Cara Menambahkan Channel TV Digital 2024

Daftar Isi
Cara Menambahkan Channel TV Digital
Cara Menambahkan Channel TV Digital - Banyak masyarakat yang mengeluhkan saluran atau channel TV yang dimilikinya hanya sedikit pada siaran digital.

Tidak perlu khawtir akan hal itu, untuk bisa mendapatkan channel yang banyak pada saluran TV digital, anda bisa simak ulasan ini sampai tuntas.

Seperti yang sudah di ketahui, bahwasanya pemerintah melalui Kominfo pada saat ini sedang melakukan migrasi TV analog ke TV digital.

Salah satu wilayah yang sudah mengalami migrasi tersebut adalah kota solo dan juga sekitarnya yang berada di bagian jawa tengah.

Dengan adanya migrasi tersebut, masyarakat harus memasangkan Set Top Box atau STB untuk bisa menangkap siaran TV digital, khususnya televisi yang belum di bekali dengan DVB-T2.

Nah, bila sudah di pasangkan Set Top Box atau STB biasanya akan muncul permasalahan yang dimana channel yang di dapatkan sedikit, untuk bisa mendapatkan channel siaran televisi digital, anda harus melakukannya secara manual.

Dengan cara yang satu ini, artinya anda sudah bisa memilih tayangan hiburan terbaik dan juga jauh lebih berkualitas lagi.

Pastinya, seiring dengan berjalannya waktu siaran TV digital akan terus di perluas dan di perbanyak, agar anda bisa mendapatkan hiburan terbaik.

Cara Menambahkan Channel TV Digital

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda bisa langsung saja simak ulasan mengenai cara menambahkan channel TV digital yang memang sudah kami sediakan untuk anda di bawah ini sampai selesai yaa gess yaa!!!

1. Cara Menambahkan Channel TV Digital Secara Manual Menggunakan Set Top Box

Cara Menambahkan Channel TV Digital Secara Manual
Cara Menambahkan Channel TV Digital Secara Manual Menggunakan Set Top Box
Masyarakat sudah tidak bisa lagi menikmati siaran TV analog karena harus berimigrasi ke dalam siaran TV digital yang memiliki kualitas yang jauh lebih baik.

Bagi para pemilik TV tabung atau TV analog yang lainnya, wajib menambahkan yang nemanya perangkat Set Top Box atau STB supaya bisa menikmati saluran TV digital.

Harga dari STB pada saat ini juga lumayan terjangkau, dengan membeli STB senilai Rp 100 ribuan, anda sudah bisa mendapatkan STB bersertifikat Kominfo yang daftar produknya bisa di akses melalui laman Siaran Digital Indonesia.

Yang artinya, STB bersertifikat sudah sangat layak dan optimal digunakan untuk berbagai macam fungsi siaran digital yang ada di indonesia.

Masyarakat yang berpindah-pindah menonton siaran TV analoh ke TV digital bisa di pastikan akan merasakan pengalaman baru.

Karena gambar yang di tampilkan di layar beresolusi tinggi, bersih tanpa adanya bintik-bintik dan tidak akan di temukan bayangan, bahkan suara yang di hasilkan juga jernih.

Sekalipun pada saat ini belum di berlakukan ASO, namun saluran TV digital sudah mengudara, hampir setiap stasiun TV sudah siap menyambut kehadiran TV digital, dan saluran TV digital bisa di pindai secara otomatis melalui STB.

Dengan demikian, STB sendiri juga mempunyai cara pencarian saluran secara manual, pada saat ada saluran TV digital yang baru maka pencarian secara manual bisa di lakukan tanpa harus menghapus saluran-saluran yang sudah di pindai sebelumnya.

Namun, sebelum anda melakukan pencarian saluran TV digital secara manual, pastikan terlebih dahulu anda sudah mengetahui nomor MUX pemancar.

Posisikan juga antena pada arah yang optimal supaya bisa mendapatkan sinyal yang jauh lebih kuat, selanjutnya anda bisa langsung mengikuti tutorial di bawah.

Silahkan anda bisa langsung saja simak langkah-langkah mengenai cara menambahkan channel TV digital secara manual menggunakan Set Top Box atau STB, yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah instalasi unit TV tabung atau TV analog dilakukan dengan benar, yang meliputi pemasangan kabel AV atau RCA dari STB ke dalam colokan TV dan pemasangan kabel dari STB ke dalam antena ekstrernal.
  • Setelah itu, anda bisa langsung saja menyalakan TV dan juga STB, aturan jenis saluran pada TV ke AS pastikanlah logo ataupun tampilan bawaan dari STB ada pada TV.
  • Kemudian, anda bisa lanjutkan dengan menekan tombol menu pada remote STB untuk bisa masuk ke dalam pengaturan.
  • Lalu, anda tinggal memilih Saluran dan pilihlah Pencarian Saluran DTV.
  • Jangan lupa juga untuk menggunakan pilihan metode pencarian manual untuk DTV.
  • Berikutnya, anda bisa langsung saja memasukkan parameter nomor MUX dari tower pemancar.
  • Dengan begitu, maka layar TV akan langsung menunjukkan indikator sinyal saluran dari TV digital.
  • Selanjutnya, anda tinggal memutar antena luar sampai berhasil mendapatkan sinyal yang paling kuat.
  • Apabila sudah berhasil di temukan persentase kekuatan sinyal terbaik, silahakan tekan tombol Start untuk memulaikan pemindaian saluran.
  • Silahkan anda tunggu beberapa saat sampai dengan proses scan yang di lakukan selesai.
  • Bila sudah selesai, maka saluran TV digital anda sudah berhasil di pindai dan akan langsung tersimpan secara otomatis dan sudah siap untuk di saksikan.
  • Selesai dech!!!
Bagaimana, sangat mudah sekali bukan cara untuk menambahkan channel dari TV digital secara manual dengan menggunakan Set Top Box atau STB.

Menu yang sudah ada pada STB terkait dengan pencarian saluran TV digital secara manual tersebut mungkin akan berbeda dalam penamaan dan letak pada menu.

Namu, cara untuk menggunakannya kurang lebih sama di antara STB yang memang sudah tersedia di pasaran yaa guysss.

Proses manual dalam melakukan pencarian saluran TV digital lumayan berguna dalam melakukan pembaruan database MUX, termasuk juga untuk mencari saluran-saluran baru yang muncul di waktu yang akan mendatang.

2. Cara Menambahkan Channel TV Digital Secara Otomatis

Cara Menambahkan Channel TV Digital
Cara Menambahkan Channel TV Digital Secara Otomatis
Apabila anda sudah menggunakan TV digital otomatis, maka anda bisa menerima siaran langsung tanpa harus melakukannya secara manual.

Di bawah ini sudah ada langkah-langkah mengenai cara menambahkan channel TV digital secara otomatis yang bisa langsung anda terapkan, yaitu sebagai berikut:
  • Tahap pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan antena TV biasa.
  • Kemudian, anda bisa langsung memasangkannya di luar ruangan.
  • Lalu, anda harus memastikan untuk memilih tiang yang tinggi supaya kekuatan sinyal yang di dapatkan bagus.
  • Berikutnya, anda tinggal menghubungkan kabel port antena yang sudah ada di belakang TV.
  • Selanjutnya, anda bisa langsung saja menyelakan TV anda.
  • Nantinya pada remote, silahkan anda tekan tombol Menu.
  • Selanjutnya, anda tinggal memilih opsi Program > Pencarian Channel > Digital.
  • Dilanjutkan dengan menunggu selama beberapa saat sampai dengan proses penambahan channel dan juga pemindaian sudah selesai di lakukan.
  • Dengan begitu, saluran TV yang sudah berhasil di pindai akan langsung tersimpan dan bisa langsung di tonton.
  • Selesai dech!!!
Sangat amat mudah sekali bukan cara untuk menambahkan siaran TV digital secara otomatis hanya dengan melakukan beberapa tahap saja anda sudah berhasil menambahkan siaran TV.

Akhir Kata

Itulah dia pembahasan mengenai cara menambahkan channel tv digital yang bisa kami berikan untuk anda terapkan dengan sangat mudah loh guys.

Anda bisa memilih salah satu dari kedua cara yang sudah kami sediakan di atas, gunakanlah cara yang menurut anda paling mudah untuk di lakukan.

Bila anda merasa ulasan yang sudah kami berikan dia atas penting, jangan lupa bantu bagikan artikel ini ke teman ataupun kerabat anda ayng belum mengetahuinya.

Kami rasa sudah cukup uraian pada artikel kali ini, sekian dan semoga bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba yaa gess yaaa.