Cara Memperkuat Sinyal Indosat 2023

Cara Memperkuat Sinyal Indosat
Bagi anda yang mungkin pada saat ini sedang mencari cara memperkuat sinyal indosat berarti anda masuk ke dalam artikel yang tepat, karena kami sudah menyediakan pembahasannya untuk anda di bawah ini.

Untuk anda yang mungkin belum mengetahui bahwa indosat merupakan salah satu provider seluler yang ada di indonesia.

Indiosat juga sangat di kenal dengan harga paket internet yang ada di dalamnya memiliki harga yang murah dan juga paket unlimited nya benar-benar fantastis.

Sampai dengan saat ini, provider indosat masih menjadi salah satu operator seluler yang memiliki banyak sekali pengguna.

Dimuai dari daerah perkotaan, sampai dengan ke pedesaan yang ada di seluruh penjuru indonesia pun banyak yang menggunakan layanan indosat tersebut.

Memang tidak hanya terjadi pada provider indosat saja, masalah internet yang lemot juga bisa terjadi karena operatornya sedang bermasalah, namun bisa juga karena kualitas sinyal yang ada di daerah anda lumayan sulit.

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, jika kualitas sinyal yang di tangkap oleh handphone akan sangat berpengaruh.

Nah, terkadang pasti pernah muncul pertanyaa, seberapa banyak sih sinyal yang harus di dapatkan oleh perangkat anda supaya bisa mengakses internet agar tidak lemot?

Memang tidak ada patokan yang pasti akan hal tersebut, namun intinya semkain besar sinyal yang di dapatkan oleh perangkat anda, maka semakin cepat juga koneksi internet yang akan anda dapatkan.

Hal tersebut juga berlaku sebaliknya, jika sinyal yang anda dapatkan kecil, maka kecepatan internet yang anda dapatkan juga akan ikut menuruh atau lemot.

Apakah anda tahu, kalau sebenarnya ada sebuah cara yang bisa anda lakukan untuk membuat koneksi internet dari lemot menjadi cepat dan juga stabil loh guys.

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda bisa langsung saja simak ulasan mengenai cara memperkuat sinyal indosat yang sudah ada di bawah ini sampai selesai yaa gess yaa!!!

Penyebab Sinyal Indosat Lemah

Cara Memperkuat Sinyal Indosat
Penyebab Sinyal Indosat Lemah
Masalah jaringan merupakan suatu hal yang sangat sering terjadi diantaranya sinyal lemot, tidak terdaftar pada jaringan, kode MMI tidak valid dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kecepatan internet merupakan sesuatu yang lumayan penting pada saat ini, bagi anda yang merupakan pengguna provider indosat, jika anda mengalami masalah internet lelet, anda harus mengetahui cara untuk memperkuat sinyal indosat.

Indosat merupakan salah satu provider besar yang ada di indonesia yang memiliki jumlah pengguna yang lumayan banyak.

Sering kali kecepatan internet yang dialami oleh para pengguna indosat lemot bahkan hanya pada beberapa waktu hanya bisa berjalan 20kbps saja, dan yang pastinya sangat mengganggu anda dalam menjelajahi sosial media seperti membuka instagram, facebook, twitter dan yang lainnya.

Alasan internet bisa menjadi sangat lemot mungkin di karenakan adanya suatu alasan yang terjadi, misalnya seperti mempunyai pengguna yang sangat banyak, tentu saja sedikit banyaknya pengguna akan berpengaruh pada kecepatan koneksi internet.

Beberapa orang sering kali mengeluhkan mengenai sinyal indosat yang sangat lemot, hal tersebut terjadi mungkin di karenakan beberapa faktor.

Sebenarnya faktor yang mempengaruhi kekuatan sinyal indosat ini lumayan beragam, sebelum kami membahas mengenai bagaimana cara untuk memperkuat penerimaan sinyal pada operator seluler indosat, sebaiknya anda harus mengetahui apa penyebab sinyal indosat lemah.

Hal tersebut sangat penting untuk di ketahui, supaya nantinya anda bisa memahami penyebabnya, lalu anda bisa langsung melakukan penanganan sesuai dengan kondisi penyebab tersebut.

