Cara Mengalihkan Panggilan WA 2024

Daftar Isi
Cara Mengalihkan Panggilan WA
Cara Mengalihkan Panggilan WA
- WA (WhatsApp) merupakan sebuah aplikasi chatting yang memiliki banyak sekali pengguna.

Aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk bertukar pesan, namun aplikasi ini juga memiliki berbagai macam fitur menarik yang dapat dinikmati pengguna, seperti menelpon, video call, bahkan voice note.

Akan tetapi, terkadang ada orang yang ingin mengalihkan panggilan WA mereka dikarenakan berbagai alasan tertentu, misalnya karena dalam keadaan sibuk dan belum bisa diganggu.

Jadi fitur pengalihan panggilan ini tidak hanya ada pada telepon biasa, namun pada WA juga bisa dilakukan dengan mudah.

Akan tetapi, beberapa orang pengguna WA masih ada yang belum bisa melakukan pengalihan panggilan di WA.

Dan bagi anda yang mungkin sedang mencari informasi terkait hal tersebut, tenang saja karena nanti pada artikel ini kami akan menjelaskan caranya.

Langsung saja, silahkan simak ulasan di bawah ini beberapa metode yang bisa dilakukan untuk cara mengalihkan panggilan WA.

Cara Mengalihkan Panggilan WA

Sebagai pengguna WA, fitur-fitur yang disediakan oleh WA ini sendiri perlu untuk diketahui agar kita dapat menggunakan atau memanfaatkan aplikasi WA ini dengan maksimal.

Dan salah satu fitur yang harus anda ketahui yaitu seperti pembahasan kita kali ini terkait dengan fitur mengalihkan panggilan yang akan kami informasikan mengenai cara melakukan pengalihan panggilan WA itu sendiri.

Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk cara mengalihkan panggilan WA yang bisa diterapkan jika memang pada saat tertentu anda tidak ingin diganggu karena alasan tertentu.

1. Melalui Menu Panggilan

Cara Mengalihkan Panggilan WA
Melalui Menu Panggilan
Metode pertama yang bisa anda terapkan untuk mengalihkan panggilan WA adalah dengan melalui menu panggilan.

Langsung saja, di bawah ini adalah langkah-langkah untuk cara mengalihkan panggilan WA dengan melalui menu panggilan yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama silahkan anda buka menu "Panggilan".
  • Kemudian silahkan anda memilih "Pengaturan".
  • Lalu silahkan anda pilih "Call forwarding".
  • Setelah itu silahkan anda mengaktifkan "Always" apabila anda ingin selalu mengalihkannya.
  • Jika sudah, silahkan anda memasukkan nomor HP baru yang digunakan untuk menerima pengalihan telepon yang berasal dari nomor yang anda gunakan saat ini.
  • Selesai.

2. Blokir Kontak Sementara

Cara Mengalihkan Panggilan WA
Blokir Kontak Sementara
Metode kedua yang bisa diterapkan untuk mengalihkan panggilan WA yaitu dengan memblokir kontak sementara.

Jadi silahkan anda memblokir sementara waktu kontak yang tidak ingin mengganggu anda untuk saat ini.

Karena dengan anda memblokir kontak sementara, maka foto profil, pesan, status, maupun panggilan tidak akan sampai ke akun WhatsApp anda.

Adapun langkah-langkah untuk cara mengalihkan panggilan WA dengan cara memblokir kontak sementara yaitu sebagai berikut:
  • Terlebih dahulu silahkan anda membuka aplikasi WhatsApp (Download Aplikasi WhatsApp untuk Android).
  • Lalu silahkan anda pilih kontak yang ingin diblokir agar anda tidak bisa dihubungi oleh kontak tersebut.
  • Kemudian silahkan anda pilih menu kanan atas yang ada pada jendela chat.
  • Selanjutnya silahkan anda pilih "Lainnya".
  • Langkah berikutnya silahkan anda pilih opsi "Blokir", maka andapun sudah berhasil memblokir kontak tersebut sebagai alternatif untuk mengalihkan panggilan dari kontak itu sendiri.
  • Selesai.

