Cara Los Listrik yang Aman 2024

Daftar Isi
Cara Los Listrik yang Aman
detikcara.com - Bagi anda yang sedang mencari bagaimana cara los listrik yang aman, tenang saja karena di artikel kami sudah menyediakan pembahasannya untuk anda.

Seperti yang kita ketahui bahwa disetiap rumah tentunya terdapat yang namanya meter listrik atau kWH meter yang digunakan untuk mengukur besaran daya yang digunakan di rumah tersebut.

Meter listrik atau kWH meter berguna untuk membatasi jumlah daya yang dialirkan melalui meter listrik tersebut, diantaranya mulai dari daya 450 watt, 900 watt, 1300 watt, dan seterusnya.

Apabila yang memiliki rumah menggunakan daya melebihi batas maksimumnya maka akan secara otomatis meter listrik terputus aliran listriknya di rumah tersebut.

Sehingga pemilik rumah harus mengurangi penggunaan daya listrik agar listrik bisa kembali dengan normal.

Akan tetapi terkadang masyarakat membutuhkan lebih dari daya listrik yang sudah dibatasi, hal ini biasanya terjadi apabila ada acara hajatan dan lainnya.

Oleh karena itu PT PLN (Persero) memberikan kemudahan kepada masyarakat yang sewaktu-waktu membutuhkan daya listrik yang lebih besar dari biasanya yaitu dengan menyediakan layanan Penyambungan Sementara atau biasa dikenal dengan Loss Listrik oleh masyarakat.

Dan bagi yang sedang membutuhkan Los Listrik ini, namun belum mengetahui cara melakukannya, tidak perlu khawatir.

Di bawah ini kami akan menjelaskan cara Los Listrik yang aman secara online maupun offline yang dapat anda terapkan.

Apa Itu Los Listrik?

Cara Los Listrik yang Aman
Apa Itu Los Listrik?
Namun sebelum kami menjelaskan cara mengajukan permintaan los listrik yang aman, baik secara online maupun offline terlebih dahulu mari kita mengenal lebih jelas maksud dari los listrik itu sendiri.

Los listrik merupakan layanan khusus yang disediakan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk membantu masyarakat jika membutuhkan daya listrik yang lebih besar dari biasanya secara mendadak.

Loss listrik ini termasuk tindakan yang bersifat tidak permanen, dengan tujuan agar batas daya yang ada di meter listrik rumah dapat dibuka dan digunakan sesuai dengan kebutuhan pada saat itu saja.

Dan loss listrik ini biasanya digunakan pada saat ada momen tertentu, seperti hajatan, pesta, pertunjukkan seni, dan keperluan lainnya yang membutuhkan daya listrik yang lebih besar.

Dengan adanya layanan ini sehingga masyarakat merasa terbantu untuk mendapatkan kebutuhan daya listrik lebih besar yang bersifat temporal sesuai kebutuhan.

Mengutip laman Portal Informasi Indonesia bahwa layanan sambungan sementara listrik atau los listrik dengan daya lebih besar dari PLN akan diberikan dengan jangka waktu tertentu yang telah disepakati.

Sehingga untuk sistem los listrik dengan meminta daya lebih besar tersebut dilakukan berdasarkan permintaan pelanggan atau masyarakat yang bersifat tidak berkelanjutan atau seperti yang sudah kami katakan sebelumnya yaitu tindakan yang bersifat tidak permanen.

Loss listrik ini termasuk tindakan yang bersifat legal karean telah ada izin dari PLN, sehingga akan aman pada saat penggunaan.

Namun, selain memudahkan pelanggan atau masyarakat bahwa layanan loss listrik ini juga melindungi pelanggan dari bahaya kelistrikan seperti kebakaran yang dapat diakibatkan oleh korsleting yang disebabkan penggunaan listrik tidak sesuai dengan standar atau penggunaan listrik ilegal.

Untuk cara mengajukan permintaan los listrik anda bisa dengan langsung mengunjungi kantor PLN setempat atau bisa juga dengan cara online.

Cara Los Listrik yang Aman

Untuk lebih jelasnya anda bisa simak di bawah ini cara los listrik yang aman dengan cara online maupun offline (mengunjungi kantor PLN).

1. Cara Los Listrik yang Aman Secara Online

Cara Los Listrik yang Aman
Cara Los Listrik yang Aman Secara Online
Bagi anda yang membutuhkan daya listrik yang lebih besar dari biasanya karena ada keperluan yang memang membutuhkan daya listrik yang lebih besar.

Maka anda bisa menyampaikan permintaan anda tersebut ke PLN mengingat bahwa PLN memiliki layanan los listrik.

Untuk melakukan permintaan los listrik dapat dilakukan dengan dua cara yang akan kami jelaskan, namun yang pertama kami akan menjelaskan kepada anda terkait cara menyampaikan permintaan los listrik dengan cara online.

Langsung saja, anda bisa simak di bawah ini beberapa langkah untuk cara los listrik yang aman secara online yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama silahkan anda mengunjungi situs www.pln.co.id.
  • Lalu silahkan anda mengklik bagian "Penyambungan Sementara" yang berada dibagian muka dengan tulisan "Manfaatkan Layanan Online Kami".
  • Kemudian silahkan anda mengisi formulir permohonan sambungan sementara atau los listrik, diantaranya mulai dari ID pelanggan, nama, alamat, daya yang dibutuhkan, tanggal mulai, tanggal selesai, dan masukkan kode chapta.
  • Jika anda sudah selesai mengisi semua informasi dan memproses permohonan, maka nantinya anda akan mendapatkan Email konfirmasi yang berisi kode konfirmasi.
  • Silahkan anda memasukkan kode konfirmasi tersebut ke laman website PLN Online.
  • Apabila kode konfirmasi dianggap valid, maka permohonan dinyatakan diterima
  • Kemudian pelanggan akan menerima Email yang berisi "Surat Izin Penyambungan (SIP)" yang isinya Nomor Agenda dan Nomor Registrasi untuk melakukan pembayaran.
  • Dengan nomor registrasi tersebut, anda akan melakukan pembayaran di ATM terdekat/bank/loket PLN.
  • Apabila pembayaran berhasil diproses, maka anda akan menandatangani Surat Jual Beli Tenaga Listrik (SJBTL).
  • Jika sudah, maka petugas akan memasangkan anda meteran listrik jika sudah menerima Perintah Kerja (PK) dan Berita Acara (BA).
  • Kemudian petugas akan mengolah data langganan yang menyatakan bahwa pemasangan sudah selesai dilakukan.
  • Selesai.

Bagi para pelanggan juga dapat melakukan simulasi perhitungan biaya terlebih dahulu mengenai los listrik ini secara online.

Untuk melakukannya pelanggan cukup mengisi kolom menu "Simulasi Penyambungan Sementara", maka data perhitungan biaya akan keluar jika anda sudah mengklik kotak "Hitung biaya".

Maka simulasi biaya los listrik atau penyambungan sementara listrik akan dapat anda melihatnya dengan klik tautan ini https://www.pln.co.id/pelanggan/layanan-online/simulasi-tagihan/simulasi-penyambungan-sementara.

2. Cara Los Listrik yang Aman Secara Offline

Cara Los Listrik yang Aman
Cara Los Listrik yang Aman Secara Offline
Selanjutnya kami akan menjelaskan cara mengajukan permintaan los listrik secara offline atau dengan mengunjungi langsung kantor PLN.

Anda bisa simak di bawah ini untuk langkah-langkah cara los listrik yang aman secara online atau dengan mengunjungi kantor PLN yaitu sebagai berikut:
  • Terlebih dahulu silahkan anda datang ke kantor PLN terdekat dengan menyerahkan persyaratan yang diperlukan seperti fotokopi KTP, kartu pelanggan, dan menyiapkan biaya pemasangannya.
  • Untuk metode pembayaran dapat dilakukan pembayaran melalui ATM terdekat.
  • Dan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, anda bisa dengan menghubungi call center PLN pada nomor 123.
  • Selesai.

Akhir Kata

Itulah yang dapat kami jelaskan mengenai 2 cara los listrik yang aman jika anda membutuhkan daya listrik yang lebih besar dari biasanya karena keperluan tertentu.

Los listrik ini adalah salah satu kebijakan dari pihak PLN untuk mempermudah para pelanggannya yang membutuhkan daya listrik yang lebih besar secara mendadak.

Semoga apa yang kami jabarkan di artikel ini memberikan manfaat untuk pembaca serta menambah wawasan juga.

Anda juga bisa memberitahu informasi yang didapatkan di artikel ini kepada keluarga maupun teman, siapa tahu mereka belum mengetahui bahwa ada kebijakan dari PLN yaitu memberikan layanan los listrik, sehingga kita sama-sama mengetahui informasi penting ini.