Cara Kirim Paket JNT 2024

Daftar Isi
Cara Kirim Paket JNT
Cara Kirim Paket JNT
- Sekarang ini aktivitas jual beli online makin populer dalam beberapa tahun belakang ini, mungkin anda sudah sering melakukan belanja online atau pernah berjualan secara online sehingga mengharuskannya mengirim paket.

Lantas, bagaimana cara melakukan pengiriman paket lewat JNT? Mudah banget kok, anda tinggal mempersiapkan paket yang akan dikirimkan, lalu anda lengkapi dengan alamat yang benar.

Bukan hanya akamat yang perlu anda pastikan, namun anda harus memastikan packingan paket yang aman selama di perjalanan.

Saat ini ada banyak ekspedisi yang menawarkan berbagai macam keuntungan dari mengirim paket lewat jasa ekspedisinya, akan tetapi supaya lebih jelas cara kirim paket JNT silahkan anda simak ulasannya di bawah ini.

Tips Kirim Paket JNT

Cara Kirim Paket JNT
Tips Kirim Paket JNT
Pada umumnya, cara melakukan pengiriman paket lewat ekspedisi apapun sama saja namun yang membedakannya di terapkan di jenis-jenis barang special seperti cairan, surat-surat berharga, barang pecah belah ataupun elektronik.

Kalau hanya berupa barang biasa, sehingga proses pengiriman dapat mengikuti aturan strandar ekspedisi dan untuk lebih jelasnya simak tips-tips cara kirim paket JNT sebagai berikut:

1. Cek Ongkir

Hal pertama yang perlu dilakukan pada saat pengiriman paket yaitu cek ongkir terlebih dahulu, sehingga anda sudah tahu berapa ongkir paketnya.

Eits, tidak perlu risau karena pihak JNT memberikan harga yang lumayan terjangkau ke semua wilayah dan langsung simak langkah-langkah cara cek ongkir sebagai berikut:
  • Pertama-tama buka halaman cekresi.com atau melalui link berikut ini (cekresi.com/ongkir).
  • Jika sudah, tinggal masukkan kota asal dan kota tujuan (Nama Kecamatan Daerah tersebut).
  • Lalu anda pilih ekspedisi JNT Express.
  • Tinggal klik Cek Tarif Ongkir.
  • Silahkan tunggu beberapa saat sampai nominal harga muncul.

2. Packing Paket

Selanjutnya cara kirim paket JNT yaitu packing paket, karena anda harus mengemas barang yang akan dikirim dengan benar dan sesuai standar dari jasa ekspedisi.

Contohnya saja, packingan barang-barang yang mudah cepat rusak harus dilengkapi menggunakan bubble warap serapat-rapatnya.

Sedangkan untuk packing barang elektronik, sangat disarankan memakai kemasan kardus atau kayu lengkap dengan bubble wrap juga.

3. Siapkan Alamat Penerima dengan Jelas dan Detail

Pastikan bahwa format penulisan alamat penerima harus memuat tiga hal yakni nama lengkap disesuaikan sama kartu Identitas, alamat lengkap dimulai dari nama jalan sampai nomor rumah dan tambahkan nomor telepon penerima.

Apa lagi sekarang ini, cara kirim paket JNT makin dimudahkan pasalnya ada layanan pick up jadi anda tinggal menyiapkan paketnya saja.

4. Mendatangi Kantor atau Drop Point Terdekat

Bukan hanya menggunakan layanan pick up saja, anda juga bisa mendatangi langsung kantor atau drop point terdekat jika selesai melakukan packing barang.

Apa lagi sekarang ini JNT sudah mempunyai banyak kantor cabang atau drop point untuk memudahkan para pelaku usaha atau siapapun itu yang mengirimkan paket.

Kalau anda masih belum tahu kantor atau drop point terdekat, alangkah baiknya anda menggunakan maps online untuk bisa menemukannya dan jika anda masih bingung simak caranya sebagai berikut:
  • Pertama-tama bukan laman browser, nanti kunjungi website resmi JNT Express atau melalui link berikut ini (JNT.Express.com).
  • Jika sudah, nanti anda ketik nama kota atau kabupaten pengirim yang ada di kolom search atau pencarian. Lalu pilih opsi Kecamatan Daerah Setempat.
  • Lalu klik Cari, silahkan tunggu beberapa saat sampai proses selesai dilakukan dan alamat drop point muncul dilayar HP.

5. Katakan Bahwa Anda Ingin Mengirim Paket

Jika anda sudah tiba di kantor, silahkan anda sebut maksud dan tujuannya yaitu ingin mengirim paket, nanti pegawai JNT akan langsung menimbang paket terlebih dahulu untuk menentukan ongkos kirimnya.

Biasanya akan dihitung disesuai sama berat ataupun volume paket, setelah itu silahkan anda pilih paket layanan pengiriman seperti layanan reguler dengan estimasi pengiriman 2-3 hari, layanan Eco estimasi 5-15 hari dan layanan JNT super dengan estimasi pengiriman 1-2 hari saja.

6. Selesaikan Pembayaran

Setelah anda memilih layanan diatas, sekarang anda tinggal bayar ongkos kirim disesuaikan sama nominal layanannya dan biasanya pegawai jasa ekspedisi akan langsung memberikan nomor resi supaya anda dapat memantau atau melacak keberadaan paket tersebut.

7. Cek Status Pengiriman

Kalau anda ingin melacak atau mengecek status pengiriman secara berkala memakai nomor resi, caranya pun cukup mudah tinggal anda gunakan fitur tracking ekspedisi di website atau aplikasinya.

Jadi anda bisa mengetahui posisi pengiriman sampai kurir yang melakukan pengantaran paket pun akan tertera disana.

8. Barang Sampai Tujuan

Apa bila status menunjukkan barang sudah diterima, berarti paket anda sudah sampai ke tujuan, gimana mudahkan?

Cara Kirim Paket JNT Lewat Layanan Pick Up

Cara Kirim Paket JNT
Cara Kirim Paket JNT Lewat Layanan Pick Up
Untuk memudahkan para konsumen JNT, itu sebabnya pihak ekspedisi satu ini menyediakan layanan pick up atau penjemputan paket ke alamat pengirim.

Jadi dengan adanya layanan seperti ini bisa menjadi salah satu solusi yang cukup menguntungkan termasuk bagi sik pengirim.

Pertama-tama anda unduh dan install terlebih dahulu aplikasi JNT Express melalui link berikut ini (Download Aplikasi JNT Express), jika sudah anda klik menu Order disana anda harus memasukkan data yang dibutuhkan pada formulir aplikasi JNT termasuk data penerimanya.

Tinggal cek kembali, apakah sudah benar atau belum jika sudah barulah anda klik Submit dan Selesai silahkan anda tunggu kurir datang menjemput paket ke rumahmu sebagai pengirimnya.

Dengan keberadaan jasa ekspedisi ini cukup membantu para pelaku bisnis online maupun anda yang cukup sering belanja online, cara kirim paket JNT lewat pick up ini cukup mudah untuk siapapun yang mau mengirim paket sehingga anda tidak perlu ragu-ragu lagi.

Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara kirim paket JNT yang sudah kami sampaikan secara rinci untuk anda gunakan pada saat ingin mengirim paket.

Ikuti semua petunjuk yang sudah kami sampaikan diatas, jadi anda tidak perlu lagi bingung soal kirim paket melalui ekspedisi JNT.

Semoga dengan adanya informasi ini, akan membantu anda dalam melakukan pengiriman paket JNT. Sekian dan selamat mencoba.