Cara Melihat Riwayat WhatsApp Web 2024

Cara Melihat Riwayat WhatsApp Web
Bagi anda yang sedang mencari bagaimana cara melihat riwayat WhatsApp Web, tenang saja karena di artikel ini kami sudah menyediakan pembahasannya untuk anda.

WhatsApp adalah salah satu aplikasi chatting yang memiliki pengguna sangat banyak saat ini, hal ini dikarenakan WhatsApp memiliki berbagai fitur dan sangat mudah diakses.

Aplikasi Whatsapp ini tidak hanya bisa diakses di perangkat HP saja, namun dapat diakses juga melalui perangkat komputer atau laptop dengan mengakses melalui web.whatsapp.com.

Akan tetapi untuk WhatsApp web memiliki fitur yang terbatas, kita tidak dapat melakukan panggilan suara atau video, dengan kata lain tidak tersedianya panggilan suara dan video.

Lalu, kalau hanya sekedar untuk melihat riwayat panggilan melalui WhatsApp web apakah bisa dilakukan?

Cara Melihat Riwayat WhatsApp Web

Anda bisa simak penjelasan di bawah ini, kami akan menjelaskan dua cara melihat riwayat Whatsapp Web.

1. Cara Melihat Riwayat WhatsApp Web Menggunakan Emulator Android

Cara Melihat Riwayat WhatsApp Web
Cara Melihat Riwayat WhatsApp Web Menggunakan Emulator Android
Cara pertama yang akan kami jelaskan untuk melihat riwayat panggilan di WhatsApp Web adalah dengan menggunakan Emulator Android.

Akan tetapi sebenarnya jika kita menggunakan Emulator Android di PC atau laptop memang bukan Whatsapp Web lagi yang terbuka.

Akan tetapi sama seperti aplikasi Whatsapp yang kita gunakan di HP, namun anda bisa menggunakan cara ini digunakan untuk melihat riwayat panggilan WhatsApp dari PC atau laptop (Download Aplikasi WhatsApp untuk Android).

Silahkan simak di bawah ini langkah-langkah untuk cara melihat riwayat WhatsApp Web atau sebagai alternatif cara melihat riwayat panggilan Whatsapp di PC atau laptop dengan menggunakan Emulator Android yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama silahkan mendownload dan install Emulator Android, misalnya Bluetack, Noxplayer, atau yang lainnya, silahkan anda install salah satunya (Download Aplikasi Emulator Android untuk PC).
  • Jika anda sudah menginstallnya, maka silahkan membuka emulator tersebut.
  • Lalu silahkan anda login menggunakan akun Google yang anda gunakan.
  • Setelah itu silahkan nada mendownload dan menginstall WhatsApp di emulator tersebut.
  • Kemudian silahkan anda login menggunakan nomor WhatsApp anda.
  • Berikutnya silahkan anda membuka tab riwayat panggilan.
  • Selesai.

2. Cara Melihat Riwayat WhatsApp Web Melalui Riwayat Chat atau Chat Room

Cara Melihat Riwayat WhatsApp Web
Cara Melihat Riwayat WhatsApp Web Melalui Riwayat Chat atau Chat Room
Cara kedua ynag bisa nada coba untuk melihat riwayat panggilan di WhatsApp Web adalah dengan melalui riwayat chat atau chat room.

Untuk melihat riwayat panggilan di WhatsApp Web dengan melalui riwayat chat atau chat room ini merupakan yang dilakukan dengan cara manual atau bisa dikatakan dengan mengecek riwayat chat anda satu per satu.

Maka dengan cara tersebut anda akan bisa mengetahui riwayat panggilan melalui WhatsApp Web, anda bsia simak langkah-langkah untuk cara melihat riwayat WhatsApp Web dengan melalui riwayat chat atau chat room yaitu sebagai berikut:
  • Terlebih dahulu silahkan anda login WhatsApp Web (web.whatsapp.com) di browser.
  • Lalu silahkan anda membuka chat room dengan orang yang bersangkutan.
  • Kemudian silahkan gulir ke atas sampai anda menemukan kapan terakhir kalinya anda melakukan panggilan kepada orang tersebut atau sebaliknya.
  • Selesai.

Dari kedua penjelasan kami tersebut, intinya dari kita menulis artikel ini belum ada informasi yang benar-benar ada cara untuk bisa melihat riwayat panggilan di Whatsapp Web secara langsung seperti yang kita lihat di tab panggilan aplikasi WhatsApp.

Jadi untuk melihat riwayat panggilan tersebut, maka untuk saat ini silahkan menggunakan aplikasi WhatsApp yang sudah terinstall di HP anda.

Dan untuk menyempurnakan pembahasan yang berkaitan dengan topik utama kita diartikel ini, kami akan menjelaskan maksud dari WhatsApp Web itu sendiri dan cara menggunakannya, serta cara mengatasi jika WhatsApp Web error.

Sekilas Tentang WhatsApp Web dan Cara Menggunakannya

Setelah anda mendapatkan gambaran terkait cara melihat riwayat WhatsApp Web walaupun kami tidak memberikan solusi yang solutif, namun anda sudah mengetahui inti dari penjelasan kami tersebut.

