Cara Mengatasi Bug MIUI 2024

Daftar Isi
Cara Mengatasi Bug MIUI
Cara Mengatasi Bug MIUI - Xiaomi merupakan salah satu merek smartphone yang sudah sangat populer pada saat ini, hal tersebut tentunya tidak terlepas dari kualitas yang sudah di tawarkan pada setiap tipe smartphone Xiaomi.

Walaupun berkualitas, namuan bukan berarti smartphone Xiaomi tidak mempunyai masalah, yang dimana hal ini bisa di buktikan dengan banyak sekali keluhan yang diberikan pada smartphone yang satu ini, dimana sering kali mengalami bug.

Sebagai produk yang di cipatkan, pastinya suatu saat akan mengalami yang namanya masalah baik itu pada kinjerja software ataupun masalah lainnya yang muncul.

Pada saat sedang terjadi bug dan anda mengirimkan lapran bug kepada developer, namun laporan tersebut tidak mau hilang, atau dengan kata lain laporan tersebut sering kali munucl.

Tentunya hal tersebut akan sangat mengganggu aktivitas smartphone anda, pastinya anda akan melakukan berbagai macam cara untuk bisa menghilangkannya.

Seperti yang sudah anda ketahui, bahwasanya Xiaomi selalu saja menciptakan smartphone dengan kualitas yang sangat mempuni, baik itu dari segi software ataupun hardware.

Bila dilihat dari sisi hardware, Xiaomi secara terus-menerus menghadrikan produk handphone dengan bahan yang sangat berkualitas yang membuat setiap tipe handphone xiaomi pastinya akan terlihat jauh lebih elegan dan juga canggih.

Sedangkan dari sisi software, xiaomi lebih mengembangkan sistem MIUI, nah pada sistem inilah yang sering sekali mengalami bug.

Karena adanya bug biasanya akan sangat berpengaruh terhadapa perangkat handphone anda, biasanya beberapa aplikasi yang ada di dalamnya akan mengalami masalah seperti tiba-tiba terhenti.

Yang dimana, hal tersebut tentunya tidak anda inginkan, bila bericara mengenai bug ini sendiri, kami akan memberikan anda informasi tentang cara menghilangkan laporan bug pada perangkat handphone Xiaomi anda.

Jadi, bagi anda para pengguna handphone Xiaomi yang belum mengetahui bagaimana cara menghilangkannya maka saat inilah yang paling tepat untuk anda mengetahuinya.

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda bisa langsung saja simak ulasan mengenai Cara Mengatasi Bug MIUI yang memang sudah kami sediakan di bawah ini untuk anda sampai selesai yaa gess yaa!!!

Penyebab Bug pada Handphone Xiaomi

Cara Mengatasi Bug MIUI
Penyebab Bug pada Handphone Xiaomi
Sebelum anda masuk ke dalam Cara Mengatasi Bug MIUI, anda harus mengetahui apa saja penyebab terjadinya bug pada handphone xiaomi anda.

Hal tersebut sangat dibutuhkan supaya bisa lebih memudahkan anda dalam mengatasi buh yang terjadi pada perangkat handphone Xiaomi anda.

Terdapat beberapa penyebab yang bisa menimbulkan adanya bug pada perangkat handphone Xiaomi anda, penyebab yang paling sering terjadi adalah Update MIUI terbaru.

Yang dimana, apabila handphone Xiaomo masih belum melakukan update MIUI bisanya akan langsung mengalami bug seperti handphone yang restart sendiri, munculnya laporan bug, aplikasi yang berhenti dan yang lain sebagainya.

Penyebab yang lainnya adalah dikarenakan banyaknya cache atau file sampah yang menumpuk, bukan hanya itu saja bug yang ada pada handphone Xiaomi juga bisa disebabkan oleh virus dan juga malware.

Cara Mengatasi Bug MIUI Terbaru

Cara Mengatasi Bug MIUI
Cara Mengatasi Bug MIUI Terbaru
Xiaomi di kenal dengan merek smartphone dengan kualitas yang sangat tinggi, walaupun berkualitas tinggi namun harga smartphone xiaomi bisa di bilang sangat terjangkau.

Jadi, sangat wajar sekali apabila merek smartphone Xiaomi ini banyak sekali diminati, dibalik kualitasnya yang sangat baik handphone Xiaomi juga memiliki kekurangan yaitu sering terjadi error atau bug.

Namun, anda tidak perlu khawatir akan tersebut, karena pada dasarnya ada cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi bug pada Xiaomi ini.

Cara untuk menghilangkan laporan bug pada handphone dengan besutan Xiaomi ini sebenarnya sangat mudah dan juga simpel untuk di lakukan.

