Cara Membajak Akun FB yang Hilang 2024

Daftar Isi
Cara Membajak Akun FB yang Hilang
Bagi anda yang sedang mencari bagaimana cara membajak akun FB yang hilang, tenang saja karena di artikel kami sudah menyediakan pembahasannya untuk anda.

Facebook ini biasanya dikenal dengan sebutan FB yang merupakan salah satu platform media sosial yang memiliki banyak sekali pengguna, baik dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang tua pun menggunakan aplikasi sosial media satu ini.

Facebook mampu menghubungkan miliaran penggunanya pada platform yang sama, maka jika anda mendaftar akun di Facebook, maka dengan mudahnya anda akan bisa berkomunikasi dan terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia.

Di Facebook anda dapat membagikan foto, video, dan status kiriman anda agar teman-teman anda di Facebook dapat mengetahui keseharian anda.

Namun terkadang pengguna Facebook mengalami masalah terhadap akun Facebooknya, seperti lupa kata sandi atau anda tidak bisa masuk ke akun Facebook karena hal lainnya.

Mungkin anda sedang mengalami masalah tersebut, maka anda bisa mengatasinya dengan mencoba menggunakan metode cara membajak akun Facebook yang hilang.

Dan jika anda belum mengetahui cara membajak akun Facebook yang hilang, tidak perlu khawatir karena anda akan mendapatkan penjelasan terkait hal tersebut di artikel ini dalam pembahasan berikutnya di bawah.

Selain kami menjelaskan mengenai cara membajak akun Facebook yang hilang, kami juga akan menjelaskan terkait cara mencegah agar akun Facebook tidak mudah dihack, dan ciri-ciri akun Facebook dihack.

Maka bagi yang benar-benar ingin mengetahui semua yang akan kami informasikan di artikel ini, silahkan simak artikel ini sampai akhir.

Cara Membajak Akun FB yang Hilang

Dan yang pertama kami akan menjelaskan terlebih dahulu terkait tentang topik utama kita dalam artikel ini yaitu cara membajak akun FB yang hilang.

1. Cara Membajak Akun FB yang Hilang Menggunakan ID Facebook

Cara Membajak Akun FB yang Hilang
Cara Membajak Akun FB yang Hilang Menggunakan ID Facebook
Cara pertama yang akan kami jelaskan untuk membajak akun Facebook anda yang hilang adalah dengan menggunakan ID Facebook (Download Aplikasi Facebook untuk Android).

Langsung saja, di bawah ini adalah langkah-langkah untuk cara membajak akun FB yang hilang dengan menggunakan akun ID Facebook yaitu sebagai berikut:
  • Hal pertama yang harus anda lakukan yaitu silahkan anda mengunjungi Halaman Pusat Bantuan Facebook melalui link ini https://www.facebook.com/help untuk mengonfirmasi identitas anda.
  • Kemudian silahkan anda unggah file JPEG ID anda dan anda masukkan alamat Email atau nomor HP yang digunakan dalam akun Facebook yang ingin anda kembalikan tersebut.
  • Jika sudah silahkan anda tekan tombol "Kirim".
  • Apabila anda tidak lagi memiliki akses ke alamat Email atau nomor HP yang digunakan dengan diakun Facebook anda, maka anda bisa menggunakan alamat Email atau nomor HP yang lain untuk bisa diakses sekarang.
  • Akan tetapi dengan cara ini anda harus menghubungi Pusat Bantuan Facebook.
  • Silahkan anda menulis Email yang menjelaskan bahwa anda adalah pemilik akun Facebook, dan sebutkan Email atau nomor HP yang valid yang ingin anda gunakan untuk akses akun Facebook anda.
  • Lalu anda kirimkan Email tersebut ke Email bantuan Facebook.
  • Selesai.

Untuk cara ini dapat dikatakan lumayan sulit karena Facebook tidak menawarkan fitur obrolan langsung, sehingga anda harus menunggu balasan dalam beberapa hari, bahkan bis sampai berminggu-minggu,

Dan itupun belum dapat terjamin atau dipastikan akun Facebook anda akan kembali, dan semua itu juga tergantung pada penjelasan yang anda kirimkan, apakah semua yang anda jelaskan kepada mereka membuktikan bahwa akun tersebut milik anda atau tidak.

