Cara Membuat Emoji Trending 2024

Daftar Isi
Cara Membuat Emoji Trending
Cara membuat emoji trending - Belakangan ini, emoji atau emoticon sedang viral di media sosial karena biasa digunakan untuk membuat chatting terasa lebih seru dan menyenangkan.

Bahkan tak sedikit pula yang mengunggahnya sebagai status di media sosial, seperti Facebook, WhatsApp, Instagram ataupun TikTok.

Sedangkan saat ini hiburan baru kembali mewarnai keseharian warganet, seperti Emoji Mix yang belakangan ini tengah viral di media sosial khususnya TikTok.

Game sederhana ini juga memungkinkan penggabungan dua emoji menjadi satu untuk membentuk emoji yang baru dan pastinya bisa menjadi viral.

Sementara untuk membuat emoji trending, kita bisa memanfaatkan situs atau aplikasi khusus layanan pembuat emoji trending.

Cara Membuat Emoji Trending 2024

Nah, berikut ini kami akan membahas dan membagikan informasi tentang cara membuat emoji trending dan informasi penting lainnya yang perlu diketahui.

1. Menggunakan Aplikasi Gboard

Cara Membuat Emoji Trending
Cara Membuat Emoji Trending Menggunakan Aplikasi Gboard
Gboard adalah salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat emoji trending dengan mudah dan cepat.

Aplikasi ini sudah tersedia secara resmi sehingga bisa didownload melalui Google Play Store, App Store atau melalui link yang akan kami sediakan.

Jika mempertanyakan tentang keamanannya, Gboard adalah aplikasi yang sangat aman digunakan dan hal tersebut dapat dibuktikan dari ketersediaan link downloadnya di pasar resmi aplikasi yaitu Google Play Store dan AppStore.

Untuk cara membuat emoji trending menggunakan aplikasi Gboard yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, download dan install aplikasi Gboard melalui Play Store, App Store atau melalui link berikut ini (Download Aplikasi Gboard).
  • Bagi yang telah memiliki aplikasi Gboard, pastikan aplikasinya telah di-update ke versi terbaru.
  • Selanjutnya buka aplikasi chatting apa pun, misalnya WhatsApp atau Telegram.
  • Kemudian pilih seseorang yang ingin Anda kirimkan emoji trending tersebut kemudian klik kotak chat untuk menampilkan Gboard.
  • Jika keyboard yang berasal dari Gboard belum muncul, maka pastikan jika Anda telah menyetel Gboard sebagai default keyboard dalam bagian settings
  • Lalu berikan akses emoji dalam bagian settings kemudian klik opsi preferences lalu pilih opsi untuk "Show emoji-switch key", "Show emoji in symbols keyboard", "Emoji browsing suggestions", dan "Emoji fast-access bar".
  • Pilih ikon smiley di samping ikon spasi di Gboard dan Anda akan ditampilkan dengan daftar emoji.
  • Lanjutkan langkah dengan memilih dua pasang emoji yang diinginkan dan secara otomatis Gboard akan menggabungkan pasangan emoji ini kemudian menghasilkan kombinasinya di bagian atas keyboard yang kosong.

2. Menggunakan Aplikasi Telegram

Cara Membuat Emoji Trending
Cara Membuat Emoji Trending Menggunakan Aplikasi Telegram
Cara untuk membuat emoji trending selanjutnya bisa dilakukan menggunakan aplikasi chatting Telegram.

Mungkin Anda tidak pernah terpikirkan jika aplikasi Telegram bisa digunakan untuk membuat emoji trending, namun itulah kenyataannya.

Jika sudah memiliki aplikasi Telegram di ponsel, maka Anda bisa login dan menggunakannya untuk membuat emoji trending.

Untuk cara membuat emoji trending menggunakan aplikasi Telegram yaitu sebagai berikut:
  • Buka aplikasi Telegram yang ada di HP Anda terlebih dahulu.
  • Kemudian login ke akun Anda seperti biasa setelah itu ketikkan kata emoji pada kolom pencarian.
  • Anda bisa scroll laman tersebut sampai menemukan emoticon berambut, jika emojinya sudah ditampilkan di layar.
  • Selanjutnya salin dan tempel pada media sosial yang ingin dibagikan misalnya Instagram, Facebook, TikTok, WhatsApp dan lainnya.

3. Melalui Situs Tikolu

Cara Membuat Emoji Trending
Cara Membuat Emoji Trending melalui Situs Tikolu
Seperti yang telah dijelaskan diawal jika emoji trending tidak hanya dibuat menggunakan aplikasi, namun bisa juga melalui sebuah situs.

Situs pertama yang kami rekomendasikan untuk Anda bernama Tikolu dan situs ini sudah cukup populer dikalangan penggemar emoji.

Untuk cara membuat emoji trending melalui situs Tikolu yaitu sebagai berikut:
  • Buka situsnya melalui web brower menggunakan perangkat PC, laptop atau browser melalui link berikut ini (Kunjungi Situs Tikolu).
  • Setelah situs terbuka, Anda bisa klik opsi "Click here to begin" dan dua kolom untuk mencari emoji dan menggabungkannya akan ditampilkan.
  • Silahkan pilih emoji pada masing-masing kolom tersebut dengan cara di-scroll atau bisa juga melalui fitur "Search" yang ditandai dengan simbol kaca pembesar yang berada di samping kolom.
  • Lalu posisikan dua emoji yang ingin digabung dengan tanda + dan hasil penggabungan dari dua emoji tersebut akan langsung ditampilkan.
  • Anda bisa pilihlah opsi '"Copy" jika ingin menyimpan hasil kreasi emoji yang telah dibuat.
  • Sedangkan hasil penggabungan emoji tersebut nantinya bisa dibagikan melalui media sosial dengan cara klik opsi "Share" atau "Copy Link".

4. Dengan Copy & Paste

Cara Membuat Emoji Trending
Cara Membuat Emoji Trending dengan Copy & Paste
Cara untuk membuat emoji trending yang tak kalah mudahnya untuk dilakukan adalah dengan mengcopy & paste emoji trending tersebut guys.

Anda bisa menggunakan cara ini jika tidak ingin menginstall aplikasi atau mengakses sebuah situs untuk membuat emoji tersebut.
Emoji bisa dibuat dengan cara dicopy & paste karena pada dasarnya adalah ᥬ᭄dua karakter terpisah.
Untuk cara membuat emoji trending dengan copy & paste yaitu sebagai berikut:
  • Copy ᥬ᭄ terlebih dahulu.
  • Kemudian paste pada media sosial yang digunakan dan pastikan juga jika Anda sudah sisipkan karakter emoji yang diinginkan.
  • Berikut ini adalah beberapa pilihan karakter emoticon berambut yang bisa langsung di copy paste sesuai keinginan.
ᥬ᭄ᥬ᭄ᥬ᭄ᥬ᭄ᥬ🤣᭄ᥬ᭄
ᥬ🥲᭄ᥬ️᭄ᥬ᭄ᥬ᭄ᥬ᭄ᥬ᭄
ᥬ᭄ᥬ᭄ᥬ🥰᭄ᥬ᭄ᥬ᭄ᥬ᭄
ᥬ᭄ᥬ᭄ᥬ᭄ᥬ᭄ᥬ🤪᭄ᥬ🤨᭄
ᥬ🧐᭄ᥬ᭄ᥬ᭄ᥬ🥸᭄ᥬ🤩᭄ᥬ🥳᭄
ᥬ᭄ᥬ᭄ᥬ☹️᭄ᥬ᭄ᥬ᭄ᥬ᭄
ᥬ᭄ᥬ᭄ᥬ᭄ᥬ🥵᭄ᥬ🥶᭄ᥬ᭄
ᥬ᭄ᥬ᭄ᥬ🤭᭄ᥬ🤫᭄ᥬ🥱᭄ᥬ᭄
ᥬ᭄ᥬ᭄ᥬ᭄ᥬ🤣᭄ᥬ᭄ᥬ🥲᭄
ᥬ️᭄ᥬ᭄ᥬ᭄ᥬ᭄ᥬ᭄ᥬ᭄🤭
ᥬ᭄ᥬ᭄ᥬ🤪᭄ᥬ🤨᭄ᥬ🧐᭄ᥬ᭄
ᥬ᭄ᥬ🥸᭄ᥬ🤩᭄ᥬ🥳᭄ᥬ᭄ᥬ᭄
ᥬ☹️᭄ᥬ᭄ᥬ᭄ᥬ᭄ᥬ᭄ᥬ᭄
ᥬ᭄ᥬ🥵᭄ᥬ🥶᭄ᥬ᭄ᥬ᭄ᥬ᭄
ᥬ🤭᭄ᥬ🤫᭄ᥬ 🤭᭄
ᥬ😛᭄
ᥬ😂᭄
ᥬ😉᭄
ᥬ🤪᭄
ᥬ😍᭄
ᥬ😇᭄
ᥬ😄᭄
ᥬ😅᭄
ᥬ😎᭄
ᥬ😘᭄

Manfaat Menggunakan Emoji Saat Chatting

Cara Membuat Emoji Trending
Manfaat Menggunakan Emoji Saat Chatting
Jika membahas tentang cara membuat emoji trending, maka tak lengkap rasanya jika tidak membahas tentang manfaat apa saja yang akan didapatkan jika menggunakan emoji saat chatting.

Yang perlu diketahui, penggunaan emoji atau ikon digital ini berfungsi untuk mengekspresikan emosi dalam berkomunikasi di media sosial dan sudah menjadi hal lumrah saat ini.

Bahkan, ditahun 2014 lalu terdapat salah satu emoji yang dinobatkan sebagai kata terpopuler, yaitu emoji "hati".

Sedangkan untuk manfaatnya, ada 5 manfaat menggunakan emoji saat chatting yang akan kita dapatkan.

Untuk manfaat menggunakan emoji saat chatting yaitu sebagai berikut:

1. Seseorang Menjadi Lebih Populer di Media Sosial

Manfaat pertama yang akan didapatkan jika menggunakan emoji untuk chatting adalah bisa menjadi lebih populer di media sosial guys.

Hal ini juga diungkapkan oleh Simo Tchokni dari Universitas Cambridge yang menyatakan jika "Kebanyakan orang yang berpengaruh sering menggunakan emoji dalam percakapan di media sosial, terutama emoji-emoji yang menunjukkan emosi positif".

Fakta tersebut juga sudah disampaikan pada kesimpulan penelitian yang melibatkan lebih dari 30 juta kicauan di Twitter.

2. Sebagai Ekspresi Wajah Asli Manusia

Sedangkan manfaat kedua adalah bisa dijadikan sebagai ekspresi wajah asli manusia, karena Owen Churches dari Universitas Flinders menemukan, saat seseorang melihat emoji "senyum", maka bagian spesifik otak akan mengidentifikasi emoji itu seperti saat mereka melihat ekspresi senyum manusia asli.

Tetapi, hal ini hanya berlaku pada format emoji yang ditulis dari kiri ke kanan, misalnya untuk menggambarkan "senyum", lebih baik menulis ":)" dibandingkan "(:".

3. Mencairkan Suasana Komunikasi yang Formal

Kita pastinya sering beranggapan jika penggunaan emoji kurang pas jika digunakan pada situasi formal, misalnya saat berbincang melalui chat dengan atasan atau rekan bisnis.

Namun, hasil penelitian dari Universitas Missouri justru mengungkap fakta sebaliknya.

Karena penelitian tersebut menyebutkan bahwa saat seseorang menyisipkan emoji "senyum" pada surat lamaran kerja, maka HRD dari perusahaan tempatnya melamar kerja akan lebih tertarik terhadap si pelamar.

4. Memperhalus kritik

Hasil studi penelitian juga menemukan, jika saat atasan mengkritik kerja bawahannya dengan menggunakan emoji, maka bawahan akan cenderung menerima kritik tersebut dengan lebih baik dan akan berusaha mengubah diri.

5. Membuat Suasana Chatting Menjadi Lebih Terbuka

Sebuah studi pada 2008 lalu juga menyebutkan jika pengguna emoji akan mengalami efek yang positif seiring perkembangan teknologi.

Hal ini bisa dilihat dari lebih terbukanya dalam interaksi personal, menyerap lebih banyak informasi, dan menjadi lawan bicara yang menyenangkan.

6. Membuat Anda Terlihat Lebih Cerdas dan Baik

Mungkin Anda tidak pernah menyangka jika penggunaan emoji yang sesuai dengan kondisi dan bersifat positif bisa membuat pengguna sosmed terlihat lebih cerdas dan mudah diajak untuk berkomunikasi.

Di sebuah studi yang diunggah di allacademic reserach, penggunaan emoji juga dinyatakan mampu membuat kita mengingat isi chatting atau pesan yang dibaca sebelumnya lebih lama.

7. Membuat Orang Lebih Bahagia

Jika Anda merasa selama chatting di sosial media sering merasa kesal atau kurang bahagia, kemungkinan itu adalah tanda untuk segera menggunakan emoji.

Karena berdasarkan hasil penelitian di tahun 2008, pengguna emoji akan merasa lebih bahagia saat mereka melakukan interaksi dan menerima informasi.

Selain itu, emoji juga dianggap tidak hanya menyenangkan untuk digunakan namun juga bisa memberikan nilai positif bagi komunikasi itu sendiri.

Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang cara membuat emoji trending dan informasi penting lainnya yang bisa dipelajari dan diterapkan.

Hasil emoji yang telah dibuat melalui situs nantinya akan muncul sebagai format PNG dan tidak bisa disimpan layaknya sebagai emoji biasa di dalam chat.

Sedangkan hasil perpaduan emoji yang dibuat melalui aplikasi Gboard, secara otomatis akan muncul sebagi sticker yang bisa disimpan kemudian dikirimkan kembali melalui media sosial.

Anda bisa memilih salah satu cara atau mencobanya satu persatu, namun yang jelas setiap cara yang kami bagikan terbilang mudah untuk diterapkan dan bisa menghasilkan emoji yang bagus. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.