Cara Mencari Program TV Digital 2024

Daftar Isi
Cara Mencari Program TV Digital
Cara Mencari Program TV Digital - Mungkin masih banyak di antara anda yang belum mengetahui bagaimana cara untuk mendapatkan siaran TV digital.

Para pengguna TV analog pastinya akan emrasa kebingungan pada saat pertama kali menggunakan TV digital, apabila anda masih bingung anda bisa simak ulasan ini sampai tuntas.

Anda harus memprogramkan TV digital pada saat baru pertama kali menggunakannya, anda juga perlu mencari sinyal saluran atau vhannel TV kesanyangan anda.

Siaran TV digital sudah menawarkan kualitas gambar yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan kualitas gambar yang diberikan oleh TV analog.

Hal tersebut tentunya akan sangat memanjakan mata semua para penonton atau penggunanya dalam menikmati berbagai macam cara di TV.

Pemenrintah Kementrian Komunikasi dan Informasi atau Kominfo sudah menjamin masyarakat tidak perlu lagi membayar uang iuran televisi karena sifat penyiaran digital adalah Free to air.

Semua masyarakat berhak untuk menikmati hal tersebut, nah bagi anda yang masih belum juga mengetahui bagaimana cara mencarinya, kami sudah menyediakan tutorialnya untuk anda.

Cara Mencari Program TV Digital

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda bisa langsung saja simak ulasan mengenai Cara Mencari Program TV Digital yang memang sudah kami sediakan untuk anda di bawah ini sampai selesai yaa gess yaa!!!

1. Cara Mencari Program TV Digital dengan Menggunakan Set Top Box (STB)

Cara Mencari Program TV Digital
Cara Mencari Program TV Digital dengan Menggunakan Set Top Box (STB)
Metode yang paling mudah bisa di lakukan untuk bisa menemukan saluran TV digital adalah dengan menggunakan TV dan kotak Konventer atau Set Top Box digital itu sendiri.

Set Top Box atau yang biasanya di singkat STB ini sendiri mempunyai fungsi untuk mengubah siaran digital menjadi siaran Tv analog, dimana dua benda tersebut mempunyai kemampuan untuk memindai melalui spektrum saluran TV dan akan secara otomatis.

Berbagai macam TV dengan keluaran terbaru biasanya sudah ditanamkan decorder televisi digital, sehingga tidak dibutuhkan lagi mencari atau memasangkan decorder tambahan untuk bisa menikmati atau mencari berbagai macam saluran digital.

Namun, untuk anda yang mungkin sampai dengan saat ini masih menggunakan TV lama, anda pastinya akan membutuhkan alat tersebut untuk bisa memindai saluran digital yang memang sudah tersedia.

Menyimpan Stasiun yang aktif, anda harus memahaminya secara manual atau menggunakan panduan pengguna untuk perangkat spesifik anda untuk bisa melakukan prosedur yang tepat.

Akan tetapu, biasanya hal tersebut bisa ditemukan hanya dengan menekan tombol Menu atau Set up pada remot control perangkat anda.

Setelah pemindaian saluran selesai di lakukan, maka anda bisa langsung menggunakan tombol saluran atas dan juga bawah untuk memilih saluran yang sudah di simpan di dalam memori, atau anda bisa menggunakan papan angka untuk memasukkannya secara langsung atau manual.

Sebaiknya anda melakukan pemindaian saluran sesering mungkin untuk melihat apakah saluran tambahan tersedia atau saluran yang sudah ada telah berubah.

Apabila anda sudah mendapatkan saluran TV yang diiginkan namun hasil gambarnya masih saja kurang jelas atau jernih, mungkin anda membutuhkan cara untuk menghilangkan semut tersebut.

Harus anda perhatikan, semua produsen TV berbeda jadi opsi Menu, kata-kata dan juga item yang lainnya mungkin bisa saja berbeda.

Cara yang paling terbaik untuk menyelesaikan pemindaian saluran adalah dengan merujuk ke manual yang memang sudah di sediakan.

Silahkan anda bisa langsung saja simak langkah-langkah mengenai cara mencari program TV Digital dengan menggunakan Set Top Box, yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menekan tombol Menu pada bagian Remote control TV anda.
  • Gunakanlah tombol arah untuk menggeser ke bagian Saluran pada menu, yang dimana tombol arah tersebut biasanya akan diberikan label panah yang mewakili arah dan juga fungsinya.
  • Kemudian anda tinggal tekan tombol Enter pada remote untuk beralih ke dalam menu Saluran.
  • Lalu, anda bisa menggunakan tombol arah untuk mengarahkan ke opsi Pemindaian Saluran pada menu Saluran.
  • Berikutnya, anda tinggal klik tombol Enter untuk memilih opsi Pemindaian channel digital di lakukan.
  • Anda juga akan kembali menggunakan tombol arah untuk menavigasi ke opsi Jenis Saluran yang sudah ada pada menu tersebut.
  • Bahkan anda bisa memilih salah satu dari tiga opsi seperti Analog, Digital atau Semua Saluran.
  • Selanjutnya, anda tinggal memilih Digital atau Semua Saluran dan lanjutkan dengan menekan Enter.
  • Maka, dengan begitu TV akan langsung memulai proses pemindaian saluran digital.
  • Tunggulah beberapa saat sampai pemindaian yang di lakukan selesai, lalu anda bisa keluar dari menu dan mulai menjelajahi berbagai macam saluran digital yang bisa di dapatkan oleh TV anda.
  • Selesai dech!!!
Bagaimana, sangat mudah sekali bukan cara untuk mencari saluran TV digital, apabila anda masih menggunakan Tv analog maka anda bisa mendapatkan siaran digital dengan menggunakan Set Top Box atau STB.