Dan maksud dari WhatsApp Web itu sendiri yaitu salah satu fitur yang disediakan untuk pengguna Whatsapp yang ingin login WhatsApp di laptop atau dekstop dengan menggunakan QR code dan membukanya di browser tanpa harus download aplikasinya.

Namun, WhatsApp Web ini tidak hanya bisa digunakan dilaptop saja, tetapi bisa juga menggunakan di HP Android.

Namun fitur yang dimiliki WhatsApp Web ini tidak selengkap yang dimiliki oleh versi mobile, namun untuk WhatsApp Web sangat bermanfaat jika anda sedang melakukan aktivitas di depan PC atau Laptop.

Karena anda akan bisa tetap terhubung ke WhatsApp Web di laptop saat pada sat tertentu anda belum sempat untuk memang HP, atau setidaknya anda tidak perlu bolak balik membuka HP hanya sekadar melihat atau membalas chatting.

Inilah salah satu kemudahan yang diberikan WhatsApp kepada para pengguna setianya, maka anda jangan heran jika banyak yang menggunakan aplikasi chatting yang satu ini.

Dan bagi para pemula mungkin yang masih bingung untuk cara menggunakanWhatsApp Web di laptop muapun di Android, tenang saja dibawah ini kami akan menjelaskan panduannya.

a. Cara Menggunakan WhatsApp Web Melalui PC

Yang pertama kami akan menjelaskan cara menggunakan WhatsApp Web melalui PC atau laptop, untuk langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:
  • Terlebih dahulu silahkan anda mengunjungi link WhatsApp Web di https://web.whatsapp.com di browser laptop anda, baik melalui Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome, dan lainnya, anda bisa memilih salah satunya.
  • Jika sudah, silahkan anda membuka aplikasi WhatsApp di HP anda.
  • Kemudian silahkan anda tekan tombol tiga titik bertumpuk yang ada di kanan atas layar, lalu anda klik "WhatsApp Web".
  • Jika nada sudah mengkliknya maka akan muncul QR Code, silahkan anda pindah QR Code yang muncul pada browser desktop anda menggunakan HP.
  • Jika proses pemindaian selesai, maka secara otomatis layanan chat WhatsApp akan berpindah ke browser desktop atau laptop.
  • Maka sekarang anda sudah bisa mengaksesnya tanpa harus menggunakan HP.
  • Selesai.

b. Cara Menggunakan WhatsApp Web Melalui HP Android

Selanjutnya kami akan menjelaskan cara menggunakan WhatsApp Web Melalui HP Android, untuk cara ini anda bisa manfaatkan jika ingin menjalankan dua akun WhatsApp di satu HP tanpa bantuan aplikasi apapun.

Namun untuk cara ini, anda harus menggunakan dua HP, dan sebelum mengakses WhatsApp Web di HP Android, kami sarankan untuk menghapus history dari browser HP yang akan digunakan tersebut dengan cara yaitu sebagai berikut:
  • Untuk cara ini kami menggunakan Google Chrome.
  • Silahkan anda mengklik tombol tiga titik bertumpuk di kanan atas layar.
  • Setelah itu silahkan anda klik tombol "History", lalu anda klik "Clear browsing data".
  • Apabila sudah, maka saatnya anda mengakses situs https://web.whatsapp.com/.
  • Lalu anda klik tombol tiga titik bertumpuk di kanan atas layar, dan silahkan anda mengaktifkan toggle Desktop Site.
  • Maka secara otomatis tampilan WhatsApp Web untuk Android akan berubah dengan menampilkan QR Code yang biasanya muncul pada WhatsApp Web versi desktop.
  • Lalu silahkan anda membuka aplikasi WhatsApp di HP anda yang lain, dengan langkah yang sama yaitu tekan tombol tiga titik bertumpuk di kanan atas layar, dan anda tekan WhatsApp Web.
  • Setelah itu silahkan anda pindah QR Code yang muncul.
  • Apabila proses pemindaian selesai, maka secara otomatis WhatsApp anda akan berpindah ke browser HP lainnya.
  • Maka anda sekarang sudah bisa menggunakan Whatsapp web di HP Android.
  • Selesai.

Cara Mengatasi WhatsApp Web Error

Setelah kami membahas cara melihat riwayat WhatsApp Web dan maksud dari WhatsApp Web itu sendiri dan cara menggunakannya.

Kami rasa anda perlu juga untuk mengetahui cara mengatasi WhatsApp Web jika terjadi error karena bisa saja dalam mengakses WhatsApp Web anda terkendala oleh masalah error tersebut.

Sehingga anda pun bingung mengapa terjadi demikian, namun sekarang dengan adanya artikel ini anda akan mengetahui cara untuk mengatasi WhatsApp Web yang error.

Disini kami akan memberikan 6 cara yang bisa dilakukan jika WhatsApp Web mengalami error, diantaranya yaitu sebagai berikut:

a. Cek Kondisi Jaringan Internet

Hal pertama yang harus anda lakukan jika WhatsApp Web terjadi error yaitu silahkan mengecek jaringan internet anda yang terhubung dengan HP dan laptop anda.