3. Paksa Berhenti WA

Cara Mengalihkan Panggilan WA
Paksa Berhenti WA
Metode selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengalihkan panggilan WA adalah dengan paksa berhenti WA.

Seperti yang kita ketahui bahwa WhatsApp adalah salah satu jenis aplikasi yang bdapat berjalan di latar belakang, yang artinya walaupun sudah ditutup akan tetapi WhatsApp ini tidak akan benar-benar berhenti.

Dalam hal ini yaitu WhatsApp tetap bisa menerima pesan atau panggilan masuk walaupun anda tidak sedang membuka aplikasinya.

Dan inilah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk cara mengalihkan panggilan WA dengan paksa berhenti WA yaitu sebagai berikut:
  • Terlebih dahulu silahkan anda membuka menu "Pengaturan".
  • Lalu silahkan anda masuk ke menu aplikasi.
  • Selanjutnya silahkan anda mencari aplikasi WhatsApp.
  • Setelah itu silahkan anda tekan tombol "Paksa berhenti", maka aplikasi WA akan menjadi tidak aktif, jika anda sudah membuka kembali aplikasinya maka WA akan aktif kembali seperti biasa.
  • Selesai.

Dan perlu untuk diketahui yaitu selain panggilan yang tidak dapat masuk, juga akan menyebabkan semua chat yang biasanya muncul dipemberitahuan akan hilang karena anda sudah melakukan force stop (paksa berhenti), dan aplikasi WA tidak lagi berjalan di latar belakang.

4. Matikan Notifikasi WA

Cara Mengalihkan Panggilan WA
Matikan Notifikasi WA
Metode berikutnya yang bisa diterapkan untuk mengalihkan panggilan WA adalah dengan mematikan notifikasi WA.

Sebenarnya pada WA pengaturan ini tidak tersedia, akan tetapi jika anda menggunakan HP Android maka anda bisa menerapkan cara ini karena anda dapat mengaturnya secara langsung melalui pengaturan di HP Android.

Lalu untuk langkah-langkah cara mengalihkan panggilan WA dengan mematikan notifikasi WA ini yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama silahkan anda membuka menu "Pengaturan" di HP Android anda.
  • Selanjutnya silahkan anda masuk ke menu "Aplikasi".
  • Jika sudah, silahkan anda masuk lagi ke aplikasi WA.
  • Setelah itu silahkan anda pilih menu "Notifikasi".
  • Kemudian silahkan anda menonaktifkan isi notifikasi, dan anda nonaktifkan izin penggunaan telepon.
  • Lalu di jendela yang sama atau menu WhatsApp, silahkan anda memilih "Izin akses".
  • Berikutnya silahkan anda nonaktifkan telepon.
  • Selesai.

5. Nonaktifkan Nada Dering

Cara Mengalihkan Panggilan WA
Nonaktifkan Nada Dering
Metode terakhir yang dapat kami informasikan untuk anda terapkan jika ingin mengalihkan panggilan WA adalah dengan menonaktifkan nada dering.

Untuk metode ini sangat cocok anda terapkan dalam keadaan tertentu, misalnya pada saat sedang rapat atau lainnya.

Dan untuk metode ini anda akan tetap bisa masuk semua panggilan ke WA anda, namun anda tidak akan bisa mendengar suara dari panggilan nada dering yang masuk tersebut sehingga anda tidak akan terganggu.

Dan untuk metode nonaktifkan nada dering ini ada dua cara yang bisa anda gunakan yang dapat anda simak di bawah ini penjelasannya.

Cara pertama, silahkan anda simak langkah-langkah di bawah ini untuk cara mengalihkan panggilan WA dengan menonaktifkan nada dering yaitu sebagai berikut:
  • Terlebih dahulu silahkan anda membuka aplikasi WA di HP anda.
  • Lalu silahkan anda pilih "Menu", kemudian anda pilih "Setelan".
  • Langkah berikutnya silahkan anda tekan menu "Notifikasi".
  • Kemudian silahkan anda geser ke arah bawah sampai anda menemukan kolom panggilan.
  • Lalu di pilihan nada dering, silahkan anda mengatur ke opsi "Silent".
  • Selesai.

Cara kedua, untuk cara ini sangat cocok digunakan jika WA masih menampilkan bunyi, adapun langkah-langkahnya untuk cara mengalihkan panggilan WA dengan menonaktifkan nada dering yaitu sebagai berikut:
  • Terlebih dahulu silahkan anda membuka menu HP yang ada pada bagian atas.
  • Lalu silahkan anda pilih opsi "Jangan ganggu".
  • Selesai.

Alasan Mengalihkan Panggilan WA

Sekarang anda sudah mengetahui cara mengalihkan panggilan WA, dan berbicara mengenai mengalihkan panggilan ini seseorang memiliki alasan tertentu melakukan pengalihan panggilan.

Oleh karena ini dalam hal ini kami juga akan menjelaskan terkait beberapa penyebab atau alasan yang biasanya membuat seseorang melakukan pengalihan panggilan WA, untuk alasan tersebut anda bisa simak di bawah ini.

1. Sedang Sibuk

Alasan pertama yang biasanya membuat seseorang mengalihkan panggilan WA yaitu karena sedang sibuk.

Karena seperti yang kita ketahui bahwa apabila kita sedang sibuk tentu kita tidak bisa mengangkat panggilan WA, dan agar tidak terganggu oleh panggilan yang masuk, sebaiknya untuk mengalihkan panggilan tersebut.

Untuk cara mengalihkan panggilan WA anda bisa menggunakan salah satu metode yang sudah kami jelaskan di atas.

2. Sedang di Luar Jangkauan

Alasan selanjutnya yang membuat seseorang mengalihkan panggilan WA adalah karena sedang berada diluar jangkauan.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa untuk mengakses WA ini kita menggunakan jaringan internet, dan apabila sedang berada di luar jangkauan ditempat anda berada tersebut, maka anda tidak akan bisa dihubungi.

Agar anda tidak mengecewakan seseorang yang menghubungi anda karena anda tidak bisa dihubungi, sebaiknya anda mengalihkan panggilan pada nomor WhatsApp lain sehingga nantinya jika ada pesan dari seseorang tetap tersampaikan pada anda.

3. Tidak Ada Jawaban

Alasan berikutnya yang membuat seseorang mengalihkan panggilan yaitu tidak ada jawaban, dengan kata lain apabila nantinya orang yang menelepon anda tidak mendapatkan jawaban dari panggilan tersebut, sehingga membuat mereka untuk mengalihkannya.

4. Sedang Tidak Ingin diganggu

Alasan lainnya yang membuat seseorang mengalihkan panggilan WA yaitu karena tidak ingin diganggu, tentu hal ini adalah biasa yang terjadi pada setiap orang, ada saatnya mereka tidak ingin diganggu oleh siapapun melalui panggilan telepon WA karena hal tertentu.

Jika anda mengunakan HP Android, maka anda bisa mengalihkan panggilan WA dengan menggunakan metode cara mengalihkan panggilan WA melalui menu pengaturan di HP Android anda tersebut.

Akhir Kata

Itu dia informasi yang dapat kami jelaskan melalui artikel ini mengenai cara mengalihkan panggilan WA serta alasan seseorang mengalihkan panggilan WA tersebut.

Semoga dengan kami suguhkan informasi tersebut dapat dijadikan gambaran untuk anda yang sebelumnya bingung cara melakukan pengalihan panggilan WA.

Terimakasih sudah berkunjung di artikel kami dan membaca seluruh isi dari artikel ini sampai selesai, semoga dapat menambah pengetahuan pembaca.