Cara Cek TV Sudah Digital atau Belum 2024

Cara Cek TV Sudah Digital atau Belum
Cara Cek TV Sudah Digital atau Belum - Belakangan ini sebagian masyrakat dibuat resah karena sudah tiddak bisa lagi mengakes televisi atau TV analog.

Karena, sebenarnya pemerintah sudah menemukan siaran TV analog, namun masyrakat masih saja belum bisa menyaksikan siaran TV melalui siaran digital.

Salah satu cara yang bisa di lakukan supaya bisa menyaksikan siaran TV digital adalah dengan menggunakan perangkat Set Top Box atau STB, yang dimana alat ini bisa mengkoversikan sinyal digital menjadi gambar dan juga suara yang bisa di tampilkan pada TV analog biasa.

Bukan hanya itu, STB atau Set FTop Box juga merupakan alat yang berfungsi untuk bisa merubah sinyal digital yang sudah di pancarkan oleh stasiun TV manjadi gambar dan juga suara yang akan ditampilkan pada TV yang sudah menggunakan alat ini.

TV digial jika dibandingkan dengan TV analog merupakan siaran yang bisa memberikan kualitas gambar dan juga suara yang jauh lebih jernih.

Jenis siaran seperti ini tidak akan pernah terpengaruh oleh cuaca yang ada di sekitar, sangat berbeda dengan TV analog yang sangat rentan terganggu apabila cuaca sedang tidak bagus atau tidak bersahabat.

Sebenarnya, indonesia sudah sangat jauh tertinggal dengan negara lain yang jauh lebih dulu menggunakan siaran jenis seperti ini.

Anda harus memastikan terebih dahulu jenis TV yang anda gunakan sebelum pada akhirnya membeli STB, dari pada uang anda sebesar Rp 150 sampai dengan 300 ribu terbuang sia-sia.

Cara Cek TV Sudah Digital atau Belum

Untuk lebih jelasnya, anda bisa langsung saja simak ulasan mengenai Cara Cek TV Sudah Digital atau Belum yag memang sudah kami sediakan untuk anda di bawah ini sampai selesai yaa gess yaa!!!

1. Cara Cek TV Sudah Digital atau Belum dengan Memeriksa Fitur HDTV

Cara Cek TV Sudah Digital atau Belum
Cara Cek TV Sudah Digital atau Belum dengan Memeriksa Fitur HDTV
Cara cek TV sudah digital atau belum psangatlah mudah adalah cek stiker di belakang TV, posisinya mungkin akan berbeda-beda setiap merek, namun biasanya untuk TV yang memang sudah mendukung siaran TV digital akan ada stiker dengan tulisan ATSC, DTV, Digital Ready, HD Ready, HDTV, Digital Tuner, Digital Tuner built-in, Integrated Digital Tuner, atau Digital Receiver.

Jika ada tulisan tersebut, itu artinya TV anda sudah mendukung siaran digital, dan jika tidak berhasil menemukan stiker anda bisa langsung saja mencari keterangan spesifikasi TV, baik secara online atau dari buku manualnya.

Biasanya untuk TV yang memang sudah mendukung siaran TV digital biasanya akan terdapat tulisan DVB-T2 di dalam spesifikasinya.

Cara untuk bisa mengetahui TV digital atau analog yang selanjutnya adalah dengan mencoba membuka siaran digital.

Karena siaran digital biasanya punya sub-channel, seperti channel A-1, dan channel A-2 misalnya, TVRI memiliki beberapa sub-channel: TVRI Nasional, TVRI 3 Budaya, serta TVRI Sport HD.

Apabil anda menemukan sub-channel seperti itu, artinya TV sudah mendukung siaran digital caranya hanya dengan mengetahui tv digital atau analog cukup mudah, namun terpenting pastikan juga bahwa area hunian anda sudah terjangkau siaran digital.

2. Cara Cek TV Sudah Digital atau Belum dengan Cek TV pada Situs Kominfo

Cara Cek TV Sudah Digital atau Belum
Cara Cek TV Sudah Digital atau Belum dengan Cek TV pada Situs Kominfo
Cara Cek TV Sudah Digital atau Belum faktanya sudah tidak perlu susah-susah lagi anda hanya tinggal masuk ke halaman sertifikasi perangkat, yaitu sebagai berikut:
  • Tahap pertama yang harus anda lakukan adalah membuka laman siarandigital.kominfo.go.id/ melalui link yang sudah kami sediakan untuk anda berikut ini (Kunjungi Situs Siaran Digital Kominfo).
  • Setelah itu anda bisa lanjutkan dengan pilih menu Perangkat TV Digital.
  • Kemudian, pada pilihan Pilih Kategori silahkan anda tinggal memilih Televisi.
  • Selanjutnya, anda bisa isikan merek televisi dan juga Model atau Type nya.
  • Apabila merek televisi dan juga type merupakan TV yang sudah bisa menerima siaran dari TV analog maka keterangannya merek dan juga tipe akan langsung muncul.
  • Namun, bila televisi yang anda miliki tidak terdaftar maka akan muncul keterangan Mohon maaf, perangkat yang Anda cari tidak terdaftar pada database kami atau belum memiliki sertifikasi perangkat.
  • Selesai dech!!!
Siaran TV digital dengan menggunakan spektrum frekuensi akan jauh lebih efisien, karena mempunyai satu kanal frekuensi yang bisa menayangkan delapan atau bahkan bisa lebih program siaran melalui infrastruktur penyiaran multipleksing TV digital.

Bila bermigrasi ke TV Digital, Indonesia sudah memiliki frekuensi tersisa atau dividen digital sebesar 112 MHz.

Spektrum dari frekuensi radio yang biasanya digunakan untuk TV analog berada pada pita 700 MHz yang merupakan spektrum frekuensi yang sangat cocok digunakan untuk layanan internet.

Oleh karena itu, seluruh dunia menerapkan teknologi TV digital untuk menghemat penggunaan pita 700 MHz sehingga sebagian bisa digunakan untuk layanan internet seperti 4G, 5G, dan juga perkembangan teknologi selanjutnya.

Di dalam Indonesia sendiri, hasil penghematan pita 700 MHz juga akan langsung digunakan untuk sistem peringatan dini kebencanaan, layanan pendidikan dan juga kesehatan jarak jauh.

Selain masalah penerimaan sinyal TV analog yang sangat terbatas, dengan adanya migrasi ke TV digital maka biaya untuk pembangunan infrastruktur penyiaran televisi menjadi jauh lebih efisien.

Dengan begitu, daerah-daerah yang pada saat ini tidak mendapatkan siaran TV terestrial bisa dilakukan pembangunan dengan lebih hemat biaya.

Cara Mengubah TV Analog ke Digital

Cara Cek TV Sudah Digital atau Belum
Cara Mengubah TV Analog ke Digital
Pada saat anda sudah mengetahui bahwa TV di rumah tidak bisa menerima siaran digital, anda membutuhkan perangkat tambahan dekoder atau Set Top Box.

Setelah menyambungkannya ke TV yang ada di rumah, anda juga perlu melakukan beberapa langkah untuk mengatur TV analog ke TV digital.

Karena, setelah anda menghubungkan TV ke STB atau Set Top Box, anda tidak akan bisa langsung menyaksikan siaran digital.

