Cara Cek Kode Booking Kereta Api 2024

Daftar Isi
Cara Cek Kode Booking Kereta Api
Cara Cek Kode Booking Kereta Api
- Kereta Api adalah salah satu moda transportasi yang populer di tengah masyarakat, karena untuk mengaksesnya mudah dan harganya juga yang murah.

Bahkan pada saat musim liburan atau mudik tiba, banyak orang yang memilih menggunakan Kereta Api sebagai transportasi umum mereka.

Karena dengan transportasi Kereta Api ini mereka merasa lebih terjangkau dan tidak akan terkendala oleh kemancetan sehingga mebuat tiket Kereta Api cepat habis.

Terlebih lagi sekarang ini Kereta Api telah disediakan berbagai pilihan kelas mulai dari kereta dengan harga yang murah sampai yang lumayan mahal yang dilengkapi dengan fasiltas yang ekslusif.

Hal tersebut sengaja dilakukan oleh PT KAI agar penumpang bisa merasa nyaman dan bisa memilih sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

Akan tetapi, ada dari sebagian orang yang masih kebingungan untuk melakukan pengecekan kode booking kereta Api ini.

Dan mungkin anda adalah salah satu yang sedang mencari informasi untuk cara mengecek kode tiket atau kode booking Kereta Api.

Jangan khawatir karena dapat dikatakan anda sedang berada di artikel yang tepat, nanti melalui artikel ini kami akan menjelaskan 3 cara yang bisa nad terapkan untuk melakukan pengecekkan kode booking Kereta Api.

Untuk mengecek kode booking Kereta ini sebenarnya tidak sulit dilakukan, anda bisa melakukannya secara online melalui perangkat Smartphone maupun laptop atau PC.

Langsung saja silahkan anda simak penjelasan di bawah ini yang akan memberitahu anda untuk cara cek kode booking Kereta Api.

Apa Itu Kode Booking Kereta Api?

Kode booking Kereta Api merupakan kode yang akan memberikan informasi terkait data penumpang seperti nama, nomor identitas, nama kereta, jam keberangkatan, dan lainnya yang berfungsi sebagai nomor pemesan tiket Kereta anda.

Kode booking ini yang nantinya akan dicek oleh petugas pada saat anda akan naik Kereta, dan bersamaan dengan kode booking ini anda juga akan mendapatkan E-Boarding Pass untuk bisa melakukan perjalanan.

Perlu diketahui bahwa kode booking ini akan bisa diperoleh apabila calon penumpang Kereta Api sudah melakukan pemesanan dan pembayaran.

Cara Cek Kode Booking Kereta Api

Dan untuk cara cek kode booking Kereta Api dapat dilakukan dengan melalui aplikasi, Email dan situs website resminya yang akan kami jabarkan panduannya di ulasan bawah ini.

1. Melalui Situs PT KAI

Cara Cek Kode Booking Kereta Api
Cara Cek Kode Booking Kereta Api Melalui Situs PT KAI
Yang pertama anda bisa melakukan pengecekkan kode booking Kereta Api dengan melalui situs resmi PT KAI.

Adapun langkah-langkah yang harus diikuti untuk cara cek kode booking Kereta Api dengan melalui situs resmi PT KAI yaitu sebagai berikut:
  • Hal pertama yang harus anda perhatikan yaitu silahkan anda pastikan koneksi internet stabil, lalu silahkan anda membuka peramban di perangkat yang anda gunakan dan silahkan anda mengunjungi laman ini https://www.kai.id/.
  • Jika anda sudah berhasil masuk ke halaman utama pada situs tersebut, silahkan anda mengklik menu "Pemesanan Tiket", jika anda menggunakan perangkat HP, menu ini ada di sebelah kanan layar dan jika anda menggunakan perangkat PC, menu ini ada di sebelah kiri.
  • Langkah selanjutnya silahkan anda mengklik menu "Cek Kode Booking" yang ada di bawah menu "Pemesanan Tiket".
  • Kemudian silahkan anda memasukkan kode booking atau kode bayar di kolom yang sudah disediakan, lalu anda klik langsung tombol "Tampilkan".
  • Jika kode booking memang sesuai, maka informasi terkait dengan tiket kereta Api anda akan ditampilkan pada layar yang meliputi nama, status pembayaran, jam keberangkatan, nama stasiun, nomor ID, dan tempat duduk.

2. Melalui Email

Cara Cek Kode Booking Kereta Api
 Cara Cek Kode Booking Kereta Api Melalui Email
Selanjutnya anda juga bisa melakukan cara cek kode booking Kereta Api dengan melalui Email dengan langkah-langkah yaitu sebagai berikut:
  • Jika anda sudah menyelesaikan pesanan di aplikasi, silahkan anda menunggu beberapa menit.
  • Lalu silahkan anda masuk ke halaman Email yang digunakan untuk akun KAI Access anda.
  • Kemudian silahkan anda pilih dan membuka Email yang masuk dari KAI, maka anda akan mendapatkan e-tiket Kereta Api.
  • Dan di halaman tersebut anda akan melihat kode pemesanan atau kode booking tiket Kereta Api anda.
  • Selesai.

3. Melalui Aplikasi KAI Access

Cara Cek Kode Booking Kereta Api
 Cara Cek Kode Booking Kereta Api Melalui Aplikasi KAI Access
Cara terakhir yang dapat kami informasikan untuk mengecek kode booking Kereta adalah dengan melalui aplikasi KAI Access.

Langsung saja, di bawah ini adalah langkah-langkah untuk cara cek kode booking Kereta Api dengan melalui aplikasi KAI Access yaitu sebagai berikut:
  • Terlebih dahulu silahkan anda masuk ke aplikasi KAI Access (Download Aplikasi KAI Access untuk Android).
  • Kemudian silahkan anda ke menu "Tiket".
  • Selanjutnya silahkan anda membuka tiket yang sudah masuk, lalu anda klik untuk mengecek kode booking.
  • Selesai.

Kami sarankan untuk anda mengecek kembali data-data informasi yang tertera pada layar, apakah sudah sesuai dengan yang dipesan atau tidak karena jika ada perbedaan akan menimbulkan suatu masalah.

Cara Cetak Tiket Kereta Api yang Hilang

Di atas kami sudah menjelaskan untuk cara cek kode booking Kereta Api, selain kami menjelaskan terkait hal tersebut ada hal yang perlu juga untuk anda ketahui terkait kode booking Kereta Api ini.

Yaitu seandainya anda mengalami masalah kode booking tiket kereta hilang, atau struk tiket kereta yang baru saja dipesan hilang, apa anda tahu yang harus dilakukan untuk bisa kembali mencetak tiket Kereta Api yang hilang?

Apabila memang hal tersebut anda alami, maka solusinya anda bisa menghubungi Customer Service : 121 atau 021-121, kemudian anda bisa mengikuti instruksi dari Customer Service tersebut, atau bisa juga dengan menghubungi Emailnya ke cs@kai.id.

Apabila anda sudah terhubung silahkan anda menceritakan atau menjelaskan permasalahan yang anda hadapi.

Dan apabila anda mendapatkan respon positif silahkan anda untuk meminta kode booking, dan dalam meminta kode booking tiket Kereta Api tersebut anda mengisi atau menulis nomor identitas yang digunakan dalam membeli tiket kereta sebelumnya.

Anda bisa menggunakan nomor identitas seperti KTP atau SIM yang digunakan untuk melakukan transaksi sebelumnya.

Anda pastikan dalam menulis nama harus dengan nama lengkap yang sesuai dengan KTP atau SIM, anda juga harus mencantumkan tujuan keberangkatan, jadwal keberangkatan, dan scan KTP (untuk validasi data).

Apabila hal tersebut sudah dilakukan, silahkan anda menunggu pesan balasan sekitar 10 menit, dan apabila dalam waktu 20 menitan tidak ada respon, silahkan anda mengecek Email untuk memastikan bahwa Email anda sudah terkirim.

Apabila sudah, namun belum ada respon, silahkan anda mencoba untuk menelpon langsung nomor Customer Service yang sudah kami berikan di atas untuk memastikan bahwa anda sudah kirim permohonan bantuan.

Akhir Kata

Itu dia penjelasan untuk cara cek kode booking Kereta Api yang penting untuk dilakukan sebagai calon penumpang sebelum melakukan perjalanan.

Jika menurut anda apa yang kami informasikan di artikel ini penting, silahkan anda membantu kami untuk membagikan informasi ini dengan cara share di media sosial.

Sekian dan terimakasih sudah berkunjung di artikel kami, semoga apa yang kami suguhkan di artikel kali ini memberikan manfaat untuk pembaca.