Cara Instal Ulang Windows 11 2024

Daftar Isi
Cara Instal Ulang Windows 11
Cara Instal Ulang Windows 11 - Cara install Windows 11 sebenarnya sangatlah mudah untuk dilakukan, sistem operasi terbaru dari Microsoft ini sudah tersedia dan bisa langsung anda unduh secara gratis.

Seperti yang sudah anda ketahui, bahwasanya pada bulan Januari 2024 versi windows 7 dan juga windows 8/8.1 sudah tidak bisa di akses lagi oleh para penggunanya.

Karena pihak dari Microfost sudah tidak lagi memperpanjang dukungan untuk kedua versi windows jadul tersebut loh guys.

Bukan hanya itu saja, pada tahun yang sama pihak dari Google juga akan mengakhiri dukungan untuk Chrome pada windows 7 dan juga windows 8/8.1, dengan kata lain anda sudah tidak akan bisa lagi membuka Google pada Chrome di sistem operasi tersebut.

Dengan begitu, para pengguna diharapkan untuk segera menginstall versi terbarunya yaitu windows 10 dan juga windows 11.

Windows 11 sudah tersedia dan resmi diluncurkan sejak tanggal 5 Oktober 2024 lalu, pihak dari Microsoft sudah mengklaim bahwasanya versi terbaru tersebut merupakan sistem operasi yang paling aman untuk di gunakan.

Sistem operasi terbaru dari Microsofr ini akan memberikan pengalaman pengguna untuk bisa lebih dekat dan juga membawa anda untuk bisa berkreasi lebih jauh.

Terdapat sejumlah perubahan yang bisa anda temukan di windows 11 ini, khususnya pada menu start dan juga taskbar apabila pada versi lama kedua menu tersebut berada pada pojok kiri kini sudah bergeser di tengah seperti tampilan pada MacOS.

Bukan hanya itu saja, anda juga bisa menikmati aplikasi Android yang sudah tersedia dalam Windows Store dan bisa langsung digunakan tanpa harus modifikasi khusus seperti aplikasi game dan juga media sosial.

Walaupun windows 11 bisa di install secara gratis, namun terdapat kriteria kelayakan pada perangkat yang sudah di buat oleh Mincrosoft untuk bisa menjalankan sistem operasi ini.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan anda informasi mengenai bagaimana cara menginstall windows 11 yang bisa langsung anda terapkan.

Kami yakin pastinya anda sudah tidak sabar lagi ingin mengetahui caranya, silahkan anda bisa langsung saja simak ulasan mengenai Cara Instal Ulang Windows 11 yang memang sudah kami sediakan di bawah ini sampai selesai yaa gess yaa!!!

Cara Instal Ulang Windows 11 Terbaru

Cara Instal Ulang Windows 11
Cara Instal Ulang Windows 11 Terbaru
Windows 11 sudah keluar walaupun belum ada versi resminya, namun anda sudah bisa langsung mencobanya terlebih dahulu windows 11 untuk di install pada perangkat PC atau laptop anda.

Windows 11 sudah menyediakan pembaruan pada App Store Microsoft yang dimana Microsoft akan memberikan janji untuk memberikan sistem yang jauh lebih baik untuk pengembangan aplikasi yang ada di App Store Microsoft.

Selain itu, windows 11 juga akan menampilkan taskbar pada tengah dan juga floating windows yang sangat berbeda dari windows 10 yang pada saat ini anda gunakan.

Bagi anda yang sudah penasaran bagaimana tampilan pada windows 11 maka anda harus melanjutkan untuk menyimak artikel ini sampai tuntas.

Silahkan anda bisa langsung saja simak langkah-langkah mengenai Cara Instal Ulang Windows 11 yang bisa langsung anda terapkan, yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah download windows 11 melalui link yang sudah kami sediakan berikut ini (Download Windows 11) dan simpanlah pada komputer anda terlebih dahulu.
  • Setelah anda berhasil download ISO windows 11 pro, anda bisa membuat boot cd dari menggunakan flashdisk.
  • Anda bisa menggunakan cara install windows 7, windows 8.1 dan juga windows 10 dari flashdisk dan siapkan juga flashdisk dengan kapasitas minimal 16GB.
  • Apabila anda sudah melakukannya, selanjutnya anda bisa masuk ke dalam proses instalasi windows 11 pro pada laptop atau komputer yang anda gunakan.
  • Silahkan anda Restart komputer yang ingin anda gunakan untuk install windows 11.
  • Lalu, anda klik salah satu tombol F9, Esc, F12, F10 atau tombol yang sesuai dengan komputer dan laptop yang anda gunakan.
  • Berikutnya, anda bisa langsung saja memilih booting ke USB yang sudah anda isi dengan iso windows 11 sehingga proses instalasi akan langsung di mulai.
  • Bila proses install windows 11 ini sudah berjalan, dan anda mendapatkan pesan yang bertuliskan Apakah anda ingin melanjutkan proses install windows 11 dengan update windows lama anda ke windows 10 anda bisa memilih proses ini.
  • Apabila tidak dan anda ingin menginstall windows 11 tanpa melakukan update windows lama anda, silahkan anda pilih opsi No.
  • Proses instalasi windows 11 ini hampir mirip dengan proses install pada windows 10.
  • Anda hanya tinggal install now > I din't have a product ket > Select Windows 11 pro atau versi windows lainnya yang sudah tersedia.
  • Untuk melakukan penginstallan windows 11, silahkan anda memilih partisi yang ingin anda pilih sebagai tempat sistem oeprasi windows 11 akan berjalan.
  • Contoh biasanya hal tersebut untuk system windows anda bisa langsung memilih partisi C dan dilanjutkan dengan mengklik tombol next.
  • Dianjutkan dengan proses install windows akan langsung berjalan dan proses akan terinstall di dalam komputer yang anda gunakan.
  • Nantinya, komputer anda akan mengalami reboot dan windows 11 OOBE halaman setupnya akan ditampilkan, selanjutnya anda akan bisa melihat beberapa instruksi yang sudah di tampilkan pada layar.
  • Anda bisa langsung saja masuk dengan menggunakan account microsoft atau anda bisa membuat user dan juga password baru tanpa harus menggunakan account microsoft.
  • Setelah prosesnya selesai, anda akan langsung mendapatkan tampilan baru dari windows 11 yang sudah berhasil terinstall pada PC atau laptop anda.
  • Selesai dech!!!
Bagaimana, sangat mudah sekali bukan cara yang bisa anda lakukan untuk menginstall windows 11, walaupun langkahnya lumayan banyak namun prosesnya sangatlah cepat.

Cara Instal Ulang Windows 11 dengan Flashdisk

Cara Instal Ulang Windows 11
Cara Instal Ulang Windows 11 dengan Flashdisk
Kabar baik untuk semua pengguna windows, karena microsoft sudah resmi merilis windows 11, yang dimana sistem operasi ini hadir untuk menggantikan pendahulunya yaitu windows 10 yang sudah berusia kurang lebih 6 tahun.

Bisa di bilang perubahannya tidak terlalu signifikan, namun windows 11 tampil dengan interface yang jauh lebih menyegarkan mata.

Perubahan yang paling terlihat ada pada posisi Start Menu yang berada di bagian tengah dengan sisi sudut windows yang sedikit melengkung.

Selain itu, anda juga bisa menginstall aplikasi yang ada di Android seperti TikTok, facebook, instagram dan yang lainnya pada windows 11.

Dimana fitur tersebut di manfaatkan keberadaan Amazon Appstore, yang sudah terdapat beberapa kelebihan lain yang dimiliki oleh windows 11.

Disini kami akan memberikan bagaimana cara yang bisa anda lakukan untuk menginstall windows 11 secara kompleks mulai dari membuat bootable flashdisk untuk media instalasi windows 11, mengatur prioritas booting pada BIOS sampai dengan proses instalasinya.

Silahkan anda bisa langsung saja simak semua tahapan yang akan anda lakukan sampai pada Cara Instal Ulang Windows 11 yang sudah ada di bawah ini, yaitu sebagai berikut:

Langkah 1: Membuat Bootable Flashdisk Windows 11

Silahkan anda bisa langsung saja simak langkah-langkah mengenai Cara Instal Ulang Windows 11 dengan membuat Bootable flashdisk windows 11, yaitu sebagai berikut:
  • Tahap pertama yang harus anda lakukan adalah masukkan flashdisk pada komputer atau laptop anda.
  • Pastikanlah di dalam flashdisk anda tidak ada data penting, karena nantinya flashdisk tersebut harus diformat dengan begitu semua data yang ada di dalamnya akan langsung hilang.
  • Setelah itu, anda bisa langsung saja membuka aplikasi Rufus dan pastikanlah flshdisk anda sudah terdeteksi.
  • Kemudian anda bisa langsung saja klik SELECT untuk memilih file ISO windows 11.
  • Lalu, anda tinggal memilih file ISO windows 11 dan lanjutkan dengan mengklik Open.
  • Untuk memulaikan prosesnya silahkan klik START.
  • Nantinya, anda akan mendapatkan peringatan bahwasanya semua data yang ada di dalam flashdisk akan di hapus, klik opsi OK.
  • Dengan begitu, proses bootbale flashdisk akan langsung dimulai, dimana proses ini akan memakan waktu sekitar 15 sampai dengan 20 menit.
  • Bila prosesnya sudah selesai, nanti akan langsung muncul tulisan READY dengan warna hijau.
  • Tahap yang berikutnya, anda bisa langsung saja mengatur prioritas booting supaya pada saat pertama kali di lakukan dari flashdisk.
  • Silahkan anda Restart komputer atau laptop yang anda gunakan, lalu lanjutkan dengan menekan tombol F2 untuk masuk ke dalam menu BIOS.
  • Untuk tombol masuk ke dalam menu BIOS bisa jadi berbeda-beda semuanya tergantung dari merek laptop atau tipe motherboardya, inilah dia beberapa tombol untuk masuk ke dalam menu BIOS pada beberapa merek laptop:
  • Laptop Asus, Acer, Samsung, Dell dan juga Toshiba : F2.
  • Laptop Lenovo : Fn + F2.
  • Laptop HP : F10.
  • Berikutnya anda hanya tinggal pindah ke dalam tab Boot, disini anda akan melihat prioritas bootingnya (posisi di atas sendiri) adalah Hard Drive, yang berarti komputer ataupun laptop anda akan melakukan booting untuk yang pertama kalinya dari harddisk.
  • Berhubung anda akan melakukan instalasi dengan menggunakan flashdisk, maka anda harus mengubah posisi Removable Devices menjadi yang paling atas dengan menggunakan tombol + atau -.
  • Pada beberapa tampilan menu BIOS, biasanya nama yang tertera bukan Removable Devices melainkan merk dari flashdisk yang anda gunakan misalnya KINGSTON, ADATA, SanDisk dan yang lainnya.
  • Selanjutnya anda bisa tekan tombol F10 untuk menyimpan pengaturan yang sudah anda lakukan.
  • Bila muncul tampilan anda bisa langsung saja klik Enter atau sembarang tombol pada keyboard anda.
  • Selesai dech!!!

