Cara Mengetahui HP Sudah di Root 2024

Daftar Isi
Cara Mengetahui HP Sudah di Root
Bagi anda yang mungkin pada saat ini sedang mencari cara mengetahui hp sudah di root berarti anda masuk ke dalam artikel yang tepat, karena kami sudah menyediakan pembahasannya untuk anda di bawah ini.

Root dalam bahasa indonesia artinya adalah Akar, dengan mengaktifkan root berarti sama saja anda mengaktifkan perizinan user supaya bisa mengakses sistem Android secara lebih mendalam lagi.

Sehingga fitur yang tidak memungkinkan untuk di gunakan pada saat standar bisa langsung di akses pada saat Root sudah di aktifkan.

Tidak semua perangkat handphoen Android bisa menggunakan akses root salah satunya adalah perangkat handphone samsung, yang dimana sangat sulit untuk di root dikarenakan sistem keamanannya.

Oleh karena itu, dibutuhkan cara untuk bisa mengetahui handphone yang sudah di lakukan Root untuk bisa memastikan apakah proses tersebut berhasil atau tidak.

Root merupakan sebuah proses perizinan supaya user bisa mempunyai kontrol yang jauh lebih tinggi terhadap perangkat androidnya.

Jika Aplikasi Root juga sudah di aktifkan, user mempunyai wewenang untuk bisa melakukan berbagau macam hal yang tidak bisa di lakukan secara viasa.

Bahkan, user juga bisa menghapus aplikasi bawaan dari handphone anda, namun sangat diharapkan untuk anda tidak menghapus aplikasi mendasar seperti telepon, perpesanan, pengetahuan, kemera dan juga beberapa fitur mendasar yang lainnya.

Walaupun demikian, menghapus aplikasi terkadang sangat dibutuhkan jika anda memanfaatkan atau melakukannya dengan tepat.

Sayang sekali, resiko yang didapatkan setelah anda melakukan proses Root lumayan besar , yang dimana pengamanan terhadap handphone anda akan menjadi sangat longgar sehingga sangat mudah sekali untuk di tembus.

Oleh karena itu, untuk bisa mengatasi masalah tersebut anda sebagai pengguna harus menggunakan atau memasang antivirus yang terjamin jika memang sangat dibutuhkan.

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda bisa langsung saja simak ulasan mengenai cara mengetahui hp sudah di root yang sudah ada di bawah ini sampai selesai yaa gess yaa!!!

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Root

Cara Mengetahui HP Sudah di Root
Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Root
Root akan memberikan banyak sekali manfaat kepada anda sebagai penggunanya, oleh karena itulah banyak sekali orang yang berusaha untuk mengaktifkan akses Root pada perangkat handphonenya.

Walaupun memang tidak semua perangkat handphone bisa dengan mudahnya untuk di pasangkan root pada perangkatnya.

Di bawah ini sudah ada beberapa keuntungan dan juga kerugian yang harus anda ketahui jika anda menggunakan Root pada perangkat handphone sebelum anda masuk ke dalam cara mengetahui hp sudah di root, yaitu sebagai berikut:

Keuntungan

A. Hapus Aplikasi Bawaan

Akses Root yang sudah dimiliki oleh user bisa anda manfaatkan atau gunakan untuk menghapus aplikasi bawaan yang sudah ada dalam perangkat handphone anda.

Fitur yang satu ini sangat bermanfaat untuk anda, karena terkadang penyedia perangkat sesluler sering kali menyematkan berbagai macam aplikasi yang kurang bermanfaat untuk para penggunannya.

Bahkan, juga terdapat aplikasi dengan ukuran yang besar dan menghabiskan ruang penyimpanan anda, hal tersebut harus anda perhatikan lebih juga yaa guyss.

Karena, jika penyimpanan internal anda sudah penuh, maka performa dari handphone anda juga akan ikut menurun drastis dan yang pastinya hal tersebut akan sangat mengganggu.

Untuk bisa mengatasi hal tersebut, akses root yang sudah anda miliki bisa anda manfaatkan untuk menghapus aplikasi bawaan yang tidak penting atau tidka berguna.