Namun, apabila anda tidak ingin repot-repot mengatur STB, anda bisa langsung saja beralih untuk menggunakan TV digital langsung supaya bisa mendapatkan siaran TV digital.

2. Cara Mencari Program TV Digital tanpa Set Top Box (STB)

Cara Mencari Program TV Digital
Cara Mencari Program TV Digital tanpa Set Top Box (STB)
Cara untuk mencari siaran TV digital tanpa harus menggunakan perangkat Set Top Box (STB) bisa anda lakukan bila TV anda sudah dilengkapi dengan teknologi digital.

Mengutip dari laman siaran digital Kominfo, bahwasanya TV analoh di indonesia sudah ada selama 60 tahun lamanya.

Mulai dari tanggal 2 November 2024, siaran TV analog di alihkan di ke digital dengan tujuan supaya sualitas siaran yang di dapatkan menjadi jauh lebih baik, mulai dari suaranya yang jernih sampai dengan tampilan yang jauh lebih tajam.

Bagi masyarakat yang TV di rumahnya masih menggunakan Analoh, tidak perlu mengganti TV karena pada saat ini sudah tersedia alat yang berna Set Top Box atau STB yang bisa membantu anda dalam melengkapi siaran digital.

Namun, apabila TV yang ada di rumah anda sudah digital, maka anda bisa langsung saja mencari sinyal digital tanpa harus menggunakan STB.

Supaya bisa menangkap siaran dari TV digital dibutuhkan perangkat yang bisa membantu dalam menerima siaran standar digital video Broadcasting Terrestrian Secound Generation (DVB-T2).

Biasanya dalam perangkat televisi digital, biasanya sudah di lengkapi dengan teknologi tersebut, sehingga anda sudah tidak perlu lagi menggunakan STB.

Di bawah ini sudah ada langkah-langkah mengenai cara mencari program TV Digital tanpa menggunakan Set Top Box yang bisa langsung anda terapkan, yaitu sebagai berikut:
  • Tahap pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan terlebih dahulu siaran TV digital sudah masuk atau ada di daerah anda.
  • Dengan menggunakan antena TV UHF biasa, bisa antena luar rumah atau dalam rumah.
  • Lalu anda tinggal memposisikan antena tersebut sesuai dengan ketinggian dan arah dengan lokasi pemancar multipleksing.
  • Kemudia, anda bisa langsung saja menghubungkan kabel antara antena dan juga TV.
  • Sekarang, anda hanya tinggal menyelakan TV dan masukklah ke dalam menu Pengaturan untuk mencari sinyal.
  • Selanjutnya, anda tinggal memilih DTV untuk siaran digital, biasanya berada di samping ATV untuk siaran analog.
  • Tahap berikutnya, anda tinggal klik Auto Scan untuk memindai pemograman TV digital.
  • Dan tunggulah beberapa saat sampai dengan pencarian channel TV digital selesai di lakukan.
  • Apabila sudah selesai, siaran TV akan langsung tersimpan secara otomatis dan anda bisa langsung saja menikmatinya mulai sekarang.
  • Selesai dech!!!
Sangat amat mudah sekali bukan cara untuk mencari siaran TV digital tanpa harus menggunakan perangkat Set Top box atau STB yang bisa langsung anda terapkan.

Melalui cara yang sudah kami berikan di atas, kini anda bisa menikmati berbagai macam siaran TV dengan kualitas yang sangat baik.

Terutama pada saat anda sedang berkumpul bersama keluarga dan menghabiskan waktu yang berharga dengan menonton acara TV.

Akhir Kata

Itulah dia pembahasa mengenai cara mencari program tv digital dengan menggunakan setp top box dan tanpa menggunakan set top box yang bisa langsung anda gunakan.

Anda bisa memilih salah satu dari cara yang sudah kami berikan di atas tergantung dari keinginan anda, gunakanlah cara yang menurut anda paling mudah untuk di lakukan.

Bila anda merasa ulasan yang sudah kami berikan di atas penting, jangan lupa untuk bantu share artikel ini ke teman ataupun kerabat anda yang belum mengetahuinya.

Semoga informasi yang sudah kami berikan di atas bisa menambah pengetahuan anda, sekian dan semoga bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba yaa gess yaa.