Langkah 2: Proses Instalasi Windows 11

Silahkan anda bisa langsung saja simak langkah-langkah mengenai Cara Instal Ulang Windows 11 untuk proses installasi windows 11 yang bisa langsung anda terapkan, yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama anda akan langsung di bawa ke dalam tampilan awal instalasi windows 11, silahkan pilih opsi Next untuk masuk ke langkah selanjutnya.
  • Kemuidan, dilanjutkan dengan memilih opsi Install now.
  • Anda bisa melakukan proses aktivasi nantinya, jadi silahkan pilih opsi I don't have a product key.
  • Silahkan anda bisa memilih versi windows 11 yang anda inginkan, namun disini kami merekomendasikan untuk anda windows 11 pro.
  • Centanglah semua syarat dan juga kebijakan yang di berikan oleh Microsoft, selanjutnya anda tinggal memilih opsi Next.
  • Lalu, anda bisa memilih Custom: Install Windows only (advanced).
  • Disini kami anggap anda ingin melakukan install ulang windows 11 pada laptop ataupun komputer yang sudah mempunyai sistem operasi sebelumnya (beserta dengan data-datanya).
  • Anda tinggal menghapus partisi C: dan juga partisi System Reserverd, kami harap pada tahapan yang satu ini anda harus teliti jangan sampai anda menghapus selain dua partisi yang sudah kami sebutkan.
  • Pilihlah Drive 0 Partition 2 (ini merupakan partisi C:-nya) lalu anda memilih Delete > OK. kemudian anda juga harus menghapus Drive 0 Partition 1 : System Reserved, apabila kedua partisi sudah di harus akan langsung menjadi Drive 0 Unallocated Space.
  • Kemudian anda bisa membuat partisi yang baru hanya dengan memilih opsi New lalu tentuknanlah ukuran dari partisinya (dibuat sama seperti partisi C: sevelumnya).
  • Lalu, anda bisa memilih Apply, nantinya akan langsung muncul notifikasi untuk pembuatan partisi System Reserved (yang satu ini akan terbuat secara otomatis), pilih saja opsi OK.
  • Silahkan anda memilih partisi baru yang sudah anda buat tadi (Drive 0 Partition 2) sebagai lokasi dimana sistem windows 11 berada (partisi C: nya), dilanjutkan dengan memilih Next.
  • Pilihlah New untuk membuat pastisi yang baru, anda disarankan untuk membuat minimal 2 partisi, 1 partisi C: dan yang 1 partisi untuk menyimpan data-data anda.
  • Jangan lupa juga untuk menentukan ukuran partisi C: nya, sesuaikan dengan kapasitas dari harddisk misalnya harddosk anda berukuran 500GB setidaknya partisi C: berukuran minimal 100GB, lalu klik Apply.
  • Akan langsung muncul notifkasi untuk membuat partisi System Reserved, pilih Ok.
  • Buatlah partisi lagi (partisi untuk menyimpan data) dengan cara yang sama seperti pada langkah ke 8-9.
  • Pilihlah Drive 0 Partition 2 sebagai lokasi instalasi sistem windows 11, lalu klik Next.
  • Tunggulah beberapa saat sampai dengan proses instalasi mencapai 100%.
  • Mungkin anda akan mendapatkan bahwa laptop atau komputer anda restart dengan sendirinya, tidak usah khawatir karena hal tersebut memang sebagian dari proses instalasi.
  • Langkah yang selanjutnya, anda tinggal memilih lokasi negara lalu klik Next.
  • Untuk layout keyboard anda biarkan saja default US, kemudian lanjutkan dengan klik Yes.
  • Tidak perlu menambahkan layout keyboard tambahan, jadi silahkan anda Skip.
  • Pilihlah Set up for personal use, lalu pilihlah Next.
  • Bila anda memiliki akun microsoft, silahkan anda tambahkan disini (Sig in) namun bila anda tidak memilikinya silahkan pilih Sign-in options.
  • Selanjutnya, anda tinggal memilih Offline Account.
  • Dilanjutkan dengan memilih Limited exprerience.
  • Jangan lupa untuk memasukkan nama pengguna dan klik Next bila sudah.
  • Masukkan juga password supaya tidak sembarang orang bisa mengakses komputer atau laptop anda, apabila tidak ingin menambahkan password anda bisa mengosongkannya lalu klik Next.
  • Pada pengaturan privasi anda silahkan klik Next.
  • Dan tunggulah prosesnya sampai benar-benar selesai.
  • Dengan begitu windows 11 dengan tampilan yang eye-catching sudah berhasil terinstall pada komputer atau laptop anda.
  • Selesai dech!!!
Hanya itu saja tutorial cara menginstall windows 11 dengan menggunakan flashdisk, apabila anda masih kesulitan atau ada pertanyaan seputar windows 11 jangan sungkan untuk menyampaikannya pada kolom komentar yang sudah di sediakan.

Akhir Kata

Itulah dia semua penjabaran mengenai cara instal ulang windows 11 yang bisa langsung anda terapkan dengan sangat amat mudah loh guys.

Walauun tahapan yang di lakukan sangat banyak, namun kami harap anda sudah tidak kebingungan lagi apabila ingin menginstall kembali windows 11.

Jika anda merasa bahwasanya pemaparan yang sudah kami berikan di atas penting, jangan lupa untuk bantu bagikan ke teman ataupun kerabat anda yang belum mengetahuinya.

Terimasih karena anda sudah simak artikel ini sampai tuntas, jangan lupa untuk mampir ke dalam artikel kami yang lainnya, sekian dan semoga bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba yaa gess yaa.