2. Cara Membajak Akun FB yang Hilang Tanpa Nomor HP dan Email

Cara Membajak Akun FB yang Hilang
Cara Membajak Akun FB yang Hilang Tanpa Nomor HP dan Email
Jika anda merasa kesulitan menggunakan cara yang kami jelaskan di atas untuk mengembalikan akun FB anda yang hilang.

Maka anda bisa dengan menggunakan cara yang kedua yaitu tanpa menggunakan nomor HP maupun Email.

Untuk langkah-langkah cara membajak akun FB yang hilang tanpa nomor HP dan alamat Email yaitu
 sebagai berikut:
  • Pertama-tama silahkan anda membuka browser anda dan akses situs www.facebook.com.
  • Jika anda sudah masuk di halaman utama atau halaman awal Facebook, langsung saja anda klik tombol "Lupa kata sandi".
  • Lalu dari sana silahkan anda memilih nomor telepon atau alamat Email sebagai opsi pemulihan
  • Kemudian silahkan anda klik pada tidak lagi memiliki akses ke ini.
  • Di laman berikutnya, silahkan anda memberikan nomor HP atau alamat Email teman atau anggota keluarga yang anda percaya.
  • Silahkan anda ketikkan nomor HP atau alamat Email yang aktif, lalu anda tekan tombol untuk mengungkapkan kontak tepercaya saya.
  • Langkah berikutnya silahkan anda ketikkan nama resmi lengkap dari kontak tepercaya anda tersebut.
  • Lalu anda akan dikirimkan berupa kode enam digit rahasia ke nomor atau alamat Email yang anda berikan tersebut.
  • Kemudian silahkan anda memasukkan kode konfirmasi pemulihan ke halaman "Pemulihan Facebook".
  • Apabila anda sudah melakukannya dengan benar, maka anda akan diarahkan ke halaman "Reset Kata Sandi".
  • Silahkan anda membuat kata sandi yang lebih aman untuk akun Facebook anda.
  • Maka anda akan berhasil membajak akun Facebook anda yang sebelumnya hilang.
  • Selesai.

Cara Mencegah Akun Facebook Dihack

Sekarang anda sudah mengetahui cara membajak akun FB yang hilang, dan menurut kami perlu juga untuk anda ketahui cara mencegah akun Facebook dihack, agar tidak terjadi lagi sesuatu yang tidak diinginkan pada akun Facebook anda.

Ada beberapa cara pencegahan agar akun Facebook anda tidak mudah untuk dihack oleh orang lain, diantaranya yaitu sebagai berikut:
  • Jangan login akun Facebook anda diperangkat orang lain, namun jika memang anda harus meminjam perangkat orang lain untuk login, maka anda jangan lupa untuk logout dan jangan menyimapat kata sandi di browser tersebut.
  • Silahkan anda menggunakan kata sandi yang tidak mudah ditebak orang lain, namun mudah untuk diingat oleh anda sendiri.
  • Jika nada ingin menyimpan kata sandi ditemapat lain untuk jaga-jaga bisa sewaktu-waktu lupa dengan kata sandi akun Facebook anda, maka silahkan simpan ditemapat yang menurut anda sangat aman.
  • Silahkan anda mengaktifkan fitur keamanan 2 faktor.
  • Silahkan anda mengaktifkan notifikasi apabila ada aktivitas yang mencurigakan.

Ciri-ciri Akun Facebook Terkena Hack

Menurut kami anda perlu juga untuk mengetahui ciri-ciri akun Facebook yang terkena hack, karena jika akun Facebook anda terkena hack maka bisa saja pada akun anda terjadi hal-hal yang aneh yang tidak pernah anda lakukan.

Para pengguna Facebook memang suatu hal yang sangat penting untuk diketahui terkait ciri-ciri akun Facebook yang telah terkena hack.

Karena perlu anda ketahui bahwa jika akun Facebook kita diambil alih orang lain yang tidak bertanggungjawab maka bisa-bisa akan menjadi bencana bagi pemilik akun tersebut.

Dan apabila anda menemukan beberapa ciri-ciri yang akan kami berikan di bawah ini terhadap akun Facebook anda, maka itu artinya akun anda telah dihack dan anda harus segera mencari solusinya.