Di bawah ini sudah ada langkah-langkah menganai cara mengubah Tv analog ke TV digital setelah anda mengetahui bagaimana Cara Cek TV sudah Digital atau belum, yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan STB harus berjenis DVB-T2 supaya bisa mendukung sambungan antena pada TV analog.
  • Setelah itu, TV analog juga harus dalam posisi power off atau daya mati.
  • Jangan lupa juga untuk Cabut kabel antena yang terpasang pada TV analog.
  • Lalu, anda bisa lagsung sambungkan juga kabel antena ke port yang umumnya bernama ANT IN yang memang sudah tersedia pada bagian punggung STB.
  • Berikutnya anda tinggal menyambungkan kabel HDMI dari port di STB ke TV analog.
  • Apabila TV analog yang anda miliki belum mendukung sambungan HDMI, maka bisa langsung disambungkan dengan kabel AV, biasanya mempunyai 3 ujung konektor berwarna merah, kuning, dan juga putih.
  • Dilanjutkan dengan anda harus memastikan bahwa STB atau Set Top Box sudah terhubung dengan daya.
  • Langkah yang selanjutnya, anda bisa langsung menyalakan STB dan juga TV analog.
  • Lanjut, sialahkan anda masuk ke dalam menu pengaturan TV analog, dan pilihlah mode tampilan AV.
  • Bila menu STB sudah muncul, anda bisa langsung pilih opsi pencarian saluran.
  • Jika daftar saluran siaran digital sudah muncul, pilihlah opsi simpan dengan begitu siaran digital di TV analog bisa segera digunakan.
  • Selesai dech!!!
Bagaimana sangat mudah sekali bukan cara untuk mengubah TV Analog ke TV digital hanya dengan melakukan beberapa tahapan saja.

Ternyata banyak juga dari anda yang masih belum mengetahui apa perbedaan dari TV Analog dan juga TV Diitigal.

Perbedaan antara Tv Digital dan analog terdapat pada bagaimana cara dari kedua perangkat tersebut menangkap sinyal yang nantinya akan berubah menjadi tayangan dan bisa di nikmati oleh publik.

Untuk tv analog biasanya akan menggunakan transmisi sinyal radio, yang dimana di dalamnya sudah terdapat format video serta Audio, kemudian sinyal video ini akan menghasilkan gelombang AM dan juga audio akan jadi gelombang FM.

Sedangkan untuk TV digital, akan menerima transmisi sinyal yang bernama bit atau data informasi seperti sebuah cakram yang sudah ada di dalam DVD, Blue-ray atau CD.

Dalam sebuah bit tersebut akan berisikan tentang semua data seperti warna, gambar, sampai dengan suara sudah dalam satu bit saja, lalu tv digital akan langsung memproses hal ini dengan konsep kode biner 1 dan 0.

yang dimana kode biner ini nantinya yang akan menerjemahkan data bit menjadi sebuah gambar ataupun suara sehingga orang bisa menyaksikannya sesuai dengan yang ada di dalam televisi.

Selain cara mentrasmikiannya perbedaan antara keduannya juga bisa anda lihat dari sisi kualitas visual, dimana TV Analog akan sangat berpengaruh terhadap jarak pemancar sedangkan untuk TV digital tidak.

Kemudian perbedaan yang lumayan mencolok dari keduanya juga bisa langsung anda lihat dari gangguan tayangan yang diberikan.

Pada TV Analog masih akan mengalami gangguan tayangan berupa visual apabila sinyal lemah, sementara TV Digital biasanya gangguannya hanya sebatas tampilan warna saja.

Akhir Kata

Itulah dia pembahasan mengenai cara cek tv sudah digital atau belum yang bisa kami berikan untuk anda terapkan dengan sangat mudah loh guys.

Selain itu, kami juga sudah menyediakan bagaimana cara untuk bisa mengubah tv analog ke tv digital untuk anda yang masih belum mengetahui caranya.

Jika anda rasa ulasan yang sudah kami berikan di atas penting, jangan lupa untuk bantu share artikel ini ke teman ataupun kerabat anda yang belum mengetahuinya.

Mungkin cukup sampai sini saja penjabaran pada artikel kali ini, sekian dan semoga bermanfaat untuk anda dan selmat mencoba yaa gess yaa.
Dody S. Technology article editor, IT consultant. has been involved in the website and technology sector since 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel