Cara Membersihkan Kamera Depan yang Berdebu di Dalam 2024

Daftar Isi
Cara Membersihkan Kamera Depan yang Berdebu di Dalam
Bagi anda yang mungkin pada saat ini sedang mencari cara membersihkan kamera depan yang berdebu di dalam berarti anda masuk ke dalam artikel yang tepat, karena kami sudah menyediakan pembahasannya untuk anda di bawah ini.

Kamera handphone merupakan salah satu fitur yang sangat wajib tersedia, bahkan tidak sedikit perusahaan handphone ternama yang berlomba-lomba menawarkan produk dengan kualitas kamera yang mempuni dan semakin canggih.

Hal tersebut dikarenakan tidak sedikit konsumen yang juga sudah menjadikan kualitas kamera sebagai salah satu pertimbangan utama pada saat membeli handphone baru.

Dengan adanya fitur kamera yang canggih, anda bisa jauh lebih mudah mengabadikan semua momen yang terjadi dalam hidup anda.

Selain itu, karena semakin banyaknya orang yang kegandrungan media sosial, hampir semua orang pasti membagikan momen tersebut ke dalam bentuk foto ataupun video yang ada di internet.

Dengan begitu kualitas handphone anda menjadi sia-sia pada saat lensanya kotor dan berdebu, hasil fotonya sudah pasti akan berkurang drastis.

Alhasil, foto yang harusnya terlihat sepurna dan bisa anda pamerkan di akun media sosial anda menjadi tampak kurang bagus, buram dan kurang enak untuk di pandang.

Tentu saja anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan, hal seperti itu terjadi dan akan sangat merusak momen yang seharusnya bisa di abadikan dengan sangat baik.

Selayaknya produk elektronik yang lainnya, handphone juga membutuhkan yang namanya perawatan supaya tidak cepat rusak dan fitur yang dimilikinya tetap terjaga.

Nah, dalam hal tersebut, kamera yang sangat rentan terkena debut, kotoran ataupun embun anda tentunya harus memahami bagaima cara yang tepat untuk memberishkannya.

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda bisa langsung saja simak ulasan mengenai cara membersihkan kamera depan yang berdebu di dalam yang sudah ada di bawah ini sampai selesai yaa gess yaaa!!!

Penyebab Kamera Handphone Kotor

Cara Membersihkan Kamera Depan yang Berdebu di Dalam
Penyebab Kamera Handphone Kotor
Pada jaman sekarang, hampir semua handphone sudah mempunyai fitur kamera yang sangat baik dan juga sangat canggih.

Guna untuk bisa lebih memudahkan anda dalam mengabadikan momen secara cepat dengan kualitas gambar yang sangat bagus.

Akan tetapu, jika lensanya kotor dan juga berdebu tentunya akan sangat mempengaruhi pada hasil gambar menjadi buram dan kurang bagus.

Tentunya sebuah kewajiban untuk anda mengerti bagaimana cara untuk bisa membersihkan kamera handphone supaya terbebas dari debu dan juga kotoran.

Sebuah barang elektronik seperti handphone membutuhkan yang namanya perawatan terlebih lagi pada bagian kamera yang bekerja selayaknya mata manusia yang rentan terkena debu, kotoran, goresan, jambur, berembun yang akan membuat kualitas foto menjadi menurun.

Agar kualitas yang ada pada handphone anda tetap terjaga dan juga berfungsi dengan baik, tentunya anda harus rajin-rajin untuk membersihkannya.

Sangat penting untuk anda ketahui ada beberapa sebab atau penyebab kenapa kamera handphone anda menjadi buram dan tidak jernih.

Sebelum anda masuk ke dalam cara membersihkan kamera depan yang berdebu di dalam ada baiknya anda simak beberapa penyebab kamera handphone anda berdebu di bawah ini, yaitu sebagai berikut:
  • Debu, menggunakan handphone di tempat yang terbuka dan berdebu sangat berpotensi untuk membuat kamera handphone anda menjadi kotor dan banyak debut yang menempel, yang akan menimbulkan masalah jika debu tersebut berhasil masuk ke dalam kamera akan sangat sulit untuk di bersihkan kembali.
  • Sidik jari, bekas dari tangan yang berminyak dan juga kotoran bisa membuat kamera handphone anda menjadi kotor dan juga buram.
  • Jamur, handphone yang sering kali terkena ciprat air dan berada pada tempat yang lembab akan jauh lebih berpotensi untuk terkena jamur, karena jamur yang ada pada kamera handphone merupakan masalah yang lumayan mengganggu apabila jamur tersebut tumbuh pada bagian dalam kamera sehingga akan sangat sulit untuk dibersihkan nantinya.
  • Goresan, kamera handphone yang sering kali menyentuh benda keras dan juga kasar akan menginggalkan bekas goresan pada kamera, tentu saka akan membuat permukaan dari kamera anda menjadi banyak bekas goresan dan akan membuat hasil foto menjadi jelek karena sangat sulit untuk mengatasi kamera handphone yang sudah banyak goresan salah satu solusinya adalah dengan mengganti casing bagian belakang, hal tersebut juga bisa di dihindari dengan menggunakan hard case pada handphone atau menggunakan temperd glass pada kamera.
  • Minyak muka, sering teleponan dan juga menempelkan handphone ke pipi dan juga telinga akan membuat kamera depan pada handphone anda akan ikut berminyak, akibatnya kamera anda akan menjadi blur jika tidak cepat untuk di bersihkan dengan menggunakan lap atau tissue.

Cara Membersihkan Kamera Depan yang Berdebu di Dalam


1. Cara Membersihkan Kamera Depan yang Berdebu di Dalam dengan Menggunakan Odol

Cara Membersihkan Kamera Depan yang Berdebu di Dalam
Cara Membersihkan Kamera Depan yang Berdebu di Dalam dengan Menggunakan Odol
Bagaimana cara untuk membersihkan kamera handphone dengan benar? Lensa kamera yang buram dan juga berdebut akan membuat hasil foto kamera dari handphone akan kurang bagus.

Pada saat ini, setiap handphone pastinya memiliki fitur kamera, baik itu hanya handphone feature atau handphon pintar seperti smartphone semua pastinya memiliki kamera.

Nah, fitur kamera tersebut memang sangat berguna karena bisa memudahkan anda dalam mengabadikan momen dan membagikannya ke dalam platform media sosial.

Namun, apakan anda tahu sama halnya seperti barang elektronik yang lainnya, handphone juga membutuhkan perawatan, apalagi pada bagian kamera yang sangat rentan rusak, tergores ataupun pecah.

Apabila lensa kamera anda kotorm penuh baretm ataupun berembun tentunya bisa menurunkan kualitas foto anda.

Lensa dari kamera handphone akan bekerja seperti mata manusia, oleh karena itu jika ada bagian yang rusak maka tidak akan bisa digunakan kembali untuk menangkap gambar dengan kualitas yang bagus.

Lalu, bagaimana cara untuk membersihkan kamera handphone yang benar dan mudah? Berapa biaya yang harus di keluarkan untuk membersihkan kamera handphone? Asal anda tahu saja, membersihkan kamera handphone itu sebenarnya sangat mudah.

Bahkan anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membersihkannya, anda bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar anda untuk membersihkan lensa kamera handphone.

Salah satu cara yang bisa anda gunakan adalah dengan menggunakan pasta gigi atau odol yang ternyata bisa digunakan untuk membersihkan kamera handphone loh guys.

Pasta gigi atau odol bisa digunakan untuk memperbaiki goresan harus yang sudah ada pada lensa kamera handphone anda.

Sebaiknya anda menggunakan pasta gigi yang original yang berwarna putih untuk membersihkan dan juga memperbaiki kualitas lensa kamera handphone anda.

Silahkan anda bisa langsung simak langkah-langkah mengenai cara membersihkan kamera depan yang berdebu di dalam dengan menggunakan odol atau pasta gigi, yaitu sebagai berikut:
  • Tahap pertama yang harus anda lakukan adalah mengoleskan sedikit pasta gigi atau odol ke lensa kamera handphone anda.
  • Setelah itu, anda bisa langsung gosok secara perlahan dengan menggunakan kain Microfiber atau kain halus.
  • Selain itu, anda juga bisa menggunakan korek kuping atau Cotton Bud untuk menggosokkannya secara perlahan dengan cara mengoleskan pasta gigi ke kore kuping.
  • Oleskanlah dan putar searah jarung jam sehingga merata ke seluruh bagian lensa kamera anda.
  • Selanjutnya, anda bisa mendiamkannya sebentar.
  • Yang terakhir, anda bisa langsung membersihkannya dengan menggunakan kain basah yang halus.
  • Selesai!!!
Bagaiamana, sangat mudah sekali bukan cara untuk membersihkan kamera depan yang berdebu atau terkena goresan halus dengan menggunakan pasta gigi atau odol.

Pasta gigi bisa menyamarkan goresan kecil pada lengsa kamera handphone anda, selain itu pasta gigi juga diklaim bisa menjaga kekuatan lapisan pelindung Oleophobic Coating yang biasanya ada pada bagian terluar lensa kamera.

Lapisan pelindung tersebut berfungsi untuk menjada kamera handphone anda tidak mudah untuk tergures, namun jika ada goresan anda bisa langsung perbaiki dengan menggunakan bantuan dari pasta gigi.

2. Cara Membersihkan Kamera Depan yang Berdebu di Dalam dengan Minyak Kayu Putih

Cara Membersihkan Kamera Depan yang Berdebu di Dalam
Cara Membersihkan Kamera Depan yang Berdebu di Dalam dengan Minyak Kayu Putih
Minyak kayu putih bukan hanya bisa digunakan untuk mengobati masuk angin saja loh guys, jangan salah karena ternyata minyak kayu putih juga bisa digunakan untuk membersihkan kamera handphone.

Di bawah ini sudah ada langkah-langkah mengenai cara membersihkan kamera depan yang berdebu di dalam dengan menggunakan minyak kayu putih, yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan kain microfiber atau tissue wajah.
  • Setelah itu, anda bisa menggunakan tissue wajah karena teksturnya yang jauh lebih halus supaya tidak menggores lensa.
  • Kemudian anda bisa teteskan sedikit minyak kayu putih pada kain ataupun tissue.
  • Jangan lupa juga untuk menggosok lensa kamera handphone anda secara halus atau perlahan searah dengan jarum jam.
  • Selesai!!!
Sangat mudah sekali bukan cara untuk membersihkan kamera depan yang berdebu dengan menggunakan minyak kayu putih yang bisa langsung anda terapkan.

Membersihkan lensa kamera handphone dengan menggunakan minyak kayu putih bisa membersihkan lensa kamera handphone dari debu yang menempel.

Minyak bisa mengangkat debu secara efektif sehingga kamera handphone anda akan terlihat jauh lebih besih lagi dari yang sebelumnya.

Jika anda tidak memiliki minyak kayu putih, maka anda bisa menggantinya dengan menggunakan alkohol 70% yang bisa langsung anda belu pada Apotek terdekat.

Akhir Kata

Itulah dia beberapa cara membersihkan kamera depan yang berdebu di dalam yang bisa kami berikan untuk anda terapkan dengan sangat mudah.

Dengan adanya cara yang sudah kami berikan di atas, kini anda bisa menghemat pengeluaran untuk service kamera ke konter handphone terdekat.

Jika anda rasa ulasan yang sudah kami berikan di atas penting, maka jangan lupa untuk bantu share sebanyak-banyak ke teman ataupun kerabat yang belum mengetahui cara tersebut.

Usai sudah segala penjabaran pada kali ini, sekian dan semoga bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba yaa gess yaaa.