Sebelum anda masuk ke dalam cara memperkuat sinyal indosat, anda harus mengetahui beberapa penyebab sinyal indosat anda melemah, yaitu sebagai berikut:
  • Lokasi tempat anda tinggal berada di luar jangkauan sinyal atau sedang berada pada lokasi menara BTS sehingga sinyal yang di tangkap oleh handphone anda lemah.
  • Selain itu, pada saat anda sedang berada dalam ruangan yang tertutup misalnya seperti di dalam gedung dengan sekat tembok yang tebal atau di basement sebuat gedung bertingkat.
  • Cuaca yang buruk juga bisa menjadi salah satu penyebab kenapa sinyal anda melemah, misalnya seperti hujan deras yang di sertai dengan petir.
  • Terjadinya pemadaman listrik juga bisa menjadi penyebab sinyal anda lemah.
  • Adanya perbaikan atau maintanance dari pihak indosat itu sendiri.
  • Karena adanya kerusakan pada perangkat yang sedang anda gunakan.
  • Dan beberapa penyebab yang lainnya.
Setelah anda mengetahui apa saja penyebab sinyal indosat yang ada pada perangkat handphone anda melemah atau terkadang juga hilang, kini anda bisa langsung masuk ke dalam pembahasan utamanya.

Cara Memperkuat Sinyal Indosat


1. Cara Memperkuat Sinyal Indosat dengan Merubah Pengaturan Sinyal

Cara Memperkuat Sinyal Indosat
Cara Memperkuat Sinyal Indosat dengan Merubah Pengaturan Sinyal
Karena pada dasarnya jangkauan sinyal operator indosat di setiap daerahnya pasti berbeda-beda, ada daerah yang jangkauan sinyalnya bagus dan ada uga yang kurang bahkan ada juga yang tidak terjangkau.

Nah, untuk bisa mengatasi masalah ini, anda bisa mengakalinya dengan mengubah jenis jaringan yang akan digunakan.

Contohnya saja, jika anda yang biasanya menggunakan jaringan indosat 4G, namun pada saat anda pergi ke suatu tempat atau daerah sinyalnya kurang bagus, maka anda bisa mencoba untuk mengubah pengaturan jaringannya ke 3G.

Dengan begitu kualitas internet yang akan anda dapatkan akan jauh lebih baik, dan handphone anda juga tidak akan cepat panas.

Untuk bisa mengubahnya sangatlah mudah di lakukan, anda bisa langsung saja mengikuti cara di yang ada di bawah ini.

Silahkan anda bisa langsung saja simak cara memperkuat sinyal indosat dengan mengatur ulang jaringan melalui pengaturan dan juga kode dial di bawah ini, yaitu sebagai berikut:

A. Melalui Pengaturan

Anda bisa langsung saja simak langkah-langkah mengenai cara memperkuat sinyal indosat dengan mengatur ulang pengaturan jaringan melalui pengaturan, yaitu sebagai berikut:
  • Tahap pertama yang harus anda lakukan adalah membuka menu pengaturan yang sudah ada dalam perangkat handphone anda.
  • Kemudian anda bisa langsung saja lanjutkan dengan mencari menu Pengaturan Kartu SIM.
  • Nantinya pada halaman tersebut, anda tinggal mencari SIM yang menggunakan kartu indosat.
  • Lalu, anda tinggal memilih opsi Jaringan Seluler.
  • Tahap yang terakhir, anda tinggal mengubah jaringan dengan memilih Prioritas 3G.
  • Selesai!!!
Setelah anda sudah berhasil menggantinya, handphone anda akan mengutakan untuk mencari jaringan 3G yang ada di sekitarnya.

Jika anda ingin jauh lebih menghemat baterai, maka anda bisa menurunkannya lagi ke 2G, namun koneksi internet yang akan anda dapatkan akan sangat lambat.

B. Menggunakan Kode Dial

Apabila anda tidak ingin melalui menu Pengaturan untuk mengubah jaringan internet, maka anda bisa menggantinya dengan menggunakan kode dial untuk bisa mengubahnya.

Di bawah ini sudah ada langkah-langkah mengenai cara memperkuat sinyal indosat dengan mengubah jaringan menggunakan kode Dial, yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka aplikasi Telepon yang sudah ada dalam perangkat handphone anda.
  • Kemudian pada keyboard anda bisa langsung ketikkan saja kode dial *#*#4636*#*#.
  • Setelah itu, anda hanya tinggal menunggu beberapa saat sampai muncul jendela baru pada layar.
  • Apabila sudah muncul jendela baru pada layar, anda bisa langsung memilih Pengaturan Informasi Telepon.
  • Berikutnya anda bisa langsung saja mengatur jenis jaringan yang sesuai dengan lokasi anda pada saat ini.
  • Langkah yang terakhir, anda tinggal menunggu sampai penyesuain sinyal berhasil di ganti, nantinya jaringan yang sudah anda pilih akan secara otomatis di tetapkan oleh perangkat handphone anda sebagai jaringan prioritas.
  • Selesai!!!
Jadi, jika jaringan 3G yang ada di tempay anda berada pada saat ini lebih bagis dari pada menggunakan jaringan 4G, maka seharusnya koneksi internet akah jauh lebih baik dari sebelumnya.

2. Cara Memperkuat Sinyal Indosat dengan Setting APN Indosat

Cara Memperkuat Sinyal Indosat
Cara Memperkuat Sinyal Indosat dengan Setting APN Indosat
Apabila anda sedang mengalami masalah sinyal yang lemot mungkin dengan cara melakukan setting APN, sinyal lemot tersebut bisa langsung teratasi.

Oleh karena itulah, anda bisa memanfaatkan beberapa pilihan APN yang masih berkerja untuk kartu baik itu indosat Ooredoo dan juga IM3.

Settingan APN tersebut merupakan salah satu dari beberapa cara memperkuat jaringan atau sinyal indosat yang biasanya dilakukan, karena memang sudah terbukti banyak sekali yang berhasil dengan mengubah APN indosat menjadi sinyal yang lebih baik.

Di bawah ini sudah ada langkah-langkah mengenai cara memperkuat sinyal indosat dengan setting APN Indosat yang bisa langsung anda terapkan, yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah masuk ke dalam aplikasi Pengaturan yang sudah ada dalam perangkat handphone anda.
  • Lalu, anda bisa langsung memilih pengaturan Dual SIM.
  • Silahkan anda bisa memilih SIM yang digunakan untuk data seluler.
  • Setelah itu, anda bisa lanjutkan dengan memilih menu Nama Titik Akses (APN).
  • Berikutnya, untuk bisa membuat APN yang baru anda tinggal memilih tombol atau icon +, dan untuk mengubah APN anda tinggal memilih APN yang sedang anda gunakan.
  • Selesai!!!
Bila anda sudah mengetahui bagaimana cara untuk mengubah dan juga membuat APN yang baru, di bawah ini kami sudah menyediakan beberapa APN yang mungkin bisa anda coba, berikut:

A. APN Default indosat

Ini merupakan APN Default Indosat atau APN Standart indosat yang sudah banyak sekali digunakan oleh banyak orang, mungkin jika anda pernah mengubah APN dan ingin mengembalikannya ke semula, berikut adalah settingannya:
  • Name: Indosat Default
  • APN : indosatgprs
  • Proxy : Not set
  • Port : Not set
  • Username : indosat
  • Password : indosat
  • MMS proxy : Not set
  • MMS port : Not set
  • MCC : 510
  • MNC : 01
  • Authentication type : Not set
  • APN type : default,supl
  • APN protocol : ipv4/ipv6
  • APN roaming protocol : ipv4/ipv6

B. APN Indosat Internet

Menurut kami APN yang satu ini merupakan APN yang sangat cocok digunakan untuk berbagai macam aktivitas dalam jejaring internet seperti bermain game, bermain sosial media, streaming film, dan masih banyak lagi yang lainnya.

APN ini merupakan APN yang sangat kami rekomendasikan untuk anda yang sedang mencari cara untuk memperkuat sinyal indosat, berikut settingannya:
  • Name : Indosat Internet
  • APN : Indosatgprs
  • Proxy : 10.19.19.19
  • Port : 8080
  • Username : indosat
  • Password : indosat
  • MMS proxy : Not set
  • MMS port : Not set
  • MCC : 510
  • MNC : 01
  • Authentication type : None
  • APN type : default,supl
  • APN protocol : ipv4
  • APN roaming protocol : ipv4

C. APN Indosat 4G

APN yang satu ini sangat cocok untuk anda yang sedang berada dalam area 4G, sebaiknya jika anda berada dalam lokasi area yang belum terjangkau 4G, maka anda jangan menggunakan settingan APN berikut:
  • Name : Indosat 4G
  • APN : internet
  • Proxy : Not set
  • Port : Not set
  • Username : Not set
  • Password : Not set
  • MMS proxy : Not set
  • MMS port : Not set
  • MCC : 510
  • MNC : 01
  • Authentication type : Not set
  • APN type : default,supl
  • APN protocol : ipv4
  • APN roaming protocol : ipv4

Akhir Kata

Itulah dia beberapa metode atau cara memperkuat sinyal indosat yang bisa kami berikan untuk anda terapkan dengan sangat mudah loh guys.

Anda bisa langsung saja menggunakan salah satu dari beberapa metode yang kami berikan di atas, gunakanlah cara yang menurut anda paling mudah dan work untuk dilakukan.

Jika anda rasa ulasan yang sudah ada di atas penting, maka anda jangan lupa untuk bagikan atau share sebaganyak-banyaknya artikel ini ke teman ataupun kerabat anda yang belum menegtahinya.

Semoga dengan adanya penjabaran di atas anda bisa mengatasi masalah sinyal yang jelek, sekian dan semoga bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba yaa gess yaa.

Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel