Cara Memakai Dasi Segitiga yang Benar

Daftar Isi
Cara Memakai Dasi Segitiga yang Benar
Cara Memakai Dasi Segitiga yang Benar
- Dimulai dari bangku sekolah, ada beberapa sekolah menyiapkan aksesoris tambahan untuk membuat seragam sekolah terlihat lebih rapi salah satu aksesorisnya yang biasanya masuk dalam rangkaian seragam yaitu dasi.

Namun cukup disayangkan, hal seperti ini masih banyak orang yang belum tentang cara menggunakan dasi yang benar sehingga hasilnya pun tidak begitu rapi atau lebih parahnya lagi tidak digunakan sama sekali.

Tidak hanya siswa atau siswi yang duduk dibangku sekolah saj, namun orang dewasa masih banyak yang belum paham cara menggunakan dasi segitiga tersebut.

Untuk itulah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa cara memakai dasi segitiga yang benar dan baik dibawah ini.

Cara Memakai Dasi Segitiga yang Benar

Cara Memakai Dasi Segitiga yang Benar
Cara Memakai Dasi Segitiga yang Benar
Memang sekilas cara memakai dasi terlihat lebih mudah, akan tetapi buat sebagian orang termasuk anda yang belum terbiasa pasti akan mengalami kesulitan ketika mempraktikkannya.

Pria ataupun wanita, sebetulnya harus mempelajari cara menggunakan dasi yang besar karena jika anda mengetahui cara menggunakan dasi maka anda dapat membantu suami atupun anak anda pada saat yang dibutuhkan.

Yuk, pelajari cara memakai dasi segitiga yang benar melalui penjelasan yang akan kami sampaikan dibawah ini:

1. Bentuk Bow Tie ( Dasi Kupu-Kupu)

Penampilan adalah hal yang cukup penting dan sangat diperhatikan oleh hampir setiap orang, terlebih lagi banyak orang yang lebih memilih menggunakan dasi untuk menunjang penampilannya supaya terkesan berwibawa dan keren.

Cara menggunakan dasi bentuk bow tie atau dasi kupu-kupu ini hampir sama dengan cara memakai dasi segitiga yang benar yang perlu anda kenali.

Langsung saja simak langkah-langkah cara menggunakan dasi bentuk bow tie, yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama sejajarkan kedua ujung dasi secara merata.
  • Nanti silangkan satu sisi ke sisi lainnya.
  • Lalu bawa satu ujung ke bagian bawah yang lainnya, melewati kancing kerah baju.
  • Tinggal pegang bagian ujung secara berlawanan arah sehingga bisa menentukan bagian titik tengah busur atau bagian titik tengah target, misalnya dasi kupu-kupu lurus.
  • Kemudian jatuhkan ujung pertama ke bawah di depan, sehingga anda mempunyai kupu-kupu tegak lurus pada titik ini.
  • Silahkan bawa ujung pertama di bawah yang kedua, lalu selipkan ke dalam lingkaran yang sudah terbentuk barusan di belakang yang kedua.
Jika anda mengetahui cara menggunakan dasi yang benar, sehingga menghindari anda dari berbagai masalah di pagi hari berupa leher tercekik, kegerahan atau kepanasan.

2. Model Oriental Knot (Dasi Segitiga)

Cara memakai dasi segitiga yang benar yaitu dengan mencoba bentuk oriental knot atau segitiga sederhana.

Biasanya cara satu ini terbilang sangatlah cocok digunakan, apa lagi pada kerah kemeja yang sempit dan itu berguna untuk menghindari celah besar antara simpul serta kerah kemeja.

Apa lagi bentuk seperti ini sangatlah cocok untuk menghindari acara santai, akan tetapi masih bisa memberikan kesan elegen dan rapi.

Inilah langkah-langkah menggunakan dasi segitiga sederhana, diantaranya:
  • Pertama-tama lingkarkan dasi di sekirah kerah antara jahitan menghadap ke dalam dan ujung tebal disebelah kiri, 2 atau 3 inci lebih rendah daripada posisi akhir yang diinginkan.
  • Tinggal bawa bagian ujung yang tebal secara horizontal melewati bagian paling depan dari ujung yang sempit, kemudian melintasi lagi secara horizontal pada bagian paling belakang ujung yang sempit.
  • Ulangi lagi melewati ujung yang tebal melewati bagian paling depan simpul dari kiri ke kanan.
  • Saatnya melewati ujung yang tebal lagi di belakang simpul secara horizontal dari kanan ke kiri.
  • Selanjutnya lewati ujung yang tebal melintasi bagian paling depan simpul dari kiri menuju ke kanan, lalu selipkan jari pada bagian bawah lingkaran horizontal ketiga tersebut.
  • Nanti bawa ujung yang tebal ke bagian bawah lingkaran sekitar area kerah, lalu masukkan ke bagian belakang simpul turun didepan simpul dan melewati lingkaran horizontal ketiga tersebut.
Pastikan sesuaikan dasi dengan memegang simpul menggunakan satu tangan secara perlahan-lahan menarik ujung yang sempit dengan tangan lainnya.

3. Bentuk Four in Hand Knot

Cara memakai dasi segitiga yang benar umumnya di praktikkan untuk anak sekolah seperti simpul the four in hand knot yang dimana akan membuat menjadi sempit dan lebih sedikit asimetris.

Hal seperti ini sangatlah cocok untuk kemeja kancing standar, walaupun simpul dasi ini bisa dikenakan oleh siapapun itu yang mana akan terlihat lebih baik pada orang dengan leher lebih pendek.

Karena bentuk dari simpul yang tidak begitu sempit dan memanjang sehingga bisa membuat meregangkan ketinggian leher yang terbilang cukup dirasakan sedikit.

Inilah langkah-langkah cara menggunakan dasi segitiga bentuk the four in hand knot, diantaranya:
  • Lingkarkan dasi pada area kerah, lalu ujung yang tebal pada samping kiri 3-4 inci lebih rendah ketimbang ujung yang tipis.
  • Lalu ujung yang tebal di depan ujung yang tipis.
  • Kemudian bungkus ujung yang tebal di belakang dengan menggunakan ujung yang tipis tadi, nanti silangkan secara horizontal dari kanan ke kiri.
  • Selanjutnya bawa ujung tebal secar horizontal melintasi bagian depan simpul dari arah kanan ke kiri. Kemudian selipkan jari di bawah pita horizontal tersebut.
  • Nanti anda putar ujung yang tebal ke tas dan ke dalam, setelah itu geser ke bawah lingkaran di sekitaran leher.
  • Tinggal masukkan ujung yang tebal ke bawah lewat lingkaran yang dibuka dengan jari.
  • Terakhir, anda tarik ujung yang tebal melewati loop dan kencangkan simpulnya dengan erat.
Silahkan anda kencangkan simpul secara perlahan-lahan menggunakan satu tangan dan tarik ujung yang tipis dengan tangan lainnya.

4. Bentuk Half Windsor Knot

Half Windsor Knot ini adalah simpul dasi simetris dan segitiga yang mana bisa dengan mudah dipergunakan pada kemeja apapun itu.

Walaupun begitu, bentuk ini cukup cocok dengan dasi tidak lebar yang terbuat dari kain katun.

Inilah langkah-langkah cara memakai dasi segitiga yang benar bentuk half Widsor Knot, diantaranya:
  • Silahkan lingkarkan dasi di area sekitar kerah dengan ujung yang tebal di kanan menggantung ke bawah dan ujung tipis di kiri area tulang rusuk.
  • Lalu silangkan ujung lebar di depan ujung tipis dari kanan ke kiri, silahkan buat bentuk X di bawah dagu.
  • Kemudian lingkarkan ujung lebar dasi secara horizontal pada area dan di belakang ujung yang tipis
  • Ambil ujung lebar dari atas tadi, melewati bukaan X dan tarik sekencangnya.
  • Pegang ujung lebar menggunakan tangan kanan, lalu bungkus didepan pada atas ujung tipis dari kanan menuju ke kiri.
  • Namun pastikan supaya segitiga masih utuh dan tidak kemana-mana dengan cara menggunakan tangan kiri, silahkan bawa ujung lebar ke area sekitaran dada dan dari belakang lingkaran melewati atas X.
  • Dengan jari telujuk tangan kiri, silahkan buka segitiga yang saat ini sudah terbentuk di atas X dan tarik ujung yang lebar sepenuhnya.
Jika ingin menyesuaikan panjangnya, silahkan tarik simpul ke bagian atas pada area sekitaran kerah sambil menarik ujung tipis dasi ke bagian bawah.

Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara memakai dasi segitiga yang benar untuk anda praktikkan ke suami atau anaknya.

Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan, silahkan pilih salah satu yang menurutnya mudah untuk dipraktekkan ke anak ataupun ke suaminya supaya terlihat lebih rapi.

Hal seperti perlu sekali kita tahu, untuk orang yang ingin menghemat waktu dalam menggunakan dasi setiap harinya. Sekian dan selamat mencoba.