Karena bisa saja WhatsApp Web anda mengalami error dikarenakan jaringan internet yang tidak berfungsi normal atau sedang down.

b. Cek Update Browser Web di PC Anda

Hal kedua yang harus dilakukan apabila WhatsApp Web terjadi error yaitu mengecek update Browser web di PC anda.

Karena biasanya untuk aplikasi pencarian seperti Opera, Google Chrome, dan Edge, sering melkaukan update terbaru, sehingga pengguna juga harus memperbaruinya.

Mungkin saja anda belum update sehingga terjadi error pada WhatsApp Web, maka dari itu anda harus memperbarui atau update Browser Web.

Untuk cara update Browser sangat mudah, sebagai contoh di bawah ini kita akan mengupdate Microsoft Edge, untuk langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:
  • Terlebih dahulu silahkan anda membuka aplikasi Edge.
  • Lalu silahkan anda pilih "Settings".
  • Setelah itu silahkan anda klik "About Microsoft Edge".
  • Kemudian silahkan anda klik "Update" untuk memperbaruinya.
  • Selesai.

Tetapi, jika anda sudah melakukan pembaruan sebelumnya, maka akan ada pemberitahuan bahwa aplikasi tersebut sudah diupdate atau belum.

c. Periksa Kompatibilitas Browser Web

Hal selanjutnya yang harus dilakukan jika WhatsApp Web mengalami error yaitu silahkan memeriksa kompatibilitas Browser Web yang anda gunakan.

Karena seperti yang kita ketahui bahwa WhatsApp Web dapat diakses di Google Chrome, Opera, Edge Browser, Safari, Firefox, dan beberapa aplikasi browser web terbaru.

Sehingga Web bisa saja tidak bisa diakses jika menggunakan aplikasi 0 jadul, maka dari itu anda harus memeriksa kompatibilitas Browser Web anda, karena bisa saja error yang terjadi pada WhatsApp Web berasal dari Browser Web di PC atau laptop anda.

d. Pastikan Server WhatsApp Tidak Down

Hal berikutnya yang bisa anda lakukan jika WhatsApp Web terjadi error yaitu silahkan anda memastikan server WhatsApp agra anda bisa mengetahui apakah aplikasi sedang mengalami down atau tidak.

Untuk melakukannya yaitu anda hanya perlu membuka situs downdetector.com, yang akan melaporkan kejadian jika suatu aplikasi mengalami gangguan atau down.

Dan jika WhatsApp down, maka itulah yang menyebabkan anda kesulitan mengakses Whatsapp Web, maka penting untuk anda mengecek server WhatsApp tersebut untuk mengatasi masalah error tersebut.

e. Bersihkan Cache dan Cookie di Browser Web

Hal lainnya yang bisa anda lakukan jika WhatsApp Web terjadi error yaitu silahkan membersihkan cache dan cookie di Browser Web.

Karena biasanya juga jika cache dan cookie yang terlalu banyak dapat menyebabkan WhatsApp Web tidak bisa berfungsi.

Sehingga untuk mengatasinya silahkan menghapus cache Browser dan cookie agar anda bisa mengakses WhatsApp Web.

Untuk cara menghapus cache dan cookie di web Browser seperti Google Chrome anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini yaitu sebagai berikut:
  • Silahkan anda membuka Google Chrome, lalu anda pilih "Settings".
  • Setelah itu silahkan anda klik "Advanced Options".
  • Kemudian silahkan anda gulir layar ke bawah, lalu anda pilih "Clear Browsing Data" untuk menghapus cache dan cookie.
  • Jika sudah selesai, silahkan anda menghubungkan WhatsApp di HP ke WhatsApp Web, maka aplikasi pun akan berfungsi dengan normal.
  • Selesai.

f. Update Aplikasi WhatsApp di HP

Hal terakhir yang dapat kai informasikan untuk mengatasi WhatsApp Web terjadi error yaitu update aplikasi WhatsApp di HP anda.

Karena bisa saja karena aplikasi yang belum diperbarui sehingga membuat WhatsApp Web tidak bisa berfungsi normal.

Oleh karena itu, anda harus memperbarui atau update aplikasi WhatsApp yang ada di HP anda dengan cara membuka Google Play Store atau App Store tergantung HP yang anda gunakan.

Lalu anda cukup dengan memilih aplikasi WhatsApp dan tekan tombol Update yang ada di sebelah kanan bawah aplikasi.

Akhir Kata

Itulah yang dapat kami informasikan terkait cara melihat riwayat WhatsApp Web serta informasi lainnya seputar WhatsApp Web yang dapat anda simak di atas.

Semoga dengan adanya artikel ini anda bisa mendapatkan gambaran untuk cara melihat riwayat panggilan di WhatsApp Web.

Namun dapat kami simpulkan bahwa sebenarnya dari kami menulis artikel ini belum ada cara untuk melihat riwayat panggilan Whatsapp Web secara langsung seperti yang kita lihat di tab panggilan aplikasi WhatsApp.

Kami rasa cukup sampai disini yang dapat penulis jabarkan, semoga apa yang kami jabarkan di artikel ini berguna untuk pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel