Cara Screenshot di Komputer 2024

Daftar Isi
Cara Screenshot di Komputer
Cara Screenshot di Komputer - Screenshot Windows 10 tidaklah sulit dilakukan, mengingat fitur Creenshot yang ada di PC atau Laptop merupakan sebuah instrumen yang sering dibutuhkan.

Salah satu manfaat dari Screenshot ini adalah memudahkan pengguna ketika ingin menyimpan informasi penting yang ia dapatkan ketika mengoperasikan Laptop atau PC.

Ada beberapa cara Screenshot Windows 10 yang mudah dan cepat, namun sebelum itu ada beberapa langkah yang perlu dipelajari terlebih dahulu.

Bagi para pengguna Laptop dengan basis windows 10, bisa melakukan tangkapan layar atau Screenshot dengan cara menekan tombol Print Screen (prtsc) yang ada di bagian atas kanan Keyboard.

Hasil tangkapan tersebut nantinya akan tersimpan secara otomatis di Clipboard.

Namun dalam kasus yang berbeda, beberapa Laptop membutuhkan tombol Fuction yang lain supaya bisa melakukan tangkapan layar.

Dibawah ini sudah kami sediakan beberapa tahapan untuk melakukan cara Screenshot di Komputer atau Laptop di Windows 10. Simak sampai selesai yaa!

Cara Screenshot di Komputer atau Laptop

Mengambil Screenshot atau tangkapan layar merupakan cara cepat dan mudah untuk menangkap dan menyimpan sebagian atau seluruh layar di perangkat yang digunakan.

Mulai dari tampilan game sampai gambar yang ingin anda bagikan kepada teman bisa tersimpan pada arsip di komputer anda.

Perlu diketahui bahwa jika anda mengambil tangkapan layar atau SS di Laptop dengan sistem operasi Windows, maka anda hanya bisa menggunakan satu metode untuk melakukannya.

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menyimpan tampilan di layar Gadget anda, simak beberapa caranya dalam article dibawah ini.

1. Windows Key + Shift + S

Cara Screenshot di Komputer
Windows Key + Shift + S
Cara pertama untuk melakukan tangkapan layar di Windows 10 adalah dengan menekan Shortcut Windows+Shift+S.

Cara screenshot di Komputer ini berbeda dengan cara screenshot Windows 10 sebelumnya, penggunaan Shortcut ini akan membawa penggunanya ke aplikasi bawaan windows yaitu Snip & Sketch.

Ketika pengguna menekan tombol Shortcut, nantinya akan muncul layar Laptop atau PC akan redup dan muncul petunjuk Mouse.

Kemudian pengguna dapat menentukan sendiri pada bagian tampilan atau layar mana yang akan di Screenshot.

Tidak hanya itu, pengguna juga dapat sekaligus melakukan proses editing dari hasil tangkapan layarnya di aplikasi bawaan Snip & Sketch dan menyimpannya dengan menekan ikon Save di bagian atas.

2. Windows Key + PrtSc

Cara Screenshot di Komputer
Windows Key + PrtSc
Dengan melakukan kombinasi Shortcut Windows + PrtSc anda bisa menghasilkan tangkapan layar di Laptop atau Komputer.

Untuk melakukan cara Screenshot di komputer, pengguna juga bisa mengkombinasikan tombol lainnya seperti Fn+Windows+PrtSc.

Nantinya hasil dari tangkapan tersebut akan tersimpan secara otomatis pada folder Picture dengan nama sub folder Screenshot.

3. Tombol Print Screen (PrtScn)

Cara Screenshot di Komputer
Tombol Print Screen (PrtScn)
Untuk menangkap seluruh tampilan layar, anda bisa menekan tombol Print Screen (PrtScn), tangkapan layar ini akan disimpan sebagai berkas namun akan disalin ke Clipboard.

Karena itulah, untuk melakukan cara Screenshot di Komputer ini anda harus membukan aplikasi pengediran gambar seperti Microsoft Word atau Paint.

Setelah itu, salin Screenshot yang baru diambil ke aplikasi tersebut! Saat hasil tangkapan terlihat, anda tinggal menyimpannya.

4. Windows + Volume Turun

Cara Screenshot di Komputer
Windows + Volume Turun
Kalau anda menggunakan perangkat Microsoft Surface, anda bisa menggunakan tombol fisik untuk mengambil tangkapan layar dari seluruh layar anda.

Mirip dengan cara Screenshot di Komputer atau tablet lainnya, untuk melakukanya anda tinggal tahan tombol logo Windows pada bagian bawah layar Surface dan klik tombol Volume-Turun fisik di sisi tablet.

Layar akan meredup sebentar dan tangkapan layar akan secara otomatis disimpan ke folder gambar > tangkapan layar.

5. Menggunakan Game Bar

Cara Screenshot di Komputer
Menggunakan Game Bar
Cara screenshot di Komputer yang berikutnya bisa menggunakan game bar, baik bagi anda yang sedang bermain game atau tidak.

Anda tinggal menekan tombol Windows +G untuk memunculkan game bar, disana anda bisa klik tombol Screenshot di game bar atau menggunakan pintasan keyboard default tombol Windows +Alt + PrtScn untuk mengambil SS layar penuh.

Untuk mengatur pintasan keyboard Screenshot game bar anda sendiri, anda bisa pergi ke Pengaturan > Game > Game Bar.

Selain bisa melakukan Screenshot di Laptop, game bar juga bisa untuk merekam layar dan melakukan live streaming saat bermain game.

Cara SS-nya cukup mudah, anda tinggal tekan Windows + G dan akan muncul jendela baru, pilih ikon bergambar kamera untuk melakukan tangkap layar.

Hasilnya akan muncul di Gallery, anda bisa membukanya dengan menekan tombol "Open File Location" yang terletak pada pojok kanan bawah.

Hal yang menarik dari metode ini adalah, selain bisa melakukan Screenshot layar laptop atau komputer, namun anda juga bisa membagikan hasil Screenshot ke Twitter.

Dan menyimpannya ke dalam Clipboard, bahkan membuat Meme untuk diunggah ke internet.

6. Menggunakan Snipping Tool

Cara Screenshot di Komputer
Menggunakan Snipping Tool
Aplikasi ini bisa anda manfaatkan sebagai cara screenshot di komputer dengan format yang lebih fleksibel seperti persegi panjang, windows yang aktif saja, atau layar penuh.

Caranya sangat mudah, anda hanya tinggal klik logo Windows + Shoft +S dan anda bisa langsung memilih Area yang ingin di Screenshot.

Aplikasi Snipping tidak secara otomatis menyimpan tangkapan layar yang dilakukan, anda harus menyimpannya secara menual di aplikasi tersebut sebelum keluar.

Setelah itu, aplikasi ini akan secara otomatis menyalin tangkapan layar anda ke Clipboard.

7. Menggunakan LightShot

Cara Screenshot di Komputer
Menggunakan LightShot
Apabila anda menginginkan lebih banyak opsi untuk memilih dan menyesuaikan tangkapan layar (Tidak keberatan mengunduh aplikasi baru), anda bisa mengunduh aplikasi Lightshot.

Lightshot mungkin merupakan opsi yang lebih baik untuk pekerjaan yang lebih profesional atau tangkapan layar yang membutuhkan pengeditan lebih signifikan.

Bagi anda yang tertarik melakukan cara screenshot di komputer dengan aplikasi Lightshot ini, silahkan download aplikasinya langsung di perangkat komputer anda.

8. Menggunakan Aplikasi Dropbox

Cara Screenshot di Komputer
Menggunakan Aplikasi Dropbox
Layanan Cloud Dropbox dapat anda gunakan untuk melakukan cara screenshot di komputer dengan cepat dan otomatis.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pastikan aplikasi Dropbox sudah terpasang dan terbuka di komputer anda, setelah itu tekan foto profil anda yang ada di sisi kanan atas dan pilih menu Preferences.

Kemudian klik opsi Import, dan beri tanda centang di kotak dengan tulisan "Save Screenshot to your Dropbox" untuk menyimpan Screenshot ini cukup mudah.

Bagi pengguna sistem operasi Windows, anda hanya perlu menekan Print Screen dan Dropbox akan langsung menyimpannya di akun anda.

Apabila anda menekan Ctrl + Print Screen, anda dapat menyimpan Screenshot ke akun Dropbox dan menyalin link-nya, lalu paste link ke Bodi Email, Facebook, atau lainnya.

Untuk melihat hasil SS, silahkan buka folder yang ada di windows Explorer dan masuk ke folder Screenshot.

Akhir Kata

Itulah seluruh pembahasan tentang cara screenshot di komputer atau laptop yang dapat kami bagikan dan perlu diketahui.

Bagi anda yang sering ingin mengabadikan moment tertentu, baik ketika bermain game atau lainnya bisa menggunakan cara SS layar diatas.

Anda bisa menyimpan artikel ini di Smartphone supaya ketika membutuhkannya nanti anda bisa menemukannya dengan mudah.

Jika dirasa bermanfaat, anda dapat membagikannya juga kepada teman, saudara atau ke media sosial yang dimiliki supaya orang lain juga bisa mengetahuinya. Sekian dan semoga bermanfaat.