Dengan begitu, perangkat handphone anda akan menjadi semakin nyaman, lancar pada saat digunakan karena sudah tidak ada lagi aplikasi yang menggagu karena ukuranya yang besar.

B. Custom ROM

Tampilan dari perangkat handphone Android anda bisa bervariasu, namun terkadang terdapat orang yang tidak puas dengan tampilan handphonenya pada saat ini.

Sehingga ia ingin mengubahnya menjadi jauh lebih menari lagi yang mengacu ada perangkat handphone Android yang lainnya.

Walaupun Rooting mempunyai banyak sekali keunggulan, namuan proses yang satu ini mempunyai beberapa kerugian yang bisa anda daapatkan.

Yang dimana, kerugian tersebut harus juga anda perhatikan supaya menjadi pertimbangan sebelum anda melakukan proses Rooting nantinya

Kerugian

A. Garansi Hilang

Garansi sangat penting untuk anda, karena anda bisa mendapatkan perbaikan secara gratis jika handphone anda mengalami kerusakan sebelum masa garansinya habis.

Namun, dengan adanya aktivitas Root seketika akan menghilangkah garansi yang anda miliki pada perangkat handphone anda.

Melihat masalah tersebut, anda sebagai pengguna disarankan untuk mengaktifkan Root pada saat masa garansi sudah habis.

Sehingga, anda bisa menghindar dari berbagai macam kerugian lainnya yang tidak akan bisa anda perikirakan nantinya.

B. Smartphone Cepat Panas

Pengaktifkan Root tidak akan bisa secara langsung mengabibatkan handphone anda cepat panas, namun efek tersebut akan timbul jika anda melakukan Cutom ROM untuk bisa meningkatkan performa handphone anda, sehingga pada sistem handphone akan semakin berat.

C. Rentan Virus

Resiko untuk terkena virus pada perangkat handphone anda akan semakin besar jika aktivasi Root tetap saja di lakukan.

Hal tersebur dikarenakan oleh sisitem pengamanan bawaan yang dimiliki oleh perangkat anda semakin menurun dan semakin longgar yang membuat perangkat anda cepat sekali dimasuki oleh virut.

Virus juga bisa masuk secara bersamaan dengan pemasangan game yang khusus versi Root, selain itu kegiatan Custom ROM juga mempunyai banyak sekali resiko yang serupa.

Untuk itu, kami sarankan untuk pemilihan pada situs saat proses sedang melakukan proses download harus benar-bena di perhatikan.

D. Bottloop

Bootloop akan terjadi jika adanya kegagalan pada saat sedang melakukan aktivasi Root, Bootloop juga menyebabkan perangkat handphone anda tidak akan bisa dinyalan kembali untuk semnatara waktu.

Bahkan, tidak sedikit kasus ekstream handphone yang satu ini membuat perangkat anda menjadi rusak secara berlebihan sehingga harus dengan segera di lakukan Flash ulang.

Cara Mengetahui HP Sudah di Root Tanpa Menggunakan Aplikasi

Cara Mengetahui HP Sudah di Root
Cara Mengetahui HP Sudah di Root Tanpa Menggunakan Aplikasi
Root memberikan akses kepada para pemiliknya untuk bisa melakukan perubahan terhadap beberapa hal yang ada dalam perangkat handphone.

Perubahan tersebut misalnya seperti custom ROM, menghapus aplikasi bawaan, dan yang lain sebagainya, semua itu sangat bagus untuk dilakuan jika tidak dilakukan secara berlebihan.

Namun, terkadang proses pembuatan akses Root tidak akan bisa berjalan dengan lancar yang pada akhirnya berujung kepada kegagalan.

Kegagalan tersebut bahkan bisa menyebabkan Bootloop, sedangkan untuk bisa mengetahui apakah proses tersebut behasil dilakukan atau tidak anda bisa melakukannya dengan menggunakan cara di bawah ini.

Membuat akses Root pada perangkat handphone pastinya mempunyai jejaknya tersendiri, yang dimana jejak tersebut cenderung sama walaupun aplkasi yang digunakan untuk membuat root berbeda.

Dikarenakan, hal tersebutlah yang biasanya dimanfaatkan menjadi cara untuk mengetahui handphone sudah di root tanpa menggunakan aplikasi.

Silahkan anda bisa langsung simak langkah-langkah mengenai cara mengetahui hp sudah di root tanpa menggunaka aplikasi yang sudah ada di bawah ini, yaitu sebagai berikut:
  • Tahap pertama yang harus anda lakukan adalah mengaktifkan perangkat handphone yang sedang anda gunakan.
  • Setelah itu, anda harus memastikan bahwa aplikasi yang digunakan untuk membuat akses Root adalah KingRoot atau SuperSU.
  • Kemudian anda tinggal membuka menu dari aplikasi tersebut.
  • Yang terakhir anda tinggal mencari aplikasi Kinguser atau SuperSU.
  • Selesai!!!
Jika salah satu dari aplikai tersebut berhasil di temukan, itu berarti perangkat handphone anda sudah memiliki akses Root.

Yang harus anda ingat, bahwa cara yang ini harus dilakukan setelah proses Rooting selesai dilakukan, karena kedua aplikasi tersebut sudah sewajarnya ada pada perangkat handphone walaupun belum melakukan Root.

Cara Mengetahui HP Sudah di Root dengan Menggunakan Aplikasi Root Checker

Cara Mengetahui HP Sudah di Root
Cara Mengetahui HP Sudah di Root dengan Menggunakan Aplikasi Root Checker
Menggunakan aplikasi Root Checker untuk bisa mengetahui apakah perangkat handphone anda sudah memiliki akses root atau tidak merupakan cara yang lumayan efektif untuk dilakukan.

Terkadang, handpone yang sudah Root tidak akan menampilkan aplikasi Kinguser atau SuperSU dikarenakan beberapa kesalahan yang terjadi.

Oleh karena itulah, cara untuk melihat perangkat handphone anda sudah di Root dengan menggunakan Root Checker amerupakan pilihan yang sangat bijak.

Namun, sebelum anda menggunakan aplikasi ini, ada baiknya anda download aplikasinya melalui paltform google Play store atau melalui link yang sudah kami sediakan di bawah.

Adapun langkah-langkah mengenai cara mengetahui hp sudah di root dengan menggunakan aplikasi Root Checker di bawah ini, yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah download aplikasi Root Checker melalui link yang sudah kami sediakan untuk anda berikut ini (Download Aplikasi root Checker untuk Android).
  • Setelah itu, anda tinggal menginstall aplikasinya ke dalam perangkat handphone yang sedang anda gunakan.
  • Bila di rasa aplikasinya sudah terpasang dengan baik, anda bisa lanjutkan dengan membuka aplikasi Root Checker tersebut.
  • Kemudian, anda bisa langsung klik ospi Agree pada halaman awal aplikasi tersebut.
  • Lalu, anda bisa lanjutkan dengan mengklik opsi Verify Root Access.
  • Dilanjutkan dengan anda memilih opsi Grant.
  • Berikutnya, anda hanya tinggal menunggu beberapa saat sampai dengan proses yang dilakukan selesai.
  • Apabila prosesnya sudah selesai dilakukan, maka akan langsung muncul konfirmasi mengenai hasil dari analisa yang sudah di lakukan, sehingga user bisa langsung mengetahui bahwa handphone anda sudah memiliki akses root atau belum.
  • Selesai!!!
Bagaimana, sangat mudah sekali bukan cara untuk mengetahui handphone yang sudah memiliki akses Root dengan menggunakan aplikasi Root Checker yang bisa langsung anda terapkan dengan sangat mudah loh guys.

Akhir Kata

Itulah dia beberapa metode atau cara mengetahui hp sudah di root yang bisa kami berikan untuk anda terapkan dengan sangat mudah.

Selain itu, kami juga sudah menyediakan beberapa keuntungan dan juga kerugian jika anda memasang root pada perangkat handphone anda, jadi sebelum anda benar-benar melakukannya sebaiknya pikirkan kembali.

Jika anda rasa ulasan yang ada di atas penting, maka jangan lupa untuk bantu share sebanyak-banyaknya artikel tersebut ke teman ataupun kerabat anda yang belum mengetahuinya.

Usai sudah semua penjabaran pada kali ini yang bisa kami berikan, sekian dan semoga bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba yaa gess yaa.