manual

Bila semua cara yang sudah kami berikan di atas masih saja belum bisa menyelesaikan masalah indokator lampu yang terus saja berkedip pada printer, maka anda bisa menocb reset printer Epson L3110 secara manual.

Cara untuk mengatasi lampu berkedip para printer Epson L3110 ini bisa anda lakukan apabila error yang ada pada printer di karenakan ink level atau tinta yang sudah habis,

Yang di berikan tanda lampu indikator pada tinta akan menyala dan diam, sedangkan printer tidak bisa digunakan untuk mencetak dokumen.

Untuk anda yang belum mengetahui caranya bisa langsung simak langkah-langkah mengenai Cara Mengatasi Epson L3110 Lampu Berkedip dengan reset printer Epson L3110 secara manual, yaitu sebagai beikut:
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah melepaskan lalu mencabut kabel daya selama 3 sampai dengan 5 menit.
  • Setelah itu, anda bisa pasangkan kembali kabel daya sehingga printer bisa di nyalakan.
  • Bila printernya sudah berhasil menyala, kini anda bisa tekan dan tahan tombol resume kurang lebih selama 5 detik, lalu lepaskanlah.
  • Lakukanlah tahap tersebut sekali lagi pada tombol resume dengan menekan dan menahan kurang lebih 3 detik saja, kemudian lepaskan lagi.
  • Berikutnya, anda tinggal tunggu sampai dengan printer selesai melakukan reset.
  • Jika prosesnya berhasil, maka lampu yang ada pada printer akan berhenti bekedip dan kembali berwarna hijau.
  • Untuk memastikannya anda bisa mencoba print dokumen apa saja pada printer Epson L3110.
  • Selesai dech!!!

4. Menekan Tombol Color Copy dan B&W Copy

Penyebab indokator lampu pada kertas bekedip, biasanya di sebabkan karena adanya masalah pada kertas anda bisa melakukan pengecekkan kembali apakah kertas tersangkut pada printer atau tidak.

Apabila anda sudah memastikan kertas di letakkan dengan posisi yang tepat, kemudian tidak ada lagi benda atau kertas apapun yang tersangkut anda bisa langsung Color Copy dan B&W Copy untuk proses mencetak.

5. Reset Printer dengan Menggunakan Restter Epson L3110

Bagaimana apabila masih saja error? Cara yang berikutnya bisa anda lakukan adalah dengan mereset printer dengan menggunakan Resetter Epson L3110.

Silahkan anda bisa langsung saja simak langkah-langkah mengenai Cara Mengatasi Epson L3110 Lampu Berkedip dengan mereset printer dengan menggunakan Resetter Epson L3110, yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah Download terlebih dahulu software khusus printer yang bisa anda cari di Google dengan mengetikkan Resetter Epson L3110 atau dengan langsung klik link berikut ini (Download Resetter Epson L3110 untuk Printer).
  • Untuk mengantisipasi gagal melakukan download pada situs yang sudah menyediakan file donwload Resetter Epson L3110, lebih baik anda melakukan disable terlebih dahulu pada antivirus yang sudah terpadang pada laptop ataupun PC anda.
  • Bila sudah, anda akan di tampilkan pada jendela Epson Ajustment Program, lalu kliklah Particular adjusment mode.
  • Nantinya, pada halaman yang berikutnya anda tinggal klik waste ink pad counter dan klik OK.
  • Masukkan ke dalam halaman selanjutnya, dan langsung klik check box main pad counter, lalu klik cetak.
  • Setelah itu, anda akan ditampilkan kotak pertanyaan yang berisikan restart printer, silahkan anda klik Initialization lalu klik finish.
  • Bila anda sudah menekan finish, printer akan langsung melakukan pengosongan pada waste ink dengan menggunakan aplikasi Resetter, nantinya akan muncul pemberitahuan untuk mematikan printer.
  • Anda bisa matikan printer sesuai dengan yang sudah di arahkan, lalu anda nyalakan kembali printernya maka printer akan kembali normal.
  • Selesai dech!!!
Cara untuk reset printer Epson L3110 lampu berkedip yang sudah kami sediakan di atas bisa juga digunakan atau di terapkan pada seri epson yang lainnya, baik itu L365, L110. L120, L300, L220, L210 dan yang lainnya, hanya saja yang menjadikan pembedanya adalah anda harus menyesuaikan program resetter nya.

Akhir Kata

Itulah dia segala macam pembahasan mengenai cara mengatasi epson l3110 lampu berkedip yang bisa kami berikan untuk anda terapkan dengan sangat amat mudah loh guys.

Dengan adanya beberapa metode di atas kami harap anda sudah tidak kebingungan lagi apabila mengalami masalah yang serupa.

Jika anda merasa bahwasanya uraian yang sudah kami berikan di atas penting, jangan lupa bantu bagikan ke teman ataupun kerabat anda yang belum mengetahuinya.

Terimakasih karena sudah simak ulasan ini sampai selesai dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel kami yang lainnya, sekian dan semoga bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba yaa gess yaa.