Dan untuk mengatasinya anda bisa dengan metode cara membajak akun FB yang hilang seperti yang sudah kami jelaskan dipembahasan sebelumnya di atas.

Langsung saja, silahkan anda simak di bawah ini beberapa ciri akun Facebook yang terkena hack, diantaranya yaitu sebagai berikut:

a. Akun Tiba-Tiba Logout Sendiri Dari Aplikasi

Pada saat anda ingin membuka akun Facebook anda, namun ternyata anda menemukan sudah logout, padahal sebelumnya anda tidak pernah logout.

Maka hal ini ada kemungkinan besar akun Facebook anda telah dihack, hacker sudah berhasil masuk ke akun Facebook anda dan mengeluarkan akun Facebook anda dari perangkat.

b. Email dan Password Berubah

Ciri akun Facebook yang sudah terkena hack juga yaitu jika Email dan password akun Facebook anda berubah.

Anda memang masih bisa login dan menggunakan akun Facebook tersebut karena pembajak sengaja tidak mengeluarkan akun Facebook anda dari perangkat anda.

Maka anda bisa mengatasinya dengan salah satu metode yang sudah kami jelaskan di atas sebelum terkait cara membajak akun FB yang hilang.

c. Muncul Postingan yang Tidak Pernah Kalian Buat

Ciri selanjutnya akun Facebook yang sudah dihack yaitu muncul postingan yang tidak pernah anda buat sebelumnya.

Dalam hal ini biasanya terjadi yaitu muncul beberapa unggahan status atau postingan melaui ditimeline atau digrup yang diikuti status yang anda sendiri tidak pernah membuatnya.

Jika hal demikian terjadi di akun Facebook anda maka anda harus waspada karena bisa jadi status atau postingan teresebut dibuat oleh orang yang sudah membajak akun Facebook anda.

d. Mengirim Pesan Aneh-aneh

Bahkan jika di akun Facebook anda ada kiriman pesan yang berisi sesuatu yang cukup aneh dan mencurigakan yang tidak pernah anda lakukan.

Sebagai contoh, tiba-tiba ada pesan yang dikirim ke pengguna akun Facebook lain yang meminta atau meminjam uang, atau pesan-pesan aneh yang tidak pernah anda tulis atau buat.

Jika ini terjadi, segeralah untuk mengatasi akun Facebook anda, untuk mengatasinya anda bisa menggunakan metode cara membajak akun FB yang hilang yang sudah kami jelaskan di atas.

e. Informasi Pribadi Berubah

Apabila terjadi informasi pribadi anda berubah di akun Facebook anda, seperti tanggal lahir, nama, alamat dan informasi yang bersifat personal anda telah berubah.

Atau dengan kata lain sudah tidak sesuai dengan informasi asli yang seperti anda buat, maka hal ini dapat dikatakan akun Facebook anda telah dibajak orang lain.

f. Mengirim Permintaan Pertemanan Pada Orang Tidak Dikenal

Ciri terakhir yang dapat kami informasikan akun Facebook yang sudah dihack adalah mengirim permintaan pertemanan pada orang yang tidak dikenal atau tiba-tiba mengadd atau mengirim permintaan pertemanan yang tidak pernah anda lakukan sebelumnya.

Dan jika hal tersebut terjadi di akun Facebook anda, silahkan untuk mencari solusinya, namun anda juga bisa mengatasinya dengan metode cara membajak akun FB yang hilang.

Kami sudah menjelaskan panduan untuk melakukannya di atas, silahkan anda simak kembali langkah-langkah tersebut jika benar-benar akun anda mengalami ciri-ciri akun FB terkena hack, agar akun anda kembali dengan semestinya.

Akhir Kata

Demikian yang dapat kami jelaskan mengenai dua metode cara membajak akun FB yang hilang untuk anda terapkan apabila akun Facebook anda mengalami hal-hal seperti lupa kata sandi atau terjadi yang aneh-aneh pada akun Facebook anda yang memungkinkan terkena hack.

Semoga dengan artikel ini dapat anda jadikan gambaran sehingga memudahkan anda untuk mengatasi Facebooknya yang mengalami masalah yang dapat diselesaikan dengan metode cara membajak akun Facebook yang hilang.

Kami rasa cukup sampai disini yang dapat kami uraikan hal-hal penting yang perlu untuk diketahui oleh pengguna Facebook.