Cara Melihat Sertifikat Vaksin di Aplikasi Satu Sehat 2024

Daftar Isi
Cara Melihat Sertifikat Vaksin di Aplikasi Satu Sehat
Cara Melihat Sertifikat Vaksin di Aplikasi Satu Sehat - Pada awal tahun 2020, dunia di hebohkan dengan munculnya virus Corona yang menyerang masyarakat wuhan.

Setelah di ketahui, bahwasanya virus tersebut menyebar melalui droplet atau tetesan air yang menyebar pada saat orang yang sudah terinfeksi batuk atau bersin.

Untuk menekan penyebaran yang di lakukan, pemerintah merilis aplikasi Peduli Lindungi, yang dimana aplikasi tersebut bisa digunakan untuk melihat data vaksin Covid dan kemungkinan akses ke fasilitas umum.

Bukan hanya miliki sendiri, anda juga bisa melihat data orang lain pada kartu keluarga yang sama, masyrakat yang sudah di vaksin jug bisa mendapatkan setifikat pada aplikasi tersebut.

Pada saat ini, sebagai dukungan terhadap program pemerintah, semua transportasi umum mewajibkan masyarakatnya mempunyai sertifikat vaksin supaya bisa menikmati layanan yang ada di dalamnya.

Nah, pada bulan Maret 2024 aplikasi peduli lindungi resmi mengganti namanya menjadi aplikasi Satu Sehat, hal tersebut akhirnya membuat sebagian orang kebingungan dengan cara melakukan pengecekkan sertifikat vaksin.

Indonesia tetus berbenah dalam menyediakan sistem kesehatan yang terintegrasi, salah satu langkahnya adalah dengan memperbarui aplikasi Peduli Lindungi menjadi Satu Sehat.

Tranformasi yang satu ini dimulai pada tanggal 1 Maret 2024 dengan mengganti nama, logo, fitur dan juga tampilan pada aplikasinya, logo yang sebelumnya berwarna biru kini menjadi warna hijau khas logo kementrian kesehatan.

Perubahan tersebut juga ternyata berpengaruh terhadap cara melakukan pengecekkan sertivikat vaksin yang akan di lakukan.

Aplikasi Satu Sehat pada saat ini sudah menjadi aplikasi kesehatan yang sudah terhubung dengen rekam medis pasien dalam indonesia Health services atau IHS, Satu Sehat sendiri rilis pada tanggal 26 Juli tahun lalu.

Dengan kehadiran aplikasi tersebut menjadi perpanjangan pilar keenam tranformasi sistem kesehatan yaitu pilar transformasi teknologi kesehatan.

Selain itu, harapan untuk kedepannya aplikasi baru tersebut bisa mendukung penerapan lima pilar tranformasi kesehatan yang lainnya, yaitu tranformasi layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, pembiayaan kesehatan dan juga SDM kesehatan.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan anda informasi bagaimana cara untuk melihat sertivikat vaksin melalui aplikasi Satu Sehat yang bisa langsung anda terapkan.

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda bisa langsung saja simak ulasan mengenai Cara Melihat Sertifikat Vaksin di Aplikasi Satu Sehat yang memang sudah kami sediakan untuk anda di bawah ini sampai selesai yaa gess yaa!!!

Cara Melihat Sertifikat Vaksin di Aplikasi Satu Sehat Terbaru

Cara Melihat Sertifikat Vaksin di Aplikasi Satu Sehat
Cara Melihat Sertifikat Vaksin di Aplikasi Satu Sehat Terbaru
Masyarakat indonesia harus memahami bagaimana cara untuk melihat sertifikat vaksin pada aplikasi Satu Sehat, karena aplikasi tersebut merupakan pengganti aplikasi Peduli Lindungi yang sebelumnya digunakan untuk melacak penyebaran Covid-19.

Per tanggal 1 maret 2024, aplikasi Peduli Lindungi ini sudah resmi bertansformasi menjadi aplikasi Satu Sehat Mobile loh guys.

Menurut laman resmi dari SehatNegeriku Kemenkes, Peduli Lindungi sudah bertansformasi secara otomatis menjadi sistem layanan yang terpadu Satu Sehat Mobile, jadi masyarakat tidak perlu lagi menginstall aplikasi tambahan pada perangkat smartphonenya.

