Cara Kirim Lamaran Via Email 2024

Daftar Isi
Cara Kirim Lamaran Via Email
Cara Kirim Lamaran Via Email - Email atau yang biasanya di sebuat dengan surat elektronik (surel) merupakan salah satu media komunikasi yang memang sudah ada sejak lama.

Kemunculan email pada zaman dahulu mempunyai tujuan sebagai media komunikasi yang bisa memberikan kemudahan untuk setiap penggunanya.

Biasanya, email digunakan oleh mereka yang mempunyai kepentingan bersifat formal seperti bisnis dan juga kepantingan dalam dunia perkantoran.

Walaupun perkembangan media sosial pada saat ini sudah semakin meningkat bisa menggeser sejumlah pengguna email, sebagian besar orang atau instansi masih menggunakan email untuk suatu kepantingan.

Yang dimana, hal tersebut dikarenakan adanya beberapa pendapat untuk mereka yang jauh lebih memilih email untuk mengurus kepentingannya.

Di bandingkan dengan media sosial yang lainnya, email sendiri dikategorikan sebagai media sosial yang sangat murah atau bahkan gratis.

Misalnya seperti provider yang memang sudah di sediakan oleh Gmail, Yahoo, dan juga Outlook, kebanyakan dari mereka memberikan akes yang sangat mudah dengan biaya yang rendah atau bahkan gratis untuk para penggunanya.

Sejatinya, walaupun email sudah tergeser oleh media sosial yang pada saat ini semakin canggih, sebgaian besar orang tidak akan keberatan apabila dimintai alamat email mereka, hal tersebut dikarenakan email juga bisa menjadi suatu kebutuhan bagi sebagian besar orang.

Bagi anda yang menggunakan email untuk pekerjaan anda, fitur arsip dalam email tentunya sudah tidak bisa di ragukan lagi.

Fitur arsip yang sudah ada di dalam email pada umumnya sering kali digunakan sebagai tanda bukti atas kejadian antar pekerja, sehingga akuntabilitas dalam email tentunya sudah tidak bisa di ragukan lagi.

Sebagian besar dari masyarakat juga masih menggunakan email sebagai media komunikasi untuk saling bertukar file dan juga dokumen seperti foto, video dokumen dari microsoft words, dan juga dokumen atau file yang sejenisnya.

Melalui email, anda juga sudah tidak perlu khawatir lagi dan juga terganggu karena adanya spamming notification pada saat pesan masuk walaupun berbeda time zone.

Berkaitan dengan hal tersebut, keberadaan email sejauh ini masih menjadi urgensi bagi setiap kalangan ataupun instalasi, khusus pada perusahaan yang pada umumnya lebih menekankan penggunaan email sebagai urusan bisnis atau pekerjaan yang lainnya.

Dilansir dari emailkerja.id sudah di jelaskan bahwa sangat pentingnya sebuah bisnis menggunakan alamat emal profesional, karena dengan menggunakan email sebuah bisnis bukan hanya bisa berkomunikasi dengan customernya namun juga akan membentuk akun pada saluran pemasaran digital.

Saluran digital tersebut bisa dicontohkan seperti iklan pada sosial media, iklan pada search engine, dan juga iklan yang sudah ada pada forum ataupun marketplace.

Pastinya, akan sangat penting bagi seseorang dalam menjalankan bisinisnya karena dengan menggunakan, pelaku bisnis bisa dengan leluasa melakukan pengaturan terhadap akun bisnis yang dijalankan untuk tahap kedepannya.

Menyinggung email bisnis dan juga email pribadi, beradasrkan dari jenis alamatnya email bisa dibagi menjadi dua bagian yaitu email profesional dan juga email gratis.

Email profesional sendiri adalah penggunaan alamat email dengan menyesuaikan pada bisnis yang sedang anda jalankan, contoh email profesional yaitu anisans@1001media.id.

Yang dimana alamat email yang digunakannya akan mencantum nama perushaan yang bernama 1001media.id, tentunya email anda akan mempunyai kesesuaian dengan bisnis ataupun perushaan tersebut.

Sedangkan untuk email gratis adalah email yang pada umunya masih sering kali digunakan, dimana alamat emailnya masih menginduk pada layanan gratisan sebagai contoh jualboba@gmail.com, ayamtaliwang@yahoo.com dan yang sejenisnya.

Dari semua contoh yang sudah kami berikan di atas merupakan alamat email gratisan yang dimana alamatnya masih menggunakan layanan daro Yahoo dan juga Gmail.

Tentu saja dari keseluruhan jenis tersebut anda bisa menggnakannya sesuai dengan kepentingan yang akan anda lakukan.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan anda informasi bagaimana cara untuk mengirim surat lamaran melalui email dengan sangat mudah.

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda bisa langsung saja simak ulasan mengenai Cara Kirim Lamaran Via Email yang memang sudah kami sediakan untuk anda di bawah ini sampai selesai yaa gess yaa!!!

Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email

Cara Kirim Lamaran Via Email
Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email
Dengan masih sangat pentingnya kegunaan email sampai dengan saat ini, sudah banyak sekali perusahaan yang jauh lebih menekankan pada pelamar kerja untuk menggunakan email dalam mengirim persyaratan kerjanya.

Selain itu, pada zaman saat ini sudah banyak sekali perushaan yang melakukan rektrumen lebih menekanlah pada pelamar untuk mengirimkan lamarannya dalam bentuk digital dari pada dalam betuk fisik.

Tentunya hal tersebut sudah ada regulasi pada penggunaan email untuk pelamar yang akan mengirimkan lamarannya ke email perusahaan.

Karena, pada saat anda melampirkan lamaran pekerjaan melalui email, tentunya anda tidak semabarangan atau dengan mudah melampirkan berkas persyaratan begitu saja.

Setiap perusahaan pastinya sudah terdapat seorang HRD atau Recruiter yang akan mengamati bagaimana tata aturan penulisan email untuk bisa melampirkan berkas persyaratan kerja anda.

Hampir sama dengan anda mengirimkan lamaran kerja secara langsung tanpa melalui perantara email, yang pastinya dibutuhkan beberapa persyaratan (Umumnya dokumen lengkap) sebelum anda mengirim lamaran kerja.

Di bawah ini sudah ada beberapa persyaratan yang harus anda penuhi terlebih dahulu sebelum anda masuk ke dalam cara kirim lamaran via email ini, yaitu sebagai berikut:

A. Mempersiapkan Berkas yang Berkaitan dengan Data Diri

Hal pertama yang harus anda lakukan atau persiapkan sebelum mengirimkan lamaran kerja melalui Email adalah mempersiapkan berkas-berkas pendukung.

Dalam hal ini, berkas-berkas yang di maksud merupakan berkas yang memang masih berkaitan dengan data diri anda, seperti pas foto, scan KTP, Scan SIM (bila di haruskan) dan lain sebagainya.

B. Membuat CV

Bagaimana seorang rekutrer bisa mengetahui kemampuan dari pelamar? Jawabanya adalah dengan melihat CV si pelamar.

Oleh karena itu, pada saat anda akan mengirimkan lamaran kerja melalui email, anda harus bisa memastikan terlebih dahulu bahwa anda sudah mengirimnya dengan menyertakan CV.

Bukan hanya itu saja, CV ini juga harus terus di update supaya bisa menjadi jauh lebih berkualitas dan bisa di pahami dengan baik.

C. Menggunakan Alamat Email Profesional

Gunakanlah email profesional yang dimana merupakan hal yang memang harus di persiapkan sebelum melemar pekerjaan melalui email.

Dengan adanya alamat email profesional tersebut, maka seorang pelamar akan dianggap sudah serius untuk masuk ke dalam dunia kerja.

Cara Kirim Lamaran Via Email yang Benar

Cara Kirim Lamaran Via Email
Cara Kirim Lamaran Via Email yang Benar
Silahkan anda bisa langsung saja simak langkah-langkah mengenai Cara Kirim Lamaran Via Email yang benar bisa langsung anda terapkan, yaitu sebagai berikut:

Langkah 1: Memastikan Alamat Email Sudah Sesuai dengan Namamu

Sebenarnya sah-sah saja anda memiliki alamat email dengan menggunakan nama yang cenderung berlebihan atau terkesan tidak formal seperti alamat email yang sudah sangat sering di jumpai pada anak-anak mudah zaman sekarang seperti AcicaSans@yahoo.com atau Icaacute@yahoo.com.

Apabila anda ingin melamar pekerjaan dan perushaan mewajibkan anda untuk mengirimkan lamaran melalui Email, hindarilah penggunaan email dengan penamaan yang sukar untuk di baca.

Penggunaan nama email yang rumit dan lebih terkesan tidak format akan menjadi suatu perbandingan tersendiri untuk seorang HRD atau Recruiter.

Bagaimanam tidak, dengan menggunakan penaam alamat email yang di sesuaikan dengan nama anda, pastinya HRD atau seorang Recruiter akan jauh lebih mudah dalam mengenali anda.

Langkah 2: Memastikan Berkas Lamaran Kerja Anda tidak Lebih dari 1MB

Apabila file berkas lamaran yang sudah anda lampirkan mempunyai kapasitas ukuran yang jauh lebih dari 1MB, maka anda harus mengecilkannya sampai ukurannya kurang dari 1MB.

Kenapa harus begitu? Dalam penggunaan file berkas untuk lamaran kerja dengan ukuran kurang dari 1MB akan sangat memudahka HRD atau recruiter untuk mengunduh file berkas lamaran anda.

Dimana hal tersebut tentu akan menghindari penyitaan waktu yang memang dimiliki oleh HRD atau seorang Recruiter tersebut.

Selain itu juga, kebelihan lain yang akan di dapatkan dalam menggunakan file yang kurang dari 1 MB adalah kemudahan HRD dalam mengunduh file dan mengurangi pemborosan kuota.

Dengan kapasitas file yang kurang dari 1 MB anda juga akan lebih ringan dalam melampirkan file berkas lamaran kerja anda, karena anda bukan hanya mengirimkan satu dokumen saja.

Langkah 3: Mengindari Mengirim Berkas Lamaran Kerja dengan Format Zip/Rar

Pastikanlah berkas lamaran yang sudah anda siapkan tidak menggunakan format Zip ataupun rar, bentuk Zip dan juga rar merupakan bentuk file kompresi yang memungkinkan sejumlah file dikumpulkan menjadi satu dengan ukuran yang jauh lebih kecil.

Tentunya, dengan dekstripsi file tersebut akan jauh lebih memperkecil ukuran file, akan tetapi hal tersebut akan mempersulit HRD atau Recruiter untuk mengubah file berkas lamaran anda.

Pada kasus tersebut, HRD akan mengextrack file anda terlebih dahulu, yang dimana hal tersebut akan menyita waktu seorang HRD arau Recruiter.

Masalah tersebut harus anda lakukan pengecekkan kembali file berkas lamaran kerja anda sebelum anda lampirkan pada email perushaan yang ingin anda lamar dan pastikanlah bahwa file anda sesuai dengan ketentuan yang sudah perusahaan beritahukan.

Langkah 4: Menggunakan Bahasa Resmi

Dari semua tips yang sudah kami jabarkan di atas, yang paling penting diantaranya adalah penggunaan bahasa resmi atau formal baik dalam bahasa indonesia ataupun bahasa inggris.

Sebisa mungkin anda harus menghindari penggunaan bahasa yang kurang sopan atau tidak resmi seperti bahasa yang digunakan dalam sehari-hari dengan teman sebaya yang dalam penggunaanya menggunakan sapaan Aku, Kamu atau Gue, Lo.

Dalam penggunaan bahasa ini tentunya anda juga harus memperhatikan penulisan dalam setiap kata yang anda tuliskan.

Perhatikanlah tanda baca dan juga penggunaan huruf kapital pada nama perushaan, nama anda, dan juga nama HRD atau Recruiter yang anda tuju.

Dari keseluruhan tersebut anda juga harus memastikan bahwasanya penulisan anda tidak typo, karena hal tersebut terkesan sangat tidak teliti.

Langkah 5: Tulislah Subject Secara Jelas

Subject merupakan salah satu bagian dari email yang sangat mudah untuk di kenali oleh penerima, karena letak subject yang dianggap sebagai kepala email.

Pada saat seorang penerima membuka email yang anda kirimkan, bagian yang pertama kali yang akan di baca adalah bagian kepala email yang salah satunya adalah subject.

Biasanya, perusahaan juga akan memberikan arahan berupa ketentuan yang bisa anda ikuti dalam menuliskan subject, hal tersebut biasanya untuk menghindari kerumitan penulisan subject.

Dikarenakan dalam penulisan subject anda harus menuliskannya secara singkat dan juga jelas, contoh formar penulisan subject yaitu Job Applivartion-(posisi), selain itu anda juga bisa menambahkan nama lengkap seperti Anisa Nirmala-Content Writer-Job Application.

Tentunya, dengan menuliskan nama lengkap pada subject akan jauh lebih memudahkan HRD untuk bisa mengetahui tujuan dari email anda.

Pada umumnya, sebagian besar khusus untuk seorang pemula, banyak yang kurang teliti dalam menuliskan subject untuk lampiran lamaran pekrjaan mereka.

Kesalahan lainnya yang memang harus anda hindari juga adalah penulisan subject yang rumit dan juga memiliki banyak penjelasan.

Yang dimana hal tersebut bisa memungkinkan membuat HRD kebingungan, dari keseluruh tersebut pastikan dan cermati kembali apakah penulisan subject dan berkas lamaran anda sudah sesuai dengan ketentuan sebelum anda mengirimkannya dan untuk mengindari penyesalan dalam melampirkan lamaran kerja anda.

Akhir Kata

Itulah dia seluruh pembahasan mengenai cara kirim lamaran via email yang bisa kami berikan untuk anda terapkan dengan sangat mudah loh guys.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan dan juga pengetahuan anda, jadi pada saat akan mengirim berkas lamaran melalui email tidak kebingungan lagi.

Jika anda merasa uraian yang kami berikan di atas penting, jangan lupa untuk bantu bagikan ke teman ataupun kerabat anda yang belum mengetahuinya.

Demikianlah segala uraian pada kali ini yang bisa kami berikan, sekian dan semoga bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba yaa gess yaa.