Cara Agar Sinyal TV Digital Bagus 2024

Daftar Isi
Cara Agar Sinyal TV Digital Bagus
Cara Agar Sinyal TV Digital Bagus
- Saat ini migrasi siaran televisi analog ke televisi digital sudah berjalan di berbagai daerah di tanah air.

Meski demikian, masyarakat sering dihadapi oleh kualitas sinyal sehingga banyak orang yang berusaha mencari cara untuk memperkuat sinyal TV digital.

Tentunya adanya kendala sinyal TV digital akan mengganggu saat menonton TV sehingga perlu untuk mencari solusi dari kendala tersebut.

Faktanya ada beberapa penyebab mengapa sinyal TV digital melemah, misalnya daerah tempat tinggal anda belum mendapatkan jangkauan sinyal digital yang memadai.

Memang biasanya hal tersebut bisa menyebabkan TV digital anda tidak menampilkan semua atau beberapa siaran stasiun televisi.

Selain itu, hal tersebut juga dikarenakan posisi antena keliru sehingga sinyal TV digital menjadi lemah apalagi jika antena tersebut diletakkan di dalam ruangan.

Apabila anda mengalami kendala-kendala semacam itu, dibawah ini kami telah menyiapkan beberapa trik cara agar sinyal TV digital bagus.

Bagaimana Cara Memperkuat Sinyal TV Digital dengan Mudah?

Karena minat masyarakat akan TV digital semakin meningkat, hal ini bisa dilihat dari tingginya permintaan antena atau STB untuk menyiarkan saluran tersebut.

Pasalnya, kelebihan yang ditawarkan oleh TV digital yang menjadi alasan utama masyarakat untuk berpindah dari TV analog ke TV digital.

Namun sayangnya, kualitas yang diberikan TV digital yang ada di Indonesia masih tergolong lemah dikarenakan kondisi geografis yang luas.

Oleh karena itulah, transmisi atau pemancar frekuensi UHF ini dibangun dengan jumlah yang banyak agar dapat digunakan secara merata.

Langkah pemerataan ini masih sering terhambat terlihat dari banyaknya area yang belum mendapatkan sinyal UHF.

Dengan demikian, transmisi UHF hanya bisa mencakup wilayah yang kecil terutama di perkotaan sehingga masyarakat yang hidup jauh dari pusat transmisi akan mendapatkan sinyal semakin lemah.

Hal tersebutlah yang mengakibatkan jumlah saluran yang bisa diakses hanya sedikit meskipun sudah mendapatkan siaran yang berkualitas jernih dan bagus.

Akan tetapi anda tidak perlu khawatir lagi karena masih bisa memperkuat sinyal TV digital demi kenyamanan menikmati hiburan di layar kaca sekaligus merasakan variasi hiburan.

Cara Agar Sinyal TV Digital Bagus

Untuk mendapatkan solusinya, anda bisa simak ulasan dibawah ini terkait cara agar sinyal TV digital bagus.

1. Menggunakan STB Sesuai Rekomendasi

Cara Agar Sinyal TV Digital Bagus
Menggunakan STB Sesuai Rekomendasi
Cara agar sinyal TV digital bagus pertama adalah menggunakan STB sesuai rekomendasi, penggunaan TV analog disertai STB ini merupakan jalan keluar untuk anda yang belum beralih ke TV digital.

Akan tetapi, anda harus menggunakan STB berkualitas yang direkomendasikan oleh Kemenkominfo sendiri.

Kemenkominfo telah merilis informasi terkait daftar STB berkualitas yang bersertifikasi SNI dan sudah terbukti efektif menangkap sinyal pada TV digital.

Dengan demikian, anda bisa memanfaatkan trik pertama ini untuk bisa memperkuat sinyal TV digital.

2. Menggunakan Antena Khusus

Cara Agar Sinyal TV Digital Bagus
Menggunakan Antena Khusus
Tidak sedikit orang yang menggap bahwa penggunaan antena analog biasa masih dapat diandalkan untuk menangkap sinyal TV digital.

Nyatanya anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar karena tidak semua antena pada TV analog berkualitas untuk bisa menangkap sinyal TV digital.

Cara agar sinyal TV digital bagus alangkah baiknya jika anda menggunakan antena khusus sinyal digital yang terbukti dapat menangkap sinyal tersebut secara maksimal demi kualitas TV yang lebih baik.

3. Perhatikan Posisi Antena

Cara Agar Sinyal TV Digital Bagus
Perhatikan Posisi Antena
Selain kedua trik diatas, cara agar sinyal TV digital bagus adalah dengan memperhatikan posisi antena sehingga menentukan kualitas siaran TV.

Anda dapat mengubah posisi antena dan meletakkannya pada posisi yang menurut anda tepat hingga mendapatkan siaran yang maksimal.

Jadi, pastikan posisi antena yang baru bisa menangkap sinyal TV digital secara maksimal sehingga akan menghasilkan siaran berkualitas.

4. Cek Komponen Penghubung Antena-TV

Cara Agar Sinyal TV Digital Bagus
Cek Komponen Penghubung Antena-TV
Cara agar sinyal TV digital bagus berikutnya adalah dengan melakukan pemeriksaan komponen penghubung antena TV.

Anda bisa luangkan waktu untuk memeriksa komponen penghubung antena dan TV, terkhusus pada bagian jack dan kabel konekter.

Jika anda menemukan komponen sudah rusak maka harus segera diganti agar penangkapan sinyal TV digital tidak terganggu.

5. Gunakan Booster Antena

Cara Agar Sinyal TV Digital Bagus
Gunakan Booster Antena
Booster antena TV digital merupakan perangkat teknologi yang digunakan untuk memperkuat sinyal pada antena TV indoor.

Posisi antena yang ditelatkkan di dalam ruangan memang kerap membuat sinyal digital yang ditangkap menjadi terbatas.

Jadi, cara agar sinyal TV digital bagus anda dapat menggunakan booster tersebut untuk memaksimalkan penangkapan sinyal TV digital terutama jika lokasi tempat tinggal anda terbilang jauh dari pemancar.

Selain kelima cara memperkuat sinyal TV digital diatas, anda juga bisa melakukan pengecekan sinyal TV digital di daerah tempat tinggal anda untuk memastikan penyebab sinyal lemah.

Caranya adalah dengan mengakses https://siarandigital.kominfo.go.id agar dapat mengecek jangkauan sinyal pada masing-masing wilayah.

Jika sudah klik opsi "Peta Lokasi Penyiaran", dengan begitu anda dapat mengakses informasi sebaran sinyal secara rinci.

Selain itu, anda juga bisa mengunduh aplikasi SinyalTVDigital baik di Android maupun iOS secara spesifik di setiap daerah.

Akhir Kata

Itulah seluruh isi pembahasan yang dapat kami jabarkan kepada anda seputar cara agar sinyal TV digital bagus.

Tips di atas tentu sangat berguna untuk dipraktekkan agar kualitas sinyal TV digital anda menghasilkan hasil yang maksimal.

Oleh karena itu, pahami dengan benar trik agar sinyal TV digital bagus diatas sehingga anda bisa menikmati layanan televisi dengan nyaman bersama keluarga.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan kepada anda mengenai tutorial mendapatkan sinyal TV digital bagus pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.