Termux Online 2024

Daftar Isi
Termux Online
Termux Online
- Termux merupakan sebuah aplikasi yang didesain untuk sistem operasi Android yang digunakan untuk Smartphone dibekali OS Android mulai versi 5.0 atau lolipop.

Tapi nyatanya masih banyak di antara kita yang belum paham cara penggunaan dari aplikasi ini, oleh karena itu melalui artikel kali ini kita akan membahas sedikit hal mengenai Termux.

Smartphone sendiri membutuhkan aplikasi agar bisa digunakan dengan maksimal, aplikasi ini berlaku untuk Smartphone berbasis Android maupun iOS.

Sebuah aplikasi biasanya dibuat sesuai dengan dua sistem operasi tersebut karena dua OS inilah yang paling banyak digunakan untuk Smartphone saat ini.

Meskipun demikian, ada juga beberapa aplikasi yang hanya bisa dibukan di salah satu OS saja seperti aplikasi Termux.

Nah, untuk lebih jelasnya sebaiknya anda simak pembahasan di bawah ini hingga akhir yang akan kita bahas terkait Termux online.

Apa itu Termux?

Pada dasarnya Termux bukanlah aplikasi media sosial, bukan juga aplikasi yang digunakan untuk chatting apalagi untuk gaming.

Google Playstore menjelaskan bahwa aplikasi Termux merupakan terminal emulator dan environment Linux berbasis Linux Debian.

Mungkin anda akan sedikit binung mendengar istilah terminal emulator, secara mudahnya terminal emulator ini semacam Command Prompt (CDM) pada Windown atau Linux.

Jika CDM adanya di Windows atau Linux, terminal emulator ini adanya di sistem Android yang digunakan untuk memasukkan, menampilkan dan mencetak data.

Aplikasi Termux sendiri dibuat oleh Fredik Fornwall, sejak dirilis pertama kali pada 30 Juni 2015 silahkan dan hingga kini telah mencapai unduhan lebih dari 10 juta pengguna Android.

Hingga artikel ini diterbitkan, aplikasi Termux online telah mencapai versi 0.101 dan akan terus mengalami pembaharuan.

Kegunaan Termux Online

Termux Online
Kegunaan Termux Online
Jika anda sudah paham apa yang dimaksud dengan Termux melalui pembahasan diatas, anda juga perlu tahu kegunaan dari aplikasi terminal emulator ini.

Aplikasi Termux hampir sama dengan Command Prompt di OS Windows dan Linux, yang membedakannya adalah pada perintah-perintah yang digunakan.

Secara umum, anda bisa lihat dibawah ini kegunaan dari Termux online yaitu sebagai berikut:
  • Untuk menjalankan bahasa pemprograman seperti Python, Ruby dan Perl tanpa perlu proses rooting.
  • Untuk meretas jaringan Wifi, mempercepat koneksi internet dan menjaga jaringan internet tetap stabil.
  • Digunakan untuk SSH Client.
  • Untuk menjalankan aplikasi teks editor berbasis terminal.
  • Untuk mengakses internet dengan menggunakan Lynx atau browser yang berbasis terminal.
  • Eject Flashdisk dari Smartphone yang tersambung dengan OTG.
Selain beberapa kegunaan Termux yang kami jabarkan diatas, sebenarnya Termux masih memiliki banyak kegunaan lainnya jika anda tahu cara memberikan perintah pada aplikasi ini.

Lantas, apakah Termux memang bisa digunakan untuk hacking?jawabannya tentu saja bisa jika anda ingin menggunakan Termux untuk tujuan tersebut anda hanya perlu tools tambahan seperti Hydra, Nmap dan sejenisnya.

Meskipun Termux dapat anda gunakan untuk aktivitas hacking, namun sebaiknya gunakan dengan bijaksana dan bukan untuk tujuan yang buruk apalagi merugikan orang lain.

Kelebihan Termux Online

Termux Online
Kelebihan Termux Online
Termux sebagai aplikasi terminal emulator Android sudah dibekali dengan berbagai kelebihan untuk para penggunanya terutama dalam segi konfigurasi sistem.

Nah, dibawah ini adalah beberapa kelebihan dari aplikasi Termux online yang harus anda ketahui yaitu sebagai berikut:
  • Aplikasi Termux memungkinkan anda untuk dapat mengakses server jarak jauh dengan menggunakan SSH Client dari Open SSH.
  • Terdapat pkg-config dan CMake yang bisa digunakan untuk mengembangkan atau membuat paket sendiri, anda juga dapat mengkompilasi file C dengan Clang.
  • Aplikasi Termux memiliki banyak fitur pendukung seperti Vim, Bash, Emacs, Nano dan lainnya.
  • Aplikasi Termux memungkinkan perangkat Android anda untuk terhubung dengan keyboard melalui bluetooth, mengatur mouse serta mengaitkannya dengan layar eksternal.
  • Aplikasi Termux dapat dikustomisasi secara bebas sesuai kebutuhan, caranya adalah dengan memasang APT Package dari Debian dan Ubuntu.
  • Aplikasi Termux memungkinkan anda untuk mengeksplor paket dengan cara yang lebih sederhana, paket sederhana yang dimaksud termasuk package dari Linux dan Max.

Tips Menggunakan Termux Online

Termux Online
Tips Menggunakan Termux Online
Seperti yang diketahui Termux adalah sebuah aplikasi dengan pembuatannya menggunakan script untuk tujuan tertentu.

Oleh karena itu, tidak semua orang bisa langsung mahir menggunakan Termux apalagi bagi yang baru belajar menggunakan Termux.

Agar penulisannya berjalan lancar, anda bisa simak dibawah ini beberapa tips menggunakan Termux online yaitu sebagai berikut:
  • Sebelum anda mulai menggunakan aplikasi Termux, maka sebaiknya pelajari terlebih dahulu shell scripting. Hal ini bertujuan agar script yang anda tulis nantinya dapat berjalan dengan baik tanpa error.
  • Selalu melakukan back-up script yang telah ditulis dengan tujuan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Ketika terjadi kesalahan atau error, dengan mencadangkan script memungkinkan anda tidak perlu menulisnya lagi dari awal.
  • Jangan hanya meniru script dari internet, anda harus benar-benar memahami apa yang ditulis serta meninjau hasil penulisan script tersebut.
  • Biasakan untuk selalu membaca kembali script Termux yang ditulis sebelum dijalankan.

Akhir Kata

Itulah seluruh isi pembahasan yang dapat kami jabarkan kepada anda seputar pengertian dan penggunaan Termux online.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, Smartphone bisa digunakan layaknya PC jika anda tahu cara penggunaannya. Untuk itu gunakan Smartphone secara bijak.

Ada banyak cara bijak dalam menggunakan Smartphone, salah satunya adalah dengan menggunakannya untuk belajar dan berjualan secara online.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan kepada anda terkait aplikasi Termux pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.