Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid Smartfren 2024

Daftar Isi
Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid Smartfren
Bagi anda yang mungkin pada saat ini sedang mencar cara mengatasi kode MMI tidak valid smartfren berarti anda masuk ke dalam artikel yang tepat, karena kami sudah menyediakan pembahasannya untuk anda di bawah ini.

Kode MMI tidak valid mungkin pernah atau bahkan sering kali anda alami, terutama pada saat anda melakukan kontak ke layanan operator seperti cek pulsa dan juga kuotam pemberitahuan tersebut tentunya akan membuat anda merasa jengkel.

Mungkin untuk sebagian pengguna smartphone, mengecek sisa pulsa dan juga kuota melalui panggilan ataupun kode UUSD sudah sangat familiar, karena pada dasarnya cara ini tidak membutuhkan jaringan internet sehingga dirasa jauh lebih mudah untuk dilakukan.

Mengenai masalah sambungan atau kode MMI tersebut juga bisa saja terjadi pada semua jenis perangkat smartphone dan juga operator.

Anda tidak perlu panik, karena sebenarnya terdapat beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan dengan sangat mudah untuk mengatasinya.

Kode MMI sendiri merupakan sebuah kode perintah yang terdiri dari kombinasi angka dan juga karakter antara simbol (* dan juga #) misalnya seperti *123# , *888# dan masih banyak lagi, MMI merupakan singkatan dari Man Machine Interface.

Kode tersebut biasanya digunakan untuk melakukan cek pulsa, cek nomor IMEI handphone, sampai dengan berbagai macam layanan operator yang lainnya.

Normalnya, pada saat kode tersebut sudah berhasil terkirim maka akan langsung muncul sebuah pesan informasi dari operator.

Walaupun sudah ada aplikasi yang bisa digunakan, kode perintah untuk mengetahui berbagai macam informasi layanan dari operator masih menjadi cara ravorit banyak penggunannya, kode MMI sendiri dianggap jauh lebih praktis.

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda bisa langsung saja simak ulasan mengenai cara mengatasi kode MMi tidak valid smartfren yang sudah ada di bawah ini sampai selesai yaa gess yaa!!!

Penyebab Kode MMI tidak Valid

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid Smartfren
Penyebab Kode MMI tidak Valid
Di jaman modern pada saat ini sudah terdapat banyak sekali smartphone yang menggunakan dual SIM, dengan adanya dual SIM tersebut bisa jadi ada kesalahan masalah koneksi ataupun kode MMI tidak valid tersebut.

Sebenarnya, masalah ini bukanlah masalah yang berat, karena masalah ini sudah sangat sering di alami oleh para pengguna kartu provider, jadi anda tidak perlu khawatir jika anda mengalami masalah kode MMI tidak valid.

Jika anda sedang mengalami masalah kode MMI yang tidak valid, anda masuk ke dalam artikel yang tepat, karena kami akan menjelaskan bagaimana cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Namun, sebelum masuk ke dalam pembahasan utamanya, anda juga harus mengetahui apa penyebab dari kode MMI tidak valid tersebut.

Mungkin anda bertanya-tanya apa sebenarnya penyebab dari kode MMI tidak valid, karena masalah tersebt tiba-tiba saja muncul pada saat anda mengetikkan kode dial dan tentunnya hal tersebut sangat menjengkelkan.

Bila anda sudah penasaran, di bawah ini sudah ada beberapa penyebab sebelum masuk ke dalam cara mengatasi kode MMI tidak valid Smartfren yang harus anda ketahui, yaitu sebagai berikut:
  • Kesalahan pengaturan jaringan yang ada dalam perangkat smartphone anda.
  • Jaringan ataupun sinyal yang dimiliki kurang baik atau bisa di bilang sangat lemah.
  • Adanya gangguan jaringan yang sering di alami.
  • Terdapat kesalahan pada sistem handphone.
  • Mode 4G LTE Only.
Apabila masalah tersebut terjadi. fatalnya banyak yang tidak bisa menerima ataupun memuat panggilan bahkan tidak bisa menerima aatu mengirimkan SMS.

Banyaknya masalah mengenai kode MMI tidak valid ini, kurang lengkap jika kami tidak membahasnya, kami sudah memiliki tips bagaimana cara untuk bisa mengatasi kode MMI tidak valid ini.

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid Smartfren Terbaru

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid Smartfren
Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid Smartfren Terbaru
Sebagai pengguna provider Smartfren tentunya anda sering kali melakukan pengecekan kuota, pulsa atau bahkan membeli paket internet melalui kode dial misalnya *123# dan yang lain sebagainya.

Walaupun sudah terdapat aplikasi MySmartfren yang bisa digunakan untuk melakukan pengecekkan pulsa dan juga kuota, namun masih banyak juga yang lebih memilih menggunakan metode kode dial karena sangat simple tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan yang lainnya.

Masalah sambungan ataupun kode MMI tidak valid pada provider Smartfren ini biasanya di sebebkan karena beberapa masalah seperti yang sudah kami bahas di atas.

Bahkan, masaah ini akan sangat menghambat pada saat anda akan melakukan pengecekkan pulsa, kuota ataupun membeli paket internet.

Kami akan memberikan beberapa cara atau metode yang sangat sederhana yang bisa anda coba untuk mengatasi masalah kode MMI tidak valid pada provider Smartfren ini.

Di bawah ini sudah ada beberapa metode atau cara mengatasi kode MMI tidak valid Smartfren yang bisa kami berikan untuk anda, yaitu sebagai berikut:

1. Memastikan Kode USSD Benar

Mungkin karena terburu-buru biasanya anda bisa saja salah dalam memasukkan kode dial, misalnya mengetik angka yang salah, hal tesebut akan membuat anda tidak akan bisa terhubung ke dalam menu yang di inginkan.

Sebelum anda menekan tombol panggil, sebaiknya anda melakukan pengecekkan ulang apakah kode UUSD anda sudah benar atau tidak.

Jika ada kode USSD yang typo atau salah ketik anda bisa langsung menghapusnya dan memasukkan angka yang benar.

2. Mengaktfikan dan Mematikan Mode Pesawat

Kode MMI yang error mungkin saja di sebabkan karena adanya masalah jaringan, anda bisa mengaktifkan mode pesawat lalu mematikannya kembali.

Cara tersebut dilakukan untuk membuat koneksi yang ada dalam perangkat handphone anda restrat dan bisa bekerja kembali dengan normal.

Dengan cara mengaktifkan mode pesawat juga sangat mudah di lakukan, anda tinggal membuka menu bar dengan cara mengusap layar dari atas ke bawah, atau anda bisa juga menemukan fitur tersebut pada menu pengaturan.

3. Menghapus Data Telepon

Selanjutnya, anda bisa mencoba untuk menghapus data yang ada di dalam aplikasi Telepon anda, cara tersebut mungkin akan berhasil jika titik masalanya ada pada aplikasi telepon handphpne anda.

Berikut ini cara mengatasi kode MMI tidak valid Smartfren dengan menghapus data telepon yang bisa langsung anda terapkan, yaitu sebagai berikut:
  • Tahap pertama yang harus dilakukan adalah membuka menu pengaturan yang sudah ada dalam perangkat handphone anda.
  • Setelah itu, anda tinggal memilih opsi Aplikasi.
  • Kemudian anda bisa Gulir ke bawah dan kliklah pada aplikasi Telepon.
  • Lalu, anda tinggal klik opsi Hapus Data.
  • Dengan begitu, data yang ada dalam aplikasi Telepon anda akan hilang, anda bisa langsung coba panggil kode USSD yang diinginkan.
  • Selesai!!!

4. Restart Handphone

Dengan melakukan restrat memang merupakan cara yang paling umum dan sangat ampuh untuk mengatasi berbagai masalah yang ada pada perangkat smartphone anda.

Jika muncul error kode MMI, maka anda bisa langsung saja melakukan restrat dengan menekan tombol power lalu klik opsi Restart atau muat ulang.

Metode yang satu ini juga bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah kartu SIM yang tidak bisa terbaca oleh sistem handphone anda.

Jadi, dengan anda melakukan restart handphone anda bisa membuat semua program yang sedang berjalan akan dimuat ulang sehingga error yang terjadi sebelumnya akan langsung hilang.

5. Mengubah Jaringan Menjadi 3G

Dalam beberapa perangkat smartphone biasanya tidak bisa melakukan kode dial pada saat sedang berada dalam jaringan 4G LTE Only.

Oleh karena itu, anda harus mengubahnya terlebih dahulu menjadi 3G agar bisa melakukan dial pada aplikasi Telepon anda.

Untuk mengubahnya bisa dilakukan dengan cara memasukkan kode USSD *#*#4636#*#* lalu anda tinggal memilih WCDMS atau 3G.

Atau untuk anda para pengguna perangkat handphone OPPO dan juga VIVO anda bisa menggunakan kode *#*#4838#*#* lalu anda tinggal klik opsi Panggil.

Cara mengatasi kode MMI tidak valid smartfren kedua yang bisa anda lakukan untuk mengubah jaringan melalui menu penhaturan adalah dengan mengiikuti langkah di bawah ini:
  • Pertama-tama anda bisa langsung saja langsung membuka menu Pengaturan yang sudah ada dalam perangkat anda.
  • Setelah itu, anda tinggal mengklik opsi Kartu SIM.
  • Silahkan anda bisa langsung memilih antara SIM 1 atau ingin menggunakan SIM 2.
  • Kemudian anda tinggal klik pada type jaringan, silahkan anda bisa langsung saja memilih 3G atau WCDMA.
  • Selesai!!!

6. Menonaktifkan Kartu SIM Sementara

Anda juga bisa menonaktifkan kartu SIM selama beberapa detik sebelum diaktifkan kembali, cara yang satu ini akan membuat jaringan anda dimuat ulang dan error mungkin bisa langsung teratasi.

Cara yang satu ini bisa di bilang sangat sederhana dan juga ampuh untuk dilakukan, anda tinggal masuk ke dalam menu setting dan memilih kartu SIM.

Kemudian anda tinggal menonaktifkan SIM yang memang dalam keadaan error selama beberapa detik dan mengaktifkannya kembali.

Jika sudah, anda bisa coba untuk melakukan pengecekkan sinyal pada bagian atas sampai muncul kembali, lalu anda tinggal mencoba panggil kembali kode USSD.

Apabila berhasil, maka anda bisa langsung saja mencoba cara yang sama pada saat terjadi masalah pada kode MMI anda.

Anda bisa mencoab satu-persati yang yang sudah kami berikan untuk anda di atas agar kode MMI tidak error dan anda bisa lakukan dial dengan normal kembali.

Akhir Kata

Itulah dia pembahasan mengenai cara mengatasi kode mmi tidak valid smartfren yang bisa kami berikan untuk anda terapkan dengan sangat mudah.

Dengan adanya beberapa tips di atas yang kami berikan, kini anda bisa mengatasi masalah kode mmi tidak valid sendiri di rumah tanpa bantuan siapapun.

Jika anda rasa ulasan yang sudah kami berikan di atas penting, maka anda jangan lupa juga untuk membagikannya ke teman ataupun kerabat anda yang belum mengetahuinya.

Sudah cukup sampai disini segala penjabaran kali ini, sekian dan semoga bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba yaa gess yaa.