Yang dimana, caranya sendiri juga berlaku untuk semua tipe smartphone Xiaomi, terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan bug.

Sebelum anda lanjut ke dalam pembahasan utama, pastikan anda sudah melakukan backup data handphone, karena ada beberapa cara yang akan mengembalikan pengaturan handphone anda kembali ke pengaturan pabrik atau awal.

Silahkan anda bisa langsung saja simak beberapa tips atau langkah-langkah mengenai Cara Mengatasi Bug MIUI yang bisa langsung anda terapkan dengan sangat mudah, yaitu sebagai berikut:

Langkah 1: Reboot Handphone Xiaomi

Untuk cara yang pertama ini anda bisa mencobanya untuk melakukan reboot handphone Xiaomi yang anda miliki, karena cara yang satu ini luamayan ampuh untu di lakuakan.

Dimana proses reboot akan mengistirahatkan sementara mesin handphone, adanya bug juga bisa muncul karena kinerja pada mesin handphone yang berlebihan.

Oleh karena itu amda bisa melakukan reboot, caranya juga sangatlah mudah anda hanya tinggal menekan dan tahan tombol power sampai muncul icon Xiaomi.

Langkah 2: Update MIUI

Cara yang kedua untuk mengatasi masalah bug adalah dengan melakukan update MIUI, cara update MIUI ini juga bisa dibilang sangatlah mudah karena anda bisa melakukannya melalui menu Pengaturan.

Namun, anda juga harus memastikan bahwa handphone Xiaomi anda sudah mendukung platform OS MIUI yang terbaru, apabila handphone Xiaomi anda sudah mendukung OS MIUI maka anda bisa langsung melakukan update.

Bagi anda yang belum mengetahui caranya bisa langsung simak langkah-langkah mengenai Cara Mengatasi Bug MIUI dengan update MIUI yang bisa langsung anda terapkan, yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka menu Pengaturan yang sudah ada di dalam perangkat handpone Xiaomi anda.
  • Lalu, anda juga bisa langsung saja klik pada bagian MIUI yang ada di dalam menu Tentang telepon.
  • Bila anda sudah berhasil masuk ke dalam halaman MIUI, silahkan bisa langsung saja klik opsi Periksa pembaruan.
  • Kemudian, anda tinggal klik Pembaruan Sistem untuk melakukan update.
  • Setelah itu, silahkan anda tunggu beberapa saat sampai dengan proses update selesai di lakukan.
  • Apabila sudah selesai, maka handphone Xiaomi anda akan langsung melakukan restart, tunggulah beberapa saat sampai dengan handphone Xiaomi anda menyala.
  • Selesai dech!!!

Langkah 3: Downgrade MIUI

Untuk cara yang berkutnya anda bisa melkukan downgrade sistem MIUI, Downgrade ini sendiri bisa anda lakukan untuk menurunkan versi MIUI.

Hal tersebut biasanya dilakukan setelah anda melakukan update atau upgrade versi MIUI terbaru, namun handphone Xiaomi anda ternyata masih saja sering mengalami Bug.

Silahkan anda bisa langsung saja simak langkah-langkah mengenai Cara Mengatasi Bug MIUI dengan melakukan Downgrade MIUI yang bisa langsung anda terapkan, yaitu sebagai berikut:
  • Tahap pertama yang harus anda lakukan adalah download dan install ROM Recovery MIUI melalui link yang sudah kami sediakan berikut ini (Download ROM Recovery MIUI).
  • Lalu, anda bisa langsung saja memastikan baterai handphone Xiaomi anda ada dalam keadaan yang terisi minimal 80%.
  • Jangan lupa juga untuk melakukan Backup ROM Xiaomi terlebih dahulu.
  • Setelah ROM Recovery berhasil terpasang pada perangkat handphone Xiaomi anda, silahkan lanjutkan dengan membuka menu Setelan.
  • Kemudian, anda lanjutkan dengan memilih menuTentang Telepon.
  • Berikutnya, anda bisa memilih menu Pembaruan sistem.
  • Selanjutnya, silahkan anda klik opsi Titik Tiga yang sudah ada di pojok kanan atas.
  • Dilanjutkan dengan anda memilih Paket Pembaruan.
  • Apabila menu Pilih Paket Pembaruan tidak muncul, silahkan anda klik gambar MIUI sebanyak 10 kali sampai dengan muncul pop up, lalu tinggal Tambahkan fitur pembaruan hidup.
  • Bila anda sudah selesai, nantinya akan langsung di arahkan ke File Manager, silahkan anda cari ROM MIUI yang sudah anda download sebelumnya, lalu klik OK.
  • Silahkan anda bisa tunggu beberapa saat sampai dengan proses mendapatkan info selesai di lakukan.
  • Jika sudah selesai, nanti akan langsung muncul keterangan, silahkan anda centang pada bagian hapus Data lalu kliklah Berikutnya.
  • Tahap selanjutnya, anda bisa langsung klik Mulai Ulang dan Pembaruan.
  • Kemudian, secara otomatis device akan langsung merestart dan memulai Flash ROM Recovery.
  • Tunggulah beberapa saat sampai dengan prosesnya selesai di lakukan, biasanya akan membutuhkan waktu sekitar 15 menit tergantung tipe device yang digunakan.
  • Tahap yang terakhie, anda bisa langsung masuk ke dalam Homescreen maka downgrade sudah berhasil di lakukan.
  • Selesai dech!!!

Langkah 4: Hapus Data dan Cache Penyimpanan

Cara yang berikutnya untuk mengatasi bug yaitu dengan menghapus data dan juga file sampah yang ada di ruang penyimpanan, banyaknya data yang tidak berguna dan file cache akan membuat kinerja dari handphone anda menjadi lemot.

Untuk menghapus data dan juga cache handphone caranya sangatlah mudah, apalgi Xiaomi sudah mneyematkan aplikasi keamanan untuk bisa memudahkan anda dalam menghapus cache.

Dengan menggunakan aplikasi keamanan, maka anda bisa menghapus data dan juga cache yang ada dalam perangkat handphone xiaomi hanya dengan mengklik 1 kali saja.

Silahkan anda bisa langsung saja simak langkah-langkah mengenai Cara Mengatasi Bug MIUI dengan menghapus data dan juga cache penyimpanan yang sudah tidak berguna, yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah membuka aplikasi Keamanan yang sudah ada di dalam perangkat handphone anda.
  • Lalu, anda bisa langsung memilih menu Pembersih.
  • Nantinya, aplikasi akan langsung menganalisasi data dan juga cache yang tersimpan di dalam penyimpanan handphone.
  • Apabila analisa sudah selesai dilakukan, anda tinggal klik Bersihkan.
  • Selesai dech!!!
Nah, apabila anda tidak menemukan aplikasi Keamanan pada menu Home atau mungkin aplikasi keamanan tidak tersebut, anda bisa mengikuti cara ini dengan membuka Pengaturan > Tentang Telepon > Penyimpanan > Bebaskan Ruang.

Langkah 5: Factory Reset Handphone Xiaomi

Sedangkan untuk cara yang satu ini anda bisa melakukan reset handphone xiaomi anda, dimana cara yang satu ini menjadi cara yang paling ampuh untuk di lakukan.

Karena pada dasarnya cara ini akan mengembalikan handphone anda ke dalam pengaturan pabrik, dengan kata lain akan kembali seperti baru.

Cara ini memang menjadi cara yang paling ampuh untuk bisa menghilangkan semua masalah yang muncul pada handphone xiaomi anda baik itu error, bug dan yang lain sebagainya.

Dimana proses reset akan mengembalikan kinerja dari handphone anda seperti baru, sehingga akan lebih cepat dan juga stabil, dengan begitu bug yang ada pada handphone xiaomi anda akan hilang.

Jadi. cara ini bisa anda jadikan sebagai opsi tambahan untuk mengatasi bug yang ada pada handphone Xiaomi anda yaa gess yaa.

Bagi anda yang belum mengetahui cara melakukan reset bisa langsung simak langkah-langkah mengenai Cara Mengatasi Bug MIUI dengan reset handphone xiaomi yang bisa langsung anda terapkan, yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah masuk ke dalam menu Setelan.
  • Lalu, anda bisa langsung saja memilih menu Tentang Telepon.
  • Kemudian, anda bisa lanjutkan dengan mengklik opsi Hapus Seluruh Data.
  • Jangan lupa untuk memasukkan konfirmasi sandi anda, apabila handphone anda menggunakan sandi, pin ataupun pola.
  • Yang terkahir anda tinggal klik Langkah Selanjutnya untuk melakukan factory reset.
  • Selesai dech!!!

Akhir Kata

Itulah dia semua pembahasan mengenai cara mengatasi bug miui yang bisa kami berikan untuk anda terapkan dengan sangat amat mudah loh guys.

Silahkan anda bisa langsung mencoba satu-persatu dari beberapa tips yang sudah kami berkan di atas untuk mengatasi masalah bug pada handphone xiaomi ini.

Jika anda rasa penjabaran yang sudah kami berikan di atas penting, jangan lupa untuk bantu bagikan ke teman ataupun kerabat anda yang belum mengetahuinya.

Mungkin sudah cukup sampai disini saja segala macam uraian yang bisa kami berikan pada artikel kali ini untuk anda, sekian dan semoga bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba yaa gess yaa.