Cara Partisi Hardisk Windows 11 2023

Cara Partisi Hardisk Windows 11
Bagi anda yang sedang mencari bagaimana cara partisi hardisk Windows 11, tenang saja karena di artikel ini kami sudah menyediakan pembahasannya untuk anda.

Harddisk adalah sebuah hardware yang berfungsi sebagai media penyimpanan, dan kita perlu untuk melakukan partisi hardisk pada perangkat komputer atau laptop yang anda miliki.

Melakukan partisi hardisk ini untuk mengelola sebuah harddisk agar lebih efektif, terlebih lagi jika komputer atau laptop yang anda gunakan masih baru maka hardisk ini hanya terintegrasi ke dalam satu drive saja.

Oleh karena itu penting untuk melakukan partisi hardisk agar sistem dapat memisahkan penginstallan Windows dari game, program, atau file lainnya.

Dengan melakukan partisi hardisk juga akan membuat PC atau laptop anda juga dapat beroperasi dengan lebih baik.

Selain itu, anda tidak perlu khawatir data-data penting anda akan terhapus apabila melakukan install ulang pada Windows, karena semua data-data yang ada dalam Windows anda sudah terpisah dari system atau berada di drive yang berbeda.

Berbicara dengan partisi hardisk, nanti di artikel ini kami akan menjelaskan cara melakukan partisi di Windows 11 serta cara menghapus partisi hardisk di Windows 11.

Pasalnya, cara membuat partisi hardisk di Windows 11 tidak jauh berbeda caranya seperti melakukan partisi pada Windows 10.

Tanpa berlama-lama lagi, silahkan simak di bawah ini penjelasan mengenai cara partisi hardisk Windows 11 dan cara menghapus partisi hardisk di Windows 11.

Cara Membuat Partisi Hardisk Windows 11

Cara Partisi Hardisk Windows 11
Cara Membuat Partisi Hardisk Windows 11
Jika memang anda ingin membuat partisi hardisk pada Windows 11, sebaiknya anda melakukan back up atau mencadangkan data atau file penting anda.

Walaupun sebelumnya kami sudah mengatakan bahwa data-data yang ada tidak akan terhapus, akan tetapi tidak ada salahnya melakukan back up untuk mengantisipasi kemungkinan data atau file tersebut jika ada hilang atau terhapus.

Melakukan partisi hardisk ini anda tidak membutuhkan perangkat lunak tamabahan karena sisitem operasi sudah memiliki alat untuk melakukan partisi yang bernama Disk Management.

Untuk membuat partisi yang akan kami jelaskan ini juga dapat digunakan untuk PC Desktop atau laptop yang menggunakan media penyimpanan SSD, karena pada dasarnya untuk caranya sama, hanya saja tipe medianya yang saja tempat berbeda.

Adapun langkah-langkah untuk cara membuat partisi hardisk Windows 11 yaitu sebagai berikut:
  • Terlebih dahulu silahkan anda membuka program Disk Management yang ada di Windows 11 dengan cara menekan tombol "Start atau Windows" atau bisa juga dengan langsung mengetik "Computer Management" pada kolom pencarian yang sudah disediakan.
  • Kemudian silahkan anda pilih "Run as administrator" untuk membukanya.
  • Lalu di dalam Computer Management, silakan saja anda langsung pilih "Disk Management".
  • Selain membuka Disk Management dengan melalui Computer Management, anda juga dapat langsung membukanya dengan melalui shortcut "Windows+R" yang ada di keyboard.
  • Langkah selanjutnya silahkan anda menulis "Diskmgmt.msc", lalu anda tekan "Enter atau OK".
  • Sebelum melakukan pembuatan partisi hardisk, silahkan terlebih dahulu mengurangi kapasitas atau volume drive C, dan drive C ini nantinya yang akan menjadi partisi utama dari Windows.
  • Kemudian untuk mengecilkan kapasitas atau volumenya, silahkan anda mengklik kanan pada drive C, anda anda langsung pilih "Shrink Volume".
  • Selanjutnya pada jendela yang terbuka, silahkan anda menentukan berapa banyak kapasitas atau volume drive C yang akan dikurangi.
  • Untuk kapasitas atau volume ini ditentukan dengan nilai satuan MB, jadi apabila anda ingin mengurangi 100 GB, silahkan mengalikannya dengan 1.000, maka angka yang ditulis yaitu 100.000 MB.
  • Setelah itu anda bisa memasukan total kapasitas tadi ke kolom yang ada pada samping tulisan "Enter the amount of space to shrink in MB".
  • Jika sudah, anda langsung saja tekan tombol "Shrink".
  • Lalu akan muncul kotak dengan kapasitas yang sudah anda tentukan sebelumnya, dan kotak tersebut keterangannya "Unallocated".
  • Selanjutnya silahkan anda mengklik kanan pada kotak tersebut, lalu anda pilih saja "New Simple Volume…".
  • Agar dapat menggunakan semua kapasitas atau volume drive yang sudah ditentukan, jangan anda mengubah nilainya, kecuali apabila ingin membuat beberapa partisi hardisk.
  • Langkah berikutnya silahkan anda tekan "Next" untuk melanjutkan.
  • Kemudian silahkan anda menentukan huruf untuk nama dari drive tersebut, kemudian Windows akan secara otomatis menamainya dengan huruf berikutnya, namun apabila anda ingin memilih huruf lain yang sudah tersedia, silahkan saja.
  • Setelah itu anda bisa tekan "Next" apabila anda sudah selesai memilih.
  • Kemudian silahkan anda mengatur format dan nama dari partisi yang baru dibuat dengan cara memilih "Format this volume with the following settings:".
  • Jika anda sudah selesai mengatrurnya, anda bisa menambahkan centang pada "Perform a quick format".
  • Lalu anda langsung saja tekan saja "Next" untuk menyelesaikannya, kemudian anda tekan "Finish".
  • Selesai.