Fitur-fitur yang sudah sebelumnya di dalam aplikasi Peduli Lindungi tetap hadir pada aplikasi satu Sehat, termasuk juga vaksinasi Covid-19, lalu bagaimana cara untuk melihat sertifikat vaksin pada aplikasi Satu Sehat Mobile?

Seperti yang sudah kami katakan di atas, aplikasi Peduli Lindungi akan berubah secara otomatis menjadi aplikasi Satu Sehat Mobile.

Dengan begitu, masyarakat yang sudah mengunduh aplikasi Peduli Lindungi sebelumnya hanya perlu melakukan update pada aplikasi melalui Play store ataupun App Store.

Profil anggota dan juga sertifikat beserta dengan tiket vaksin Covid-19 juga akan ikut tersinkronisasikan secara otomatis.

Jadi anda sebagai pengguna hanya tinggal lohin dengan menggunakan nomor handphone atau email yang sudah terdaftar pada aplikasi Peduli Lindungi untuk mulai menggunakan aplikasi Satu Sehat Mobile.

Silahkan anda bisa langsung saja simak langkah-langkah mengenai cara melihat sertifikat vaksin di aplikasi Satu Sehat yang bisa langsung anda terapkan, yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka aplikasi Satu Sehat yang sudah ada di dalam perangkat anda.
  • Apabila anda sudah berada di dalam beranda aplikasi tersebut, silahkan anda klik fitur Vaksin dan Imunisasi.
  • Kemudian, anda bisa langsung lanjutkan dengan mengklik menu Vaksin Dewasa untuk melihat sertifikat vaksin Covid-19 ataupun non Covid,.
  • Lalu, anda bisa langsung saja masuk ke dalam menu Profil atau nama pengguna yang sudah ada di sebelah kiri atas.
  • Berikunya, pada halaman aplikasi akan secara otomatis menampilkan riwayat setifikat vaksin Covid-19 pengguna.
  • Selanjutnya, anda langsung klik pada sertifikat apabila anda ingin melihat informasinya lebih rinci.
  • Langkah yang terakhir, anda tinggal klik Unduh Sertifikat yang sudah ada di bagian bawah halaman utama untuk download dokumen tersebut.
  • Selesai dech!!!
Bagaimana, sangat mudah sekali bukan cara yang bisa anda lakukan untuk melihat sertifikat vaksin melalui aplikasi Satu Sehat yang bisa langsung anda terapkan.

Bahkan dimasa yang akan mendatang, aplikasi Satu Sehat bisa anda gunakan untuk mengakses berbagai macam informasi kesehatan.

Cara untuk melakukan pengecekkan sertifikat vaksin pada aplikasi yang satu ini juga sangatlah mudah untuk di lakukan, sehingga anda bisa terus mengandalkan aplikasi ini kedepannya.

Untuk memastikan akses fasilitas kesehatan sudah terpenuhi dengan baik, maka anda juga bisa mempertimbangkan untuk melengkapi proteksi dari asuransi kesehatan swasta.

Supata tidak salah pilih, anda bisa mempelajarinya terlebih dahulu produk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan dalam ebook gratis.

Fitur-Fitur Aplikasi Satu Sehat Mobile

Cara Melihat Sertifikat Vaksin di Aplikasi Satu Sehat
Fitur-Fitur Aplikasi Satu Sehat Mobile
Aplikasi Peduli Lindungi yang berubah menjadi aplikasi Satu Sehat ini juga akan di kembangkan sebagai Citizen Health Apps, yang dimana aplikasi ini merupakan aplikasi personal di masyarakat.

Aplikasi Satu Sehat dari hasil tranformasi Peduli Lindungi ini tidak bisa di buat secara spesifik seperti aplikasi Peduli Lindungi, karena platform yang baru ini akan menyediakan layanan kesehatan yang jauh lebih luas, seperti:

Kehadiaran aplikasi Satu Sehat ini dinilai bisa mempermudah masyarakat dalam menyusun data kesehatan secara ringkas dan jauh lebih rapi.

Oleh karena itu, para penggunanya bisa melihat dengan sendiri data yang di butuhkan seperti sertivikat vaksin, imunisasi anak sampai dengan pencatatan jenis obat yang di konsumsi.

Kemenkes sudah menjamin data kesehatan masyarakat pada aplikasi Peduli Lindungi yang akan berubah menjadi aplikasi Satu Sehat ini.

Kementrian sudah menggandeng sejumlah pihak terkait seperti Badan Siber dan Sandi Negara atau BSSN dan juga kementrian komunikasi dan juga informasikan atau Kominfo.

Di bawah ini sudah ada beberapa daftar fitur dari aplikasi Satu Sehat yang harus anda ketahui setelah anda mengetahui cara melihat sertifikat vaksin di aplikasi Satu Sehat, yaitu sebagai berikut:

A. Checkin

Sama halnya dengan aplikasi Peduli Lindungi, fitur yang satu ini biasanya digunakan untuk memindai barcode pada saat akan memasuki ruang publik.

Yang dimana, para penggunanya bisa langsung mengatur check in hanya dengan menambahkan beberapa anggota saja untuk bergabung di dalamnya.

B. Resume Medis

Fitur yang satu ini bisa memungkinkan para penggunanya untuk melakukan berbagai macam hal seperti yang ada di bawah ini:
  • Melihat semua hasil tes yang sudah keluar.
  • Memantau penanganan pada fasilitas kesehatan.
  • Mengetahui penanganan yang selanjunya hanya dengan melakukan rekam medis.
  • Selain itu, anda juga bisa mengetahui dan juga memahami obat-obatan yang sudah di terima.
  • Hasil dari rekam medis pengguna akan langsung muncul pada aplikasi Satu Sehat apabila fasilitas kesehatan sudah terintegrasi dengan paltform.

C. Vaksin dan Imunisasi

  • Melihat Riwayar dan juga setifikat vaksin covid dan juga non covid.
  • Bisa memerika tiket vaksin.
  • Melakukan vaksin non indonesia.
  • Memverifikator Check In atau memverifikasi surat vaksin dari luat negeri yang sudah di bawa oleh warga negara asing atau WNA.

D. Hasil Tes Covid-19

Fitur yang satu ini bisa di gunakan untuk memeriksakan hasil dari riwayar tek covid-19 pada lab yang sudah terafiliasi oleh Kemenkes baik itu pada Lab Tes PCR ataupun Lab Tes Antigen.

E. Mencari Rawat Inap

Fitur yang berikutnya ini bisa memungkinkan para penggunanya untuk mencari fasilitas kesehatan untuk melakukan rawat inap.

Apabila anda belum mengetahui cara untuk melakukannya anda bisa langsung simak langkah-langkah di bawah ini mengenai cari rawat inap setelah anda mengetahui cara melihat setifikat vaksin di aplikasi Satu Sehat, yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memilih tempat tidur untuk pasien covid-19 atau non covid.
  • Kemudian, anda tinggal memilih provinsi.
  • Lalu, anda tinggal melanjutkan dengan memilih kabupaten atau kota.
  • Yang terakhir anda tinggal klik opsi Cari.
  • Selesai dech!!!

F. Pelayanan Kesehatan

Dengan adanya fitur yang satu ini, para pengguna bisa memeriksa daftar fasilitas kesehatan pada saat ini, yang dimana fitur ini hanya bisa menampilkan data untuk dua fasilitas kesehatan, yaitu:
  • Daftar Lab pemeriksaan PCR.
  • Daftar Lab pemeriksaan Antigen.

G. Berita

Aplikasi Satu Sehat ini juga sudah mempunyai menu khusus yang bisa digunakan untuk mengakses berita mengenai kesehatan, namun fitur yang satu ini masih belum bisa digunakan.

Akhir Kata

Itulah dia seluruh pembahasan mengenai cara melihat sertifikat vaksin di aplikasi satu sehat yang bisa kami berikan untuk anda terapkan dengan sangat mudah.

Dengan adanya penjabaran di atas, kami harap anda sudah tidak kebingungan lagi apabila anda ingin melihat sertifikat vaksin yang anda miliki pada aplikasi satu sehat.

Bila anda merasa ulasan yang kami berikan di atas penting, jangan lupa untuk bantu share artikel ini ke teman ataupun kerabat anda yang belum mengetahuinya.

Semoga penjelasan yang kami berikan pada artikel kali ini bisa menambah pengetahuan anda, sekian dan semoga bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba yaa gess yaa.