Cara Gambar Anime

Daftar Isi
Cara Gambar Anime
Cara Gambar Anime
- Apakah anda saat ini ingin belajar membuat anime? Jika iya, anda masuk di artikel yang tepat sebab kami akan menjelaskannya secara rinci untuk para pemula seperti anda ini.

Gambar anime yang terdapat di Manga ini memiliki ciri khas tersendiri, itulah alasannya banyak yang menggemari gambar anime tersebut.

Biasanya gambar kartu anime identik dengan bola mata besar, namun berbeda dengan komik yang berasa dari Amerika.

Jadi jangan heran jika beberapa orang tertarik dengan cara gambar anime dan anda termasuk dari beberapa orang tersebut, langsung saja simak ulasan dibawah ini sampai habis ya guys!

Cara Gambar Anime

Cara Gambar Anime
Cara Gambar Anime
Seperti ulasan yang sudah kami sampaikan diatas, kami akan menjelaskan secara rinci cara gambar anime dengan mudah yaitu sebagai berikut:

1. Latihan Membuat Garis

Mungkin anda bertanya-tanya, kenapa garis? Garis termasuk salah satu elemen yang cukup penting pada saat menggambar anime dan pemandangan.

Pada tahap cara gambar anime, perlu anda latihan secara konsisten dalam membuat garis lurus tanpa menghapus dengan adanya latihan seperti ini akan membuat tangan anda terbiasa dengan gerakan yang dilakukan.

Kalau anda sudah paham, sekarang anda lanjutkan dengan melakukan teknik menggambar dengan cara membuat garis melengkung.

2. Berlatih Membuat Bentuk Dasar

Kenapa harus berlatih membuat bentuk dasar? Karena hal seperti ini nantinya membantu anda dalam membuat sketsa gambar anime, misalnya membuat persegi, segitiga dan lingkaran.

Teknik belajar menggambar inilah yang nantinya cukup berguna pada proses awal desain karakter anime, contoh sederhana saja anda ingin membuat karakter yang mana mempunyai sifat periang jadi anda dapat memanfaatkan lingkaran sebagai dasar sketsa tubuhmu.

3. Membuat Sketsa Kepala

Pada cara gambar anime selanjutnya yang cukup mudah ditiru untuk para pemula dalam membuat karakter anime yaitu membuat sketsa kepala.

Untuk memulainya membuat sketsa kepala, anda terlebih dahulu membuat lingkaran lalu buat garis seperti tanda "Plus" supaya membuat gambar kepala anime menjadi lebih rapi dan proporsional.

4. Dilanjutkan dengan Membuat Sketsa Wajah

Jika sudah membuat grid tinggal lanjutkan dengan membuat gambar kepala, rahang, dagu sampai akhirnya membentuk sketsa wajah.

Namun pastikan anda menggunakan pensil untuk membuat sketsa garis tipis-tipis, supaya cara gambar anime ini bisa terlebih lebih rapi.

Selain itu anda juga dapat membuat outline yang tebal, ketika sudah nanti anda akan masuk ke dalam proses finishing gambar anime aesthetic dibawah ini.

5. Gambar Bagian Atas Wajah

Tahap selanjutnya yaitu anda tinggal menggambar mata, alis, hidung dan mulut untuk menggambar mata sendiri ada tekniknya lho guys.

Pertama-tama anda gambar mengikuti grid yang sudah dibuat sebelumnya, kemudian tentukan posisi proporsional supaya gambar yang dihasilkan sedap dipandang mata dan anda tidak perlu lagi membuat pola yang begitu rumit.

6. Gambar Mulut Diantara Hidung dan Dagu

Untuk membuat bagian mulut dikarakter anime tersebut, pastikan anda membuat garis horizontal yang panjangnya sendiri kurang lebih sama dengan mata.

Namun jika anda ingin membuat sketsa anime sederhana dengan karakter tersenyum dan menampilkan deretan gigi, tinggal anda buat lengkungan garis mulut ke atas kemudian anda buat ruang putih di antara garis lengkungan dan garis horizontal setinggi separuh panjang mulut untuk menjadikan gigi berkarakter.

7. Gambar Bagian Rambut

Jika anda sudah membuat hidung dan dagu, tahap selanjutnya anda buat bagian rambut namun pastikan terlebih dahulu jenis rambut dan karakter anime yang anda ingin buat.

Bukan hanya itu saja, anda perlu menyesuaikan bentuk rambut dengan ciri khas tokoh karakter yang dibuat.

Silahkan anda buat garis tipis-tipis, supaya rambut mempunyai efek bergelombang dan tidak begitu kaku dilihat nantinya.

8. Gambar Leher dan Bahu

Untuk membuat gambar bagian leher dan bahu, pastikan anda menarik garis dari ujung rahang kanan dan kiri supaya membentuk leher.

Sedangkan leher laki-laki sendiri dibuat lebih besar dan lebih pendek daripada leher perempuan, lalu buatlah bentuk trapesium terbalik sebagai kerangka dasar dalam membuat bagian bahu hingga bagian dada.

Namun pastikan leher bahu karakter yang dibuat tersebut, biasanya karakter laki-laki mempunyai bahu yang lebih lebar daripada perempuan.

9. Memberi Outline Gambar

Pada tahap terakhir ini, pastikan anda memberi garis outline supaya gambar sketsa anime menjadi makin sempurna dan enak di pandang.

Outline sendiri biasanya dipergunakan untuk mempertegas gambar sekaligus memberikan kesan efek tebal-tipis objek.

Itulah alasannya anda diharuskan menggunakan pensil dengan ujung yang lembut, sehingga bisa menghasilkan goresan yang tebal.

10. Tambahkan Detail

Apa bila anda ingin menambahkan pakaian simple di karakter animemu, anda tinggal menggambarkan kaos atau kemeja.

Sebagai pengenalan gambar karakter animemu, pertama-tama gambar setengan tubuh lalu buat beberapa bentuk mata, mulut rambut yang berbeda supaya anda terbiasa dalam hal ini.

Jika anda sudah mempelajari hal mendasar menggambar anime, anda bisa lebih mudah mengembang karaktermu tentu saja dengan pose yang berbeda.

Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara gambar anime yang bisa anda praktekan langsung dalam membuat karakter anime anda.

Ada beberapa tahap dalam membuat gambar anime dengan ciri khas yang dimiliki, oleh sebab itu silahkan anda simak ulasan yang sudah kami sampaikan diatas hingga selesai.

Pastikan anda mengikuti setiap penjelasan yang sudah kami sampaikan dengan benar dan cermat, supaya gambar yang dihasilkan tersebut memiliki ciri khas tersendiri dan tentu saja enak dipandang. Sekian dan selamat mencoba.