Jika proses pembuatan partisi hardisk sudah selesai anda lakukan dengan panduan yang sudah kami jelaskan di atas, maka partisi yang sudah dibuat tersebut secara otomatis akan muncul pada File Explorer.

Sehingga drive pada PC atau laptop Windows 11 anda sudah memiliki jumlah dua, maka PC atau laptop tersebut bisa beroperasi lebih baik dari sebelumnya.

Dan yang menjadi banyak pertanyaan apakah bisa menghapus partisi hardisk di Windows 11 dihapus? Tentu saja bisa.

Jika anda ingin mengetahui juga cara menghapus pertisi hardisk di Windows 11, jangan simak artikel ini sampai disini, terus simak ulasan kami sampai akhir.

Cara Menghapus Partisi Hardisk Windows 11

Cara Partisi Hardisk Windows 11
Cara Partisi Hardisk Windows 11
Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya bahwa di artikel ini kami tidak hanya akan menjelaskan cara partisi hardisk Windows 11, namun juga untuk cara menghapusnya jika ingin menghapus partisi hardisk yang sudah anda buat.

Namun, sebelum anda melakukan proses penghapusan partisi tersebut, silahkan anda mencandangkan semua file atau data yang ada di dalam partisi tersebut karena jika tidak dicadangkan maka semua file atau data yang ada akan ikut terhapus.

Apabila anda sudah melakukan percadangan, maka silahkan anda mengikuti lngkah-langkah di bawah ini untuk cara menghapus partisi hardisk di Windows 11 yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama silahkan anda membuka "Disk Management", anda bisa membukanya dengan melalui Computer Management atau menggunakan shortcut yang ada pada keyboard.
  • Juika Disk Management sudah berhasil terbuka, lanjutkan dengan mencari partisi hardisk yang ingin anda hapus.
  • Jika sudah ketemu, silahkan anda mengklik kanan pada partisi tersebut dan anda pilih "Delete volume…" untuk menghapusnya.
  • Apabila ada muncul peringatan untuk mengkonfirmasi tindakan yang dilakukan, anda pilih saja "Yes" untuk menyetujuinya.
  • Jika nada sudah berhasil menghapusnya, maka partisi yang terhapus itu akan menampilkan kapasitas atau volume, dan akan memiliki nama "Unallocated".
  • Setelah itu silahkan anda memindahkan kapasitas tersebut ke partisi lain dengan mengklik kanan pada partisi yang akan ditambahkan, lalu anda pilih "Extend Volume…".
  • Kemudian silahkan anda pilih nilai tertinggi yang disarankan dan anda pilih "Next" untuk melanjutkannya sampai proses selesai.
  • Selanjutnya silahkan anda mengklik "Finish".
  • Selesai.

Akhir Kata

Itulah yang dapat kami jelaskan untuk cara partisi hardisk Windows 11, baik untuk cara membuat dan menghapus.

Namun untuk membuat maupun menghapus partisi hardisk di Windows 11 ini, lebih baik untuk mencadangkan data atau file penting terlebih dahulu, karena bisa saja jika melakukan partisi dapat membuat semua file atau data terhapus.

Kami rasa cukup sampai disini isi dari artikel kali ini yang dapat penulis informasikan, dan terimakasih sudah berkunjung di artikel kami.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel